Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok Sumatera Barat

Sebuah Bukik atau Bukit Chi Nang Kiek| Chinangkiek| Chinangkiak| Cinangkiek| atau Cinangkiak [tulisan berbeda tetapi maksudnya sama, sebutan lainnya dari lokal penduduk] telah dijadikan sebuah wisata alam baru  dan telah dibuka sekitar 1 bulan setelah lebaran 1438H adalah bernama Wisata-Alam-Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok Sumatera Barat [nama resmi oleh pengelola wisata]. Dengan lokasi wisata dengan alamat di kawasan Jorong Tampunik Singkarak X Koto, Solok, Sumatera Barat 27356. Wisata alternatif ini akan saya tuju menggunakan sepeda motor dengan persiapan yang biasa dibawa yaitu helmet, jacket, jas hujan, dan tas pribadi harus dibawa. Perjalanan ini dimulai pada Jam 09:00 WIB cuaca cukup cerah dari kota Padang, tetapi terlihat diujung sana awan gelap terlihat disekitaran kota Solok. Tetapi tidak menyurutkan untuk melihat apa sih yang ada di puncak Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok ini. Lokasi ini ternyata sudah banyak informasi yang wara wiri di medsos yang kurang puas rasanya untuk mendapatkan informasi yang cukup komplit dan terarah. Khusus turis dari luar negeri yang kurang familiar dengan bahasa lokal seperti ini wisata ini disebut juga dengan Cinangkiak-Chi Nang Kiek-Chinangkiak-Peak-Solok.

Sekilas Wisata Alam Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok.

Setelah mendapatkan kabar menurut petugas penjaga di sana ternyata wisata alam ini dibuat sang anak nagari yg diperantauan yg sengaja membeli bukit ini untuk membuka suatu peluang hemat dilingkungan sekitar. Memang awalnya lokasi perbukitan milik suatu kaum yg dibeli oleh anak nagari yang ingin membuka huma sebagai destinasi wisata baru. Awal mulanya lokasi ini akan dibuat suatu loka penginapan sekelas villa atau semi resort tetapi tidak diijinkan sang pemuka istiadat atau ulama yg ada pada Nagari X Koto Singkarak ini. Setelah aku melihat lokasinya relatif representatif dan masih pada pembangunan sang pihak pengelola dengan beberapa fasilitas yg cukup mumpuni kelak menjadi daya tarik wisata pada nagari ini khususnya dan pada Kabupaten Solok dalam umumnya. Kita tunggu wahana apa yang akan dibuat oleh pemilik lahan ini. Pembangunan struktur landscape nya masih dilakukan, semoga pada waktu dekat telah dapat dinikmati semua wisatawan termasuk saya.

Bagaimana Cara ke Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok Sumatera Barat.

Untuk sampai ke lokasi ini nir sulit. Jaraknya /- 60-65 km dari kota Padang Sumbar. Setelah memasuki kota Solok anda wajib terus menuju ke Sumani Singkarak. Setelah melewati pasar Sumani Singkarak /- 3 km perjalanan anda akan menemukan pohon beringin akbar disebelah kanan. Ambil kanan masuk kedalam jalan yang ada di depan pohon beringin tersebut dan lurus saja hingga terdapat penunjuk jalan ke Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek. Setelah memasuki jalan yg saya maksud ini kondisi jalan kampung cukup bagus selesainya memasuki ke wisata alam ini syarat jalan semen yang kurang baik kondisinya masih semi permanen namun menjadi rintisan jalan aku relatif memakluminya. Pemandangan disini sudah terlihat indah menggunakan sawah & perkebunan penduduk yang subur & siap panen seperti padi, buah naga, pohon rambutan, pohon sawo, ada juga beberapa batang pohon mangga.

Inilah petunjuk jalan pertama menuju Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok yaitu pohon beringin akbar yg berada pada posisi sebelah kanan selesainya berjalan /- tiga km selesainya pasar Sumani Solok.

Setelan memasuki jalan pada depan pohon beringin besar ada rumah norma nagari pada sebelah kanan. Inilah jalan awal menuju ke Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok.

Setelah hingga lokasi saya wajib membayar porto masuk & parkir motor kendaraan masing-masing IDR 5rb dengan total IDR 10rb. Dengan jalan yg relatif terjal menggunakan taraf kemiringan kurang lebih 30-40 derajat ini harus mempunyai nyali buat tetap mendaki. Apa lagi membawa tunggangan harus siap pergantian porseneling agar nir meluncur kebawah. Jalan beton yang masih belum kokoh atau semi permanen ini harus dibenahi oleh pengelola supaya kecelakaan tunggangan bermotor tidah terjadi. Rambu-rambu jalan masih sangat minim hanya jalan masuk dan keluar sudah dibentuk jalur khusus supaya tidak terjadi macet pada waktu tunggangan masuk dan keluar.

Ini jepretan aku buat lokasi jalan menuju wisata alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak.

Fasilitas di Wisata Alam Bukik-Chi-Nang-Kiek.

Setelah mendaki jalan yang cukup terjal ini sudah disambut oleh pemandangan alam seperti sawah dan Danau Singkarak yang telah mulai terlihat berdasarkan atas bukit. Setelah memasuki lokasi sudah terlihat rumah pohon yg baru terselesaikan dibuat sang pengelola yang mampu dinikmati sang seluruh pengunjung. Tetapi berbeda pada rumah pohon yg pada lokasi wisata aku wajib membayar lagi IDR 2rb buat menikmati panorama menurut atas rumah pohon. Namun nir perkara yang penting saya mampu menikmati panorama alam menurut lokasi ini & melihat pemandangan sawah yg hijau dan menguning menggunakan berlatar Dananu Singkarak.

Rumah Pohon Pada Saat Memasuki Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek posisi sebelah kiri pintu masuk.

Untuk anda yg ingin menjelajah motor trailer alias ATV mini mampu dinikmati dan sudah disediakan oleh pengelola. Adu tangkas berjalan diatas tali pula terdapat layaknya outbond, jika anda ingin menggunakannya bisa menghubungi petugas yg terdapat disana.

Untuk makanan dan minuman jua disediakan tempat yg relatif representatf bagi pengunjung menggunakan beraneka-ragam hidangan pilihan. Tetapi saya tidak mencoba sajian disini lantaran masih belum banyak tersedia yang cocok dengan kesukaan pada saat itu. Tidak mungkin saya menikmati mie panaskan buat jauh-jauh ke lokasi ini. Tentu nir. Ingin sesuatu yg tidak ditemukan dilokasi lain. Untuk menikmati lokasi bukik yg masih alami menggunakan bangunan bambu cukup menyenangkan dan terlihat alami.

Tips Untuk Menikmati Wisata Alam Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok.

1. Setelah aku mencoba alternatif wisata ini syarat jalan relatif terjal dan anda wajib mempunyai nyali yg cukup tinggi buat menuju lokasi. Memang awal jalan permanen landai setelah anda membayar karcis masuk kepada petugas pertualangan jalan mendaki telah dimulai. Jadi, anda harus mempunyai kemampuan mumpuni berkendaraan terutama roda empat buat sempurna mengubah porseneling apabila memasuki jalan yg telah menanjak.

2. Masih minimnya rambu-rambu sehabis memasuki lokasi, memang aku rasakan sendiri, tetapi itu nir jadi kasus jikalau jalan masih sepi & tidak terlalu banyak kendaraan, apabila tunggangan poly akan menaruh ketajaman naluri membawa kendaraan beroda empat atau motor supaya tidak mundur atau masuk jurang. Jadi, bila anda membawa tunggangan roda empat atau 2 harus siap dan sigap waktu menanjak.

3. Hindari demam isu hujan untuk mendatangi lokasi wisata alam ini. Lantaran lokasi jalan yg relatif terjal ini apabila trend hujan mempunyai kesulitan bertambah apalagi jalam masih ada tanah bukit, sanggup slip jika ada tanjakan lantaran jalan sedikit licin. Jadi waspada apabila demam isu hujan memasuki lokasi wisata alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok ini.

4. Fasilitas cukup baik dan cantik menggunakan adanya bale-bale atau semacam booth buat duduk beristirahat yang sudah memadai. Tinggal menu makanan & minuman yang harus anda coba disana.

5. Fasilitas toilet sudah tersedia dan cukup bersih buat digunakan. Tetapi pada waktu itu aku belum menemukan tempat buat melaksanakan ibadah sholat fardhu atau mushola. Mudah-mudahan dimasa yang akan datang telah disediakan sang pengelola.

6. Anda harus menaiki tempat tinggal pohon di area wisata alam ini. Untuk memaksimalkan pemandangan sawah & Danau Singkarak diatas tempat tinggal pohon sangat latif sekali. Hanya saja anda harus dikenakan porto tambahan lagi sebanyak IDR 2rb saja buat sampai ke zenit tempat tinggal pohon. Ini jepretan saya diatas rumah pohon di Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok Sumatera Barat dengan berlatar pemandangan Danau Singkarak. Lantaran waktu kunjungan saya ini masih ada sedikit kabut jadi latar danau kurang aporisma, namun over all cukup indah memang.

Pemandangan pada atas rumah pohon berlatar Danau Singkarak.

Angle spot poto lain diatas rumah pohon berlatar Danau Singkarak.

7. Parkir yang relatif luas buat tunggangan roda 2 & roda empat yang sudah relatif permanen. Menurut perhitungan saya lokasi parkir pada saat itu sanggup memuat sebanyak 100 mobil & lebih berdasarkan 200 motor.

8. Pada waktu keluar memakai kendaraan bermotor harus berhati-hati lantaran jalan menurun yang relatif waspada menggunakan slip atau belokan yang cukup tajam. Namun itu nir masalah apabila anda sudah mahir dalam syarat jalan seperti ini. Perhatikan posisi porseneling buat bisa tetap berjalan dengan baik.

9. Saya selalu menghimbau kepada wisatawan yg berkunjung ke lokasi wisata supaya selalu menjaga kebersihan tidak hanya dilokasi wisata tetapi dalam ketika diperjalanan juga harus menjaga kebersihan. Buang sampah dalam tempatnya, saya melihat waktu menuju ke lokasi wisata ada beberapa teman yg memiliki kendaraan roda empat atau 2 seenaknya membuang sampah dijalan seperti tisu, sampah makanan, botol bekas minuman, dsb lewat jendela kaca untuk mobil dan motor seenaknya. Jangan berpendapat seenaknya didalam tunggangan bersih tanpa sampah namun membuang sampah ditempat yg tidak sepatutnya nir perkara. Atitude seperti ini harus dirubah, kebersihan adalah tanggung-jawab bersama. Mari menjaga lingkungan menggunakan membuang sampah pada tempatnya. Untuk pengelola supaya loka sampah jua banyak disediakan dan pemandangan bersih sanggup saling kerjasama antara pengunjung dan petugas kebersihan yang ada disana.

10. Untuk pengelola lokasi wisata ini cukup baik & mempunyai bisnis baru yg akan memajukan perekonomian nagari yang sudah mulai menggeliat. Toko dan bisnis baru tumbuh dan pembangunan infrastruktur jua sudah terlihat oleh masyarakat nagari. Jadi, anda pula sanggup berpartisipasi buat belanja pada warung tetangga misalnya nagari X Koto Singkarak & ada jua loka nongkrong sebelum memasuki lokasi dengan pemandangan sawah dengan pondok booth buat masing-masing tamu yang ingin berkunjung. Tempatnya relatif representatif dan kalem.

11. Fasilitas yang dipersiapkan nantinya akan bertambah baik seperti water boom, tempat rekreasi keluarga, sampai penginapan yang bisa anda rasakan bersama famili. Untuk masing-masing sarana tentu anda porto termasuk tempat penginapan atau hotel dimulai dari harga IDR300.000 tergantung menurut price list pengelola.

Ini bentuk lokasi jalan penurunan pada Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok.

Semoga tulisan ini dapat menaruh masukan informasi pada anda semua, tempat wisata alternatif yg ada pada Singkarak Solok yaitu Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok menjadi lokasi loka wisata baru yang tidak membutuhkan porto yg besar untuk sampai kesana dan nir terlalu jauh berdasarkan pusat kota Padang & Bukittinggi. Kewaspadaan terhadap medan wajib dipahami agar selamat sampai tujuan. Selamat berlibur bersama keluarga tercinta.

Tag: jalan menuju bukik chi nang kiek.

Lokasi bukik chi nang kiek.

Alamat bukik chi nang kiek.

Lokasi bukik cinangkiak.

Jalan menuju bukik cinangkiak.

Alamat bukik cinangkiak.

Puncak cinangkiak solok, sumatera barat.

Zenit ci nang kiek.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel