Martabak Kubang Legenda Sejarah

Sebagai urang awak Minang sangat familiar dengan martabak kubang dimana sebuah martabak yg menjadi terkenal dan sangat lezat gurihnya rempah menggunakan paduan daging berbumbu. Aslinya, daging tadi merupakan irisan daging rendang yang dibalut sang kulit martabak yg sudah krispi. Dengan lezatnya sepiring martabak kubang ini, kita wajib mengenal sejarahnya kok sanggup terdapat martabak misalnya ini sanggup terdapat di Sumatera Barat Ranah Minang tidak hanya rendang atau sate.

Martabak Kubang atau Martabak Mesir Khas Padang Sumatera Barat. Poto oleh: MasakanDapurku.com

Sejarah Martabak Kubang dari Padang, Sumatera Barat.

Martabak kubang ini dari dari wilayah Kubang pada kecamatan 5 puluh kota, Sumatera Barat. Di kota inilah muncul sebuah pandangan baru berdasarkan H.Yusri Darwis yang ingin membangun ide sebuah martabak yang enak, nikmat, serta berdasarkan bumbu yg terdapat disekitarnya. Cerita awal, kuliner martabak ini memang sangat terkenal & berasal menurut wilayah Negara Mesir tempat asalnya. Namun, ditangan H.Yusri Darwin memodifikasi sesuai dengan karakter lidah orang Sumatera Barat sehingga tercipta nama Martabak Mesir Kubang. Proses ini melalu bepergian yg sangat panjang, nir mulus, bahkan perlu strategi tinggi mampu sebagai hidangan yg sangat dicari bagi pecinta masakan misalnya sekarang ini.

Martabak kubang ini pertama kali pada lounching menggunakan gerobak di Padang Sumatera Barat pada tahun 1974 sang pendirinya sendiri H.Yusri Darwis. Setelah lama sekali di perantauan, beliau ingin purna tugas dan ingin mengabdi di kampung page terutama buat nagari kubang. Perjalanan bisnis ini terus berlanjut hingga kini dan diteruskan sang keluarga inti beliau.

Bedah Martabak Kubang atau Martabak Mesir.

Martabak kubang atau martabak mesir adalah sebuah nama sebutan buat semua konsumen khususnya bagi urang awak Minangkabau. Namanya tidak sinkron tetapi produknya sama yaitu martabak. Sepirin martabak kubang yg telah terpotong segi empat berjumlah 12 dilengkapi dengan satu mangkok kecil saos cocol yang cita rasanya asam, manis, & pedas bercampur dengan rona relatif kehitaman yang didapat berdasarkan kecap dan rabat cabe rawit hijau, bawang bombay, dan tomat merah. Taburan cabe rawit & bawang bombay sebagai peninggi rasa kuah sehingga sempurna bercampur dengan martabak kubang atau martabak mesir.

Martabak Kubang Tidak Sama Dengan Martabak Telor.

Dari sekilas terlihat hampir sama, tetapi secara holistik tidak sinkron. Sama-sama martabak namun cita rasanya sangat jauh sekali tidak sama. Martabak telor mirip dengan martabak india atau bahkan martabak bandung yang menggunakan telor bebek atau telor ayam negeri menjadi bahan utama, & kulit antara ke 2 martabak ini relatif hampir sama. Apalagi membuat satu buah martabak membutuhkan pembungkus martabak telor dan martabak kubang dengan sedikit ayunan cantik menjadi lebar serta relatif sebagai akibatnya siap dimasukan adonan yg sudah disiapkan. Maka isian siap pada gabungkan dicampur diatas pembungkus yang telah diayun cantik tersebut dimasak di tungku panas dengan minyak samin, dilipat buat mengikat keseluruhan campuran martabak.

Digoreng pada tungku akbar berkuran bulat dengan diameter kurang lebih /- 50 cm dengan minyak samin sebagai minyak primer penggorengan martabak kubang atau martabak mesir atau tambahan margarin meninggikan rasa martabak kubang. O iya. Yg sangat unik adalah bahan racikan daging sapi yg sudah berbumbu seperti rendang ini dimasukan ke pada gelas aduk rata buat mencampurkan beberapa bahan lainnya misalnya daun bawang. Telur, bahkan bumbu rahasia lain tercipta rasa yang sangat nagih istimewa.

Proses masak nir lama memakan saat lebih kurang 10-20 mnt sampai terhidang diatas meja. Jumlah rabat sepiring sejumlah 12 pangkas ditambah dengan satu mangkok mini saos cocolan martabak kubang atau martabak mesir sebagai pelengkap makan.

Inilah masakan orisinil dari urang awak Minang Sumatera Barat yang telah membumi pada Indonesia dan dapat dikatakan menjadi menu makanan harus yg wajib dicoba. Martabak kubang atau martabak mesir ini dihidangkan panas & harus segera pada santap. Namun, jika rekan ingin memakannya keesokan harinya bisa pula menggunakan meletakan pada kukusan magic jar supaya masih tetap empuk & nir bantat.

Sumatera Barat nir hanya populer menggunakan pemandangan alam yg masih alami, budaya yang masih bersinergi dengan tatanan hidup warga , dan sang-sang spesial balado. Martabak kubang atau martabak mesir menjadi kuliner penting urang awak Minang Kabau yang sudah sanggup dijadikan panganan yang sangat bergizi dan dapat bersaing dengan makanan western belum tentu sehat kaya bumbu seperti ini. Rempah-rempah spesial inilah yang akan berakibat martabak mesir atau martabak kubang sebagai destinasi lain kuliner yang sudah mulai pada bisa pada beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dsb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel