Kenapa Sumatera Barat Menjadi Destinasi Wisata Halal Dunia

Muslim global membutuhkan suatu lokasi yang nir diragukan dengan prinsip halal, tidak hanya makanan saja namun semua aspek yg mendukung kehalalannya. Sumatera Barat sudah terpilih menjadi salah satu provinsi yang menaruh segudang destinasi wisata, nir hanya budaya, agama, dan kuliner tetapi kehalalan keseluruhan aspek tadi tidak akan diragukan lagi. Kondisi inilah membuat saya ingin menaruh sedikit ulasan bagaimana membuat kepercayaan publik khususnya muslim pada seluruh dunia memilih Sumatera Barat sebagai destinasi wisata halal dunia yg akan selalu hadir sebagai salah satu cara buat memasukan devisa dan mengangkat derajat ekonomi masyarakat.

Poto oleh: crescentrating.com

1. Mayoritas Agama Islam.

Penduduk Sumatera Barat sudah dapat dikatakan lebih banyak didominasi muslim menjadi kapital awal buat membangun kepercayaan dunia. Dengan syarat ini dipastikan seluruh aspek yg berhubungan dengan konsep halal sudah niscaya dijalanakan dimulai berdasarkan cara membuat kuliner, proses, sampai sebagai hidangan enak. Keseluruhan cara ini merupakan akibat dari syarat sah suatu kehalalan dari Al-Quran dan Hadits.

Dua. Norma Adat Juga Mengatur.

Sudah bisa dibuktikan bahwa norma istiadat jua mengatur di setiap sendi sosial masyarakat. Sekarang terdapat julukan "urang ampek jinih" buat sebuah nagari yg menjadi pengawas setiap tata krama & kebiasaan pada warga suatu nagari. Norma ini sudah ada pada zaman nenek moyang dimulai dalam Kerajaan Pagaruyung dengan pola pemerintahan yang diadopsi ke beberapa kerajaan kecil yang ada di semua Sumatera Barat pada saat itu menggunakan moto "Adat bersandi syarak, syarak bersandi Kitabullah". Poin ini juga akan mensugesti keotentikan wisata halal yang terdapat pada Ranah Minang.

Tiga. Tema Makanan Mendunia.

Memang provinsi ini telah membuahkan seluruh masakannya disukai bahkan bisa masuk kedalam level status masyarakat global. Sebagai contoh rendang, gulai, sambal, soto Padang, sate Padang, dsb sudah diakui kelezatannya tentu diolah pribadi sang urang awak orisinil Minangkabau. Melegendanya masakan ini keliru satu poin krusial mensugesti para wisatawan muslim yang ada diseluruh dunia untuk tiba & berwisata pada Sumater Barat.

4. Potensi Alam Memadai.

Termasuk lokasi patahan tektonik yg masih aktif membuahkan Sumatera Barat menjadi lokasi yang unik dimulai berdasarkan lembah, gunung, bukit, dan pesisir laut. Keseluruhan poin ini sebagai nilai jual tinggi terhadap kunjungan wisata buat melihat konsep alam & bahari sudah mulai menggeliat di seluruh Kabupaten Kota Provinsi. Sebagai perpanjangan tangan buat sebuah destinasi wisata membangun sinergi positif menurut setiap pejabat negara di pusat & daerah.

5. Hotel Bertema Muslim Dibangun.

Dapat pula dilihat dalam sentra wisata yg sudah dikelola sang penduduk lokal membangun hunian hotel bertema muslim sudah menjamur buat dibangun. Dimulai berdasarkan petunjuk kiblat & sajadah disetiap kamar hotel turut menyumbang nilai positif mendukung wisata halal muslim dunia. Saya menyarankan buat menginap langsung ke sentra wisata misalnya Bukittinggi, Padang Panjang, Payakumbuh, dan Batu Sangkar yg masih dikelola oleh urang awak orisinil dengan fasilitas buat muslim juga diperhatikan. Tidak menutup kemungkinan di pusat kota Padang telah ada tetapi terdapat beberapa hotel yang belum terdapat konsep seperti ini.

6. Mesjid Ada pada Pelosok Nagari.

Untuk menunaikan ibadah telah niscaya ada disetiap sudut nagari yang ada di Ranah Minang Sumatera Barat termasuk pada sentra kota yaitu Mesjid Raya pada Jl Khatib Sulaiman. Kepercayaan inilah yg membuahkan nilai akbar penyumbang kemenangan provinsi ini buat dinobatkan sebagai destinasi halal dunia. Perjalanan sejarah kepercayaan Islam di Sumbar ini sangat mengakar dan bahkan sudah dimasukan kedalam beberapa kebiasaan warga turun temurun. Kebiasan ini sanggup terlihat dari perempuan berkerudung, & para ninik mamak gunakan peci.

7. Sebagai Pusat Sekolah Islam Bentuk Pesantren.

Sudah lebih berdasarkan seabad lamanya pusat sekolah Islam tumbuh fertile pada Sumatera Barat. Lokasi yang terfokus pada kota Padang Panjang. Pusat studi Islam yg dimulai berdasarkan anak-anak hingga perguruan tinggi mengakibatkan perkembangan kemajuan Islam bisa dipertahankan sampai kini . Dimulai kota inilah beberapa tokoh nasional bergerak pada perjuangan kemerdekaan dengan semangat juang ingin membentuk negara ini menjadi lebih baik dan berdikari.

Menurut pendapat saya inilah poin krusial yg ada di Ranah Minang Sumatera Barat menjadi destinasi halal penting global yang niscaya akan terus mengalir menghadirkan wisatawan muslim dunia ke provinsi ini. Untuk fasilitas yg terdapat di provinsi ini cukup memadai menggunakan banyaknya pembangunan infrastruktur tambahan yang dibangun oleh Pemerintah. Tidak hanya itu, dengan promosi yg cukup baik menurut beberapa anak nagari yang jua berperan dan aktif mempromosikan nagari rancak Sumbar sebagai nirwana baru yang lebih anggun berdasarkan negara manapun didunia didunia maya telah relatif poly. Jadi, wisata halal yg dicari oleh para turis semuanya terdapat di Ranah Minang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel