Cara Panduan Lengkap Liburan Hemat ke Raja Ampat Papua Barat Indonesia Dengan Pesawat Udara dan Kapal Laut Pelni

Destinasi liburan Raja Ampat sudah masuk pada agenda wajib wisata termasuk dalam perhatian turis dunia & area yg telah terkonsep pada The Nature Conservancy and Conservation International. Terpilihnya Raja Ampat karena mempunyai species yg relatif banyak dimana ada kurang lebih 75% species laut penting dunia ada di lokasi ini. Jadi, banyak sekali peneliti dan pecinta alam bawah laut sangat menyayangi lokasi ini yg hanya ada pada Raja Ampat Papua Barat Indonesia.

Pesona Gugusan Pulau Raja Ampat Papua Barat. Poto sang: setda.Rajaampatkab.Go.Id

Indahnya Raja Ampat. Poto sang: Raja Ampat, Papua, Indonesia ? Photo: David Doubilet @ National Geographic

Lokasi di timur Indonesia ini mempunyai pesona lain yang mulai terungkap oleh para penikmat surganya global bawah laut. Raja Ampat Papua Barat membuahkan destinasi sangat penting pada Pariwisata di Indonesia terkadang sebagian orang berfikir berkunjung kesana membutuhkan biaya yg relatif akbar & mahal. Mindset misalnya ini mampu disiasati buat mencari jalan keluar agar harga yang dibelanjakan mampu dikurangi bahkan sanggup berkurang dari harga pasar yg beredar didunia media sosial.

TAHAP-TAHAP JITU MEMPEROLEH TIKET MURAH KE RAJA AMPAT PAPUA BARAT.

1. Meeting Point ke Sorong.

Anda wajib mencari penerbangan ke Sorong baik secara pribadi atau estafet. Biasanya turis traveler menurut Jakarta;Bali;Surabaya terdapat yg transit ke Makassar Hasanudin untuk melanjutkan perjalanan sampai ke Sorong. Untuk mengetahui penerbangan ini aku merekomendasikan supaya anda selalu update menurut provider tiket online buat mengetahui ketersedian seat atau penerbangan ke Sorong.

Setelah anda hingga ke Sorong harus memakai armada taksi [range harga IDR100.000] ataupun ojek [range harga IDR25.000] yang terdapat di pelabuhan Sorong. Estafet menggunakan kapal laut ke Waisai [range harga IDR200.000].

Ala backpacker akan melakukan cara ini jika anda ingin berhemat parah, selesainya keluar menurut Bandara Sorong berjalalah ke luar pintu gerbang /- 300 meter naik angutan generik menuju ke Pelabuhan Sorong.

Dua. Meeting Point pada Ambon Maluku.

Apabila anda ingin ke Raja Ampat Papua Barat juga bisa dari Ambon Maluku. Penerbangan dari Jakarta;Surabaya;Bali bisa transit ke Ambon Maluku lewat Makassar untuk melanjutkan perjalanan ke Raja Ampat. Biasanya cara ini banyak dilakukan oleh para backpacker untuk sampai ke Sorong. Setelah anda sampai di Pelabuhan Ambon anda harus menggunakan kapal laut PELNI yang tersedia yaitu KM.Nggapulu dan KM.Dempo menuju Pelabuhan Sorong. Untuk harga tiket sangat terjangkau untuk kelas ekonomi dengan range harga IDR200.000 - IDR270.000 dengan lama perjalanan selama -+/-  20-32 jam.

3. Meeting Point di Makassar.

Jika anda tidak mau melanjutkan bepergian estafet ke kota lain hanya di Makassar saja pula sanggup, menggunakan menggunakan kapal laut PELNI yang tersedia pada Pelabuhan Makassar yaitu KM.Dobonsolo, KM.Dempo, KM.Labobar, KM.Ceremai, atau KM.Nggapulu. Harga tiket buat kelas ekonomi menggunakan range harga IDR570.000 - IDR700.000 dengan lamanya bepergian dua-3 hari pada laut. FYI, bepergian ini spesifik anda yg suka bepergian yang relatif usang dengan menikmati suasana laut pada Indonesia Timur dan nir mabuk bahari.

HOTEL PENGINAPAN RAJA AMPAT.

Perhatian buat penginapan hotel juga nir luput menurut rencana liburan pada Raja Ampat Papua Barat. Di area pariwisata ini sudah tersedia aneka macam resort sederhana hingga menggunakan glamor. Daerah terdekat pada Pulau Waisai seperti Gam Barat, Gam Timur, Pulau Birie, Pulau Arborek, atau Waigeo ada juga homestay atau guess house dengan range harga IDR350.000 - IDR500.000. Tips Apabila anda mempunyai rekomendasi berdasarkan rekan traveler atau dari komunitas backpacker yang sudah menginap di guess house atau homestay bisa anda lakukan, bahkan sangat direkomendasikan. Bahkan terdapat pengelola penginapan hotel menyediakan jemputan tamu dengan tambahan biaya tertentu. Atau anda jua mampu memakai penjualan voucher hotel online buat menerima kenyakinan penuh terhadap penginapan hotel yg akan anda pilih nanti.

KEGIATAN APA DI RAJA AMPAT PAPUA BARAT.

Sebagai destinasi wisata yang telah mendunia ini Raja Ampat adalah surga buat 540 jenis karang dan lebih dari 1500 spesies ikan yg hayati disekitar tempat wisata ini. Sangat pentingnya Raja Ampat ini sanggup sebagai daerah asal baru hingga dengan 10 kali lipat menurut spesies yg pada temukan pada samudera Karibia, penyu langka, dan aneka ragam jenis udang ditemukan di lokasi ini, termasuk ikan unik & spesies yg nir ditemukan belahan dunia lain suda hadir pada Raja Ampat.

Kegiatan yg sangat dinanti sang turis adalah melihat fenomena alam unik yg berada pada bagia timur Pulau Waigeo yaotu di desa Yesner dan Urbinasoper. Fenomena alam unik ini yg dianggap oleh penduduk lokal merupakan hantu laut merupakan sinar yang keluar pada bahari selama 10-15 menit.

FOOD & BEVERAGES.

Jangan khawatir dengan makanan dan minuman yang akan selalu tersedia di penginapan hotel dengan menu tradisional sampai internasional dengan koki terlatih. Untuk hidangan laut akan selalu masuk dalam menu karena hasil laut di Raja Ampat sangat berlimpah. Menu yang sangat unik untuk dicicipi adalah sup ikan kuning merupakan makanan tradisional lokal yang harus anda nikmati. Apabila ingin menikmati menu sea food lainnya juga bisa anda nikmati di sekitar Waisai.

TIPS.

Untuk mengunjungi wisata Raja Ampat Papua Barat anda harus menyiapkan waktu yang cukup panjang, biaya, serta fisik yang harus kuat jika anda menggunakan cara backpacker. Untuk menghemat waktu anda harus korbankan biaya dengan kecapekan tingkat tinggi yang harus anda nikmati. Ada uang ada kesenangan dalam liburan memang ada. Untuk datang ke Raja Ampat sebaiknya bertepatan dengan adanya fenomena alam "hantu laut" yang bisa anda lihat sendiri keajaiban alam yang ada di timur Indonesia ini.

Untuk tiket pesawat dan tiket kapal PELNI harus anda cek di situs resmi mereka [www.pelni.co.id] untuk mengetahui jadwal keberangkatan. Jika anda menggunakan pesawat udara dan estafet menggunakan kapal laut selalu persiapkan waktu yang cukup agar perjalanan ini tetap nyaman, tidak ada telat sampai ke tujuan. Jaga kesehatan dan bawa perlengkapan penting selama berlibur. Hindari kebiasaan untuk menjaga lingkungan seperti buang sampah pada tempatnya, jangan merusak karang, spesies ikan, dan alam bawah laut apapun alasannya. Mari kita jaga untuk menyamanan dan keindahan alam ini bisa bertahan sebagai tempat penting habitat laut di dunia.