Cara Mendaki Gunung Talang di Kabupaten Solok Sumatera Barat

Cara-Mendaki-Gunung-Talang-Solok. Ekspedisi pendakian sangat disukai oleh para pemuda-pemudi yang ingin menguji nyali untuk menyatu dengan alam dengan kekuatan fisik serta mental. Proses cara mendaki, daki, hiking, ataupun pendakian di setiap gunung mempunyai tantangan termasuk Gunung-Talang-Solok yang menjadi destinasi wisata alam dengan objek sebuah keindahan gunung yang berdiri kokoh di atas Danau Kembar dan Danau Talang di Kabupaten Solok. Pendakian ini dimulai dengan persiapan yang cukup matang dengan mempertimbangkan beberapa keselamatan bahkan penunjang gadget harus dipersiapkan dengan rencana yang sangat matang dengan jalur pendakian Gunung Talang yang direkomendasikan.

Poto sang: kakisatumeter.Blogspot.Co.Id

SEKILAS GUNUNG TALANG SOLOK.

Gunung-Talang-Solok merupakan jenis gunung yang masih aktif yg berada pada Kabupaten Solok menggunakan latar Danau Kembar dan Danau Talang yg bisa anda rasakan di zenit gunung. Gunung Talang terakhir meletus dalam tahun 2007 ini bila ditinjau berdasarkan dekat masih mengepulkan asap belerang yg cukup terlihat kentara. Dengan ketinggian 2.597 meter dpl sanggup menjadi magnet bagi para pecinta alam yang tiba dari seluruh penjuru Indonesia dan dunia. Jangan galat, Gunung Talang ini sudah menjadi detinasi yg diperhitunkan oleh para pecinta alam pemula yang ingin mencoba nyali arenalinnya buat sebagai seorang mencinta estetika alam Indonesia yang tidak ada tandingannya pada global ini.

PERJALANAN DIMULAI.

Perjalanan dimulai menggunakan memasuki kota Padang Sumatera Barat terlebih dahulu. Apabila menurut DKI Jakarta mampu menempuh bepergian dengan pesawat udara menggunakan metode low cost atau full service. Anda sanggup pilih jenis tingkat ketenangan mana yang akan dipilih. Untuk seorang backpacker sebaiknya memakai jenis pesawat bertema low cost supaya porto sanggup terkontrol & sesuai menggunakan budget mahasiswa. Di pulang pesona Gunung Talang ini bisa menempuh bepergian menurut kota Padang ke kota Alahan Panjang dengan memakai carteran mobil minibus eksklusif sekelas Xenia atau Advanza ataupun dengan angkutan generik. Untuk carteran kendaraan beroda empat eksklusif sanggup anda pilih berdasarkan surat keterangan teman atau sahabat dari kota Padang, khusus buat para pengguna angkutan generik anda menerapkan cara yg aku jelaskan ini dia:

Setelah anda mendarat pada Bandara BIM [Bandara Internasional Minangkabau] dan barang bawaan sudah dibawa semua maka gunakan transportasi bandara bernama "Tranexdanquot; menggunakan rute tujuan bus BIM-Lubuk Bagaluang menggunakan tiket kurang berdasarkan IDR25.000 per orang. Anda wajib turun pada wilayah KUBU atau LAKUAK buat estafet menggunakan angkutan umum jurusan Padang-Alahan Panjang. Setelah hingga pada lokasi terdapat bus ngetem pada lokasi ini menggunakan aneka macam jurusan tetapi anda pilih tujuan Alahan Panjang dengan tiket IDR25.000 per orang menggunakan usang perjalanan /- 2 jam.

MULAI PENDAKIAN atau JALUR.

Jalur pendakian ke Gunung Talang ada dua arah, PERTAMA jalur di Bukit Sileh Kecamatan Lembang Jaya, KEDUA di Aie Batumbuak di Kecamatan Gunung-Talang-Solok. Bagi pecinta alam yang masih mencoba mendaki gunung sebaiknya pilih dari jalur pendakian Aie Batumbuk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat tepatnya di SDN 32 Aie Batumbuak di Jalan Raya Labuan Lubuk Selasih - Muara Labuk KM 17. Inilah petunjuk  pertama untuk memasuki jalur jalan masuk pertama R0 ke treking mendaki Gunung Talang R6, karena jalurnya relatif bersahabat serta trekingnya masih bisa disesuaikan dengan kondisi pengalaman para pemula dan pemandangan alam di treking ini sangat mempesona sekali seperti kebun teh dan hutan hijau menyejukan mata. Jalur ini menempuh perjalanan +/- 4 jam perjalanan dengan jumlah pelat besi warna merah [R] penunjuk arah jalan sekitar 54 buah. FYI, daerah dengan kondisi alamnya masih baik dan hutannya masih terjaga anda jangan khawatir jika kehabisan persediaan air, di R6 anda bisa memanfaatkan air bersih sebagai bekal minum diperjalanan nanti tidak bayar alias gratis. Di R54 juga tersedia air untuk minum tetapi tidak selalu tersedia tergantung dari cuaca dan musinnya.

PERSIAPKAN BARANG MENDAKI GUNUNG YANG PENTING.

Persiapan barang yang penting harus anda persiapkan seperti sepatu treking gunung yang bertenaga sesuai dengan peruntukannya. Karena jalur perjalanan sampai ke puncak mempunyai tantangan masing-masing seperti jalurnya licin, poly batu, akar pohon, hingga terjalnya medan terutama kerikil yg poly sampai ke puncak gunung di R54. Yang sebagai perhatian buat para pendaki yaitu dalam R6 hingga dengan R54 sebagai jalur yang butuh kosentrasi penuh menggunakan adventure tinggi buat dilalui.

Apabila pendaki ingin cepat hingga ke lokasi R6 mampu memakai jasa ojek, FYI: jeda antara pintu awal masuk ke R6 ini menggunakan jeda 4 km. Jasa ojek ini telah tersedia dalam waktu anda registrasi di markas pendakian. Biaya yang akan anda bayar IDR25.000 buat sekali antar saja.

PERHATIAN KHUSUS PARA PENDAKI.

Gunung yang masih aktif ini selalu mengeluarkan asap belerang yang akan mengganggu ketenangan anda dalam waktu berada di sekitar zenit. Antisipasinya anda harus membawa masker spesifik atau syal yang bisa menutupi hidung agar terhindar dari bau belerang yg sangat menyengat.

REGISTRASI SEBELUM MEMASUKI TREKING PENDAKIAN.

Untuk semua pendaki yg ingin berwisata alam pecinta alam anda harus melakukan registrasi.Ini harus & wajib karena petugas wajib mengetahui siapa saja pengunjung yang treking ke Gunung-Talang-Solok buat memantau masuk keluar wisatawan. Registrasi per orang IDR10.000 berlokasi di R0. Posisi pos R0 ini sangat mudah ditemui dengan lokasi yang sangat dekat menggunakan jalan raya primer Lubuk Selasih - Muala Labuah tepatnya di KM 17. Lokasi inilah yang wajib anda tempuh buat melakukan treking pendakian pada Gunung Talang.

PERHATIAN PENTING.

Lokasi pendakian yang memiliki jalan yang secara umum dikuasai tanah dan bebatuan anda wajib mempersiapkan sepatu yg spesifik digunakan untuk mendaki gunung, jalur nya relatif licin & masih poly tanah liat yang mampu membuat langkah anda slip. Jika anda ingin melihat sunrise di zenit Gunung Talang disarankan bepergian pada mulai dari R6 dalam pukul 02:00 WIB dinihari supaya sampai pada zenit bisa melihat tepat waktu. Perjalanan untuk sampai ke R54 membutuhkan saat /- 3 jam, di lokasi R54 inilah lokasi tempat camping para pendaki sebelum puncak . Dari R54 ini sampai ke puncak butuh lebih kurang 1 jam bepergian lagi.

TIPS CARA MENDAKI GUNUNG TALANG DI KABUPATEN SOLOK.

Saya ingin melengkapi goresan pena ini supaya holistik keterangan ini sebagai lebih akurat dan terarah.

1. Sebaiknya anda melakukan pendakian ini tidak dalam isu terkini hujan, gunung sedang erupsi, dan embargo dari petugas. Perhatikan embargo ini supaya treking pendakian anda mampu lebih aman.

2. Sebaiknya anda mengambil jalir di Aie Batumbuak karena rutenya cukup ramah terhadap para pemula dan pada treking ini anda bisa melihat estetika alam yang sangat mempesona.

3. Gunakan sepatu khusus buat mendaki gunung karena medan perjalanannya cukup berat dengan adonan antara tanah liat, bebatuan, kericil, dan licin menyatu pada satu perjalanan.

4. Untuk camping gunakan peralatan yang sebagai baku buat pegunungan agar mampu tahan terhadap derasnya hujan dan nir merembes ke dalam tenda. Khusus untuk tenda kini sudah ada jenis bahan yang sangat kuat terhadap air hujan serta penopang besi ringan yg baik buat memperkokoh berdirinya tenda.

5. Mulai di pos R6 ini pula tersedia guide yang akan membantu anda buat navigasi bepergian ini hingga ke zenit. Anda bisa negosiasikan harganya sesuai menggunakan rombongan yg akan mendaki. Saya merekomendasikan ini spesifik bagi pemula yang ingin melihat indahnya Gunung Talang ini agat tetap aman dan perjalanannya tetap nyaman.

6. Karena lokasi zenit masih poly asap belerang yg menyengat & akan menyusahkan anda bernafas anda wajib membawa masker spesifik atau syal bisa menutup hidung dengan baik sehingga ketenangan anda masih tetap terjaga di puncak Gunung Talang.

7. Khusus bagi pendaki selalu menjaga kebersihan terhadap sampah yang dari berdasarkan kuliner dan minuman. Anda wajib berpartisipasi buat membawa sampah anda pulang ke tempat yang disediakan sang para petugas. Lantaran masalah sampah ini sebagai perhatian spesifik untuk semua pendaki gunung. Jadi kerjasama anda sangat krusial buat terciptanya kebersihan pada kurang lebih Gunung-Talang dimulai menurut pos R0 sampai ke R54.

Demikianlah tulisan artikel Cara-Mendaki-Gunung-Talang-Solok yang menurut saya telah relatif lengkap mampu membantu anda mempersiapkan segala sesuatunya sebagai akibatnya treking ini sesuai menggunakan tujuan anda. Selalu menjaga kesopanan, mensyukuri nikmat kesehatan yg anda miliki sebagai akibatnya program treking daki Gunung Talang menjadi destinasi wisata alam yg anda rencanakan sebelumnya. Apabila anda muslim selalu tunaikan shalat fardhu. Selamat berwisata.