Cara Lengkap dan Mudah Sampai Ke Gunung Rinjani dari Lombok

Bagi yang senang mendaki gunung sudah sangat mengetahui indahnya Gunung Rinjani Lombok sebagai lokasi berikutnya untuk pertualangan. Pada artikel ini aku mencoba memberikan warta yang cukup komprehensif dimulai menurut angkutan umum menurut bandara Lombok buat hingga ke sembalun, porto yg akan dimuntahkan, transportasi terbaik yg digunakan berdasarkan bandara hingga ke Gunung Rinjani. Para backpacker lebih suka pertualangan ini dimulai menurut tempat tinggal hingga proses saat mendaki dimulai. Tidak usah berpanjang-panjang cerita yuk kita pribadi ke topik yang akan dibahas.

Pemandang Gunung Rinjani. Poto oleh: travelliatours.com

SEKILAS PENDAKIAN GUNUNG RINJANI.

Gunung Rinjani terletak di ketinggian 3.720 meter dpl adalah destinasi favorit bagi pendaki gunung lokal & internasional. Keindahan alamnya sudah teruji dengan beberapa spot terbaik pemotretan telah banyak diambil pada lokasi ini. Berlokasi pada Lombok Nusa Tenggara Barat.

Jalur pendakian terdapat tiga yaitu Sembalun, Timba Nuh, Torean, & Senaru. Rute jalur yg sangat disukai oleh pendaki adalah lewat Sembalun lantaran medannya nisbi tidak begitu sulit & nisbi gampang buat pendakian. Rute Sembalun ini anda akan berjalan di padang savana yang sangat latif. FYI, tetantu bila panas disiang hari sangat terik sekali. Apabila anda sampai sehabis siang cuaca tidak begitu terik. Untuk pos yg wajib dilewati sang para pendaki ada tiga pos, perhatikan persedian minum relatif selama bepergian agar anda nir dehidrasi selama pendakian.

Sebagian pengalaman yg telah dilakukan oleh pendaki merupakan pengalaman mereka jika sudah menemukan Danau Segara Anak. Cantik luar biasa yang bisa anda tempuh dalam pendakian Sembalun selama 8 jam atau Senaru selama 7 jam perjalanan. Di kurang lebih danau anda bisa melakukan aktifitas berkemah, mandi air hangat menggunakan belerang, dan memancing ikan. Sempatkan lakukan aktivitas ini bila pendakian Gunung Rinjani sudah dilakukan, jika anda memiliki saat yang cukup sanggup melakukan berkemah menggunakan para backpacker lainnya yg mampu anda bersosialiasi menggunakan mereka.

Tenda Kemah Pendaki Gunung Rinjani. Poto oleh: qimisummit.com

PERJALANAN DIMULAI.

Saya mengambil meeting point menurut DKI Jakarta menjadi lokasi awal yg banyak dipakai sebagai standar buat memulai bepergian. Di kota lain sanggup menyesuaikan menggunakan samanya rute bepergian menggunakan akhir pada Bandara Lombok dan Terminal Mandalika Lombok. Ada beberapa cara yg wajib anda pilih mana yang terbaik. Berikut pilihan yg sangat generik dilakukan.

1. Menggunakan Kereta Api.

Rute: Jakarta-Surabaya-Banyuwangi

Seorang backpacker akan memakai tansportasi publik ini buat sampai ke tujuan akhir. Biaya naik kereta barah dimulai dari kelas ekonomi harga per 15 Nov 2017 range harga IDR150.000 ke Surabaya Gubeng, kemudian estafet memakai kereta ke Stasiun Banyuwangi menggunakan harga IDR50.000 - IDR60.000.

Setelah sampai di Stasiun Banyuwangi anda harus berjalan kaki selama 15 mnt buat hingga ke Pelabuhan Ketapang untuk menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk Bali. Harga tiket yg wajib anda bayar untuk naik ferry penyeberangan ini IDR15.000 - IDR40.000 menggunakan lama perjalan sekitar 30 mnt. Setelah hingga pada Pelabuhan Gilimanuk wajib menggunakan bus umum menuju Padang Bai dengan harga tiket IDR50.000 dengan jadwal embarkasi sudah dimulai dalam pukuk 02:00 WITA. Estafet berdasarkan Padang Bai menuju ke Pelabuhan Lembar Lombok memakai kapal ferry penyeberangan menggunakan harga tiket IDR55.000 per orang dengan saat tempuk /- 4 jam. Di atas kapal ferry anda bisa melihat panorama laut yang latif terlihat beberapa pulau yang menyambut anda dalam pagi hari. Sampai di Pelabuhan Lembar Lombok estafet lagi menggunakan bus ke kota Mataram dengan porto IDR35.000.

MENUJU KE GUNUNG RINJANI.

Saat menuju ke Rinjani harus menempuh bepergian yg relatif panjang lagi. Ada dua cara lain jalan yg anda pakai yaitu lewat Sembalun atau Lewat Senaru. Perjalanan ini dari Terminal Mandalika. Sebaiknya anda memakai taxi atau carter kendaraan beroda empat buat hingga ke Sembalun sebagai base camp sebelum sampai ke Rinjani menggunakan tarif IDR450.000 dengan lama bepergian lebih kurang tiga jam. Jika anda masih keukeh menggunakan bus umum sanggup pula wajib estafet, pakai angkutan generik Jurusan Labuhan Lombok ke Aikmel dengan ongkos IDR20.000 kemudian lanjut menggunakan mobil pick-up ke Sembalun Lawang menggunakan ongkos IDR20.000 menggunakan masa tempuh lebih kurang 4 jam.

Rincian Biaya:

Jakarta Surabaya: IDR150.000

Surabaya-Banyuwangi: IDR60.000

Ke Pelabuhan Gilimanuk Bali: IDR40.000

Ke Padang Bai: IDR50.000

Ke Pelabuhan Lembar Lombok: IDR55.000

Ke Kota Mataram: IDR50.000

Travel ke Sembalun Base Camp: IDR450.000

dua. Bus Malam Jakarta tujuan Lombok.

Dari Jakarta sudah ada bus malam yang membawa penumpang hingga ke Lombok. Anda tidak perlu baper diperjalanan karena anda akan hingga ke lombok atau Terminal Mandalika Lombok untuk estafet ke Sembalun. Estafet informasinya bisa anda ikut pada point satu [Menuju ke Gunung Rinjani].

Tiga. Menggunan Pesawat Udara.

Mungkin cara ini yang sangat populer digunakan dengan pertimbangan masalah waktu dan kepraktisan untuk sampai ke Bandara Lombok. Rute ini bisa dari kota lain seperti Makassar, Surabaya dengan metode transit tetapi tujuan akhir ke Lombok. Setelah anda sampai di Bandara Lombok bisa anda menggunakan taksi atau mobil carteran untuk sampai ke Sembalun dengan biaya IDR550.000 - IDR700.000 dengan lama perjalanan +/- 2-3 jam. Tetapi harga ini harus bisa anda tawar hingga mendapat harga paling minimal. Bahkan ada rekan traveler lain bisa mendapatkan harga  IDR550.000. Tetapi jika anda ingin estafet untuk menuju ke base camp ini berikut penjelasannya.

1. Apabila anda ingin menggunakan taxi di bandara atau mobil carteran  ke Kopang Lombok tengah saja juga bisa dengan biaya IDR150.000 - IDR170.000, setelah itu estafet menggunakan bus umum jurusan Labuhan Lombok harus turun di Aikmel dengan ongkos IDR10.000 dan estafet lagi menggunakan pickup untuk sampai ke Sembalun lawang dengan ongkos IDR20.000. Total perjalanan ini selama 4 jam.

Dua. Anda pakai bus Damri tujuan Terminal Mandalika dengan ongkos IDR25.000. Kemudian lanjutkan menggunakan bus umum dengan tujuan Aikmel dengan porto IDR20.000. Estafet lagi memakai mobil pick-up ke Sembalun Lawang IDR20.000. Total usang bepergian sekitar lima jam.

Tips Untuk Anda Mendaki Gunung Rinjani Lombok.

1. Apabila anda ingin menggunakan kendaraan beroda empat carteran berdasarkan Bandara Lombok sebaiknya eksklusif ke pemilik kendaraan bukan kepada calo. Lantaran harga yg akan anda bayar jauh lebih murah. Caranya, selesainya anda sampai pada Bandara Lombok sebaiknya jangan terburu-buru langsung menaiki kendaraan beroda empat carteran ini, anda bisa duduk kalem sehingga nanti ada beberapa pemilik kendaraan beroda empat terlihat menunjukkan jasa mereka kepada anda. Nah saat inilah anda mampu melakukan perundingan harga pada mereka. Sebaiknya anda menaiki kendaraan beroda empat carteran sekelas avanza lantaran jalur perjalanan relatif sedikit menanjak serte relatif berkelok.

2. Khusus bagi anda yang memakai carteran mobil ingin membeli kebutuhan logistik selama mendaki Gunung Rinjani pada Pasar Aikmel Rute bepergian satu jalur. Sebaiknya anda istirahat makan disini sebelum hingga ke Sembalun. Cobalah hidangan tradisional ayam taliwang dan plecing kangkung supaya stamina anda sebelum hingga lokasi tetap prima.

Tiga. Setelah anda sampai di base camp Sembalun anda persiapkan segala kebutuhan mendaki sudah lengkap yang telah anda persiapkan di Aikmel tersebut, saatnya menuju ke base camp Babadotan buat melakukan registrasi dan membayar porto tiket masuk.

4. Registrasi sudah selesai & anda siap melakukan perjalanan ke Pos Gate pertama sebagai proses pendakian Gunung Rinjani via Sembalun dimulai. Lama perjalan lebih kurang 2-3 jam berjalan kaki buat menuju gate ini atau dengan sewa pick up IDR250.000 hanya /- 45 mnt. Jika anda rombongan dengan backpacker lainnya sanggup patungan harga ini sehinga porto yang anda keluarkan cukup murah.

5. Hal yg sangat penting buat diperhatikan adalah anda wajib membawa segala kebutuhan obat yg relatif serta perlengkapan mendaki sudah tersedia lengkap. Anda wajib memahami beberapa peraturan yg ditetapkan sang petugas di kkantor registrasi. Akhir tips yg krusial adalah menjaga kebersihan serta nir melakukan corat-coret di lokasi wisata alam Gunung Rinjani.

6. Mendaki Gunung Rinjani sebaiknya tidak dalam animo hujan atau adanya peraturan buat tidak boleh dilakukan pendakian. Sebaiknya anda lakukan wisata pendakian ini rombongan supaya bisa saling gotong-royong bersama dalam masa wisata ini.

Semoga artikel tulisan yg memuat aneka angkutan umum yang mampu anda gunakan dimulai menurut bandara Lombok, porto yang akan dimuntahkan, rute transportasi cukup lengkap sampai ke Rinjani yang bisa anda pertimbangkan sesuai menggunakan kebutuhan anda. Pilih mana yang paling sinkron dengan metode pendakian yg akan anda lakukan supaya ketepatan waktu bisa anda raih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel