Cara Mendaki Gunung Kerinci | Mount Kerinci

Ekspedisi cara-mendaki-gunung-kerincitelah mendunia bahkan sudah menggiring para pecinta alam ini buat berbondong-bondong tiba secara kelompok. Memang jalurnya sangat sempurna untuk menguji adrenalin para pendaki dengan kosentrasi tinggi lantaran Gunung-Kerinci masuk kedalam Taman Nasional Kerinci Seblat yang mempunyai treking cukup sulit. Nah, ekspedisi ini wajib mempunyai persiapan yg cukup matang, fisik, sehat, serta para peserta mempunyai jiwa pertualangan tinggi ibarat seseorang pecinta alam. Jadi, goresan pena ini dipersipkan pada rekan semua yang butuh kabar lengkap cara-mendaki-gunung-kerinci, transportasi, peta-jalur, sampai porto yg dikeluarkan selama perjalanan.

Poto oleh: kerincinews.com

PERSIAPAN MENDAKI.

Tentu persiapan pendakian ini dimulai berdasarkan peserta treking mendaki, isu terkini, dan saat yang sempurna untuk bisa sampai ke puncak dengan selamat. Persiapan yang pertama adalah perlengkapan selama treking seperti sepatu, pakaian, tenda, serta logistik. Bahkan ada para pendaki membuat skema gambar agar treking pendakian lebih informatif dan terarah. Proses pendakian sebaiknya dilakukan secara berkelompok atau rombongan supaya lebih akrab & suasana terasa santai & mampu saling menjaga selama bepergian.

PERJALANAN DIMULAI.

Banyaknya para pendaki yg start embarkasi menurut DKI Jakarta. Rekomendasi terbaik buat memakai pesawat udara tujuan ke Padang dan menuju ke lokasi awal pendakian. Kenapa tidak eksklusif ke Jambi buat embarkasi?. Para pendaki lebih menyenangi bepergian start berdasarkan kota Padang karena anda akan menerima beberapa nilai positif seperti pemandangan alam Sumatera Barat selama bepergian sanggup menambah koleksi pengalaman anda apabila sudah berhasil melakukan ekspedisi ini.

Para pendaki akan memulai perjalanan dari Homestay Paiman. Homestay ini bisa dikatakan sebagai basecamp atau meeting point untuk memulai pendakian. Bagaimana cara sampai ke lokasi yang merupakan loka berkumpulnya para pendaki disini sebelum memulai ekspedisi pendakian Gunung Kerinci.

1. Anda bisa melakukan bepergian memakai mobil carteran dari Bandara BIM Padang. Karena lokasi ini relatif jauh menurut sentra kota /- 8 Jam. Untuk mobil carteran rental anda bisa menentukan bila ada surat keterangan menurut rekan di Padang.

Dua. Untuk kendaraan umum relatif relatif sulit & estafetnya poly sekali jadi disarankan menaiki Travel ke Sungai Penuh. Lokasi travel ini di wilayah Air Tawar Padang yang masih satu jalur menggunakan bus bandara Damri dan Tranex. Berikut angka kontak Travel Klinci Putih [ 62751446678]. Keberangkatan travel terdapat dua embarkasi dalam pagi jam 08:00 WIB & malam jam 19:00 WIB dengan tiket IDR120.000.

Setelah anda sampai pada Homestay Paiman sebagai start awal berkumpulnya dalam pendaki menurut seluruh penjuru negeri dan dunia anda sanggup memulai treking dari sini.

PETA TREKING MENDAKI GUNUNG KERINCI.

Setelah anda bermalam di Homestay Paiman anda pula sanggup menemukan pendaki berdasarkan berbagai penjuru wilayah datang menggunakan menggunakan tujuan yg sama yaitu mendaki Gunung Kerinci. Untuk menuju start awal anda wajib mendaftarkan diri pada petugas Taman Nasional Kerinci Seblat [TNKS] buat mendapatkan permit masuk. Anda wajib melakukannya lantaran lokasi ini termasuk Taman Nasional yg dilindungi.

PERJALANAN RUTE PETA JALUR PENDAKIAAN GUNUNG KERINCI.

FORMULA PERJALANAN ATAU RUTE PETA DAKI.

Pos Masuk atau Pintu Rimba --> POS I [Banku Panjang] --> POS II [Batu Lumut] --> POS III [Pondok Panorama] --> SHELTER I --> SHELTER II --> SHELTER III --> PUNCAK GUNUNG KERINCI

Jam berangkat : 07:00 WIB lengkapi dengan sarapan yg bergizi agar perjalanan awal permanen baik & lancar. Menuju ke TNKS anda akan melihat pemandangan hijau kebun teh yang sangat indah yg dimiliki oleh PTPN yg sudah ada semenjak zaman penjajahan Belanda. Pemandangan awal sebagai penyemangat anda buat memulai daki Gunung Kerinci.

PERJALANAN KE POS I

Setelah mendaftar pada TNKS persiapan dimulai dengan seluruh perlengkapan sudah siap. Perjalanan menuju POS I [Bangku Panjang] masih relatif kalem tidak begitu banyak tanjakan yg berarti tetapi ini awal pemanasan buat treking yg sudah menanti. Anda sanggup melewati perkebunan rakyat menggunakan udara yg sangat sejuk pada pagi hari. Perjalanan setelah melewati perkebunan atau pertanian masyarakat anda sudah mulai memasuki daerah hutang yang sudah relatif rapat. Lama bepergian buat sampai ke POST /- 45 menit.

PERJALANAN KE POS II dan POS III

Setelah anda istirahat sejenak di POS I saatnya bepergian ke POS II dilakukan. Medan telah mulai terlihat mendaki menggunakan keluarnya pada perjalanan akar pohon akbar yang akan menaruh sedikit tantangan anda buat melangkah. Setiap langkah anda harus dipastikan kuat lantaran medan treking telah mulai terlihat licin. Jadi keseimbangan menggunakan barang bawaan wajib diperhatikan karena mampu menyebabkan anda terpeleset atau jatuh. Lama perjalanan menurut POS II ke POS III sekitar /- 1 jam.

PERJALANAN KE SHELTER I

Setelah anda beristirahat sejenak menggunakan melepas lelah selama perjalanan, persiapan untuk menuju ke Shelter I dimulai. Medan sudah mulai meningkat ketajaman kemiringan dengan akar pohon akbar sudah mulai nampak bercokol di tengah jalan. Inilah perjalanan yg harus anda taklukan dengan keseimbangan yang prima harus dipertahankan. Lama perjalanan sampai ke Shelter I lebih kurang /- 3 jam. Apabila suasana hari sudah mulai mendekati sore usahakan anda mengninap di lokasi ini. Karena jika anda paksakan buat melangkah akan kemalanan di jalan, jelek untuk keselamatan. Sekitar lokasi relatif datar dan anda mampu mendirikan tenda untuk bermalam.

PERJALANAN KE SHELTER II

Setelah istirahat semalam dan sarapan pagi, persiapan perjalanan sudah dimulai. Dengan kondisi tubuh yang sudah mulai prima dan  telah sarapan pagi perjalanan dimulai. Menuju Shelter II ini kondisi medan mulai meningkat tingkat kesulitannya sehingga anda harus mempunyai fisik yang cukup prima bahkan keseimbangan perjalanan harus lebih ditingkatkan. Kondisi jalan yang menantang ini ada mempunyai kedalaman 1-4 menter yang akan membutuhkan tenaga ekstra untuk melangkah sampai ke puncak pijakan baru. Bahkan ada pijakan yang licin dan kemiringan sudah mulai sampai 70 derajat. Jadi fisik kuat sudah mulai nampak di perjalanan ini. Lama perjalanan sekitar +/- 3-4 jam.

PERJALANAN KE SHELTER III

Setelah memperbaiki kondisi nafas yang cukup membuat kelelahan melangkah dan telah istirahat, perjalanan menuju ke Shelter III dimulai. Medan bertambah tinggi tingkat kesulitannya dengan kemiringan yang bukit lebih dari 70 derajat dan pijakan melangkah yang licin. Perjalanan yang melelahkan ini ditempuh sekitar 2-3 jam dengan kelelahan yang luar biasa. Pada Shelter ini biasanya pendaki sudah menjelang sore dan harus bermalam di lokasi ini. Tempat pendirian tenda cukup tersedia dengan adanya dataran yang bisa anda  beristirahat dengan tenda yang terlah dipersiapkan. Di lokasi ini anda sudah mulai melihat keindahan diatas gunung dengan panorama hutan yang masih terjaga kelestariannya dan kabut putih di sisi kiri dan kanan. Malam sudah mulai menjelang dan persiapan untuk istirahat anda untuk menuju puncak Gunung Kerinci akan dimulai keesokan harinya.

PERJALANAN KE PUNCAK GUNUNG KERINCI [3.805 meter dpl]

Inilah final perjalanan menggunakan taraf kesulitan yg nisbi mampu diikuti. Setelah anda bermalam buat melepas kepenatan saatnya buat mempersiapkan syarat tubuh buat bangun dini hari buat melihat sunrise di pagi hari yg sangat indah. Di puncak inilah anda bisa melihat estetika gunung yang tertinggi pada Pulau Sumatera ini menjadi pengalaman yang nir mampu terlupakan dengan segala tantangan yang telah dilalui. Sebaiknya anda melangkah kurang lebih jam 03:00 WIB buat bisa sampai pada puncak sekitar 06:00 WIB. Jadi pejalanan sekitar /- 3 jam buat mampu menikamti sunris pagi menggunakan keindahan pemandangan alam diatas awan sanggup terliat dari zenit ini. Selamat anda sudah hingga ke puncak bukit menggunakan tantangan tersendiri yg sudah anda terima selama perjalanan treking ini.

TIPS MENDAKI GUNUNG KERINCI.

Ada beberapa tips yg perlu anda cermati buat cara-mendaki-gunung-kerinci-jambi ini adalah menjadi berikut:

1. Pastikan jadwal mendaki tidak dalam ekspresi dominan hujan lantaran treking medan akan sangat kurang bersahabat. Pada musim hujan banyak sekali ketidaknyamanan selama pendakian khususnya alam yg sangat hebat buat ditakluti misalnya air & medan yang sangat licin.

Dua. Persiapkan sepatu spesifik mendaki yang bisa memperkokoh langkah anda buat berpijak. Sebaiknya jenis sepatu khusus mendaki gunung yang sudah baku buat digunakan pada treking ini. Ada hal tambahan seperti tongkat buat berpegang ataupun senter penerangan.

3. Anda selalu mempersiapkan kebutuhan logistik yang relatif selama pendakian agar dalam ketika istirahat pada pos ataupun shelter relatif buat bertahan hidup. Terutama air minum yang selalu diperhatikan.

4. Kesadaran buat membuang sampah pada tempat yang tersedia wajib diperhatikan. Lantaran kasus sampah ini akan selalu terdapat jika telah dimasuki oleh kegiatan insan seperti wisata pecinta alam dan lainnya. Jadi, kerjasamanya buat menjadi kebersihan pula dimulai berdasarkan diri sendiri supaya lokasi ini masih permanen nyaman dan bersih.

Lima. Jangan melakukan kegiatan merusak lingkungan apapun bentuknya misalnya corat-coret, membakar hutan, dan menebang pohon sembarangan. Peraturan yg ditetapkan sang TNKS wajib anda taati sehingga kelestarian hutan yg dilindungi permanen terjaga.

6. Jika barang bawaan anda cukup poly & relatif berat buat dibawa maka dipintu masuk atau pada Homestay Paiman sudah terdapat jasa porter untuk membawa barang-barang krusial anda. Atau anda jua mampu menanyakan pada Homestay siapa saja yang mau membawa barang ini buat treking pendakian. Harga mampu anda negosiasikan kepada porter ini lantaran mereka jua mampu sebagai petunjuk jalan dan navigasi anda selama treking ke Gunung Kerinci. Ya menjadi membagi rejeki ke penduduk lokal yg butuh penghidupan berdasarkan kunjungan wisata misalnya anda ini.

7. Apabila anda seorang muslim harus melaksanakan sholat fardhu wajib . Sehingga anda permanen bersyukur segala nikmat kesehatan yg sudah diberikan-Nya kepada anda buat sanggup mendaki Gunung Kerinci yg sangat indah ini.

Semoga tulisan ini bisa menjadi mount-kerinci yg telah mendunia ini. Berharap anda tetap sehat & semangat dengan segala kelebihan kesehatan yang telah anda rasakan buat mampu menikmati wisata alam mendaki gunung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel