Wisata Alam Ulu Kasok Sebagai Mini Raja Ampat di Kampar Riau

Wisata-Alam-Ulu-Kasok-Raja-Ampat-Kampar-Riau. Sempat juga aku mengunjungi Pekanbaru untuk melihat Wisata-Alam-Ulu-Kasok sebagian orang menyebutnya mini -Raja-Ampat pada Pekanbaru Riau. Memang liputan yg lengkap pada internet sangat kurang namun nir menyurutkan rasa ingin memahami aku buat sampai lokasi wisata baru ini. Lokasi jalan tempat wisata mini Raja Ampat Ulu Kasok ini terletak pada alamat Pulau Gadang XIII Koto Kampat, Tanjung Alai, Kabupaten Kampar Riau menggunakan kode pos 28554. Perjalanan berdasarkan kota Pekanbaru cukup lancar & sedikit jauh nir menyurutkan aku buat melihat apa sih yang terdapat di Raja Ampat Kampar yg sebagai viral beberapa saat ini Sebelum aku mengunjungi ke lokasi ini beserta kolega yg sama-sama ingin ke lokasi ini buat mengobati hasrat buat mendatangi karena liputan masih minim jadi aku ingin menuliskan pengalaman saya sehabis melihat sendiri.

Pintu Masuk Wisata-Alam-Ulu-Kasok-XIII-Koto-Kampar-Riau

Perjalanan yang saya lakukan dimulai dari kota Pekanbaru Riau menggunakan kendaraan minibus pribadi. Lama perjalanan +/- 2,5 jam dimulai pada pukul 10:00 pagi setelah kami wara-wiri ke pusat kota. Rute yang kami tempuh jalan raya menuju ke Bangkinang terus sampai ke PLTA Kota Panjang. Inilah jalan utama menuju Raja Ampat Kampar  Inilah petunjuk awal yang saya sampaikan kepada rekan semua. Setelah menemukan PLTA ini anda tetap terus berjalan +/- 2 km menuju lokasi Wisata Alam Ulu Kasok Mini Raja Ampat Kampar Riau dengan menemukan lokasi parkir mobil disebelah kiri yang sudah menanti saya untuk berhenti. Setelah berhenti saya dan rekan parkir mobil di lokasi yang disediakan oleh pengelola dengan membayar biaya parkir IDR10.000 untuk kendaraan roda empat.

PERJALANAN MENUJU LOKASI.

Setelah kendaraan beroda empat parkir di lapangan aku harus menempuh perjalanan yg cukup menguras stamina menggunakan rute jalan sebanyak 3 tanjakan.

TANJAKAN PERTAMA: agak sedikit landai dengan kemiringan bukit sekitar 30 derajat yang sangat enteng buat pemanansan, menggunakan panjang /- 700 meter. Lokasi tanjakan perjama ini bisa dipakai sang pengunjung yang membawa kendraan roda 2 untuk parkir pada area yang telah disiapkan sang pengelola yang datar.

Lokasi Parkir dan Tanjakan Pertama Wisata-Alam-Ulu-Kasok-Raja-Ampat-Kampar-Riau.

TANJANKAN KEDUA: inilah tanjakan yg mempunyai kemiringan hampir 45 derejat dimana aku harus menguras tenaga buat menaiki tanjakan ini. Sebelum menempuh perjalanan aku wajib membayar biaya tiket masuk buat satu orang IDR5000. Banyak pengunjung lainnya ngos-ngosan selesainya mendaki jalan ini karena nir biasa lancar mendaki menggunakan syarat jalan agak berbatu dan tanah berdebu apabila di trend panas. Setelah tanjakan ini bertemu wilayah yang agak datar menggunakan posisi disebelah kiri ada 2 butir ayunan yg bergantung menggunakan pohon yang sanggup digunakan, serta terdapat miniatur kapal diatas bukit yg jua bisa digunkan namun waktu itu antri dipakai sang para pengunjung lainnya aku penekanan ke tujuan saya buat melihat wisata alam. Apabila anda ingin melihat sangat direkomendasikan.

Lokasi Jalan Pada Tanjakan Kedua

Situasi Pengunjung di Tanjakan Kedua

TANJAKAN KETIGA: tanjakan yang terakhir buat hingga ke puncak supaya pemandangan tanggal buat melihat Mini Raja Ampat sanggup terlihat. Taraaa .... Saya dan sahabat hingga ke puncak bukit yg sanggup melihat pemandangan lepas sentra wisata yang aku ingin kunjungi ini. Disinilah saya bisa melihat menggunakan puas pemandangan Mini Raja Ampat Pekanbaru Riau. Sekitar 20 mnt aku berada pada zenit bukit ini buat melepas lelah menggunakan hembusan angin yang cukup sejuk sehingga bisa mendingkan kulit yang telah berkeringat dengan duduk di lokasi loka pengunjung berfoto. Lokasi mini anjung altar yg sudah disiapkan bisa dipakai sebagai pijakan anda melihat pemandan yang lebih pas buat melakukan poto selfie.

Situasi Jalan Pada Tanjakan Ketiga

FASILITAS WISATA-ALAM-ULU-KASOK-MINI-RAJA-AMPAT-KAMPAR-RIAU.

Lokasi wisata ini telah ada fasilitas yg minimal diharapkan sang pengunjung misalnya toilet, tempat sholat, & loka nongkrong. Menurut aku telah relatif buat kebutuhan pengunjung namun perlu ditingkatkan pelayanannya.

KEGIATAN APA SAJA DILAKUKAN DI WISATA ALAM ULU KASOK.

Di lokasi ini adalah spot terbaik buat melihat lokasi yang telah dipenuhi oleh air yang telah menjadi danau protesis acara menurut pemerintah dalam masa itu. Lokasi ini dahulunya adalah perkampungan penduduk sebelum sebagai danau buatan & direlokasi di loka lain dibalik bukit dekat jalan raya. Munculnya beberapa undukan bukit kecil dibawah sana bila anda berada diatas bukit terlihat seperti pemandangan Raja Ampat yg unik. Jika anda buat ad interim saat belum mampu hingga ke Papua melihat langsung setidaknya sudah ada replika mirip ada pada Pekanbaru Riau. Pengelola juga bekerja sama menggunakan beberapa potografer lokal bila anda ingin mengabadikan kunjungan wisata ini dengan jepretan poto.

Wisata-Alam-Ulu-Kasok-Mini-Raja-Ampat-Kampar
Wisata-Ulu-Kasok-Mini-Raja-Ampat-Kampar-Pekanbaru

TIPS WISATA-ALAM-ULU-KASOK.

Setelah aku mengunjungi lokasi ini ada beberapa saran yg mampu anda ikuti bila ingin mengunjungi lokasi wisata ini tetap nyaman.

1. Lokasi ini sebaiknya dikunjungi pada musim panas bukan pada demam isu hujan. Lantaran lokasi jalan yang masih tanah berbatu yang akan menghipnotis perjalanan anda untuk sampai ke puncak . Musim hujan lokasi jalan akan licin dan kendaraan anda tentu akan slip jika memasuki lokasi.

Dua. Jika anda nir mampu buat sampai ke atas zenit dengan mengikuti 3 tanjakan yg memiliki taraf kesulitan yg berbeda-beda anda bisa menggunakan jasa ojek yang sudah terdapat disekitar lokasi wisata dibawah. Anda mampu langsung menghubungi petugas pengelola pada waktu kendaraan telah pada parkir.

3. Pada siang hari cuaca sangat terik dianjurkan membawa payung buat wanita, supaya sinar surya yang menyenggat bisa berkurang dengan menggunakan payung. Jika kulit anda sensitif terhadap cahaya matahari terik dapat memakai sun block.

4. Jagalah kebersihan di lokasi ini lantaran saya melihat masih ada beberapa sampah bungkusan makanan dan minuman yg berserakan disana-sini yg mengotori lokasi wisata alam. Sebaiknya pengelola menyiapkan beberapa tempat sampah disudut lokasi wisata ini agar sampah sanggup terkumpul pada loka yang telah disediakan. Sempat lokasi wisata ini pernah ditutup karena pengunjung nir mau tahu terhadap kebersihan lokasi wisata yg penuh dengan sampah. Jadi, mulai berdasarkan diri sendiri untuk menjaga kebersihan.

Lima. Sebaiknya anda menggunakan sepatu memasuki lokasi wisata ini buat ketenangan melangkah. Tanjakan yg cukup menukik & jalan yg berbatu akan mempengaruhi langkah anda buat hingga ke puncak . Gunakan sepatu yg sanggup menopang kaki anda buat berjalan di tiga tanjakan yang aku jelaskan diatas.

6. Anda jangan risi buat tempat istirahat di lebih kurang lokasi wisata, pengelola pula menyediakan tempat istirahat berupa pondok atau tempat yang relatif representatif supaya bepergian anda untuk menikmati wisata alam ini permanen nyaman.

7. Siapkan kamera smartphone anda buat eksplor aktualisasi diri selfie anda di puncak bukit. O iya, disekitar zenit bukit sudah tersedia potografer lokal yang siap membantu anda buat menerima pose terbaik. Untuk biayanya sanggup pribadi nego dengan para fotografer tadi.

8. Anda harus berhati-hati jika telah berada pada atas puncak bukit lantaran lokasi ini masih minim pengamanan buat termpat berdiri. Jadi pastikan loka berpijak anda pada posisi kondusif jangan sampai anda terjatuh ke jurang yang cukup dalam. Jangan alpa ketika anda telah sampai di puncak lupa dengan keselamatan diri. Hal ini yg harus anda perhatikan menggunakan penuh kehati-hatian.

FYI, tunggangan yang diizinkan naik sampai ke puncak bukit wisata alam ini hanya kendaraan pengelola. Jadi kendaraan umum nir bisa naik sampai ke puncak & wajib parkir pada loka yg sudah disediakan oleh pengelola supaya tetap rapi. Selamat datang di Wisata-Alam-Ulu-Kasok-Raja-Ampat-Kampar-Riau dan selamat berwisata.