Kuliner Makanan Minuman Lezat Khas Thailand Terkenal Serta Populer

Liburan ke Thailand nir mencicipi masakan makanan & minuman yang disajikan enak menggugah nir lengkap cita rasanya wajib dicoba apalagi khas & terkenal bagi traveler Indonesia & dunia sebagai destinasi masakan di negara Gajah Putih ini. Dengan masakan para traveler dengan sengaja buat tiba menikmati olahan berdasarkan tangan terampil buat disajikan sehingga serbuan pembeli yg ingin menikmati menjadi informasi terkenal bagi semua sosial media yang dipakai kini menjadi rekomendasi jenis makanan yg akan dibeli nanti. Negara Thailand dengan letak geografisnya tidak terlalu jauh dari Indonesia menjadikan destinasi favorit dengan nilai tukar yang masih terjangkau membuat liburan nanti menjadi lebih bermakna. Nah, inilah rekomendasi kuliner minuman yang lezat terkenal di negara Thailand dengan spesial & unik menjadi terkenal untuk dinikmati bisa dianggap menjadi cemilan, jajanan, sampai sajian restoran ada semua. Bagi traveler muslim jangan risi, buat beberapa sajian ini sudah tersedia pada loka makan halal yang sudah banyak hadir pada kota Bangkok Thailand.

CHA YEN.

Poto oleh: krapow.com

Inilah minuman khas menurut Thailand yang sangat segar. Minuman terkenal ini sangat dicari jenis teh yg populer Thai Tea. Dengan campuran beberapa bahan lain seperti adas, susu, & biji asam sangat segar sekali menggunakan terbuat berdasarkan teh riyam. Apabila udara sangat terik panas mentari sangat cocok ditambah dengan es batu bertambah ceria liburan anda.

GAI YANG.

Poto oleh: splendidtable.org

Wisatawan muslim yang sangat menyukai makanan halal dapat memilih Gai Yang sebagai wisata kuliner di Thailand. Cukup populer dan lezat makanan ini berbahan dasar ayam utuh dan harus dipersan satu ayam tidak bisa parsial dada ataupun paha seperti di warung makan Padang. Proses pemasakannya ayam utuh setelah dibersihkan dan diberi bumbu khusus asli Thailand kemudian dibakar diatas bara api.  Penyajiannya satu porsi ayam Gai Yang ini dipotong-potong kecil dan disajikan ke pelanggan.

GUAY TEOW RHUA.

Poto oleh: bookthailandnow.com

Sejarah hidangan makanan ini merupakan penjualnya terdapat pada sebuah perahu. Jaman dahulu penduduk lokal yg pertama kali membuat menu jenis mie ini menjajakan makanannya memakai bahtera buat dijajakan pada pembeli. Zaman sudah berubah tidak hanya di bahtera lagi kini sudah poly dijual di pusat kota Bangkok dan tempat muslim jua tersedia. Guay Teow Rhua ini sajian mie yg dicampur menggunakan kuah berbumbu dengan adonan dagig ayam atau daging sapu dengan ditambah toge segar dan daun bawang. Untuk satu porsi rasanya sangat kenyang apalagi ditambah dengan sayuran lengkap sangat mengenyangkan.

KHAO PAD POO.

Sekilas terlihat nasi goreng tetapi memang iya, namun yang sebagai unik adalah ada aroma melati karena memang cara mengolahnya dibubuhi bunga melati & dicampuri menggunakan saus ikan spesial Thailand dan jerus nipis. Terasa segar dan aroma melatinya sebagai sensasi tersendiri untuk sebuah hidangan sajian. Tetapi tidak hanya itu, Khao Pad Poo ini jua mampu diberi tambahan toping lain seperti telur dadar ataupun jenis sea food lain misalnya suiran daging kepiting. Apabila anda telah berada di Thailand ingat hiangan khas lezat & populer ini untuk dicoba.

KANOM KROK.

Poto oleh: trungdan.com

Cemilan spesial terkenal Thailand ini terbuat menurut kelapa yg digoreng berbentuk bundar yang punya bolongan kecil seperti memasak pada penggorengan Takoyaki. Sangat tradisional sekali jajanan khas Thailand ini yg terbuat berdasarkan bahan santan, gula, tepung, garam, serta gula aren. Sebagai taburan akhir kuliner diberi daun bawang. Kue legit & enak ini wajib anda coba ya ketika berada pada sana.

KHA NIEW MA MUANG.

Makanan pencuci verbal cocok menjadi sajian setelah makan semua jenis masakan berat saatnya mencoba jenis sajian ini. Kha Niew Ma Muang sejenis sajian ketan yg dipotong ditambah menggunakan mangga segar dan krim santan kental. Manis terasa dan seger cocok sebagai pencuci mulut penutup makan hari ini. Sebagian traveler juga poly mencari jenis kuliner kahs enak dan populer pada Thailand ini baik pada toko kudapan manis sampai anda yg menjual di kaki lima. Mangga kuning merekah & anggun sangat cocok sekali dipadu menggunakan ketan krim santan kental berbalur dimulut lumer terasa hingga ke kerongkongan. Apabila di Thailand musim mangga sangat banjir menuu ini, misalnya berlimpah dipasar tradisional & toko kudapan manis.

KHAO TOM.

Jenis kuliner khas lainnya merupakan bubur nasi yang dicampur menggunakan daging ayam atau daging sapi ditambah menggunakan hasil laut lainnya. Jika bubur nasi ini diganti menggunakan udang maka namanya menjadi Khao Tom Goong, tetapi memakai daging sebagai Khao Tom Moo. Penduduk lokal sangat menyukai sajian ini yg dicampur dengan ikan menjadi berubah nama Khao Tom Pla. Jenis kuliner Khao Tom ini termasuk kuliner yang dicari sang traveler muslim lantaran halal diolah sang penduduk muslim yg ada pada Thailand. Menu ini lebih banyak disajikan pada sahabat yg sakit tidak lezat badan tersaji kuliner ini sangat cocok sekalo buat proses stamina penyembuhan. Karena bumbu buat pembuatannya memakai rempah menghangatkan tubuh. Jadi cocok pula apabila cuaca pada Thailand yang lagi hujan & sejuk cari hidangan Khao Tom.

KHANOM CHIN NAM YA.

Makanan berjenis mie ini sangat digemaro oleh semua wisatawan dan penduduk lokal Thailand. Kuah yg sangat legit nikmat lezat ini terbuat dari kari ikan menggunakan rasa pedas berdasarkan bumbu, Untuk pedesan ini mampu anda sesuaikan menggunakan tambahan sambel atau lainnya. Menu ini bisa anda temukan pada pusat kota Bangkok dan pusat wisata lainnya.

KHAO SOI.

Poto oleh: aznmodern.com

Pecinta kuliner dunia wajib mencoba makanan ini termasuk spesial dan terkenal. Khao Soi ini adalah sebuah sajian menu yang sangat disukai sang penduduk lokal terutama pada bagian utara hingga ke negara tetangga Laos. Bukan menurut orisinil dari Thailand namun modifikasi dan berasal menurut negara Myanmar. Hidangan yang sangat lezat ini yaitu mie kuning menggunakan santan yang sangat gurih. Kuah ini bercampur dengan bumbu kare yg siap memanjakan pengecap anda. Khao Soi ini kuah santannya tidak kental tetapi sangat pas komposisinya buat adonan mie. Tersaji satu porsi Kao Soi ini dengan cabai, irisan bawang merah, acar timus, pilihan daging sapi atau daging ayam, dan segarnya perasa jeruk nipis.

ASINAN THAILAND.

Jenis kuliner ini ada miripnya menggunakan asinan khas Bogor yg acapkali ditemukan pada wilayah Sunda. Satu porsi tersaji dibalur dengan kacang ini berisikan aneka buah segar misalnya pepaya setengah matang, potongan wortel, tauge, & sayur lainnya. Bahkan dimodifikasi menggunakan porongan butir musiman lainnnua, kuliner pedas dan terkenal ini sangat cocok bagi anda seseorang vegetarian dan lagi proses diet menggunakan rasa pedas asam & asin yang segar bila dikonsumsi disiang hari. Memang sebagian orang menyebutnya salad Thailand yang mampu ditemukan dipusat kota Bangkok, namun hidangan ini pula terdapat di negara tetangga lainnya misalnya Laos dan Kamboja. Seger & menyegarkan banyak sekali wisatawan menyukai sajian ini dan harganya sangat terjangkau sekali alias tidak mahal.

KAENG MATSAMAN.

Poto oleh: thailandholiday.info

Makanan olahan dari umat muslim di Thailand ini bernama Kaeng Matsaman, istilah Matsaman ini bukan menurut bahasa Thailand adalah nama yang olahan makanan menggunakan kaya bumbu rempah bertema kare yg poly di dominasi kuliner timur tengah. Rasa kari yg sangat terasa ini paduan rempah cengkeh, kapulaga, bunga lawang, jintan, kayu manis, dan daun salam ini menjadikan kuliner ini sudah hadir pada bumi Thailand. Masakan ini sudah sangat populer kelezatannya dan harus anda coba ketika liburan pada Bangkok.

LARB.

Jenis salad lain juga sebagai favorit dan enak buat anda yg suka sayuran menjadi menu utama. Bukan asal dari negara Thailand tetapi dari Laos yg telah menjamur penjualnya disana. Arti Larb dari bahasa Laos dan Thailand adalah keberuntungan, namun makna seharusnya diambil berdasarkan bahasa Lanna pada Thailand Utara yg merujuk kepada mencincang daging. Pada versi kuliner Thailand terdapat imigran menurut Laos yang telah menetap tinggal di Isan Thailand Utara ini tentu tidak sinkron sekali Larb orisinil dari Laos bedanya nir menggunakan jeruk nipis dan kecap asin sama sekali, jadi rasanya cukup menyegarkan apabila dikonsumsi. Apabila muslim mencari kuliner yang halal pilih penjual yang mengungkapkan bahwa olahan mereka cocok buat wisatawan berdasarkan Indonesia yang mencari makanan seperti ini menggunakan tambahan daging ayam sebagai tambahan pada salad Larb.

NAI MONG HOY TOD.

Cemilan khas terkenal Thailand ini sangat seperti menggunakan telur dadar atau jenis omelet biasa. Jenis omelet ini cukup berbeda menggunakan tambahan toping homogen kerang, traveler dunia menyebutnya sheelfish omelette atau oyster omelette yg sangat cocok sebagai kudapan senggang waktu liburan. Termasuk kuliner spesial yang cukup aneh di Thailand bagi traveler Indonesia tetapi cita rasanya relatif lezat ditambah menggunakan cocolan saos spesial Thailand buat mempertinggi rasa.

PAD THAI.

Inilah kuliner yang berbahan dasar mie yg disiram menggunakan kuah berbumbu adonan menurut kuah asam & gula aren dengan toping beraneka ragam seperti tauge, kacang, udang, & ditaburi dengan daun bawang segar. Para penggila kuliner yang bernuansa mie wajib mencoba Pad Thai, aneka toping ini sanggup anda ganti sesuai dengan kesukaan misalnya daging ayam atau daging sapi menjadi protein gizi buat seporsi pesanan. Sangat mudah menemukan masakan ini telah banyak loka yang menyediakan terutama di kaki 5 di pusat wisata dan sentra kota Bangkok.

SOM TUM.

Makanan khas Thailand berupa sayuran salad jenis pepaya yang sudah dicampuri dengan kacang panjang, garam, cabai, tomat, dan bawang putih ini tersaji menggunakan saus ikan dan bumbu kacang mempertinggi kelezatan hidangan ini. Untuk toping pilihan bebas dimuali menurut aneka sea food segar yg akan menambah variasi makanan lain berada pada Thailand. Cocok sekali dicuaca panas pantai yg akan membuat lidahmu ketagihan buat nambah.

SERANGGA GORENG.

Mungkin sebagian traveler sangat kaget, geli, mungkin ada beropini jijik menggunakan memakan serangga goreng. Jangan remehkan makanan spesial ini juga banyak peminatnya termasuk menurut wisatawan Indonesia. Sangat unik bahkan orang bilang ektrim dengan jenis yang cukup poly ragamnya yaitu belalang, ulat kayu, jangkring, dsb. Keseluruhan serangga ini rata-homogen digoreng dan bisa ditemukan pada jajanan kaki lima. Jika anda mempunyai nyali cobalah serangga goreng ini seperti belalang.

TOM KHA KAI.

Jenis sajian berkuah mungkin seperti dengan Tom Yam menjadi hidangan khas dari Thailand. Tom Kha Kai sejenis sup & santan dengan gambaran pedas buat setiap porsinya. Warna kuahnya putih ini mampu ditambahkan sambel menjadi peningkat rasa pedas. Setiap tingkat kepedasan ini bisa anda sesuaikan cocok sekali bagi anda yg menyukai sajian pedas buat makan. Sajian lain tambahannya merupakan daging ayam yg sudah disuwir menjadikan hidangan sangat unik. Tom Kha Kai ini jua ditambah menggunakan daun jeruk menciptakan aroma alami sangat tercium bertenaga pada saat menu tiba di meja anda.

TOM YAM.

Semua orang telah mengenal sosok kuliner ini, dapat dikatakan sebagai makanan relatif fovorit bahkan terkenal sama pengecap orang Indonesia. Campuran aneka sea food yang berkuah menggunakan rasa pedas asam ini dipadu menggunakan aneka rempah pilihan seperti lengkuas, sereh, daun jeruk, cabai, hingga bumbu rahasia lainnya membuat sajian ini akan selalu dicari waktu berlibur pada Thailand. Sensasi makanan ini mampu anda temukan di kaki lima sampai restoran tentu harganya sangat sinkron menggunakan kantong.

TOD MAN PLA.

Makanan yg terdiri dari ikan yg sangat disukai oleh penduduk lokal dan wisatawan. Makanan ini jua terhidang menggunakan jenis daging ayam & daging ikan, tetapi rakyat lokal lebih suka ikan dijadikan Tod Man Pla. Tentu jenis ikan terpilih harus spesifik jenis dagingnya berwarna putih, di Indonesia ikan yg populer berdaging putih bersih ini adalah ikan tenggiri, ikan tuna, ataupun jenis ikan gindara. Di Thailand sendiri menu ini banyak ditemukan pada kaki lima khususnya di pusat backpacker ataupun sentra kota. Berbahan dasar ditambah menggunakan bumbu kari ala Thailand. Bumbu kari ini membuat rona merah kekuningan alami dalam ikan yg disajikan pada Tod Man Pla. Bahan lain yang disajikan didalam kuliner ini merupakan daging ikan dan daging ayam dengan irisan kacang panjang penikmat menu ini sangat menyukainya. Tambahan pendamping lainnya merupakan acar timun buat menambah rasa segar dalam gigitan.

TIPS:

Memang olahan kuliner Thailand dalam saat ini sudah mulai membuka pola halal buat memperkuat pariwisata disana menggunakan hidangan yg sudah ada dirubah memakai jenis bahan yang dicari sang traveler muslim. Namun anda wajib melihat rekomendasi restoran atau pedagang yg menjual makanan menu terkenal ini pada Thailand spesifik halal dengan melihat penjual yg mengungkapkan produk mereka sahih-sahih halal. FYI, buat berlibur ke Bangkok Thailand tidak perlu apply visa, pemegang paspor Indonesia hijau bebas masuk dengan waktu terbatas. Jadi persiapkan tiket pesawat PP anda saja.

Baca pula:

Prosedur Penerbangan International Ke Internasional Di Bandara Internasional Suvarnabhumi Thailand baca: link

Panduan Wisata Halal Muslim Di Bangkok Thailand

Panduan Estafet Naik Kereta Dari Bangkok Thailand ke Siem Reap Kamboja Naik Bus