Taruko Café Resto Bukittinggi Sumatera Barat

Taruko Café Resto adalah sebuah Café dengan alamat di Jl Tabiang Takurung Desa Lembah Ngarai Sianok Bukittinggi tepatnya di Sianok Anam Suku. Posisi Taruko Café Resto di dasar lembah yang berhadapan langsung dengan tebing Ngarai Sianok membuat anda lupa betapa indahnya lokasi ini untuk bersantai melepas lelah setelah anda berkunjung ke pusat wisata lainnya di kota Bukittinggi.

Taruko Café Resto Bukittinggi Sumatera Barat Indonesia. Photo oleh Benny - b.yavr11 on Instagram

Arti taruko sendiri sebuah konsep baru untuk memulai sesuatu. Dengan dasar inilah konsep café dan resto dibuat untuk semua pengunjung dengan ornamen rumah utama adat Minangkabau bagonjong sebagai tempat kongkow dengan ukuran yang cukup besar, serta rumah bagonjong kecil didekat sungai yang sangat indah sekali jika menikmati suasa angin lembah yang sejuk.

Sejarah awal lokasi ini dulunya hutan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga pemiliknya bernama Irfan Sukri mengusung konsep alam menyatu dengan sebuah Café yang terintegrasi dengan rumah adat bagonjong. Berlokasi di Tabiang Takuruang karena di lokasi Taruko Café Resto ini hanya ada satu tebing kokoh berdisi dikelilingi banyak tebing disekitarnya. Lokasi Taruko Café melewati jalan kecil berkerikil belum diaspal tapi semua jenis kendaraan roda dua dan roda empat bisa melewatinya.

Taruko Cafe Resto Bukittinggi. Poto oleh http://keeyosk.blogspot.com/

Bagaimana cara ke Taruko Café Resto.

Apabila anda dari kota Bukittinggi menuju lokasi menggunakan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat menuju ke Ngarai Sianok. Tepatnya cafe berdiri sekitar 400-500 m dari persimpangan kecil yang ada papan penunjuk dan anda ikuti saja sampai ke lokasi Café. Jika menggunakan kendaraan umum dengan tujuan Jambak - Koto Baru - Bukittinggi. Waktu tempuh dari kota Bukittinggi sekitar 20-30 menit. Tetapi pada saat sekarang ini sudah ada ojek online yang telah beroperasi di kota Bukittinggi anda juga bisa menggunakannya.

Menu yang tersedia di Taruko Café Resto.

Bebagai macam makanan dan minuman juga tersedia didalam café. Range harga mulai dari IDR 10.000 untuk minuman dan IDR 18.000 untuk makanan. Lokasi duduk dapat anda pilih di gedung utama bagonjong dengan luas-lega atau bangunan kecil bawah di dekat sungai. Untuk kedua lokasi ini sangat disukai oleh wisatawan dengan pemandangan alam yang masih alami dengan sebuang tabiang [tebing] dan aliran sungat yang tepat berada di depan cafe. Jika anda berada di rankiang di bawah bisa langsung menikmati sejuknya air.

Lokasi ini cukup terkenal dengan keindahan alam yang tidak akan pernah anda lupakan. Tempat yang sangat berbeda ini ada sebuah Café berdiri yang terletak didasar lembah dikelilingi oleh bukit yang hijau dan air sungai mengalir disampingnya. Taruko Café Resto ini sudah menjadi destinasi wajib untuk melepaskan kangen suasana kampung dengan tema café membuat pembendaharaan poto selfie anda menjadi lengkap untuk wisata lain di kota Bukittinggi.

Tips untuk mengunjungi Taruko Café Resto sebaiknya tidak pada weekend, liburan anak sekolah, dan libur nasional. Sangat banyak sekali pengunjung yang datang dan anda akan wajib menunggu setelah lokasi tempat duduk kosong dan giliran anda akan menempatinya. Tetapi tidak juga demikian, karena situasi ini akan selalu berubah apabila ada acara khusus dari event organizer yang menggunakan lokasi ini sebagai tempat berkumpul hang out akan di reserve beberapa waktu khusus buat mereka. Jadi pastikan waktu anda ke tempat nongkrong yang sangat alami ini tidak ada rintangan apapun pada saat akan datang.

Alam dengan Taruko Cafe sangat sempurna perpaduanya, ditambah dengan hembusan angin lembah menyingkap rambut membuat nongkrong jadi tambah asik. Anda bisa memilih di rumah gadang bagonjong atau di rankiang mini posisinya tidak jauh dari rumah panggung. Banyak sekali rekomendasi dari para pengunjung yang memberikan komentar yang positif terhadap Taruko Cafe Resto ini, apalagi pada pintu masuk sudah terlihat beberapa rumah bagonjong yang sepertinya masih bisa disewa apabila anda ingin menikmati suasana alam di Tabiang Takurung Desa Lembah Ngarai Sianok Bukittinggi tepatnya di Sianok Anam Suku. Anda dapat menghubungi pengelola apakah rumah ini masih bisa disewa untuk beberapa malam.

Untuk anda yang ingin membawa keluarga bisa menikmati hidangan di rumah bagonjong yang agak besar dengan pandangan lepas yang ditemani oleh makanan yang tersedia di cafe ini. Jika anda telat datang setelah siang banyak sekali menu yang sudah cepat laris manis alias sold out. Walaupun tidak tersedia hanya tersedia minuman hangat kopi saja tidak akan menjadi masalah, inilah tempat yang sangat alami sekali untuk melihat keindahan alam yang masih terjaga sampai sekarang,

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menginjakan kaki di aliran sungai yang sangat sejuk di ujung sana, rasakan kealamian lokasi ini dengan aliran sungat yang sangat bersahabat untuk anda dan keluarga sehingga nongkrong lebih asik dan tidak akan terlupakan pada saat berlibur di kota Bukittinggi. Fasilitas rest room atau toilet juga tersedia oleh pengelola lokasinya tepat di bawah rumah bagonjong ukuran besar.

TIPS: pada hari libur akhir pekan atau libur sekolah memang tempat ini disenangi oleh traveler dan penduduk lokal yang membawa keluarga sebagai tempat untuk berkumpul dan menikmati suasana alam di tabiang takuruang. Untuk antisipasi tidak mendapatkan tempat duduk di rumah gadang dan rankiang anda sebaiknya datang pada pagi hari bisa menikmati udara segar lembah yang masih asri, pengunjung belum ramai, dan pilihan makanan minuman masih tersedia cukup banyak pilihan. Apabila anda memilih rankiang yang dibawah dekat dengan sungat untuk merasakan air alam yang masih sejuk sangat direkomendasikan jika anda ingin bercengkrama dengan keluarga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel