Perhitungan Rugi Untung Usaha Rental Mobil Untuk Turis atau Perseorangan

Ada sebagian orang menekuni bisnis rental kendaraan beroda empat secara konvensional terdapat ketakutan terhadap aset yg mereka punya dicuri atau dibawa kabur sang konsumen. Syarat buat memilih konsumen mana yang mereka tuju sebenarnya sudah relatif baik tetapi waspada tetap menjadi prioritas. Berbagai cara yang mereka lakukan sesudah melakukan perhitungan keuntungan rugi buat usaha rental ini mulai memasuki turis lokal & luar negeri yang membutuhkan mobil eksklusif sebagai transportasi yang aman & nyaman.

Jasa Sewa Rental Mobil untuk Turis atau Perseorangan. Poto oleh: kaspersky.com

Pendahuluan.

Peralihan berdasarkan kesukaan pemilik kendaraan ini memang sangat sempurna lantaran diperlukan beberapa taktik yang mereka lakukan untuk bisa mendapatkan margin sejumlah uang yg bisa mereka terima buat jangka waktu tertentu. Biasanya mereka melakukan kerjasama dengan networking yg mereka miliki bahkan pribadi go-show ke lapangan eksklusif seperti bandara udara. Memang ada positif & negatif, itulah usaha harus ada kinerja kuat buat menghasilkan uang berdasarkan aset yg dimiliki demi kelangsungan hayati.

Ilustrasi Perhitungan Aset Mobil.

Saya mengambil model apabila anda memiliki mobil yg tidak terdapat pinjaman atau terbebas berdasarkan kewajiban pembayaran bulanan.

Harga Mobil : IDR 200jt

Perawatan buat 10.000 km termasuk penggantian oli secara terjadwal dengan service nya menggunakan porto IDR 3.000.000. Membuat tunggangan lebih baik pada kondisi memang harus menggunakan jasa service ATPM resmi jenis merek kendaraan beroda empat yg anda miliki. Jika anda menggunakan jasa service yg tidak direkomendasikan akan berdampak pada kondisi mobil dalam saat pemakaian.

Nah biaya yg anda keluarkan ini harus melebihi pendapatan yang wajib didapat dalam satu hari. Untuk mobil minibus misalnya Kijang Inova harga rental per hari sebanyak IDR 350.000 belum termasuk bensin dan sopir. Biasanya bensin konsumen yg bertanggungjawab karena kebutuhannya diubahsuaikan menggunakan jarak yg akan mereka tempuh. Apabila satu hari dengan waktu 24 jam biasanya bepergian membutuhkan jarak yang dipakai sang turis paling poly 200 km. Itupun tidak setiap hari, umumnya mereka memakai tunggangan rental ini untuk sampai ke lokasi wisata.

Contoh kasus saja: Apabila tunggangan ini melaju dengan jeda tempuh 200 km per hari berarti dengan service 10.000 km ini hanya memiliki 50 hari masa sewa rental. Jadi dengan harga pasar rental mobil sebanyak IDR 350.000 berarti anda mendapat pendapatan sebesar IDR 17.500.000.

Laporan Laba Rugi Mobil Rental

Pendapatan          17.500.000

Biaya:

Gaji sopir harian termasuk makan

100.000 x 50            5.000.000

Pendapatan Bersih                    12.500.000

Penerapan Bisnis Tetap Berjalan Lancar.

Sebenarnya bisnis ini berjalan baik harus berkerjasama dengan pihak lain misalnya tour and travel, travel agency, atau anda sendiri yg menjalankan. Pastinya dengan networking yg cukup baik anda mampu menjalankan bisnis rental kendaraan beroda empat ini permanen stabil pendapatannya sebagai akibatnya biaya perawatan mobil yg sudah dikeluarkan mampu tertutupi menggunakan pendapatan sewa tersebut. Secara teori memang seperti itu namun aplikasinya relatif berat dan wajib memenangkan kompetisi menggunakan banyaknya kompetitor yang menyediakan jasa yang sama disekitar anda.

Tujuan buat menyewakan kendaraan beroda empat rental buat para turis ini wajib mempunyai kesabaran lantaran kunjungan turis berpengaruh terhadap potensi wisata yg ada di wilayah tadi. Misalnya pada Sumatera Barat, Pulau Bali, Jogjakarta, dsb. Potensi wisata ini berpengaruh pada pendapatan sewa rental mobil tersebut sebagai usaha yg anda jalankan.

Tips Bagi Pemilik Rental Mobil.

Bisnis rental mobil sangat rentan sekali menggunakan pencurian yang harus diminimalisir. Pencurian kendraan bermotor ini sudah mulai marak dimulai dari penyerahan aset kepada oknum pihak lain yang tidak bertanggung-jawab. Sebenarnya dari pemilik tunggangan harus mewaspadai menggunakan beberapa langkah buat meminimalisir kejadian kehilangan tunggangan.

1. Lakukan kerjasama pada pihak ketiga yang mempunyai reputasi baik. Bukan hanya karakter bisnisnya namun juga karakter pribadinya membawa anda pemilik kendaraan untuk menjalankan usaha rental. Pembagian output bisnis tergantung konvensi anda dengan mereka. Cari win win solution untuk pendapatan sewa per hari nya. Dari hitungan diatas dengan porto service IDR 3jt dengan masa jalan 200 km perhari masih mampu tercover dengan bulanan yg akan disewa oleh konsumen anda. Ilustrasi diatas terdapat kurang lebih 50 kali atau 50 hari penggunaan kendaraan beroda empat rental. Biasanya rental seperti ini lebih banyak digunakan oleh perusahaan skala menengah atas yang membutuhkan kendaraan beroda empat menjadi transportasi primer utama untuk turis atau tempat kerja mereka.

Dua. Apabila anda menjalankan rental mobil tidak hanya kepada turis bahkan juga individu harus kudu diperhatikan masalah keabsahan dokumen yg akan anda minta. Seperti KTP, Kartu Keluarga, SIM, bahkan alamat menurut pengguna jasa anda ini. Cara ini relatif efektif buat mengurangi kecurangan seperti kendaraan beroda empat dibawa kabur atau digunakan kepihak lain. Pemilik tunggangan diharuskan buat visit langsung ke alamat penyewa buat memberi keyakinan yg memadai. Strategi ini sudah diterapkan beberapa pengusaha rental kendaraan beroda empat cukup efektif & efisien. Jika ada konsumen yang akan memakai jasa rental mobil anda dari keluarga, kolega, tetangga, atau rekan bisnis anda sangat direkomendasikan. Nilai plus buat sanggup dipertimbangkan sebagai konsumen taraf tinggi kepercayaanya.

Tiga. Jika anda melakukan kerjasama jasa sewa rental mobil secara bulanan kepihak lain misalnya individu atau perusahaan tour and travel wajib memperhatikan perjanjian secara tertulis. Kerjasama sebaikanya dituangkan pada suatu ikatan perjanjian menggunakan kondisi dan ketentuan yg disepakati ke 2 belah pihak. Cara seperti ini sangat efektif sekali, apabila perusahaan lain menggunakan mobil anda berarti anda sudah niscaya mendapatkan pendapatan sewa per bulan yang telah pasti. Apabila anda berafiliasi menggunakan perusahaan anda wajib mempersiapkan NPWP [Nomor Pokok Wajib Pajak] karena perusahaan tadi akan memotong jasa sewa yg akan mereka setorkan ke kantor pajak menjadi kewajiban mereka.

4. Gunakan chip anti maling yg sudah tersedia pada toko asesoris mobil yg terhubung menggunakan GPS. Biasanya chip ini diletakan pada dalam kendaraan beroda empat yang tentu sangat rahasia tempatnya, hanya pemilik kendaraan yang memahami. Anda dapat memonitor secara berkala posisi mobil & telah berapa jeda tempuh mobil rental berjalan. Jadi, teknologi misalnya ini sudah absolut dipakai untuk paling aman aset mobil rental dan monitoring.

5. Jika bisnis rental ini telah menjadi ladang bisnis anda menjadi tumpuan hidup harus difokuskan terhadap kekuatan mobil, kenyamanan, & perawatan sekala berkala. Jika anda lengah niscaya konsumen akan beralih ke kompetitor anda. Jika mobil yg anda pakai 100% buat rental kendaraan beroda empat perhatian masa guna efektif kendaraan beroda empat ini. Biasanya untuk mobil rental relatif andal dalam masa tiga atau 4 tahun. Anda wajib mengganti mobil yg sama kepada konsumen anda supaya kepuasan mereka memakai jasa rental kendaraan beroda empat buat aneka macam kebutuhan mereka secara pribadi atau turis tetap terjaga.

6. Selalu terhubung menggunakan media sosial buat memperkenalkan bisnis rental kendaraan beroda empat anda keseluruh audience global maya misalnya Facebook, Twitter, Instagram, BBM, Blog, bahkan Vlog. Konsumen sanggup eksklusif terkoneksi menggunakan anda bila suatu saat nanti membutuhkan jasa misalnya ini. Peluang baru mampu anda ciptakan menurut global maya sebagai calon konsumen baru. Tetapi perlu diingat kewaspadan terhadap konsumen baru ini wajib diteliti sebaik baik buat mengurangi kendaraan beroda empat dicuri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel