Taman Hutan Raya Bung Hatta Sumatera Barat

Taman hutan raya [tahura] Bung Hatta merupakan suatu lokasi berupa tempat hutan yg dilindungi dan bagian berdasarkan Taman Nasional Kerinci Seblat menjadi cagar alam yang dijadikan sebagai hutan primer. Fungsi utama taman hutan raya [tahura] Bung Hatta ini merupakan menjadi tempat yang bertujuan buat melindungi asal daya alam, melestarikan plasma nutfah, membentuk karakter cinta alam bagi pemuda-pemudi, penelitian, pendidikan, dan tidak ketinggalan menjadi tempat rekreasi. Taman Hutan Raya Bung Hatta terletak di jalan utama Padang-Solok Sumatera Barat dengan jawak tempuh sekitar 30-40 mnt dengan posisi letak sebelah kiri.

Pintu masuk kawasan adanya logo Taman Hutan Raya [Tahura] Bung Hatta

Perjalanan Sejarah

Perjalanan sejarah taman hutan raya [tahura] Bung Hatta nir terlepas peran dan berdasarkan wapres Pertama RI yaitu Bp Muhammad Hatta dalam tahun 1955 diresmikan sang beliau dengan nama Kebun Raya Setia Mulya. Dengan berjalannya waktu peralihan dan tanggung jawab pula beralih berdasarkan instansi yg ditunjuk buat bertanggung-jawab dimulai sejak diresmikan merupakan LIPI [Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia]. Setelah berjalan lebih berdasarkan lima tahun sekitar tahun 1961 seluruh pengelolaan diberikan pada Pemda Tingkat I Sumbar. Lebih berdasarkan 20 tahun sehabis itu tepatnya tahun 1981 Pemerintah Daerah Tingkat I memilih Universitas Andalas [Unand]. Pada akhirnya pada lepas 12 Agustus 1986 daerah ini menurut Kepres No.35 Tahun 1986 & diresmikan oleh Wakil Presiden Bp Umar Wirahadikusuma daerah ini sebagai daerah yang dikelola sang Departemen Kehutanan dengan rincian luas 240 Ha. Bertambah usia luas hutan raya terus berkembang menjadi 70.000 Ha. Sampai kini dimulai pada tanggal 31 Januari 1991, holistik pengelolaan Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta yang bertanggung jawab merupakan Pemda taraf II Kodya Padang menggunakan menciptakan unit kerja misalnya badan pelaksana, unsur-unsur Pemerintah Daerah tingkat II, Universitas Andalas, dan beberapa isntansi lainnya.

Kondisi Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta

Pada waktu kini syarat taman hutan raya Bung Hatta sudah baik dengan membenahi infrastruktur berupa penggantian monumen nama dan pintu gerbang. Pembenahan ini bertujuan buat menaikkan kapabilitas tempat menjadi lebih baik menggunakan membuat beberapa kegiatan yang mampu menarik pengunjung. Kegiatan ini sudah terlihat pada tahun 2016 tepatnya dalam Lebaran Idul Fitri.

Gerbang Memasuki Kawan Wisata Taman Hutan Raya Bung Hatta

Kawasan Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta ini masih terlihat pohon-pohon akbar misalnya pohon pinus dan mahoni yg relatif besar . Dengan suhu yang relatif sejuk antara 18-26 derajat yg menciptakan kunjungan loka wisata baru ini bisa menjadi cara lain .

Kegiatan Apa Saja di Kawasan Hutan Raya Bung Hatta

Ada beberapa kegiatan yg aku lihat saat berkunjung ke lokasi ini. Semoga bisa membantu rekan seluruh yg ingin menghabiskan ketika beserta famili.

1. Hanya menikmati suasana hutan di lokasi Taman Hutan Raya dengan menelusuri keseluruhan jalan mengelilingi daerah. Saya rekomendasikan berjalan kaki buat dapat memaksimalkan menghirup udara yang masih alami.

2. Pengelola sudah mulai menyediakan aktivitas outbound yang terlihat indera yg telah terhubung menggunakan tali rajutan yang menghubungkan antara pohon besar . Kegiatan outbond seperti vertical net, burma bridge, spider net, flying fox, taman kelinci, ATV mini , dan paint ball. Rekan seluruh bisa menggunakan fasilitas ini menggunakan menghubungi pengelola untuk mengikuti prosedurnya bagaimana caranya.

Lokasi Outbond di Taman Hutan Raya [Tahura] Bung Hatta

tiga. Untuk loka menginap terdapat beberapa kapasitas ruangan yg bisa dinikmati menggunakan syarat dan ketentuan yang sudah dibentuk sang pengelola untuk reservasi.

4. Gali potensi potography rekan seluruh menggunakan jepretan yg berlatar pohon-pohon disekitar daerah taman hutan raya Bung Hatta yg sangat asri dan alami.

Asrinya Taman Hutan Raya menggunakan Pepohonan Rindang Asri

Lokasi ini jua buat Olah Raga di Bawah Pohon di Kawasan Taman Hutan Raya Bung Hatta

Tips Berada pada Kawasan Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta

1. Kawasan Hutan Raya masih sangat minim sekali fasilitas misalnya loka makan dengan hidangan yg lebih lengkap. Rekan semua dapat mesiasati menggunakan membawa beberapa bekal yg lengkap buat menunjang liburan pada Taman Hutan Raya Bung Hatta. Jika rekan seluruh membawa tikar hanya buat sekedar duduk dibawah pohon akbar disekitar daerah Taman Hutan Raya Bung Hatta sangat direkomendasikan.

2. Siapkan keuangan yang cukup di lokasi daerah. Di sekitar daerah nir ada ATM Bank Nasional.

Tiga. Penginapan yg tersedia di daerah tidak telalu poly hanya beberapa loka saja. Kalau pada standarkan tipe melati.

4. Untuk menunaikan ibadah sholat aku belum melihat pengelola menyediakan ruangan khusus. Jika belum ada rekan seluruh bisa membawa sajadah berdasarkan rumah dan berwudhu pada toilet yg disediakan sang pengelola & rasakan sholat dibawah pohon yang rindang.

5. Jagalah kebersihan disekitar daerah Hutan Raya Bung Hatta & tidak melakukan corat-coret disetiap sudut. Terciptanya tempat wisata ini bisa terjaga menggunakan adanya partisipasi menurut kita semua.

Semoga uraian poin penting dibawah ini untuk pihak terkait dapat menaikkan kapabilitas tempat sebagai loka wisata alternatif bagi semua wisatawan.

1. Dapat mengembangkan program yang menarik untuk seluruh pihak  dengan membuat penelitian atau pendidikan yang ada di kawasan Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta seperti adanya acara kemah bersama untuk anak-anak sekolah, atau acara-acara alam lainnya bagi pecinta alam.

Dua. Kawasan Hutan Raya Bung Hatta ini dapat dibuat jadwal buat jelajah alam di sekitarnya hutan sekitar. Lokasinya cocok buat melihat keasrian alam liar yg mempunyai peluang buat dikembangkan.

3. Untuk hiburan uji nyali menggunakan aktivitas olah raga dapat ditingkatkan kwalitasnya menggunakan mendatangkan energi professional buat kegitan yg dimaksud. Seperti outbond pada alam liar menggunakan tempat di pada hutan.

4. Meningkatkan hunian yg lebih representatif menggunakan memberdayakan daerah Taman Hutan Raya lebih kurang buat penginapan, tempat makan atau food court, serta fasilitas lainnya. Dengan cara ini bisa mengembangkan kawasan Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta sebagai lebih baik.