Yuk Berlibur Ke Wisata Alam Curug atau Air Terjun di Bandung Jawa Barat

Sangat kayanya wisata di Bandung Jawa Barat mempunyai keindahan alam termasuk wisata curug atau air terjun akan melengkapi liburan panjang nanti. Di mulai berdasarkan wisata masakan hingga wisata belanja ada beberapa wisata lain yg wajib anda kunjungi yaitu curug atau air terjun alami yg menyatu menggunakan alam. Sebenarnya warga lokal menyebut curug jika pada artikan pada Bahasa Indonesia berarti air terjun yg lokasinya nisbi nir terlalu jauh dari kota Bandung. Mau memahami apa saja wisata surug atau air terjun yg terdapat di kota kembang Bandung Jawa Barat dan sekitarnya buat melengkapi liburan akhir pekan anda bersama famili, ini lah rekomendasinya dan vidio dari rekan-rekan yang telah mengunjungi wisata alam curug ini.

Poto sang: commons.Wikimedia.Org

1. Curug Dago.

Curug yang terletak tersembunyi di pulang Taman Hutan Raya Djuanda ini masih sedikit turis yg mengunjungi. Karena lokasinya masuk ke pada hutan ternyata memiliki ciri khas lain yaitu adanya peninggalan kerajaan dari negara gajah putih Thailand berupa batu prasasti yg dipercaya pada tahun 1818. Para pakar sejarah berpendapat bahwa prasasti yg ditemukan pada lokasi curug ini peninggal Raja Rama V [Raja Chulalonkorn] dan Raja Rama VII [Pradjathipok Pharaminthara] yang pernah mengunjungi lokasi ini. Curug ini terletak pada ketinggian 800 meter dpl berhawa relatif sejuk. Curug Dago terletak di alamat Dago Pojok, Coblong kota Bandung Jawa Barat. Berikut ilustrasi menurut mbandung.Com

2. Curug Malela.

Curug yang sangat terkenal di Bandung Barat ini terkenal & hits sekali dengan keunikannya. Debit air yg relatif deras, keindahannya mampu membuat anda terpukau. Sebagian orang menyebutnya niagara kecil yg terdapat di Bandung. Terletak di ketinggian 1000 meter dpl ini ditempuh menggunakan memasuki Perkebunan Montaya sekitar tiga jam bepergian menuju Desa Cicadas Kampung Manglid Bandung Barat, sebagian orang menyebutnya Sindang Jaya, Gunughalu Jawa Barat.

Tinggi curug sekitar 60 meter dengan lebar 70 meter ini mempunyai cerita dibalik nama. Nama Malela diambil dari nama Prabu Taji Malela. Terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Api Purba. Menuju lokasi ini harus melewati jalan yang cukup terjal ini harus berhati-hati untuk melangkah.  Berikut ilustrasi dari Salim Eyrifin.

3. Curug Jompong.

Curug yg telah ada dalam zaman penjajahan kolonial Belanda, berdasarkan sejarah terbentuk akibat jebolnya Danau Bandung Purba. Sangat disayangkan, curug ini terabaikan sebagai akibatnya poly sampah disana-sini yg perlu mendapat perhatian. Di sekitaran Bandung dalam ketika dulu banyak sekali gunung barah purba sebagai akibatnya proses alam terbentuk lah cekungan dan berisi air terbentuk lah sebuah danau, proses alam ini yg menampung jumlah debit air pada topang sang batuan endesit cebol sebagai akibatnya terbentuklah Curug Jompong. Semoga curug ini bisa balik misalnya semula & kebersihan lokasi ini tetap diprioritaskan agar wisata yg terkenal dulu tetap lestari hingga kini . Curug ini terletak di Terusan Nanjung, Lagadar Marga Asih Bandung Jawa Barat.

4. Curug Maribaya.

Ini lah tempat wisata yg sangat terkenal & menjadi perbincangan media sosial terkini. Banyak orang menyebutnya wisata Maribaya. Terletak pada kampung Cikondang Lamajang, kecamatan Pangalengan, Cibodas Lembang, Kabupaten Bandung Barat ini lebih kurang 21 kilometer menurut pusat kota. Sebenarnya, lokasi wisata Maribaya ini tidak terlalu akbar dengan tinggi 15 meter terbagi sebagai 3 curug yaitu Curug Cikoleang, Curug Cikawari, dan Curug Cigulung. Pengelola juga menyediakan fasilitas generik para turis misalnya kebun bunga. Tempat bermain anak, toilet, dsb. Berikut vidio dari infobandung TV.

Lima. Curug Tilu.

Perpaduan 2 butir lokasi antara sungai & wisata curug disini lah loka nya, sebutan bahasa lokalnya leuwi [sungai]. Ada yang sangat menarik pula di lokasi ini adalah pada lokasi ini terdapat jua gua & daerah hijau yang sebagian orang menyebutnya Curug Tilu Leuwi Opat. Posisi letaknya di Ciwangun Parongpong Kabupaten Bandung. Sangat lengkap, apabila pada jumlah kan seluruh terdapat empat curug, empat sungai, dan 2 buah gua.

Apabila anda ingin berwisata ke Curug Tilu sangat mudah sekali, akses yang cukup dekat dari kota Bandung membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan alamat Kampung Ciwangun Indah, Cihanjuang Rahayu, Parangpong, Kabupaten Bandung Barat.  Brikut vidio Pikiran Rakyat.

6. Curug Cinulang.

Nama yang tidak asing bagi warga pasundan Jawa Barat dengan nama curug ini. Nama Curug Cinulang ini memang mempunyai nilai legendaris termasuk dalam judul lagu sunda "Curug Cinulang"  langsung berbatasan dengan Kab. Sumedang. Kealamian curug ini makin terasa dengan debit air yang jatuh masih cukup tinggi. Jika anda ingin mengunjungi lokasi air terjun ini tidak lah sulit. Ambil posisi jalan Bandung-Garut dari tol Cilenunyi, langsung masuk ke by pass Cicalengka. Lokasi letaknya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kab.Sumedang Jawa Barat. Ilustrasi oleh Arie Yanuar.

7. Curug Penganten.

Masih pada kota Bandung, Curug ini berdiri pada ketinggian 1050 meter dpl ini sangat lah tidak selaras. Dengan tinggi curug lebih kurang 50 m ini pecahan airnya laksana kristal yang berkilau apabila bersentuhan menggunakan sinar matahari. Curug yang masuk ke pada Wisata Alam Katunuri ini berada di Jl.Cihanjuang KM 6.

Menjadi pertanyaan kenapa namanya penganten. Menurut cerita, pada zaman dulu ada sepasang penganten yang tewas di sekitar lokasi curug ini. Sebenarnya dahulunya nama Curug ini bernama Sewu atau Manglayang tetapi dengan ada kasus ini berubah menjadi Penganten. Letak posisi alamat di Desa Pandaasih Kec. Cisarua. Kab.Bandung.  Vidio oleh Mochammad Iqbal.

8. Curug Siliwangi.

Curug di wilayang Bandung selatan ini adalah tempat yg sangat dekat dengan Taman Wisata dan Bumi Perkemahaan Gunung Puntang. Banyak turis menggunakan curug ini buat mandi & bermain lair karena tempat yang berbentuk kolam yg tidak terlalu pada serta nisbi aman. Untuk sampai ke lokasi Curug Siliwangi anda harus mengikuti jalan setapak yg sudah membelah hutan Gunung Puntang. Terasa alami karena letak nya di ketinggian 1.200 meter dpl ini sangat sejuk. Alamat curug pada Gunung Puntang, Mekarjaya Banjaraan, Kap.Bandung. Berikut vidio menurut Widwood17.

9. Curug Cimahi.

Bergerak ke kota Cimahi terdapat juga curug yg relatif mensugesti para turis yg telah mengunjungi loka wisata ini. Tinggi curug lebih kurang 20 meter anda pasti tekagum dan pasti ketika yg relatif usang menikmatinya. Rute yang dilalui adalah Jl.Sersan Bajuri menuju termimal Parongpong Kertawangi Cuhanjuang Rahayu Kap. Bandung. Vidio berdasarkan Jajarambahan menjelaskannya.

Seluruh curug ini tersebat pada Kabupaten Bandung baik timur, barat, & selatan. Semua curug mempunyai karakteristik spesial masing-masing dan daya tariknya. Apabila cuaca baik & bersahabat anda sanggup menyaksikan pelangi yg terlihat pada sekitar curug atau air terjun sangat indahnya. Selamat berwisata, semoga artikel ini berguna. Apabila anda berkunjung ke seluruh curug atau air terjun pada lebih kurang Bandung Jawa Barat harap menjaga kebersihan terutama sampah. Buanglah sampah pada tempatnya serta jangan lakukan corat-coret alam yang sangat tidak nyaman terlihatnya. Mari beserta-sama menjadi keaslian wisata ini dan mampu kita kunjungi setiap saat. Kerjasama tidak hanya bagi pengelola, namun para wisatawan jua mendukung program ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel