Panduan Wisata Halal Muslim Di Bangkok Thailand

Traveler halal muslim sudah sebagai tema yg sangat disukai sang backpacker menurut Indonesia yg ingin menerima sesuatu yg baru menggunakan kelengkapan misalnya restoran tempat makan, mesjid, bahkan lokasi tempat menginap hotel yang halal mengakibatkan ketentraman pada ekspedisi bepergian liburan singkat pada negara Gajah putih ini Bangkok Thailand. Pencarian informasi yang sangat dicarai adalah lokasi mesjid yang sangat dekat dengan kota di Bangkok bahkan hotel muslim yg menjadi rekomendasi dari muslim traveler yang sangat dinanti informasinya.

Poto oleh: thaihalalfoods.com

SEKILAS BANGKOK THAILAND.

Sebuah negara pada Asean yang sangat disukai sang traveler Indonesia buat menciptakan bepergian liburan yg sangat terjangkau bahkan sinkron dengan karakter dan konversi mata uang nya murah terjangkau. Negara Bangkok termasuk negara dengan sitem pemerintahan kerajaan yg masih bertahan hingga kini bahkan penduduk negara tadi sangat mengasihi Raja yang memerintah mereka permanen hening & sentosa.

PERJALANAN DIMULAI.

Setelah anda mendapatkan tiket buat menuju kota Bangkok Thailand tentu diadaptasi budget aturan biaya buat mendapatkannya. Seorang backpacker lebih senang memakai airline berbasis LCC [Low Cost Carrier] yg sangat diburu terutama dalam ketika promo. Untuk menerima tiket promo ini wajib seringkali-sering melirik aplikasi atau website perusahaan penerbangan yang eksklusif menuju Bangkok Thailand. Bahkan adanya sebuah airline yang berani memberikan harga yang sangat jauh dibawah harga pasar dalam waktu tertentu menjadi perjalanan liburan ke Thailand bisa terasa lebih ringan.

VISA.

Negara Thailand termasuk negara Asean maka traveler muslim Indonesia tidak perlu apply visa cukup bawa saja passport yg masih berlaku lebih menurut 6 bulan menurut masa expire maka anda telah bisa masuk negara Thailand.

Pada tulisan ini juga akan memberikan informasi tempat melakukan ibadah sholat yang bisa anda pilih sesuai dengan tempat lokasi yang  pada saat berada di kota Bangkok Thailand, berikut mesjid yang banyak dikunjungi oleh wisatawan muslim dari Indonesia untuk panduan halal disana.

1. Mesjid Jawa atau Jawa Mosque.

Ada nama Jawa nya pada mesjid ini niscaya ada pada pertanyaan. Apakah terdapat unsur Jawa nya?. Ternyata anda sahih, dilingkungan mesjid ini merupakan keturunan orang Jawa yang menetap tinggal pada daerah kawasan Sathorn Bangkrak Bangkok. Dinamakan kampung Jawa memang sahih adanya, diperkirakan terdapat lebih kurang 500 kepala keluarga yang tinggal dilingkungan ini & jua terdapat pemakaman yg perbedaan makna Islam dengan luas /- dua ha.

Untuk infrastruktur mesjid terlihat adanya kemiripan gaya Demak. Jika menuju ke lokasi ini anda harus melewati jalan yang hanya muat untuk satu mobil saja dan nuansanya seperti di daerah Indonesia persis. Mengakibatkan anda merasa masih berada di mesjid yang ada di sekitar rumah. Kegiatan di Mesjid Jawa hampir sama di Indonesia adanya pengajian rutin untuk lingkungan mesjid, untuk traveler dari  muslim di daerah Asean banyak mendatangi mesjid ini untuk silaturahim sesama muslim.

Diperkirakan umur dari Mesjid Jawa ini berumur telah 100 tahun menggunakan indikasi adanya bedug mesjid yg terletak disamping mesjid yang mengambarkan sebagai saksi perjalanan umur sampai kini . Untuk menyempatkan ketika para muslim Indonesia datang ke Mesjid Jawa sangatlah gampang, anda hanya menaiki BTS atau Skytrain menuju Sathorn dan jalan kaki lebih kurang 500 meter buat menuju lokasi Mesjid.

Poto oleh: moneter.co.id
Poto oleh: id.wikipedia.com

Alamat: Soi Rome Nam Khaeng 5, Sathorn, Bangrak, Bangkok.

Petunjuknya: Setelah anda berjalaan kurang lebih 500 meter menurut stasiun BTS Surasak [S4] menuju exit 4. Kemudian menuju Soi Sathorn 15 atau Soi Saint Lousie 1, ikuti saja arah ini anda akan melihat petunjuk Mesjid Jawa yg telah terdengar bunyi azan bila ketika sholat telah masuk.

Dua. Mesjid Ban Oou atau Ban Oou Mosque.

Untuk mencari lokasi mesjid ini sangat mudah sekali apabila anda berada pada kota Bangkok. Lokasi mesjid yang terletak di Charoen Krung yg sangat dekat menggunakan lokasi pasar yg terpopuler oleh muslim Bangkok dan komunitas Islam di dunia. Disini anda memiliki gerai yg banyak menyajikan kuliner halal yg mampu anda cicipi jua. Apabila dipandang menurut sejaranya, mesjid ini dibangun kurang lebih pada tahun 1912 atau dalam masa Raja Rama VI yang telah memberikan lokasi tanah ini untuk mampu didirikan sebuah mesjid yg diperuntukan sebagai pemakaman generik serta sebuah tempat ibadah muslim mesjid pada muslim Bangkok. Mesjid Ban Oou ini telah termasuk pada perlindungan dari pemerintah Bangkok sebagai cagar budaya yg dilindungi. Jangan lewatkan buat mencoba kuliner halal yang dikelola sang warga muslim disana dengan aneka makanan spesial Thailand dan aneka kuliner lainnya.

Poto sang: mosques24.Com

Alamat: 63 Soi Charoen Krung 46, Bangrak, Bangkok.

Petunjuk: Gunakan BTS atau Skytrain & turun pada Saphan Taksin Station (S5) kemudian ambil exit tiga. Setelah anda keluar dari exit 3 & berjalan lebih kurang 300 meter telah sampai pada Departemen Robinson Store menuju ke Soi Charoen Krung 46, lokasi mesjid ini perses pada belakang Departemen Store.

3. Mesjid Haroon atau Haroon Masque.

Mesjid ini masih berada di New Road Charoen Krung diujung jalan Surawong yg bisa dirasakan perkampungan muslim terasa sekali. Mesjid Haroon ini telah sebagai tempat yg poly dikunjungi oleh masyarakat muslim di Bangkok yg dapat menampung /- 500 jamaah. Termasuk mesjid yg termasuk dalam cagar budaya yang dilindungi.

Cagar budaya yang sangat dilindungi oleh pemerintahan Thailand ini sudah masuk pada daftar Royal Act of Islamic Mosques dimulai pada tahun 1947. Apabila dilihat dari sejarah mesjid ini lebih kurang 200 tahun yg kemudian pertama kali dibangun di lebih kurang muara sungai Chao Praya menggunakan campuran 2 kebudayaan pada arsitektur mesjid ini adonan antara Ayuthaya dan Jawa. Karena awalnya mesjid ini lokasinya di perkampungan Ton Samrong makan sebagian penduduk lokal Thailand menyebutnya Mesjid Ton Samrong.

Jika dilihat menurut sejarahnya mesjid ini pada tahun 1899 Raja Raja V telah melakukan pertukaran tanah yg dipakai buat mesjid dalam waktu tadi yang diperuntukan buat menciptakan Royal Custom House. Maka Mesjid Haroon ini dipindahkan dalam lokasi sekarang. Proses pemindahan ini pemilih mesjid bernama M.Yusuf melakukan renovasi infrastruktur mesjid ini dari kayu sebagai lebih tetap menggunakan memakai batu.

Poto oleh: bangkokriver.com
Poto oleh: hilsya.wordpress.com

Alamat: Charoen Krung Soi 36, Bangrak, Bangkok.

Petunjuk: Para traveler dapat menggungakan transportasi Chao Phraya Express Boat kemudian turun di Oriental Pier [N1]. Jika menggunakan  transportasi taksi gunakan Charoen Krung Road kemudian menuju ke Soi 36. Atau sekitar +/- 1 km dari Saphan Taksin Station [S5] dan dekat dekat dengan Kedutaan Besar Perancis di Bangkok.

4. Mesjid Darul Aman.

Mesjid berikutnya yg bisa anda singgahi bila berada di kota Bangkok adalah Mesjid Darul Aman yg lokasinya sangat dekat dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia pada kota Bangkok. Lokasinya di Phetchaburi Soi 7 sebagian penduduk lokal menyebutnya Soi Surao. Disekitar mesjid masih ada pemukiman muslim dan anda akan menemukan ada beberapa retoran halal yang ada disana. Anda juga mampu menemukan beberapa spot tempat makan yang dikeloka sang muslim disana menggunakan aneka masakan yang sangat enak sekali dengan harga yang sangat terjangkau.

Poto oleh: havehalalwilltravel.com
Poto oleh: pinkytraveler.com

Alamat: Soi Phetchaburi 7 (Soi Surao), Pratunam.

Petunjuk: apabila menggunakan BTS ataj Skytrain menuju ke Ratchathewi Station (N1), lalu ambil jalur exit 3 menuju Phetchaburi Road. Setelah anda menemukan perempatan jalan dan berbelok kiri tetap berjalan sekitar lima mnt. Menuju ke Phetchaburi 7 yg berada di sebelah kiri.

Tidak hanya lokasi loka mesjid saja yg harus and telusuri di kota Bangkok Thailand ternyata terdapat jua restoran yang memberikan sajian lezat halal yang wajib pada coba. Tempat makan halal ini telah terkenal pada kota Bangkok tidak hanya penduduk lokal saja tetapi wisatawan yang berasan berdasarkan negara muslim lainnya misalnya Indonesia.

Lokasi sekitar Chatuchak Market.

Setelah anda melakukan perjalanan belanja pada Chatuchak Market saat nya buat mencoba hidangan makanan halal yg nir jauh berdasarkan pasar ini, terdapat beberapa rekomendasi loka makan halal pada kota Bangkok yg tentu cita rasanya sangat lezat , misalnya Saman Islamic Food yang lokasinya pada dekat tugu jam yg berada ditengah pasar ini dan Hawa Pochanan seberang Otokor Market masih disekitar Chatuchak juga tepatnya pada 389 Kamphaeng Phet Road, Chatuchak, Bangkok.

Lokasi pada MBK [Mah Bon Krong] MALL Bangkok.

Anda jua jangan khawatir kelaparan berada pada MBK, di mall ini ada jua tempat makan halal yang bisa anda singgahi. Menunya relatif variatif & bisa diadaptasi menggunakan selera dimulai dari kuliner mini sampai besar , rekomendasi food court nya merupakan Yana Halal Restaurang pada Level lima MBK [Website: yanarestaurant.Com] serta Food Court The Fifith juga berada di lantai lima mall MBK, tidak lupa pula ada yg menarik Restaurant Jibaran Indonesia jua ada pada lokasi ini.

Lokasi di kota Bangkok lainnya seperi di Petchburri juga banyak restoran halal seperti di dekat BTS Ratchathewi sekitar 300 meter yang terletak di Petchburi Soi 7 seperti Mak Nyah Muslim Restaurant  dengan menu yang sangat disukai yaitu Tom Yam bersama dengan sajian aneka mie [497/16 Petchburi Road, Ratchathewi, Bangkok]. Untuk Ploy Restaurant yang berada di Lantai 8 di Hotel Grand Diamond tepatnya di Pratunam juga bisa anda kunjungi, lokasi dekat dengan Mall Fashion Platimum [888 Phetchaburi Road, Ratchathewi, Bangkok].

Lokasi dekat dengan Silom juga ada tempat makan halal yg bisa anda coba misalnya: Kedai Huda yang terletak di Silom Junction sangat dekat menggunakan Shangrila Hotel.

Lokasi dekat dengan Khao San - Bang Lam Phu jua terdapat yaitu Sara Restaurant di Nouvo City Hotel. Dengan adanya sertifikasi Halal menciptakan liburan anda sebagai menyenangkan dengan adanya loka makan yg menenangkan hati. Untuk hidangan anda jangan khawatir terdapat andalan yang wajib dicoba yaitu Tom Yam Kung, Green Curry, Chicken Pandan Leaf, serta Kaproa Kai [Samsen Road Soi 2, Ban Phanthom, Phra Nakhon, Bangkok].

Hotel Al Meroz Bangkok Thailand. Poto sang: agoda.Com

Sebagai pamungkas untuk menginap di Bangkok yaitu adanya hotel yang  bernuansa halal juga ada yaitu Hotel Al Meroz. Dalam arti nama hotel ini adalan warisan atau pusaka. Dengan suasana yang sangat Islami ini juga ada lantai khusus untuk tamu wanita, jadi menjadi aman jika ada. Kondisi hotel yang masih baru ini terdesia beberapa jenis kamar menginapa yang bisa anda pilih dengan fasilitas yang sangat lengkap dimualai dari WIFI gratis, arah kiblat, semua kebutuhan sholat termasuk perlengkapannya ada di hotel ini. Lokasinya di Ramkhamhaeng Road merupakan jalan arteri penting di kawasan timur kota Bangkok dan sangat dekat dengang Airport Rail Link yang terkoneksi dengan Ramkhamhaeng Station sekitar 500 meter, jadi anda menuju bandara Suvarnabhumi International Airport tidak repot lagi. FYI, hotel ini juga sangat dekat dengan The Foundation of Islamic Centre of Thailand, sebuah wadah yang menjadi pusat komunitas muslim Bangkok Thailang. Semoga tulisan ini bisa memberikan referensi untuk anda yang ingin menikmati panduan wisata halal di Bangkok Thailand.