Sate Mak Syukur Padang Panjang

Begitu fenomenal Sate Mak Syukur Padang Panjang sebagai suguhan sate daging sapi yang harus jika lagi wisata pada Sumatera Barat. Rasa sate yang sangat legit ini sudah menyihir masakan Indonesia menggunakan kuah yg legit menyelimuti ketupat dan tusukan daging. Wangi rempah spesifik dari awal Mak Syukur membuat sate ini tetap sama menurut tahun ke tahun. Lokasi tepatnya di Jl Sutan Syahril Silaiang Bawah kota Padang Panjang.

Sate ini dimulai pada tahun 1941. Mak Syukur memikulnya untuk dijual disekitar kota Padang Panjang. Beliau lahir pada tahun 1911 yang telah mempunyai jiwa dagang dalam umur 20-30 tahun. Nama orisinil beliau merupakan Syukur Sutan Rajo Endah yang sangat ulet & sabar membuatkan bisnis sate ini menjadi sekarang. Beliau wafat pada tahun 1985.

Dengan berjalannya ketika, Sate Mak Syukur Padang Panjang telah merambah beberapa kota besar di Indonesia termasuk DKI Jakarta. Jerih payah dia mencari pelanggan buat membeli sate buatannya malah kini berbalik pelanggan yang rela antri buat menerima sepiring sate yg lezat . Bahkan pejabat daerah dan nasional rela tiba dan antri untuk menikmati sate pujian ini.

Menjadi trending topik pada sosial media mengakibatkan kuliner harus bagi wisatawan yg berkunjung ke Sumatera Barat. Lokasi yg sangat strategis terletak pada jalan utama Padang-Bukittinggi ini berjejer kendaraan beroda empat pribadi yg rela parkir buat singgah melepas penat menggunakan menikmati sepiring Sate Mak Syukur yang begitu penomenal. Sate ini tersaji diatas piring dengan selembar daun pisang yang masih dipertahankan jika anda berkunjung ke kios Sate Mak Syukur yang berlokasi di Padang Panjang.

Sepiring Sate Mak Syukur Padang Panjang dengan Kuah Kuning Kental

Menikmati Sate Mak Syukur Padang Panjang ini nir lengkap menggunakan beberapa cemilan khusus menurut kulit sapi menjadi pendamping makan sate. Kerupuknya relatif akbar dengan sekali gigit "kresssdanquot; berpadu dengan kuah siap menggoyang lidah anda. Ciri khasnya merupakan dari kuah yang kental berpadu dengan bawang goreng & bumbu pilihan tadi, serta daging empuk dari punuk sapi inilah sebagai rahasia daging yang digunakan. Jenis daging yg disajikan kepada konsumen jua bervariasi mulai berdasarkan usus, jantung, pengecap, jeroan, ataupun daging utuh. Terserah anda mampu kombinasi atau sesuai dengan pilihan lainnya.

Di kios Sate Mak Syukur Padang Panjang ini juga tersedia minuman unik yg bernama sorbat telur, yaitu minuman jahe campur telor yang sangat angat ditubuh. Minuman ini sangat cocok sekali dalam cuaca dingin dan sejuk seperti Padang Panjang menjadi minuman favorit bagi wisatawan.

Pelajaran berharga dari Mak Syukur.

Sate ini pada waktu pikulan Mak Syukur berjalan sampai ke kota Padang Panjang yang rutenya cukup mempunyai tanjakkan. Begitu gigihnya beliau menjual kuliner yg telah menjadi legendaris misalnya ini dengan proses yg sangat panjang. Apalagi dimulai dalam tahun 1941 kondisi masih pada perperangan & keadaan ekonomi sangat sulit, namun beliau tetap menekuni bisnis sate. Perjuangan dia tidak sia-sia dalam tahun 1980 an Sate Mak Syukur sudah mulai banyak dikenal sang rakyat luas & bahkan kini telah mulai membuka cabang pada kota Jakarta. Butuh 40 tahun merintis bisnis menjadi sebagus ini menggunakan keuletan & kesabaran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel