Tata Cara Bagaimana Mendaki Pendakian Gunung Sorik Marapi Madina Mandailing Natal Sumatera Utara

Mendaki gunung menjadi hobi yg tidak terpisahkan sang pecinta alam butuh tata cara bagaimana rute bepergian pendakian terarah & petunjuk berita ke sana penginapan ad interim yg cukup tersedia pada ekspedisi daki Gunung Sorik Marapi di Mandailing Natal Sumut. Masih sedikit berita di media umum bagaimana cara lengkap kesana & wajib bagaimana transportasi buat selama pada perjalanan menjadi pertanyaan yang poly dicari di search engine. Nah, sesi kali ini saya mengangkat goresan pena tata cara yg sebaiknya dilakukan oleh pendaki buat daki Gunung Sorik Marapi yg telah mempesonakan diri ke semua jagad para pecinta alam dengan keunikan dan eksotis ada disekitar gunung ini.

Gunung Sorik Marapi Madailing Natal. Poto sang: akhirmh.Blogspot.Co.Id

Danau di Puncak Gunung Sorik Marapi Sumut. Poto oleh: muslimpakpak.Blogspot.Co.Id

SEKILAS GUNUNG SORIK MARAPI.

Gunung Sorik Marapi terletak pada Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Secara ketinggian geografis berada pada dua.145 meter dpl menggunakan syarat sudah beberapa kali meletus menggunakan ritme letusan di tahun 1830, 1879, 1892, 1893, 1917, 1970, 1986, & paling terakhir pada tahun 1987 menggunakan memuntahkan lahar panas yg hingga Kabupaten Pasaman Sumatera Barat [Wikipedia].

Termasuk gunung aktif normal dapat dilihat aktifitas ini dengan adanya asap pada zenit yang menandakan gunung ini masih memiliki taraf keaktifannya yang selalu di pantau. Dengan potensi tinggi geothermal yg terdapat di Gunung Sorik Marapi ini mampu dimanfaatkan sebagai proyek geothermal yang telah dilakukan dalam proyek rekayasa geothermal yang sangat menguntungkan oleh institusi ekonomi.

PERJALANAN DIMULAI.

Mungkin berdasarkan anda yang membaca goresan pena ini ingin melakukan ekspedisi daki Gunung Sorik Marapi dengan syarat bepergian buat menuju lokasi pendakian, anda mampu pilih menurut kota mana yang akan menjadi langkah awal. Untuk dari DKI Jakarta Soekarno Hatta atau Halim Perdana Kusuma menuju salah satu kota yang saya maksud dibawah ini:

1. MEDAN

Setelah anda sampai di kota Medan estafet menggunakan angkutan darat, sanggup anda pilih carteran rental mobil atau bus umum. Saya lebih menyebutkan ke bus umum lantaran biayanya relatif terjangkau dan masuk kedalam kocek seseorang backpacker. Bus menggunakan jurusan Medan - Panyabungan lalu anda turun di simpang jembatan merah. Estafet memakai angkutan kota atau desa jurusan Panyabungan ke Sibanggor Julu. Total lama bepergian kurang lebih 12-13 jam tergantung dari kecepatan kendaraan beroda empat hingga ke lokasi desa.

2. PADANG.

Hanpir sama menggunakan kota Medan, anda mampu menggunakan rental carteran kendaraan beroda empat minibus atau bus generik. Untuk bus umum rutenya sama, karena bepergian ini melewati jalan trans-sumatera yg sama.

Tiga. TAPANULI SELATAN.

Untuk moda transportasi udara buat mempercepat langkah pula sanggup, anda sanggup menggunakan pesawat udara dengan tujuan ke Bandara Pinang Sori Tapanuli Selatan kemudian estafet menuju ke Kabupaten Madailing Natal menuju ke Jembatan Merah. Rutenya masih sama denga diatas buat hingga ke Desa Sibanggor Julu.

PROSES TATA CARA PENDAKIAN GUNUNG SORIK MARAPI MANDAILING NATAL SUMUT.

Setelah anda sampai di Sibanggor Julu harus mendaptkan izin mendaki  untuk masuk ke Taman Nasional Batang Gadis [TNBG]. Karena Gunung Sorik Marapi ini masuk kedalam TNBG maka anda harus mengikuti peraturan, dengan nomer Telp +62636421375 Fax +62636321670 dan lamat di Jl.Williem Iskandar Pidoli Dolok Panyabungan Sumatera Utara. Izin sudah di dapat kemudian harus melapor ke Kepala Desa Sibanggor Julu dan anda harus memakai pemandu atau guide dengan jasa antara IDR250.000 - IDR350.000 tergantung anda negosiasi harga. Apabila anda rombongan akan bisa patungan sehingga biaya menjadi lebih terjangkau.

Memang diharuskan melapor ke Kepala Desa buat mengetahui pengunjung yg memasuki desa dan penunjukan guide atau pemandu jalan merupakan sebuah alasan ekonomi sebenarnya buat memberikan lapangan pekerjaan bagi penduduk lokal yang mampu diandalkan berdasarkan pendakian pecinta alam misalnya ini & pemberdayaan penduduk lokal buat mendapatkan penghasilan dan pembangunan Desa Sibanggor Julu. Untuk sampai ke puncak menurut Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara ini menggunakan track sepanjang /- 7 km menggunakan lama waktu kurang lebih lima jam.

KENAPA HARUS PAKE PEMANDU GUIDE PENDUDUK LOKAL.

Perlu diketahui bahwa gunung yg berada pada Desa Sibanggor Juli ini mempunyai hubungan yg sangat bertenaga menggunakan penduduk lokal. Untuk menjaga seluruh pantangan yg harus dihindari usahakan para pendaki harus mengikutinya karena behubungan menggunakan ketenangan semua penduduk lokal. Ada beberapa peraturan yang nir boleh dilanggar berhubungan dengan istiadat dari Desa Sibanggor Julu. Jadi semua aktifitas ini anda melewati desa yang wajib mengikuti norma adat atau peraturan yang telah dibentuk oleh petinggi desa.

TREKING PENDAKIAN GUNUNG SORIK MARAPI.

Setelah sarapan pagi ekspedisi bepergian dimulai lebih kurang pukul 09:00WIB bersama menggunakan pemandu atau guide. Fisik anda harus dipersiapkan lantaran treking pendakian telah terlihat terjal berupa tanjakan yg relatif curam dan relatif panjang bahkan ada kemiringan /- 70 derajat. Perhatikan pola ritme nafas & langah wajib perlahan supaya penyaluran energi anda tidak terkuras habis pada awal pendakian.

Kurang lebih sehabis anda berjalan 45 mnt-an akan menemukan bekas tambang belerang yg sudah berjalan lagi. Menuju zenit sesudah melewati bekas tambang ini akan memasuki TNBG dengan syarat hutan relatif rapat. Pendaki menyebutnya pintu masuk atau pintu gerbang lantaran terlihat terpisahnya tanah kelolaan masyarakat dengan tempat hutan mulai terlihat. Penduduk lokal akan menyarankan pada pendaki buat mengumandangkan Adzan menggunakan pertanda bahwa rombongan ini akan memasuki kawasan hutan. Perjalanan ini akan terlihat kondisi hutan tropis yang masih baik di sisi kiri dan kanan, apabila anda beruntung akan menemukan btg rotan apabila anda menebangnya akan mengeluarkan air yg relatif segar dan cita rasanya tawar.

Untuk membat bepergian sebagai terarah dan nyaman ada sebagian rute diberi pita berwarna merah supaya jalur pendakian yg di daki sang para pendaki tidak keluar arah sehingga cukup mudah diikuti. Selama perjalanan hutan tropis ini berisi beraneka ragam jenis spesies tumbuhan & anda akan melihat pohon pandan yang cukup besar menggunakan daunnya berduri. Titian jalan yg akan anda lalui akan selalu terlihat beberapa tubuhan daun pandan berduri ini, hanya pohon ini saja buat pohon lain tidak ada. Inilah estetika yang sanggup anda lihat begitu banyaknya daun berduri yang harus anda taklukan selama berjalan disisi kiri & kanan.

Setelah pohon daun pandan berduri ini terlewati sampailan kita ke lokasi flora perdu spesial dataran tinggi yg hanya tumbuh di ketinggian & berbatu. Untuk berjalan ini anda akan menemukan treking yg agak sempit & merunduk serta merayap buat melewati celah jalan tersebut & akhirnya anda akan melihat lapangan sedikit terbuka. Lokasi inilah zenit Gunung Sorik Marapi menggunakan terlihat beberapa kawah belerang yang mengeluarkan asap diatas anda. Namun treking masih belum usai, anda akan berjalan menanjak dengan kondisi jalan poly batuan mini yang teksturnya relatif labil. Jika melangkah bebatuan kecil ini akan meluncur kebawah yg akan membahayakan rekan yang dibelakang. Lokasi ini hanya kerikil saja nir terdapat flora apapun yg tumbuh. Jadi pastikan anda berhati-hati sudah memasuki kawasan ini.

Akhirnya zenit Gunung Sorik Marapi tergapai jua. Pemandangan yg sangat eksotis sekali dengan adanya danau di tengah seperti Danau Rinjani pada Pulau Lombok NTB. Danau yang berwarna hijau terlihat menggunakan beberapa titik yg mengeluarkan asap berwarna putih berbau belerang. Inilah Gunung Sorik Marapi yang memiliki estetika tersendiri yg harus anda kunjungi menggunakan kentalnya norma penduduk lokal yang masih mereka jaga sampai sekarang.

Di atas zenit gunung terlihat pemandangan yang sangat indahnya, anda bisa melihat semua penjuru menggunakan pemandangan lepas Desa Sibanggor Julu dibawah sana. Rumah penduduk lokal juga terlihat menggunakan rona hitam terlihat mungil diatas puncak gunung. Rasa capek lelah selama pendakian terbayar sudah & hilang selesainya melihat karunia Allah SWT yg begitu akbar dengan menciptakan alam sebagus ini dan hanya terdapat pada Indonesia.

Untuk berjalan ke bibir kawah harus melihat langkah hingga ke cekungan yg nisbi pada & cukup luas masih ada bekas danau terlihat mengering. Anda sanggup memakai lokasi ini buat istirahat makan siang, di sekitar lokasi ini terdapat mata air yang cita rasanya agak sedikit kelat dan asam berbau belerang. Penduduk lokal percaya air ini digunakan menjadi obat.

Setelah anda istirahat & berjalan di lebih kurang puncak gunung, supaya turun sekitar pukul 15:00 WIB agar nir kesorean atau kemalaman pada penurunan.

FYI, penduduk akan melarang pendaki wanita buat melakukan pendakian karena adanya pantangan menurut desa yg wajib dipatuhi dan tidak diizinkan memasuki hutan ini hingga ke puncak gunung. Jika pendaki melanggar jika ada perempuan mendaki Gunung Sorik Marapi maka akan dijatuhi hukuman oleh Tokoh Agama di desa.

RUMAH PENDUDUK LOKAL SANGAT UNIK.

Tambahan ekstra kebudayaan yang masih kental terlihat pada rumah penduduk lokal yg sangat eksotis. Rumah kayu panggung beratapkan ijuk kontras menggunakan rona hitam sangat mempesona & masih mampu dijumpai hampir diseluruh lokasi desa ini bisa dikatakan terawat dengan baik. Anda sanggup memanfaatkan momen ini buat melihat betapa indahnya istiadat istiadatnya yg masih bertahan sampai kini .

Rumah Penduduk Lokal Desa Sibanggor Julu. Poto Oleh: hudream.blogspot.co.id

Indahnya Rumah Panggung Tradisional Desa Sibanggor Julu. Poto oleh: brilio.net

TIPS BAGI PENDAKI.

Ada beberapa tips yg perlu diperhatikan bagi anda yg ingin mendaki Gunung Sorik Marapi ini sebagai bepergian ekspedisi pecinta alam yang nyaman.

1. Perjalanan darat relatif panjang jadi persiapkan fisik yang sehat selama perjalanan yg relatif melelahkan. Sebaiknya anda mempunyai ketika relatif istirahat di desa ini buat memulihkan tenaga sebelum pendakian.

2. Memang penginapan disini sangat jarang sekali, tetapi anda sanggup siasati menggunakan meminta ijin ke kepala desa buat sanggup menerima tempat buat istirahat atau loka yang mampu disewa untuk bermalam.

Tiga. Rutenya treking cukup memberi tantangan bagi pecinta alam yang harus diikuti dengan beberapa teknik yang harus anda pahami. Jadi pastikan anda selalu mengikuti pemandu membuat bepergian anda permanen nyaman.

4. Gunung Sorik Marapi tidak terdapat loka mendirikan tenda jadi anda hanya sanggup melakukan pendakian PP [Pulang Pergi]. Usahakan pendakian dalam pagi hari buat sanggup hingga kembali dalam sorenya. Atau anda memiliki jadwal diluar itu mampu negosiasikan kepada pemandu buat sanggup diubahsuaikan waktu buat pendakian.

5. Untuk kasus pantangan bahwa perempuan tidak boleh mendaki gunung ini harus ditaati, lantaran ini embargo dan wajib dipatuhi agat pendakian anda tetap nyaman.

6. Masalah yg selalu dijumpai merupakan kasus sampah. Siapapun anda yang melakukan pendakian nir hanya di Gunung Sorik Marapi saja harus menjaga kebersihan. Masih terlihat sampah bekas makanan yang bertebaran di gunung yang menandakan taraf kesadara kebersihan masih kurang. Mari kita jaga lingkungan supaya ketenangan buat seluruh rekan lain mampu anda jaga.

7. Treking yang akan anda lalui relatif terjal menggunakan rintangan yg cukup menguji adrenalin anda. Membawa barang secukupnya dan selama di gunung anda tidak menginap jadi buat tenda sangat sporadis karena pribadi turun bila telah menjelang sore.

8. Jika anda seseorang muslim jangan tinggalkan sholat fardhu selama pendakian Gunung Sorik Marapi. Sholat wajib mampu anda lakukan dalam waktu istirahat di sekitar pegunungan agar bepergian ekspedisi ini tetap berjalan sebaik-baiknya & menerima pertolongan berdasarkan-Nya.

9. Sebaiknya dilakukan pada musin kemarau lantaran treking tidak licin dan langkah anda penekanan & menghindari slip atau licinnya jalan.

10. Sebaiknya pendakian gunung misalnya ini rombongan atau tim agar porto yg anda keluarkan selama wisata pecinta alam misalnya ini bisa patungan atau sharing.