Pesona Indah Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat

Saya mencoba mengungkapkan wisata alam Kawah putih di kota Bandung tepatnya Ciwidey tempat wisata sangat terkenal ini menjadi destinasi wajib . Termasuk sejarah, tiket masuk, lokasi dan gerografi letak, tips, dan cara ke sana menggunakan tunggangan pribadi atau umum. Dengan jeda kurang lebih 50 km ke arah selatan kota kembang Bandung adalah sebuah danau yg terbentuk secara alami menggunakan proses alam dampak letusan Gunung Patuha. Kawah yang terlihat putih yang poly mengandung belerang ini bercampur menggunakan kondisi tanah berwarna putih yg ada kehijauan ditentukan sang kadar belerang pada pada air, suhu, dan cuaca.

Geografi Kawah Putih Ciwidey.

Menuruh perhitungan geografi nya kaldera atau letak geografis kawah Ciwidey yang terletak pada pegunungan ini menetapi ketinggian -/ dua.400 meter dpl, mempunyai cuaca yg sangat sejuk antara 8-22 derajat celcius. Suhu yang relatif dingin ini membutuhkan beberapa baju yang lebih tebal seperti jaket atau sal bila memasuki lokasi kaldera wajib anda bawa.

Daya tarik yang sangat tinggi menggunakan keunikan lokasi kawah putih membuat beberapa aktifitas beberapa rakyat relatif majemuk: spot potografi, prewed, hiking, bahkan menikmati bepergian memakai kuda pula bisa terlihat. Berikut vidio berdasarkan rekan kita Nina Firsta memberikan gambaran pada wisata kaldera putih Ciwidey Bandung.

Sejarah Kawah Putih Bandung.

Kembali ke abad ke 10 terjadilah letusan yang sangat dahsyat Gunung Patuha yang mengakibat kondisi alam berubah drastis dan banyaknya fauna burung banyak ditemukan meninggal di kurang lebih kawasan ini. Penduduk beranggapan dalam ketika itu seram dan gaib. Berjalannya ketika sekitar tahun 1837 agama lokasi gaib ini mulai hilang akibat adanya seseorang pakar dan peneliti Botani Jerman tiba ke lokasi ini untuk melakukan studi penelitian. Melihat fenomena alam yang tidak banyak ditemukan makhluk hidup pada lebih kurang lokasi kaldera sebagai daya tarik yang tinggi buat mendapatkan jawaban secara ilmiah. Masih adanya kepercayaan menyeramkan oleh penduduk setempat terdapat terdengar namun peneliti yg bernama Dr.Franz Wilhelm nir gentar untuk permanen melakukan penelitian.

Bagi Dr.Franz mencoba sampai ke lokasi puncak gunung terlihat sebuah danau manis berwarna putih menggunakan bau belerang yang sangat menyengat sebagai akibat beberapa hewan misalnya burung sangat sporadis di lokasi ini.

Dengan indahnya lokasi puncak kawah putih ini maka pada tahun 1987 pemerintah kota Bandung membuka pusat wisata baru ini kepada semua wisatawan dengan daya tarik primer merupakan kaldera berbentuk danau yg bisa berubah warna tergantung dari suhu, kadar belerang, serta cuaca.

Posisi Letak Kawah Putih Ciwidey.

Lokasi alamat kaldera putih Ciwidey di Jl.Raya Soreang KM 25, Ciwidey Bandung Jawa Barat. Tidak jauh dari wisata Situ Patenggang yang bisa anda tempuh memakai kendraan langsung, menggunakan cukup lengkap petunjuk arah buat hingga ke lokasi ini. Setelah menggunakan tol Cipularang menurut Jakarta & keluar di pintu tol Kopo. Terus menuju ke Soreang sampai ke Ciwidey.

Jangan kawatir bila anda memakai angkutan generik. Setelah hingga di terminal Ciwidey naik angkot menuju ke Situ Patenggang turun di gerbang Kawah Putih.

Fasilitas Umum pada Kawah Putih Ciwidey.

Sebagai turis wajib mengetahui apa saja fasilitas yg ada pada lebih kurang kaldera putih yg sanggup menunjang wisata di lokasi liburan ini tetap nyaman. Lokasi ini relatif tertata rapi berdasarkan segi lokasi parkir yg cukup luas sanggup menampung bus pariwisata dan kendaraan beroda empat langsung relatif banyak dan sepeda motor. Counter fakta jua disediakan buat semua pengunjung, food-court, toilet, hingga transportasi khusus dimulai dari gerbang sampai ke lokasi wisata.

Biaya-porto Selama pada Kawah Putih.

Persiapkan semua biaya yg akan anda keluarkan selama berwisata pada lokasi yg cukup sejuk dan latif ini.Harga tiket masuk per orang IDR 15.000 & parkir kendaraan menggunakan rincian sbb:

1. Parkir Atas:

Mobil eksklusif: IDR 150.000 & motor IDR 35.000

2. Parkir Bawah:

Mobil eksklusif: IDR 6.000 Motor IDR lima.000 dan bus pariwisata IDR 25.000.

Khusus buat lokasi parkir bawah, anda disediakan kendaran ontang-anting buat hingga ke kawah homogen kendaraan khas sebutan masyarakat lokal buat menghantarkan anda menurut parkir hingga ke lokasi wisata kawah putih. Maksimal daya tampung tunggangan ini adalah 12 orang.

Jam operasional.

Lokasi wisata ini buka Senin-Minggu, jam 07:00 WIB - 17:00 WIB.

Hal yg wajib diperhatikan.

Jika anda berkunjung ke lokasi kaldera ini terdapat beberapa hal yg harus anda perhatikan sebelum berwisata.

1. Lokasi yg cukup sejuk tidak seluruh pengunjung yang tahan menggunakan udara dingin, pastikan anda telah membawa beberapa sandang yang relatif hangat buat hingga ke kawah putih.

2. Untuk penggunaan sunblock relatif, tergantung berdasarkan jenis kulit masing-masing pengunjung. Dibawa tetapi menjadi jaga-jaga jika kulit anda tidak tahan sengatan cahaya matahari di puncak kawah apabila cuaca agak terik dalam ketika kunjungan.

Tiga. Bau belerang pada sekitar lokasi relatif keras & menyengat. Jika anda tidak tahan dengan bau belerang yang menusuk hidung dapat membawa masker buat mengurangi bau pada saat bernafas.

4. Sediakan ketika yang cukup buat menikmati wisata kaldera putih & jangan berlama-usang di lokasi karena akan berpengaruh pada pola nafas anda, jaga nafas tetap seimbang, apabila anda mulai sesak bisa menjauhi lokasi kaldera dan kemudian kembali lagi.

Lima. Pastikan parkir tunggangan sesuai menggunakan budget anda. Sebaiknya anda parkir di lokasi bawah dapat menikmati ontang-anting atau kendaraan terbuka mampu menikmati suasana alam pada lokasi ini termasuk hijaunya daun & pemandangan alam yg masih alami.

6. Sebaiknya anda mengunjungi kaldera putih dalam pagi hari dengan cuaca yg cukup bersahabat agar terhindar dari ramainya turis. Anda bisa eksplorasi semua spot buat berpoto menggunakan nyaman & maksimalkan angle spot potografi lebih banyak.

7. Jangan buang sampah asal-asalan, pastikan anda membuang pada tempat yang sudah disediakan sang pengelola supaya kebersihan pada lokasi kawah putih Ciwidey tetap terjaga.

8. Hindari corat-coret di lokasi wisata. Kebiasaan ini sangat jelek karena memperburuk lokasi wisata menggunakan coretan yg sebagian orang risih melihatnya.

Semoga tulisan loka wisata kawah putih Ciwidey dimulai dari rute, sejarah, lokasi geografi, tiket masuk, tips, serta porto lainnya dapat sebagai bermanfaat sebelum anda hingga ke lokasi wisata. Pastikan cuaca relatif bersahabat selama anda berkunjung ke lokasi ini. Selamat tiba di kawah putih Ciwidey Bandung Jawa Barat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel