Pengalaman Perjalanan Darat Naik Bus Dari Vietnam Ho Chi Minh City Ke Kamboja Phnom Penh dan Siem Reap Menggunakan Bis

Seorang backpacker yg telah membuat rute bepergian naik bus dari Vietnam Ho Chi Minh City menuju ke Kamboja Phnom Penh & Siem Reap buat menjelajahi semua wisata ke 2 negara ini menggunakan nilai mata uang yg masih terjangkau niscaya sangat ramah menggunakan budget liburan. Setelah anda mengunjungi holistik pariwisata yang ada di kota Ho Chi Minh City Vietnam saatnya buat melakukan ke bepergian ke Kamboja Phnom Penh & Siem Reap untuk melengkapi perjalanan keseluruhan wisata disana. Semoga tulisan ini berguna buat anda yg ingin berlibur yg sudah pada jadwal pada masa yg akan tiba.

Poto oleh: travelermusiman.Blogspot.Co.Id

Perjalanan Dari Bandara Vietam ke Pham Ngu Lao Street.

Saya merogoh meeting poin nya pada Bandara Vietnam yaitu Bandar Udara Internasional T?N S?N Nh?T. Untuk mendaptkan harga murah meriah anda harus menggunakan bis umum yg terkoneksi pribadi ke pusat kota yaitu bus nomer 152 yang berhenti eksklusif pada terminal pada depan Benh Tan Market. Lokasi Pham Ngu Lao Street ini nir terlalu jauh hanya lebih kurang 10 mnt berjalan kaki buat sampai ke lokasi ini.

Sekilas Vietnam Dan Kamboja.

Kedua negara ini sangat populer sekali pariwisatanya pada kalangan backpacker lantaran letaknya bersebelahan dan bisa ditempuh dengan perjalanan darat. Perjalanan darat Ho Chi Minh City Vietnam ke Kamboja Phnom Penh dan Siem Reap ini relatif gampang diikuti lantaran jalur transportasi kedua negara ini relatif baik. Jalan jalan ke Vietam Kamboja sudah banyak menghipnotis para backpacker semua global tidak hanya Indonesia maka pilihan buat menentukan hingga ke negara tujuan adalah menggunakan moda transportasi bis malam yang sangat nyaman & harganya masih reasonable sangat terjangkau.

Sekilas Bis Malam Vietnam Kamboja.

Semua kebutuhan bis yang tersedia oleh pengelola banyak sekali, dimulai dari ekonomi serta eksekutif. Bahkan ada pula pengelola bus yang menyediakan sleeper bed untuk para penumpang yang ingin mendapatkan kenyamanan tingkat tinggi dalam perjalan. Rata-rata bis penghubung kedua negara ini banyak beroperasi pada malam hari, jadi anda harus membawa perlengkapan tambahan untuk diatas bis yang ber AC karena menjelang malam kondisi kabin bis sangat dingin yaitu selimut tambahan dan kaos kaki. Banyak sekali bus yang membuka loket di Pham Ngu Lao Street ini dan anda juga bisa go show untuk mendapatkan jenis bus yang diinginkan.  Jadi, saat anda memlih lokasi ini sudag banyak penjualan tiket antar negara jika anda ingin melanjutkan perjalanan liburan.

Inilah rekomendasi bis yang banyak digunakan sang para backpacker Indonesia yang bisa anda coba buat membelinya secara online bila jadwal liburan backpacker anda sangat singkat: Mekong Express & giantibis.Com tetapi buat jenis bis lainnya jua tersedia dengan harga yang masih terjangkau. Untuk rutenya bervariasi spesifik Giantibis dalam waktu ini hanya hingga ke Phnom Penh saja, namun Mekong Express telah melayani hingga ke Siem Reap.

Fasilitas bis ini sangat mengikuti demam isu zaman now yaitu wifi & colokan hape selama perjalanan jadi anda tidak perlu risi permanen mampu on selama bepergian. Backpacker menurut Indonesia telah melakukan perjalanan memakai ke 2 bus ini dan sangat menarik buat anda coba dalam bepergian kali ini.

Beberapa pilihan bus antar negara yg dapat menjadi rekomendasi berdasarkan beberapa traveler dari semua global bisa sebagai acuan untuk melakukan perjalanan darat berdasarkan Ho Chi Minh HCMC ke Kamboja & Siemreap. Untuk perkara harga buat masing-masing oto bus ini nisbi hampir sama, & jika perlu anda dapat melakukan pengecekan lebih baik. Karena setiap selera dari traveler memang bhineka.

Sorya Transport: 301 Pham Ngu Lao St; T: (090) 2575 765;

The Sinh Tourist: 246-248 De Tham St; T: (028) 3838 9597;

Giant Ibis Transport: 237 Pham Ngu Lao St; T: (12) 0890 2333;

Hang Chau: T: (296) 562 771;

Kumho Samco: 239 Pham Ngu Lao St; T: (08) 6291 5389

Sapaco: 325 Pham Ngu Lao St; T: (08) 3810 1466;

Informasi Rinci Pada Saat Imigrasi Kedua Negara.

Setelah anda menaiki bus menurut pool masing-masing bus pilihan anda ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada mau akan memasuki pintu imigrasi. Petugas bis akan memberitahukan semua penumpang untuk menaruh paspor pada kondektur bis bila bis akan memasuki perbatasan pada Moc Bai merupakan kota terakhir sehabis keluar dari perbatasan Vietnam ke Kamboja. Petugas bis tersebut akan menunjukkan paspor setelah melewati pos imigrasi sesaat anda telah keluar scanning imigrasi. Inilah prosedur yg telah dilakikan buat mengumpulkan paspor semua penumpang yg akan migrasi ke Kamboja. Dan keuntungan lain adalah anda nir perlu repot untuk antri serta kemudahaan selama memakai jasa bis tadi. Selama ini tidak terdapat komplain menurut penumpang dengan cara seperti ini karena telah masuk ke pada SOP yg telah lama di terapkan.

Setelah anda memasuki dari perbatasan Vietnam pada Moc Bao semua barang bawaan anda harus beserta menggunakan anda & bis yg anda tumpangi tersebut menunggu pada sampin gedung imigrasi dimana lokasi pintu check poin berada. Lama ketika sekitar 30 menit atau lebih tergantung ramainya antrian dari bis lain yang bersamaan waktunya pada waktu kedatangan.

Moc Bai merupakan perbatasan di Vietnam Kamboja dimana bertepatan dengan perbatasan kota Bavet di Kamboja. Disinilah wilayah abu-abu ke 2 negara yang selalu dilintasi oleh bis & para wisatawan global.

Paspor anda akan dikembalikan saat petugas bis tersebut akan memanggil nama penumpang satu per satu sang petugas imigrasi. Cara sepertu ini dilakukan buat mengetahui pemilik orisinil menurut masing-masing penumpang yg akan melintas. Harus penekanan karena penyebutan nama kadang tidak kentara lantaran lidah penduduk lokal akan tidak sinkron dialeknya dalam saat pemanggilan nama anda.

Setelah anda menerima paspor akan menuju ke pintu keluar dan menuju ke bis yg anda tumpangi tersebut yg lokasinya nir terlalu jauh di parkiran spesifik bis. Dan selalu pastikan anda mengetahui nomer plat bus yang anda tumpangi tadi supaya tidak galat menaiki.

Memasuki Perbatasan Kamboja.

Setelah anda memasuki bis & akan berjalan sekitar 300 meter akan kembali meninggalkan perbatasan Vietnam menuju ke Kamboja menjadi pintu masuk ke dalam negara ini. Untuk memasuki perbatasan negara Kamboja ini bus akan berhenti di Bavet untuk proses scanning masing-masing wisatawan yg akan masuk. Proses memasuki imigrasi ini paspor anda sudah ditangan & harus secara langsung memasuki pengecekan oleh petugas imigrasi. Setelah tahun 2016 sudah menggunaka mesin x-ray seluruh barang, namun anda tidak perlu membawa barang bila anda diletakan pada bis. Khusus buat pasport Indonesia bebas visa hanya stempel langsung berdasarkan petugas imigrasi. Dan ada beberapa negara yang harus melakaukan VOA [Visa on Arrival] pada imigrasi check poin.

FYI, jika ada rekan anda yang bersama anda berdasarkan negara bukan Indonesia satu bus wajib menggunakan VOA harus melaporkan kepada petugas sebelum memasuki perbatasan. Petugas ini akan membantu anda buat mempercepat VOA menggunakan menaruh jasa fee US$ lima, dimana harga VOA sekitar US$ 30. Mungkin anda ingin mengetahui fee ini apa?

Fee yang akan anda berikan ini adalah tambahan porto VOA yg akan dibayarkan yg mereka sebut menggunakan uang lelah atas jasa dia buat meningkatkan kecepatan proses VOA. Kadang petugas ini meminta lebih kurang US$ 8, mungkin anda pernah membaca bahwa memasuki pintu imigrasi Kamboja ini memang sedikit trik nya jika tidak berikan fee ini akan usang pada check poin ini, memang benar adanya. Beberapa rekan backpacker lainnya pula merasakan hal yg sama pada waktu saya memasuki Kamboja. Anda mempersiapkan pas poto hitam putih 4x6, jika nir maka petugas akan melakukan pemotretan wajah pada ruang imigrasi & anda wajib beri US$ 1 buat petugas.

Tips Bagi Backpacker Menggunakan Bis Rute Vietnam ke Kamboja

Ada sedikit rips bagi anda yang melakukan perjalanan darat menurut Vietnam ke Kamboja buat menghabiskan liburan.

1. Ada sebagian pengelola bis memberikan complimentary kuliner dan minuman selama perjalanan. Biasanya mereka menyediakan satu box yg berisikan macam kudapan manis & minuman mineral pada bentuk botol 1 butir. Jika anda nir yakin menggunakan halal nya snack ini sanggup anda ganti butir-buahan yang telah anda beli sebelum berangkat di Ben Thanh Market.

2. Keberangkatan bis menuju ke Kamboja misalnya Phnom Penh & Siem Reap banyak sekali jenis saat ada siang & malam, lantaran jenis bus yg anda pilih terdapat berupa sleeper atau mampu anda manfaatkan untuk tidur selama bepergian. Bus akan berhenti pada pit stop bus buat istrirahat sejenak & anda bisa menikmati beberapa makanan yg telah anda persiapkan. Apabila anda mencicipi lokasi loka makan tersebut tidak halal usahakan bekal yg anda beli pada Ben Than Market sanggup menjadi penggantinya. Disekitar pasar tadi poly yang menyediakan makanan halal.

3. Apabila anda estafet berdasarkan Phnom Penh menuju ke Siem Reap dapat memakai bis yang sama seperti Giantibis yang lokasinya tidak jauh berdasarkan sentra kota. Sebagai warta saja, terdapat sebuah pool bis ini dekat dengan Angkor Wat tapi khusus buat bus malam saja. Tetapi mereka menentukan buat penumpang mengarahkan ke lokasi pool mereka pada sentra kota buat mencegah tindak kejahatan.

4. Kondisi bis sudah sangat nyaman dilengkapi dengan bed dormintory yg mampu anda jadikan sleeper bed pada ketika bis berjalan. Perlengkapan tambahan yg perlu anda persipakan adalah selimut pribadi dan kaos kaki lantaran udara kalam kabin bus akan terasa dingin sekali apabila sudah melewati tengah malam.

Lima. Rekomendasi dari para backpacker yang telah melakukan perjalanan ini adalah apabila terjadi kecelakaan bis anda harus mempunyai nomer pool bis tujuan agar jadwal estafet anda ke kota tujuan lain sanggup pada undur saat selesainya bis tumpangan ini hingga ke pool. Ada beberapa rekan backpacker yang terpaksa harus membayar tiket lagi karena tiket yg sudah dibeli online hangus tidak dapat dipakai lagi lantaran jadwal yang dipilih bis nya telah berangkat.

6. Sebaiknya anda wajib menyiapkan sim card negara tujuan agar urgenitas buat keperluan tertentu mampu anda pakai secepatnya. Pada ketika kini ini sim card lokasl sudah dilengkapi dengan paket data eksklusif yang mampu anda manfaatkan dalam ketika liburan nanti. Misalnya pada di Vietnam anda membutuhkan jasa Uber ataupun taksi online lainnya bisa anda pakai jika anda ingin menggunakannya.

7. Walaupun bis yang anda tumpangi sangat nyaman adanya uang fee yang aku sebutkan tadi hampir seluruh bis melakukan pembayaran fee menurut penumpang ke petugas. Lantaran telah sebagai sesuatu norma yang telah sama dan kita berada pada negeri orang mau tak mau wajib mengikuti bila nir kita akan lama pada imigrasi. Dari pada hal yang nir diinginkan lebih baik kita menyediakan uang receh dolar nominal mini buat mereka. Uang US$ yang relatif lecek pun masih berlaku dan mampu anda beli pada Indonesia menggunakan harga miring bisa menjadikan uang tadi transaksi pada negara Kamboja atau Vietnam.