Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta merupakan lokasi tempat peninggalan gedung tua dalam masa Kolonial Belanda menggunakan sebutan Kota Batavia dalam abad ke 17. Bangunan tua bergaya Eropa dan Cina ini mendominasi bentuk secara holistik, bahkan terdapat campuran kedua negara tadi. Beberapa antara lain dipakai menjadi museum yang dikelola sang Pemerintah Kota Jakarta. Kota tua Jakarta sangat menarik sebagai tempat wisata sejarah yang akan anda kunjungi beserta keluarga pada animo libur nanti.

Museum Fatahilah . Poto by: http://nabilahandrini.Wordpress.Com/

Salah satunya merupakan Museum Fatahillah yang terletak di sentra Kota Tua Jakarta. Namun anda tidak akan percaya, terdapat beberapa objek wisata kota tua lainnya yg terdapat disekitar Museum Fatahillah ini misalnya Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Stasiun Jakarta Kota, Batavia Cafe, Menara Syahbandar, & Hotel Batavia. Tentu loka ini akan anda habiskan dalam sehari penuh buat menikmati liburan ini disekitar kota Jakarta.

Napak Tilas Sejarah

Gaya arsitektur gedung merupakan cikal-bakal perkembangan kota Jakarta dalam waktu ini. Pembangunan hotel pada muara sungai Ciliwung ini sebagai pusat berkumpulnya para saudagar buat bertransaksi pada Batavia pada ketika itu. Menjadi pusat perdagangan global yg cukup sibuk ini telah sebagai incaran beberapa negara Eropa buat mendudukinya. Sebagai loka krusial yang bernama Sunda Kelapa inilah menjadi pintu masuk ke Kerajaan Hindu yang berada di Sunda Pajajaran yg terletak pada Bogor. Negara Portugis adalah armada pertama dari dataran Eropa yang melabuhkan kapalnya di daerah Sunda Kelapa.

Di wilayah Sunda Kelapa inilah awal penyerang Kerajaan Demak yang dipimpin sang Fatahillah. Setelah direbut pada 22 Juni 1527 berubah nama sebagai Jayakarta yg berarti kota kemenangan dan kemuliaan. Maka setiap lepas ini diperingati menjadi ulang tahun kota Jakarta.

Pada abad ke 16 Belanda datang merebut Jayakarta dibawah pimpinan Jan Pieterszoon Coen. Kemudian terjadi perubahan mulai dari nama Jayakarta sebagai Batavia termasuk konstruksi gaya bangunan. Pada masa penjajahan Jepang 1942-1945 Batavia berubah nama Jakarta.

Tempat menarik lainnya disekitar Kota Tua Jakarta.

Glodok adalah kota Cina (China-Town) berlokasi kurang lebih 1-2km berdasarkan Kota Tua Jakarta. Taman Impian Jaya Ancol mempunyai beberapa arena liburan seperti SeaWorld Indonesia, Dunia Fantasi, yg berlokasi 3-5 km menurut kota tua.

Cara Aman Wisata Kota Tua Jakarta.

Apabila anda mempunyai ketika beserta famili melakukan wisata sejarah kota tua sempatkanlah juga berwisata pada sekitar lokasi ini. Objek wisata disekitar lokasi sangat mudah ditemui hanya berjalan kaki untuk mengunjungi lokasi lain. Tentu terdapat jasa ojek atau none Belanda yang perlu berselfie ria cukup asik dilakukan. Sambil menggunakan sepeda ontel mengelilingi kota tua jua lebih mengasikan lagi.

Perjalan wisata kota tua Jakarta usahakan di pagi hari, sesudah itu menuju lokasi wisata lainnya misalnya museum disiang hari.

Akses transportasi publik tersedia buat menuju lokasi kota tua Jakarta. Sepeti commuter-line, TransJakarta, atau Taksi. Sangat terkoneksi semua moda transportasi menjadikan wisata kota tua & tentu anda bisa menentukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel