Wisata Kota Tua Jakarta Indonesia

Kota tua di Jakarta nir akan lekang menggunakan saat. Wisata kota tua Jakarta akan selalu ada & sebagai sejarah terbentuknya mak kota negara ini. Dari sini kita mampu belajar sejarah yang masih sangat baik kondisinya serta sebagai magnet destinasi wisata pada utara dan barat Jakarta. Arsitektur gedung kuno yg masih dapat disejajarkan menggunakan gedung bertingkat, loka nongkrong anak muda, atau hanya menghabiskan ketika liburan bersama famili tercinta. Wisata kota tua Jakarta telah masuk kedalam rencana dunia karena perjalanan kota ini sangat unik untuk diikuti. Jalur perdagangan dimasa lalu terwujud dengan adanya gedung Pemerintahan, dan gudang penyimpanan. Begitu bergairahnya Jakarta tempo dulu dengan aneka macam aktivitas termasuk bongkar muat serta transportasi barang. Konektifitas secara holistik terhubung dengan pelabuhan Sunda Kelapa dan jalur kereta barah di stasiun kota.

Menuju kota tua Jakarta sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan bus Trans-Jakarta dengan destinasi akhir stasiun kota, & menggunakan commuter-line dengan tujuan akhir yg sama. Hanya berjalan kaki selama 10 mnt anda telah menemukan kota tua yang saling berdekatan lokasinya.

Jika anda berada pada ibukota Jakarta sempatkan menikmati objek wisata kota tua ini & aneka ragam pernak-pernik yg tersedia disekitarnya. Inilah objek wisata itu yg saya maksud.

1. Museum Fatahilah.

Http://bandung.Jacktour.Com/

Museum ini merupakan objek wisata yg sudah sangat familiar sekali. Lokasinya sangat gampang ditemui dan termasuk pada wisata kota tua Jakarta. Perjalanan sejarah gedung ini turut sebagai saksi usaha bangsa Indonesia meraih kemerdekaan. Awalnya nama gedung ini merupakan Museum Batavia. Pada zaman kolonial Belanda digunakan menjadi Balai Kota, loka pengadilan, dan Penjara dibawah tanah. Didalam museum masih tersimpan peninggalan Belanda yg terpajang dilemari dan dipajang.

Museum Fatahilah terdiri dari tiga lantai.

A. Lantai Pertama.

Pada lantai ini tersimpan beraneka ragan peninggalan Kolonial Belanda atau VOC. Semua peninggalan ini ditemukan sang para arkeolog misalnya patung, kerajinan keramik prasasti - gerabah. Kerajinan penduduk asli Betawi jua bisa ditemukan pada lantai ini.

B. Lantai Kedua.

Dilokasi ini anda bisa melihat furniture yg digunakan oleh Belanda misalnya tempat tidur. Disudut lain anda pula dapat melihat lukisan & arsitektur gedung yang sangat kental dengan perbedaan makna kolonial menggunakan berukuran yg relatif akbar yg menghadap ke alun-alun. Posisi menghadap digunakan sang petinggi Belanda menggunakan melihat secara langsung hukuman yang diberikan pada tahanan yaitu sanksi mati ditengah alun-alun ini.

C. Lantai Bawah Tanah.

Pada lokasi inilah seluruh tahanan ditempatkan. Tahanan yg membangkang kepada Belanda & berusaha melawan kekuasan mereka di zaman itu. Kondisi tahanan masih bisa terlihat menggunakan syarat lima buah ruangan sempit dan pengam ditambah dengan bandul besi yang terdapat dalam ruangan tersebut. Bandul ini dipakai dikedua kaki tahanan.

Tiket masuk : IDR 2000

Hari operasional : Selasa - Minggu

Jam operasional : 09:00 - 15:00

Alamat : Jl Fatahlah No 1. Jakarta Kota. Jakarta Barat 11110

dua. Museum Bank Indonesia.

Http://bayuwinata.Wordpress.Com/

Sebelum menjadi Museum Bank Indonesia gedung ini berfungsi sebagai Binnel Hospital. Berjalannya saat berubah menjadi De Javasche Bank. Proses peralihan ini terjadi pada tahun 1828. Gedung inilah cikal bakal Bank Indonesia. Pada tahun 1962 Bank Indonesia menempati gedung baru yang sudah dibangun sebagai representatif gedung di daerah Thamrin. Sampai kini gedung ini berubah sebagai Museum yg dikelola oleh Bank Indonesia dengan membuat diorama ataupun pajangan perkembangan uang yang tersebar di Republik Indonesia.

Harga Tiket : Gratis.

Hari Operasional : Senin - Minggu.

Waktu Operasional : Selasa - Kamis 08:30 - 14:30 Jum'at 08:30 - 11:00 Sabtu - Minggu 09:00 - 16:00

Alamat : Jl Pintu Besar Utara No 3. Jakarta Barat 11110.

Tiga. Museum Seni Rupa - Keramik.

Http://rizalfahmiizain.Blogspot.Com/

Spot yg harus & wajib datang ke wisata kota tua pada Jakarta. Museum seni rupa - keramik ini mempunyai poly koleksi lukisan & jenis keramis yg terpajang disetiap sudut museum. Jumlah lukisan sebesar 350 butir & 1.350 keramik berdasarkan banyak sekali asal seperti Eropa, Asia, & Indonesia. Jika anda belum mahir menciptakan keramik, pada museum jua terdapat kelas bagaimana cara mengolahnya.

Jenis keramik yg tertua ada pada zaman Majapahit antik sekitar abad 14. Mempunyai nilai sejarah yg tinggi menggunakan bentuk dan keindahan buat sebuat keramik antik.

Tentu lokasi museum ini banyak dikunjungi sang beraneka-ragam latar belakang termasuk para pelajar yang sedang menilik bagaimana cara menciptakan keramik yg baik mulai menurut proses pemilihan bahan, pemijitan, dan proses cetak pada waktu roda berputar. Untuk membuat syarat keramik bertahan usang anda jangan kawatir, pihak museum jua mengajarkan proses pembakaran yang baik dan sahih. Pihak museum juga mempunyai panggang besar buat mendukung proses pembakaran tadi.

Harga Tiket : IDR 2000 Dewasa, IDR 1000 Mahasiswa, IDR 600 Pelajar & Anak-anak.

Hari Operasional : Selasa - Minggu 09:00 - 15:00, Senin dan Hari libur nasional Tutup.

Alamat : Taman Fatahilah, Jl Pos Kota No dua, Jakarta Barat.

4. Museum Wayang.

Http://travelerien.Com/

Museum ini mempunyai beberapa koleksi yg terbaik di pulau Jawa dan beberapa negara didunia seperti China, Cambodia, India, Eropa, & Vietnam. Gedung ini dibangun pada tahun 1912. Untuk pertunjukan wajah digelar pada hari minggu jan 10:00 pagi.

Jenis wayang yang ada pada wisata kota tua pada Jakarta ini terdiri berdasarkan kulit atau kayu. Karena letaknya sangat strategis di sentra kota tentu tidak sulit menemukan gedung ini.

Sejarah Museum Wayang pada zaman kolonial Belanda dipakai sebagai gereja dalam tahun 1640. Terjadinya revitalisasi gedung makan dalam tahun 1839 digunakan sebagai Museum Batavia yg telah diresmikan sang Gubernur Jenderal Belanda. Setelah tahun 1975 gedung ini dirubah menjadi Museum Wayang oleh Pemerintah.

Koleksi museum wayang relatif poly jenisnya sekitar 5.000 koleksi seperti wayang rumput, wayang beber, wayang golek, wayang kardus, & lainnya. Pihak museum pula bisa dicermati bagaimana pembuatan wayang dan pagelaran karawitan seperti wayang kulit betawi atay wayang kulit Purwa. Tentu anda dapat membawa cenderamata wayang yg tersedia dicounter yang sudah disiapkan oleh pengelola.

Harga Tiket : IDR 5000 Dewasa, IDR 3750 Mahasiswa, IDR 2250 Anak-anak atau Pelajar

Jam Operasional : Selasa - Minggu 09:00 - 15:00

Alamat : Jl Pintu Besar No 27. Jakarta Barat.

5. Pelabuhan Sunda Kelapa.

Http://panoramio.Com/

Tempat wisata kota tua di Jakarta ada pada Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan yg sangat penting bagi perkembangan kota Jakarta yang menjadi loka strategis bongkar buat barang dimasanya. Pelabuhan ini telah berdiri pada abad ke lima. Sampai kini masih digunakan tetapi masih dalam skala terbatas pada wilayah Indonesia.

Menuju ke tempat wisata ini anda wajib memutar arah dengan memakai Trans-Jakarta jurusan Tanjung Priok & menuju ke Pelabuhan Sunda Kelapa.

Harga Tiket : IDR 2500 , Parkir IDR 4000

Jam Operasional : Senin - Minggu 24-Jam

Alamat : Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.

6. Toko Merah.

Http://cbnex.Com/

Anda jua wajib menyempatkan diri buat berkunjung ke Toko Merah ini. Dibangun dalam tahun 1730 sang Gustaaf Willem Baron Van Inhoff dengan luas 2.741 m2. Kenapa Toko Merah?. Sesuai dengan fungsinya diiliki oleh masyarakat Cina yaitu Oey Liauw Kong dalam abad ke 19 dengan waktu yang relatif lama . Warna merah hati pula tampak pada tempok dan interior gedung.

Pada zaman Van Imhoff, gedung ini pula menjadi loka kediaman beberapa Gubernur Jenderal misalnya Jacob Mossel (1750 - 1761), Petrus Albertus Van der Parra (1761 - 1775), Reinier de Klerk (1777 - 1780), serta lainnya.

Antara tahun 1743 - 1755 dijadikan kampur angkatan bahari (Acad?Mie de Marine) , 1786 - 1808 sebagai hotel pejabat (Heerenlogement), & dalam tahun 1809 - 1813 holistik bangunan dijadikan loka tinggal oleh Anthony Nacare. Setelah itu 1813 - 1851 kepemilkan gedung dimiliki oleh Oey Liauw Kong yang berfungsi menjadi taka.

Pada tahun 1920 dibeli kembali plej NV Nouw Maatschappij serta diperbaiki oleh Bank Voor Indie sampai tahun 1925. Menjadi Biro dan Kantor Dagang ; De Semarangse Zee en Brandassuransi Mij, Algemene Landbouws Syndicaat, dan dan WM Muller. & Co. Antara tahun 1934 - 1942 ditempati oleh perusahaan besar Belanda N.V. Jacobson vanl den Berg.

Perubahan terus berlanjut yang pada akhirnya menjadi cagar budaya dan function-hall untuk tempat konfrensi dan pameran pada tahun 2012.

Alamat : Jl Kali Besar Barat No 11. Jakarta barat.

7. Museum Bank Mandiri.

http://triptrus.com/

Museum ini berdiri pada tahun 1998 mempunyai luar 10,039 m2. Sebelumnya gedung ini digunakan oleh Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM), perusahaan dagang yang dimiliki oleh kolonial Belanda dan berkembang ke bidang perbankan.

Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) pada tahun 1960 dinasionalisakan dan salah satu gedung Koperasi Tani dan Nelayan untuk ekspor-impor. Maka pada tahun 1968 terbentuklah Bank Exim dan melebur menjadi Bank Mandiri pada tahun 1999.

Koleksi museum sangat menarik termasuk aktifitas perbankan tempo dulu termasuk surat berharga, mata uang kuno, safe deposit box, dan aneka surat berharga. Ornamenya masih tetap terjaga dan keasliannya pada waktu pertama didirikan.

Jam Operasional : Selasa - Minggu {09:00 -16:00}. Senin dan hari libur nasional tutup.

Harga Tiket : IDR 2000 {Dewas} IDR 1000 {Grup}

Alamat : Lapangan stasiun No 1. Jakarta Barat.

Tips.

1. Wisata kota tua di Jakarta sangat strategis dan mudah ditemukan. Transportasi umum yang dekat dengan wisata ini adalah Trans-Jakarta serta Commuter-Line.

2. Anda tidak perlu banyak mengeluarkan biaya banyak untuk menikmati wisata tua ini. Masih terjangkau dengan anggaran liburan murah anda bersama keluarga.

3. Jangan lupa membawa camera untuk melakukan aksi potografi anda, termasuk selfie, welfie, dan video. Share ke sosial media yang anda punya supaya rekan sahabat dan keluarga lainnya mengetahui indahnya berwisata seperti ini.

4. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya. Menjaga kebersihan anda turun membantu merawat kebersihan disekitar wisata kota tua.

5. Jika anda seorang muslim jangan lupa menunaikan sholat fardu. Disekitar tempat wisata tersedia mesjid untuk menunaikan ibadah sholat seperti didekat gedung Bank BNI stasiun kota.