Tata Cara Lengkap Mendaki Pendakian Gunung Agung Bali Indonesia

Pesona mendaki Gunung Agung atau Mount Agung Bali sebagai hobi yang nir bisa terpisahkan sang pecinta alam butuh liputan yg lengkap pendakian treking daki sebagai pedoman awal buat melaksanakan ekspedisi ini serta perjalanan transportasi komprehensif buat hingga ke lokasi wajib dimiliki kini pula. Rekomendasi menurut para mentor pendaki sudah banyak disampaikan tetapi masih terpisah-pisah dan harus menyatu pada satu tulisan. Keindahan pesona alam Gunung Agung Bali nir bisa ditawar lagi karena sudah menerima hati para pecinta wisata alam menguji kekentalan adrenalin pendaki pada seluruh global. Posisi Pulau Bali yg sangat gampang terkoneksi oleh semua jalur pesawat udara lokal dan internasional menjadi loka berlabuhnya hasrat para pemuda petualangan buat menaklukan tantangan yang akan mereka hadapi selama treking di Gunung Agung.

Gunung Agung Bali. Poto sang: balikami.Com

Puncak Tertinggi Gunung Agung Bali. Poto sang: balijungletrekking.Com

SEKILAS GUNUNG AGUNG BALI INDONESIA.

Mount Agung atau Gunung Agung sudah mempengaruhi para pecinta alam dunia yang akan singgah buat melengkapi wisata tantangan yang terdapat di Pulau Bali. Eksotis & indahnya mengema ke semua dunia sebagai wisata laternatif lain yg ada di pulau ini. Gunung yang masih aktif ini termasuk pada stratovolcano adalah gunung tertinggi pada Bali. Dengan ketinggian 3.142 meter dpl ini sangat mendominasi yg relatif kental menggunakan daerah sekitarnya & jua bisa menghipnotis cuaca terutama siklus hujan. Apabila anda hingga pada puncak menggunakan cuaca yang bersahabat maka anda akan mampu melihat zenit Gunung Rinjani Lombok pada sebelah timur walaupun banyak terselimuti kabut. Penduduk lokal Bali percaya bahwa Gunung Agung atau Mount Agung adalah kembaran berdasarkan Gunung Meru yg sudah populer pada seluruh global. Erupsi terakhir terjadi pada tahun 2017 yg menyebabkan perubahan cuaca dengan muntahan perut bumi pada saat itu [Wikipedia].

BAGAIMANA CARA KE GUNUNG AGUNG BALI.

Saya merogoh rute berdasarkan kota Jakarta menjadi langkah awal yang banyak dipakai sebagai dasar sebuah perjalanan. Berikut cara ke sana menggunakan berbagai moda transportasi. Menurut aku inilah cara yang paling mudah & nir begitu merepotkan selama pada perjalanan.

1. BUS MALAM.

Anda mampu menggunakan bus malam yang ada pada Jakarta menggunakan naik di Pulo Gebang Bekasi. Jenis bus yang relatif nyaman dinaiki dan berbagai merek misalnya Lorena, Pahala Kencana, Safari Dharma Raya, Kramat Djati dengan tarif dimulai menurut IDR400.000 buat kelas eksekutif. Anda mampu sesuaikan kelas yg akan dinaiki sesuai dengan kesempatan pada saat keberangkatan.

Dua. PESAWAT UDARA.

Keberangkatan menurut Jakarta Soekarno Hatta ke Denpasar Bali cukup banyak dimulai berdasarkan LCC [Low Cost Carrier] hingga full service. Harga tiket dimulai menurut IDR400.000 menggunakan penerbangan eksklusif.

Sebaiknya anda melakukan pendakian ini rombongan supaya biaya transportasi menurut Denpasar Bali menuju ke salah satu rute yang akan anda pilih sanggup berhemat tenaga anda buat ekspedisi pendakian Gunung Agung Bali. Untuk rental kendaraan beroda empat anda mampu pakai beberapa jasa penyedia kendaraan beroda empat pada bali atau salah kenalan anda untuk menerima harga yang kompetitif.

RUTE DAKI DAN SYARAT UNTUK PENDAKIAN GUNUNG AGUNG BALI.

Perjalanan menurut Denpasar menuju ke objek Gunung Agung membutuhkan waktu selama /- dua jam bepergian dengan tunggangan. Jalur yang akan anda lewati merupakan Desa Setiabudi Selat di Kabupaten Karangasem. Jika dilihat berdasarkan treking jalan berada pada lereng yg terletak di selatan.

Ada beberapa cara rute awal untuk melangkah ekspedisi pendakian Gunung Agung ini adalah Pura Pasar Agung atau Pura Besakih. Namun yg poly direkomendasikan sang pendaki merupakan di Pura Besakih lantaran rute ini sanggup menuju ke zenit gunung tertinggi. Kalau rute Pura Pasar Agung tidak bisa hingga ke klimaks. Jadi anda sebaiknya melalui rute yang poly dilakukan oleh pendaki yaitu pada Pura Besakih. Lantaran Gunung ini merupakan tempat yang disucikan oleh Hindu Bali maka anda wajib menggunakan jasa pemandu atau guide buat melakukan ekspedisi pendakian ini. Jadi buat menghormati tempat mereka dijadikan tempat jalur daki para pencinta alam maka penduduk lokal mengharuskan seluruh para pendaki mengikuti peraturan yg sudah mereka memutuskan. Untuk antisipasi hal yang dikhawatirkan oleh para petinggi kepercayaan setempat jadi mereka wajib selalu memantau semua aktifitas masuk keluar pengunjung termasuk para pendaki gunug.

Tidak sepanjang tahun pendakian Gunung Agung Bali dibuka buat umum, ada saat eksklusif nir sanggup melakukan ekspedisi bahkan ditutup total buat kegiatan agama mereka. Pura Besakih yg terletak paling pada tinggi di Bali ini yaitu pada Gunung Agung, jadi pura yang ada di bali harus berada letaknya di bawah Pura Besakih. FYI, Gunung Agung Bali jua ada sumber mata air. Mata air ini disucikan oleh rakyat lokal Hindu Bali, mereka merogoh mata air ini wajib melakukan ritual Hindu dulu baru mata air ini boleh pada ambil sang mereka. Untuk logistik anda wajib memperhatikan bahwa logistik kuliner yang asal berdasarkan daging sapi tidak diizinkan buat dibawa ke puncak gunung.

Perjalanan daki dan pendakian pada Gunung Agung Bali usahakan dilakukan dalam animo kemarau lantaran jalur ekspedisi relatif nyaman dilewati. Berbeda dengan musin hujan syarat jalur pendakian yang masih banyak bebatuan ini akan terasa licin & membahayakan. Perlu diingatkan sekali lagi bahwa pendakian ini tidak bisa anda lakukan dalam waktu adanya upacara keagamaan besakih, jalur pendakikan ditutup total. Perhatikan jadwalnya supaya pendakian supaya bisa terealisasi sinkron dengan ketika kesempatan dalam waktu itu.

Lama perjalanan pendakian ini memakan waktu kurang lebih 8-10 jam tergantung dari kecepatan langkah. Ada dua perbedaan rute masuk yang perlu saya sebutkan tadi ketahui yaitu dari Pura Besakih & Pura Pasar Agung. Apabila anda melalui Pura Besakih tentu anda mengingkan ke zenit tertinggi yang dinamakan Puncak 1 menggunakan ketinggian tiga.030 meter dpl dan terakhir menurut rute Pura Pasar Agung hanya sampai 2.000 meter dpl saja hanya sampai dalam bibir kawah. Apabila anda ingin mengingkinkan ekspedisi ini lebih menarik sebaiknya anda memakai rute Pura Besakih.

Pendakian Gunung Agung kebanyakan melihat sunrise pada pagi hari yg dimulai dalam menjelang tengah malam. Dengan memakai seorang pemandu menggunakan biaya IDR300.000 per orang umumnya sudah termasuk sarapan, treking pole, dan senter. Sebelum anda melakukan pendakian Gunung Agung Bali mempunyai treking yg selalu menanjak hampir 95%. Pastikan fisik & kondisi kaki anda selalu stabil selama ekspedisi pendakian ini. Dapat dikatakan rute pendakian ini selalu menanjak bahkan butuh fisik yg sangat prima buat melakukan ekspedisi daki gunung di Bali. Apabila mendekati zenit jalur semakin sempit, kiri & kanan sudah jurang. Pendakian ke puncak sangat berbatu jadi harus fokus & setiap langkah yang akan anda pijak, apabila melengah akibatnya bisa fatal.

Ada 3 pos yg wajib anda lalui, bila dihitung berdasarkan saat jeda antara satu pos dengan yang lainnya antara 1,lima jam hingga dengan 2 jam. Dengan tanjakan yg tiada henti terdapat tanjakan daki yang cukup terjal dipasang tali pegangan supaya pendaki tetap kokoh dalam melangkah. Pendakian sebenarnya sanggup pada siang hari dan malam hari tergantung menurut keinginan pendaki. Waktu ini bisa anda sesuaikan keinginan rombongan, setiap ketika mempunyai keunikan sendiri.

Memang buat melihat keindahan Gunung Agung ini sebaiknya pada pagi hari menggunakan melihat sunrise di horizon. Keindahan & momen ini bisa melihat semua daratan menggunakan awan yang menyelimuti pagi. Total lama perjalanan yang sudah anda lakukan sebanding menggunakan keindahan yang akan anda raih di atas puncak lebih kurang 7 jam. Jika dipandang berdasarkan masing-masing tempat pijakan terdapat lebih kurang 3 tempat ketinggian di Gunung Agung ini. Nah anda bisa menelusuri ketiga lokasi ini tergantung spot mana yang akan anda ingin gapai menggunakan pemandangan puncak gunun yg akan anda kangenin bila telah mencicipi betapa rasa mendaki gunung ini akan terulang balik sehabis anda sampai pada penurunan. Jika anda memiliki phobia ketinggian harus dihindari.

PERATURAN PENDAKIAN GUNUNG AGUNG BALI.

Ada hal yg perlu anda ketahui sebelum melakukan pendakian ini, peraturan ini berlaku mutlak karena sudah ditetapkan oleh pemuka kepercayaan pada sana. Peraturan ini sebenarnya buat menghargai umat beragama yang seharusnya dipahami dan dimengerti. Berikut peraturan yg sebenarnya menjadi perhatian seluruh pengunjung.

1. Harus menjaga kebersihan selama berada pada Gunung Agung, karena ini lokasi tempat ibadah kepercayaan Hindu Bali yg wajib dipahami.

Dua Tidak boleh membawa logistik kuliner yang mengandung daging sapi, karena bertentangan menggunakan kaidah agama mereka.

Tiga. Di Gunung Agung terdapat mata air yang nir boleh diambil sembarangan lantaran wajib sepengetahuan petugas pemandu wisata tadi.

4. Flora dan hewan yang terdapat pada lingkungan Gunung Agung tidak boleh dirusak bahkan melakukan hal yg memperburuk syarat kelangsungan hidup.

Lima. Untuk perempuan yang tiba bulan tidak boleh memasuki lokasi dan mendaki gunung.

6. Jaga seluruh kesopanan baik dalam lisan & pakaian.

Sebagai epilog tulisan ini, bila anda tidak sangup buat melakukan treking berdasarkan Pura Besakih yg membutuhkan fisik yang super prima anda bisa mencoba treking menurut Pura Pasar Agung. Trekingnya relatif nir terlalu curam dan jika anda newbie sanggup mencoba treking ini buat mengasah tegap kaki. Untuk perlengkapan yg harus anda persiapkan merupakan sepatu khusus buat mendaki gunung, air mineral /- 3 liter per orang, tongkat, & perlengkapan langsung lainnya. Ingat, pada Gunung Agung tidak terdapat pendirian tenda, jadi anda hanya sanggup melakukan pendakian buat melihat sunrise, dan pemandangan alam pada puncak summit.