Bagaimana Cara Panduan Lengkap Wisata Ke Kepulauan Derawan

Alternatif wisata laut lain jua terdapat di Kepulauan Derawan. Mungkin sebagian orang masih belum familiar namun lokasi ini sudah sebagai destinasi wisata yang perlu petunjuk cara pedoman lengkap buat pergi kesana baik secara pribadi atau estafet. Pesona ini bisa didapat menurut beberapa pulau yang termasuk dalam gugusan Pulau Derawan yg sudah bisa dianggap sebagai wisata bahari bawah laut menggunakan pesona tersendiri. Kenapa wajib ke kepulauan Derawan?. Berikut penjelasan lengkap wisata ke pulau terpilih buat wisata bahari bawah laut.

SEKILAS KEPUALAUAN DERAWAN.

Kepulauan Derawan terletak pada Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Pesona bawah laut yang populer menggunakan wisata laut yang disukai sang para penyelam menggunakan keindahan taman bawah bahari kelas dunia. Jika dilihat menurut administratif kota bahwa Kepulauan Derawan memiliki 3 kecamatan yaitu Pulau Derawan, Biduk Biduk, Maratua, dan Berau. Memiliki empat pulau yg primadona yaitu Derawan, Sangalaki, Kakaban, & Derawan.

Pulau ini mempunyai keunikan lain yang tersimpan sangat asri dan alami terdapat pada ekosistem pesisir yg tersebar pada beberapa pulau mini menggunakan pertumbuhan terumbu karang yang masih cukup baik, hutan bakau, dan padang lamin. Dengan ekosistem yg masih baik memiliki beberapa spesies fauna laut yg dilindungi misalnya penyu sisik, paus, penyu hijau, kima, duyung, lumba-luba, ikan barakuda, ketam kelapa, & lainnya.

BAGAIMANA CARA PANDUAN LENGKAP KE KEPULAUAN DERAWAN.

Khusus bagi anda yg sudah berada pada Kalimantan mampu eksklusif siap jalan menuju Pulau Derawan. Untuk perjalanan darat terdapat jalur jalan yg rusak, namun over all bila anda punya jiwa adventure mampu mencoba rute ini.

1. TRANSPORTASI DARAT.

Rute Perjalanan: Meeting Point pada Tanjung Redep menuju ke Pelabuhan Tanjung Batu menyeberang ke Pulau Derawan.

Apabila anda menggunakan perjalanan darat menurut Palangkaraya;Banjarmasin; atau Balikpapan wajib menuju ke Pelabuhan Tanjung Batu menjadi loka untuk menyeberang ke Pulau Derawan.

Saya merogoh sebagai contoh rute menurut Banjarmasin-Samarinda menggunakan bus dengan harga tiket IDR120.000 - IDR150.000 & Samarinda-Tanjung Redep memakai travel minibus IDR300.000 - IDR325.000. Estafet perjalanan berdasarkan Tanjung Redep menuju Pelabuhan Tanjung Batu dengan travel homogen mobil minibus IDR100.000 an.

Akhir rute yang anda nantikan yaitu menurut Pelabuhan Tanjung Batu-Pulau Derawan menggunakan speed boad IDR100.000.

Ringkasan:

Banjarmasin-Samarinda: IDR120.000 - IDR150.000

Samarinda-Tanjung Redep: IDR300.000 - IDR325.000

Tanjung Redep-Pelabuhan Tanjung Batu: IDR1000.000-an.

Pelabuhan Tanjung Batu-Pulau Drawan: IDR100.000

Note: Harga ini mampu saja ada perubahan tergantung dari harga pasar dalam waktu sekarang & kebijakan berdasarkan pihak terkait. Pelabuhan Batu Berau terdapat pada google map terdapat arsiran merah.

Dua. TRANSPORTASI UDARA.

Untuk hingga ke Pulau Derawan terdapat dua cara sebagai meeting pointnya yaitu lewat Bandara Kalimarau Berau & Tarakan. Setiap tujuan ini mempunyai keunggulan masing-masing, bila anda lewat Tarakan banyak sekali penerbangan menuju kesana & harga relatif kompetitif, sedangkan anda ke Berau terbatas jadi harganya relatif lebih mahal berdasarkan Tarakan. Kelemahannya merupakan bila anda mengabil rute Tarakan tidak terdapat speed boat yang tersedia buat hingga ke pulau harus anda sewa sendiri, apabila anda rombongan jumlahnya poly jauh lebih murah. Jika anda sendiri porto yg anda keluarkan jauh lebih mahal sekali. Apabila anda menentukan Berau sebagai meeting point wajib menuju ke Pelabuhan Tanjung Batu menggunakan travel yg relatif poly tersedia & cocok sekali bagi anda traveling sendiri, tidak menutup kemungkinan anda yg membawa rombongan jua silahkan menempuh rute misalnya ini.

Note: Untuk maskapai penerbangan sanggup bebas pilih sinkron menggunakan ketenangan & anggaran liburan yg anda persiapkan. Penerbangan ini telah sanggup anda eksklusif cek ke provider tiket favorit anda buat mengetahui jadwal, nama pesawat, & jam embarkasi.

PENGINAPAN HOTEL DI KEPULAUAN DERAWAN.

Dengan tinggi musim turis yang ingin berwisata ke Kepulauan Derawan maka kini telah poly muncul beberapa loka penginapan hotel mulai berdasarkan guess house atau home stay sesuai dengan impian & budget anda. Range harga dimulai menurut IDR100.000 hingga menggunakan jutaan tergantung tingkat kenyamanan dan service pelayanan hotel selama anda berlibur dipulau ini.

Jika anda memiliki ketika yg cukup poly untuk berlibur pada Kepulauan Derawan dengan mencoba menginap di Maratua. Mayoritas home stay disini dikelola sang penduduk lokal dan harganya lebih mahal berdasarkan Pulau Derawan. Apabila anda ingin mencoba stay pada resort populer di Maratua menggunakan range harga IDR600.000-an - IDR990.000-an per malam. Pulau lain seperti Sangalaki & Nabucco juga ada resort dengan mata uang USD per hari nya bila anda ingin mencoba menginap disini.

KEGIATAN WISATA DI KEPULAUAN DERAWAN.

Wisata bahari dan bawah laut adalah tema liburannya. Kegiatan seperti  ini banyak sekali anda temukan di sini seperti di Pulau Kakaban, Maratua, Bakungan, Nabucco, dan Pulau Derawan. Wisata pantai yang pasti disukai oleh turis dengan keindahan lautnya diiringi dengan beberapa kegiatan lain seperti diving, snorkeling, berenang, bahkan melihat beberapa spesies hewan laut yang ada di kepulauan ini.

Banyak sekali penyewaan alat yang mampu anda gunakan buat menikmati seluruh aktivitas bawah bahari ini dengan tarif yang cukup terjangkau dengan dilengkapi dive center sebagai loka warta & alat krusial buat menyelam, dsb.

Salah Satu Spot Diving di Kepulauan Derawan. Poto oleh: paradizhop.blogspot.com
Pemandangan Wisata Bahari di Pulau Derawan. Poto oleh: ngulon.com
Salah satu spot pantai terbaik di Kepulauan Derawan. Poto oleh: kampoengue.blogspot.co.id

PENYEWAAN SPEED BOAT.

Untuk berkeliling di kepualauan anda harus menggunakan speed boat, apabila di darat anda bisa berjalan kaki yang tidak jauh coverage luasnya. Tidak ada kapal atau speed boad umum reguler yang tersedia terpaksa anda harus menyewa sendiri atau rombongan sesama backpacker.  Kapasitas penumpang untuk sebuah boat untuk berkeliling antara 3-4 orang untuk satu hari cateran dengan harga IDR 2jt - IDR 2,5jt, jika lebih dari ini harus membayar lebih mahal lagi antara 6-12 penumpang per boat.

MENDAPAT HARGA TERMURAH?

Anda bisa menerima cara seorang backpacker buat membayar menggunakan harga yang sinkron menggunakan kocek kantong kalian. Anda mampu patungan menggunakan backpacker lainnya yg sudah poly menyediakan open trip buat mengelilingi Kepulauan Derawan menggunakan harga yang sangat terjangkau. Cara ini dapat anda lakukan buat mendapatkan harga backpacker. Biasanya mereka akan menyediakan waktu eksklusif dan telah relatif minimal open trip ini.

TIPS.

Untuk tiba berlibur wisata bahari dan global bawah laut seperti ini memang harus menyediakan biaya yg relatif relatif banyak. Yang menjadi mahal merupakan biaya transportasi berdasarkan pulau sampai ke darat PP. Lantaran infrastrukturnya cukup terpencil dan butuh pengorbanan saat dan biaya yang cukup poly untuk sampai ke lokasi. Jika anda ingin menyempatkan diri untuk berlibur di gugusan pulau Derawan ini usahakan rombongan namun konsepnya bayar masing-masing buat berhemat biaya tersebut. Sharing biaya dan penginapan pula mampu dilakukan buat membuahkan porto mahal menjadi jauh lebih murah.

HAL PENTING MENJADI PERHATIAN.

Saya selalu menghimbau buat semua traveler yang mengunjungi wisata apapun bentuknya selalu menjaga kebersihan dan jangan lakukan corat-coret apapun bentuknya baik di darat ataupun pada dunia bawah bahari. Untuk liburan yang poly berada di alam wajib memiliki fisik yang kuat, sehat, berjiwa adventure tinggi. Siapkan beberapa macam obat pribadi penting seperti suplemen, sun blok, ataupun obat lainnya buat membuat stamina tubuh permanen terjaga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel