Dataran Tinggi Tram Ton Pass Fansipan Di Kota Sapa Vietnam Pesona Alam Bagi Pecinta Pendaki Gunung

Inilah dataran tinggi pada Vietnam Tram Ton Pass & Gunung Fansipan menjadi surga persona alam yg khusus bagi anda pecinta pendaki gunung yang bisa menjajal treking yang terdapat di objek wisata ini. Pengalaman para wisatawan khususnya mempunyai sklil fisik pada pendakian ini merupakan titik tertinggi yg berada di Sapa kurang lebih 2800 meter dpl. Sudah tentu pasti sehabis mencapai ke titik tertinggi tersimpan pemandangan latif terbaik yang bisa anda lihat sendiri bahkan anda betah berlama-lama pada lebih kurang lokasi ini.

Perjalanan ke Tram Ton Pass

Jalan ke Sapa dan rute Lai Chau menuju ke Tram Ton Pass ke Utara Fansipan dengan jarak +/- 15 km dari Sapa. Ketinggian 2000 meter ini anda akan melewati pegunungan tertinggi di Vietnam yang merupakan posisi pegunungan yang menjadi garis pemisah untuk faktor cuaca. Di tempat inilah pemandangan khas pegununan di ketinggian bisa anda lihat bahkan ada air terjun Thac Bac yang bisa anda lihat  sekitar 12 km dari Sapa.

All Credit poto: travelercorner.Com

Sekitar Sapa seringkali ditemui cuaca berkabut dan udara sejuk pegunungan & dalam sisi Lai Chau akan terlihat cuaca cerah dengan suhu hangat. Sapa merupakan daerah yang sangat dingin pada Vietnam akan tetapi Lai Chau loka yang sangat hangat.

Pada goresan pena ini akan dibagi menjadi penelusuran beberapa kunjungan yaitu menjelajah kota Sapa mengunjungi beberapa perkampungan & melakukan pendakian gunung.

JELAJAH KOTA SAPA.

Perjalanan ini sangat menyenangkan sekali bila cuaca mendukung & tidak hujan. Rute pertama menuju ke Lao Cai dengan menempuh waktu perjalanan /- 1 jam. Sepanjang jalan anda akan terkesima betapa indahnya alam perbukitan. Anda bisa melakukan eksplorasi buat melihat apa sih yg terdapat di kota Sapa ini.

Tentu yg sangat pertama sekali anda wajib mengunjungi Sapa Lake yg sangat latif ini yang ada taman pada tengah danau. Ukurannya sih nir terlalu besar namun anda bisa membedakan Sapa Lake menggunakan Hoan Kiem Lake di Hanoi yaitu bila senja menjelang dan matahari terbenam sangat indah sekali, adanya pantulan banyangan gedung yang eksklusif memantul ke air danau sungguh mempesona mata.

Lakukan penelusuran ke Sapa Market buat melihat aktifitas penduduk , anda akan menemukan pada pasar penduduk asli Sapa yg di Vietnam adalah suku minoritas yang akan menghampiri anda buat menunjukkan aneka macam barang suvenir yg mampu anda beli. Jika ditinjau berdasarkan jenis pakaiannya tentu jua berbeda. Luasnya pasar ya namanya pasar tradisional tidak luas, khusus hari Minggu anda akan melihat suku minoritas ini akan banyak sekali ditemukan pada pasar lantaran hari ini mereka akan berbondong-bondong membawa hasil bumi mereka untuk dijual. Selain hari ini mereka melakukan aktivitas sehari-hari pada pertanian berocok tanam, apabila mereka mengikuti anda buat menunjukkan jenis barang eksklusif anda jangan kaget ya. Walaupun bergerombol mereka tetap sangat unik dengan pakaiannya, semoga anda ramah menghadapinya :D

Poto sang: gobeyond.Asia

Poto oleh: erickimphotography.Com

Tidak hanya anda sendiri yang akan datang pada Sapa Market, banyak sekali turis dari banyak sekali negara ingin melihat aktifitas penduduk lokal ini menggunakan segudang keunikan. Dimulai gaya mereka membawa anggota famili sampai menunjukkan barang dagangannya kepada semua pengunjung. Di pasar ini cukup variatif ada yg menjual obat tradisional hingga kebutuhan sehari-hari.

Anda mampu mencicipi sendiri jika telah berada pada kota Sapa, suhunya buat satu hari mampu anda rasakan beberapa suhu, bila pada pagi hari anda akan meresakan hawa sejuk di kulit, dalam siang hari akan terasa panas, sore terlihat suasana berawan, dan dalam malam hari suasana dingin akan sangat terasa. Lantaran posisi Sapa ini berada di ketinggian 1200 meter dpl.

Serasa telah puas melihat kehidupan warga lokal di Sapa Market saatnya menuju inti wisata yaitu berjalan pada belakang pasar ini persis menuju ke Cat Cat Village. Lokasi letaknya persis di lembah & anda akan melihat pemandangan yg sangat asri bila telah melangkah jalan ke rute ini. Ada beberapa gedung unik yang mampu anda lihat berdasarkan batu. Disekitar gedung batu inilah anda jua menemukan suku minoritas yg akan menghampiri anda buat menentukan dagangannya mereka. Jangan terkejut lagi, lantaran namanya kampung mereka yg mereka lagi mereka lagi. Suasana ini sangat unik & rasakan saja hal ini lantaran hanya disinilah anda mampu mencicipi hal yang luar biasa misalnya melihat suku minoritas ini berkarya buat menjalani kehidupan mereka.

Perkampungan Cat Cat Village mampu terlihat perpaduan rumah penduduk orisinil yang berdampingan dengan air terjun yg sangat cantik, para wisatawan menyebutnya Cat Cat Waterfall. Sangat jernih dan sejuk. Kadang di depan air terjun ini juga ada pertunjukan dari penduduk lokal orisinil berupa tarian dan nyanyian. Untuk jadwalnya tidak kentara kapan namun dari wisatawan yg sudah datang memang ada, mungkin terdapat perayaan tertentu atau program tertentu dilakukan pada depan air terjun ini. Apabila anda beruntung anda akan melihat pertunjukan ini & apabila terlihat kotak bantuan anda bisa menaruh ala kadarnya buat penduduk lokal disana atau membeli tiket masuk buat mereka. Usahakan anda jua membeli barang dagangan mereka agar adanya dampak turis kepada kehidupan mereka juga terasa. Dapat dikatakan kondisi ekonomi yg masih jauh berdasarkan paripurna bahkan serba kekurangan terlihat kehidupan mereka masih jauh menurut apa yang sanggup kita lihat sendiri.

Berbagai kehidupan keseharian penduduk lokal ini relatif bervariasi, dimulai menurut membuat cendera mata, pembuatan kain yg bisa mereka pakai buat sandang sehari-hari, hingga sistem pengairan yg masih memakai bambu buat proses aliran air. Rumah yang sangat tradisional sekali membuat cita rasanya tidak selaras dengan pada kota, sungguh merasa kehidupan mereka sangat apa adanya.

Sekitar 1 jam lebih anda sanggup melihat suasana Cat Cat Village & menuju ke kota Sapa. Tadi anda melakukan penurunan sekarang saatnya treking mendaki. Jika anda tidak bertenaga sanggup memakai jasa ojek penduduk lokal dengan biaya 40.000 VND. Cukup poly jasa ojek ini di lebih kurang Cat Cat Waterfall yang bisa mengantarkan anda ke kota Sapa.

Hari berikutnya, anda akan melakukan trekking lagi yaitu beberapa desa lain yg masih dekat dari kota Sapa. Sebaiknya anda menyewa sepeda motor supaya jelajah lebih nyaman & menyenangkan. Biasanya pada hotel loka anda menginap tersedian penyewaan sepeda motor buat satu hari 120.000 VND termasuk perlengkapan 2 helmet. Jangan lupa isi bensin sebesar 50.000 VND lebih kurang dua liter, petugas hotel akan menunjukan lokasi terdekat pom bensin. Dengan bensin segitu anda sudah puas berkeliling ke desa terdekat kota Sapa.

Rekomendasinya adalah sebelah utara kota Sapa ke Silver Waterfall atau Thac Bac. Perjalanan ditempuh selama 30 mnt ya kurang lebih 12 km. Kondisi jalan relatif indah dan pemandangan kota kecil desa sangat kental sekali terasa. Siapkan uang tiket masuk sebesar 10.000 VND dan parkir 10.000 VND, siap meluncur ke rute treking untuk hingga ke air terjun. Situasi air terjun tergantung dari demam isu, jika demam isu hujan debit airnya cukup tingggi apabila anda tiba dalam demam isu panas debit air tentu akan mini . Wisatawan menamankan Silver Waterfall niscaya terdapat karena yaitu apabila berdasarkan kejauhan terlihat berkilau laksana perak terkena sinar. Untuk hingga ke lokasi ini anda tidak perlu khawatir karena petunjuk jalan cukup lengkap mengarahkan anda hingga ke lokasi ini.

Persiapan fisik sudah siap saatnya mendaki jalan yg telah tersedia dengan posisi rute menanjak. Di sampai zenit anda akan melihat debit air sesuai menggunakan musimnya. Lokasi yang masih sama di zenit summit Fansipan menuju ke Tram Ton Pass yg terasa suhu yg terbagi 2 yaitu terdapat sisi dingin dan sisi lainnya terasa cerah & panas. Kondisi yg terasa bertolak belakang ini disparitas udara menyebabkan angin sangat bertiup cukup kencang. Pemandangan sangat latif sekali berpadu dalam hijaunya pohon & batuan alam. Jadi pastikan langkah anda harus kokoh & lihat kondisi jalan, jika anda lengah mampu terjatuh.

Setelah anda puas Tram Tos Pass selanjutnya pulang ke Sapa Town buat mengarah ke selatan menuju Ban Den yg berjarak /- 12 km. Tempat ini nisbi masih belum poly wisatawan tiba kesini namun pemandangan alam disini sangat menakjubkan sekali berpadu dengan sawah penduduk lokal. Apabila pada waktu musim panen padi menguning akan menambah latif. Lokasi desa yang dimaksud merupakan Tan Van Village, Lao Chai Village , dan beberapa desa penduduk lokal lainnya.

Jika saat anda sangat relatif pada Sapa Town bisa mengunjungi seluruh desa yang terdapat disini, tetapi waktu yang sangat sempit maksimal 2 desa mampu anda jabanin. Yang sangat direkomendasikan ya desa Cat Cat Village, Tan Van Village yg lokasinya masih mampu terjangkau dan cukup dekat dengan Sapa Town.

Setelah sore menjelang anda mampu kembali ke Sapa Market dan berjalan melihat Sapa Lake buat menikmati suasana sore dan berlanjut ke wisata kuliner. Memang pada lokasi ini sangat sulit menerima kuliner yang halal, aku yakin sahabat yg berdasarkan muslim sanggup siasatinya dengan membeli buah-buahan yang terdapat disekitar pasar yg mampu menggantikan makan malam.

Tips:

Untuk mengelilingi seluruh wisata yang terdapat di Sapa anda wajib menyiapkan saat yg relatif buat mendapatkan pemandangan alam serta mengunjungi beberapa perkampunhan. Usahakan anda menginap di hotel yg terdapat fasilitas rental motor buat memudahkan anda mengunjungi beberapa tempat wisata yang dekat dengan Sapa. Untuk sampai ke beberapa tempat sepeti ke pegunungan anda harus mempersiapkan fisik yg relatif prima karena perjalanan tadi membutuhkan kesigapan badan serta stamina yg baik.

KHUSUS ANDA INGIN MELAKUKAN PENDAKIAN.

Apabila anda ingin ke Gunung Fansipan anda harus memakai jasa Tour Guide yg sudah tersedia harganya dimulai dari USD 100 untuk 2 hari treking [akan dirinci di tips dibawah]. Lantaran rutenya bisa dikatakan hiking ke gunung maka pada Fansipan menaruh beberapa jalur pendakian yg tentu hanya mampu anda temukan di negara Vietnam. Jalur yg khusus & spesifik ini akan mempengaruhi mata anda dimulai berdasarkan pendakian hingga ke puncak gunung.

Pengalaman Menuju Ke Fansipan Dengan Waktu Penuh.

Rangkuman perjalanan ini cukup mudah bahkan sudah banyak para wisatawan melakukannya. Perjalanan ini sebaiknya dimulai pada jam 08:00 pagi dimana anda harus membeli tiket menuju ke kota Sapa. Biasanya para traveler ingin langsung menjemput ke hotel loka menginap. Sebaiknya anda menentukan hotel yg mempunyai paket bepergian misalnya ini untuk mempermudah travel menuju Fansipan, lantaran mereka akan mengatur seluruh itinarary sampai samapi ke zenit summit. Sapa ini relatif jauh dari Hanoi, jadi anda harus menginap di Sapa buat melanjutkan perjalanan ke Fansipan. Jika ingin melakukan sendiri berikut pengalamannya yg sanggup anda lakukan.

Khusus Mendaki Sampai Ke Puncak Summit Fansipan [Rincian Perjalanan]

Formula: Pendakiaan wajib dimulai persiapan dalam pukul 06:00 pagi saat setempat. Dan tepat pada pukul 09:00 pagi bepergian telah siap dimulai. Pendakian ini sudah disebutkan diatas menggunakan Tour Guide menggunakan harga USD 100 buat 2 malam.

Khusus anda yang benar-sahih ingin hingga ke puncak summit Fansipan anda bisa menyewa porter buat membawa barang bawaan anda sang penduduk lokal setempat Black Hmong yg sudah terbiasa membawa barang-barang krusial selama anda berada di pegunungan misalnya tas ransel, tenda, sampai peralatan tidur. Ke zenit tertinggi ini anda jua bisa melakukannya sesudah melewati hutan pinus dan bambu pastinya cuaca disini sangat dingin sekali. Treking pendakian ini sangat diperlukan tour guide & porter yang memandu anda dalam saat memasuki perkampungan penduduk lokal Sapa misalnya Black Monh. Dzay, atau Red Dzao. Seluruh suku minoritas ini bermukim di sekitar lokasi ini.

Sekitar siang anda telah sampai pada ketinggian 2200 meter dpl, dan menikmati sajian makan siang sudah tiba yang dipersiapkan oleh tour guide dan porter. Setelah waktu istrirahat cukup treking akan segera dimulai menuju ketinggia 2800 meter dpl buat lokasi pendirian tenda. Prediksi waktu lebih kurang pukul 16:00 telah sampai pada lokasi yang dituju.

Setelah istirahat yg seluruh rundown program dilakukan sang tour guide makan persiapan buat sampai ke zenit summit. Perkiraan sampai menggunakan pagi hari, & anda telah menginjakan kaki pada zenit bukit paling tinggi di Vietnam. Di Puncak ini anda bisa melihat gugusan awan pada bawah sana dalam suasana pagi bewarna putih bagaikan kapas terbang yang siap terbang dihembus angin. Jika cuaca mendukung anda pula bisa melihat puncak gunung pada Provinsi Yunan China.

Proses pada puncak bukit sudah terselesaikan lebih kurang 10:00 - 11:00 siap turun ke bawah melewati Tram Ton Pass. Dan kurang lebih pukul 16:00 sore telah sampai pada Tram Ton dan bersiap menuju ke kota Sapa.

Rangkuman Itinaraty Khusus Pendakian Fansipan.

Saya ingin memberikan tulisan khusus bagi para pendaki yg ingin melakukan pendakian.

Hari Pertama;

Persiapannya anda harus stay sebelumnya di Sapa Town.

Formula: Sapa ---> Tram Ton Pass [2200 meter s.d 2800 meter dpl]. dan Tour Guide dan Porter akan menjemput anda di hotel sekitar jam 06:00 pagi. Anda harus mempersiapkan diri untuk menikmati sarapan dan beberapa persiapan lainnya seperti mandi dan benah-benah barang bawaan.

09:00 Pagi.

Perjalanan dimulai dengan rute perjalanan menuju ke Tram Ton Pass merupakan rute jalan awal menuju ke Gunung Fansipan. Barang Bawaan ini bisa anda lakukan dengan membawa porter berdasarkan penduduk lokal suku Black Mong. Rute perjalanan selama treking wajib mempersiapkan fisik yang kuat serta perlengkapan pendakian yg memadai.

16:00 Sore.

Sampai di ketinggian 2800 meter dpl dimana lokasi tenda berdiri dan istirahat.

Hari Kedua.

Setelah seharian istirahat & semua perlengkapan makan & lainnya diatur sang Tour Guide makan dalam pukul 06:00 pagi anda sudah bersiap untuk menuju ke puncak summit Gunung Fansipan.

Formula: 2800 meter dpl --> Tram Ton Pass --> Sapa Town.

Setelah anda hingga pada zenit dan melihat pemandangan pada puncak , sekitar pukul 10:00 telah bersiap turun kembali ke Sapa Town.

16:00 Sore.

Sampai pada Tram Ton dan menuju ke Sapa Town.

Tips: Jika anda berkesempatan untuk mengunjungi Fansipan trekking ini pada Sapa maka tour yang akan anda pilih ini anda harus mempersiapkan fisik & mental. Karena rute pendakian ini gunung sudah mulai anda rasakan. Pola jalan yang panjang dan berliku menyatu menggunakan pegunungan alam inilah yg sangat dicari oleh para wisatawan dunia yg terpatri dalam sebuah sawah, pegunungan, dan lembah yang sangat konstras menggunakan alaminya alam. Yang paling latif adalah sawah yg bertingkat yg sangat sejuk di mata tentu sangat tepat dicermati pada posisi depan. Jadi, Tram Ton Pass adalah loka yg harus anda kunjungi & memang loka spesifik bagi anda pecinta alam disinilah muaranya.

Semoga tulisan ini bermanfaat & sanggup menambah wawasan anda jika berada pada kota Hanoi Vietanam yg relatif dekat dengan Sapa.