Pulau yang Wajib Anda Kunjungi ke Togean

Gugusan pulau Togean di Sulawesi Tengah menjadi nirwana baru bagi wistawan. Tersembunyi dari keheningan berbicara menggunakan estetika alam bawah laut. Cocok sekali wisata bahari yg sebagai tema festival pesona kepulauan Togean. Acara tahunan ini sebagai kenaikan pangkat buat semua wisatawan domestik & mancanegara yang memperkenalkan potensi yang ada dikepulauan ini.

Http://backpackers.Blogspot.Com/

Gugusan pulau yang berada di Teluk Tomini - Sulawesi Tengah sangat unik menggunakan potensi wisata yg harus dikembangkan. Di lokasi ini anda dapat melakukan poly aktifitas laut seperti berlayar, berenang, memancing, bahkan menyelam. Masih alaminya pulau kecil dan akbar & masih lengkap flora dan faunanya. Disinilah anda dapat melihat secara langsung rumah asli Suku Bajo yang sudah usang ditinggalkan oleh pemiliknya. Keunikannya merupakan semua bangunan rumah tidak memakai paku sebagai perekat antara kayu.

Bagaimana cara kesana.

Dari Jakarta anda wajib menuju ke Palu atau Gorontalo menggunakan pesawat udara. Perjalanan selama dua jam wajib ditambah menggunakan perjalanan darat selama 10 jam. Setelah sampai ke kota Ampana harus melanjutkan menaiki Ferry menuju Pulau Togean. Kapal Ferry akan bersandar pada Pulau Batudaka. Alternatif lain anda juga mampu menggunakan rute Marisa - Gorontalo menggunakan menaiki Ferry KM Tuna Tomini selama 12 Jam.

Inilah wisata pulau yg wajib anda kunjungi bila berlibur ke Togean. Eksotis dengan hempasan ombak dibibir pantai keliru satu pemikat magis para traveller.

1. Pulau Togean.

Http://www.Indonesia-tourism.Com/lembaga/showthread.Php?52727-Togean-Island

Pulau pertama yang harus anda kunjungi Pulau Togean itu sendiri. Bukit yang terpajang misalnya panorama Bukit Barisan pada Pulau Sumatera. Namun tidak selaras di Togean, bukitnya membelahnya pada Teluk Tomini. Kegiatan lain dilokasi ini anda dapat melakukan trekking atau hiking kedalam hutan yan terdapat pada Pulau Malenge. Tentu anda akan pribadi bertemu menggunakan Suku Bajo.

Http://www.Indonesia-tourism.Com/lembaga/showthread.Php?52727-Togean-Island

Pulau Togean adalah taman nasional yg terletak pada Teluk Tomini. Disinilah lokasi terumbu karang yg masih baik kondisinya dan biota laut menjadi penghuninya.

2. Pulau Una-Una.

Http://www.Indonesia-tourism.Com/forum/showthread.Php?52519-Una-Una-Island-Tomini-Gulf

Masih dalam kawasan Togean, Pulau una-una mempunyai keunikan dengan pasor pantainya berwarna hitam. Penyebabnya terjadi letusan hebat Gunung Colo pada masa silam. Gunung ini masih aktif hingga sekarang. Potensi pulau ini mempunyai pulau-pulau kecil disekitar yg akan memanjakan anda dibidang laut. Di lokasi ini anda akan menemukan biota bahari yang sangat baik perkembangannya misalnya ikan napoleon, karang payung, ubur-ubur, & aneka ragam jenis kepiting.

Untuk spot diving berada di lokasi Bomber Wreck Point sebagai titik utama semua biota bahari berkumpul.

Penginapan.

Sudah mulai banyaknya para wisatawan tiba ke Pulau Una-Una, penginapan telah tersedia buat ditempati. Untuk hotel berbintang belum tersedia disini namun penginapan dengan skala backpacker mulai menurut IDR 200,000 - IDR 1,500,000. Harga ini telah termasuk makan sebanyak tiga kali.

3. Pulau Kadidiri.

Http://www.Indonesia-tourism.Com/forum/showthread.Php?52519-Una-Una-Island-Tomini-Gulf

Terdapatnya karang Barrier yg sangat tajam pada Pulau Kandiri. Sebagai tempat favorit buat snorkeling, berenang, dan bermain dibibir pantai. Lokasi sangat berdekatan dengan Pulau Togean jadi anda sanggup memakai transportasi bahari yang tersedia untuk hingga ke Pulau Kandidiri.

Penginapan.

Referensi berdasarkan beberapa backpacker menginap di Pulau Kandiri yg bisa sekaligus anda melakukan penjelajahan bawah laut pada sekitaran dermaga. Lokasinya sangat hening sehingga anda dapat melihat sunset secara bersamaan. Harga penginapan sangat bervariasi mulai menurut IDR 300,000 - IDR 1,000,000.

4. Pulau Batudaka.

Http://panoramio.Com/

Pulau ini pulau terbesar pada perpaduan pulau Togean. Anda dapat mengunjungi Desa Bomba dengan poly aktifitas disana misalnya berenang, snorkeling. Jangan lupa ke lokasi penomena yaitu Gua Kelelawar. Di lokasi ini masih satu Pulau Batudaka, anda bisa melihat kehidupan Suku Bajo yang sangat eksotis sebagai insan bahtera.

5. Dinding Taipi.

Lokasi ini masih berada di Pulau Kadidiri. Menempuk jarak sekitar 4 km ke selatan. Disini spot penyelaman menggunakan geografi dinding karang vertikal menurut utara ke selatan. Anda jangan risi akan arus yang sangat bersahabat menggunakan kedalaman mulai berdasarkan 5-30 meter. Masih lengkapnya terumbu karang serta biota bahari yang akan memanjakan mata anda dengan aneka ragam rona yg menyatu pada terumbu karang.

6. Pulau Enam.

Lokasi yg masih berdekatan menggunakan Pulau Kadidiri menggunakan jeda 16 km, disinilah masih ada bangkai pesawat pembom menurut USA B24 jatun pada tahun 1945. Harta karun yg harus anda lihat dengan masih lengkapnya syarat pesawat dan mesinnya.

Tips.

1. Wisata ini membutuhkan porto yg relatif besar buat menelusuri keseluruhan gugusan Pulau Togean. Jadi persiapkan aturan buat akomodasi yang dikeluarkan selama berlibur.

Dua. Jika anda tidak mampu melakukan wisata sendirian, ingin berhemat porto penginapan dapat dibuat jadwal liburan beserta. Bisa sharing cost buat itu.

Tiga. Jika diperlukan anda dapat menggunakan tour-guide yg telah ada melayani wisata diseluruh kepulauan Togean. Harus ditinjau track recordnya membantu para wisatawan & tentu harga yg sangat kompetitif. Anda mampu menyeleksinya berdasarkan rekomendasi menurut forum backpacker.

4. Selalu sesuaikan menggunakan kondisi fisik anda melakukan penjelajahan misalnya ini. Situasi pulau yang relatif memakan waktu dengan jarak tempuh yg cukup jauh maka stamina anda harus sangat fit.

5. Selama berwisata jangan lupa menunaikan solat fardhu. Anda dapat melakukannya bersamaan dengan menelusuri pantai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel