Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang merupakan loka wisata yang ada di kota Bukittinggi yg sudah sebagai landmark bagi pariwisata. Jam Gadang sudah sebagai saksi sejarah bepergian bangsa Indonesia dari zamana Belanda, Jepang, dan hingga sekarang. Perjalanan tadi sangat menarik sekali disimak & diketahui sebagai akibatnya tidak akan pernah hilang. Dibangun dalam tahun 1926 oleh seseorang arsitek bernaman Yazid Rajo Mangkuto. Tentu proses pembangunan ini dimulai pada peletakan baru pertama sang Putra pertama berdasarkan Rook Maker (adalah seseorang sekretaris Kota). Pembangunan ini dibuat karena hadiah berdasarkan Ratu Belanda pada waktu itu. Biaya pembangunannya lebih kurang tiga.000 Gulden & dibangun hanya menggunakan campuran kapur, pasir putih, & putih telur.

Dari zaman ke zaman terjadi perubahan atap dari Jam Gadang ini. Dimulai menurut zaman Kolonial Belanda atap berbentuk bundar berdiri patung Ayam Jantan. Pada penjajahan Jepang berubah sebagai klenteng. Setelah Indonesia merdeka pulang sebagai rumah istiadat Minangkabau berupa atap bagonjong. Perubahan ini sangatlah unik termasuk nomor empat yg tertera pada Jam Gadang tentu nir sinkron menggunakan angka romawi yg sebernarnya, tetapi seluruh itu merupakan sejarah yg akan terus terjaga.

Tentu anda akan mencoba buat menuju ke zenit Jam Gadang buat melihat pemandangan kota Bukittinggi. Kenapa nir?. Anda dipersilahkan melakukannya & sangat direkomendasikan dengan cara memberitahukan petugas yang menjaga dalam waktu itu.

Disekitar Jam Gadang poly sekali fasilitas yang bisa anda rasakan secara gratis misalnya teras & tempat duduk. Dengan udara yang masih sejuk dipagi hari tentu tidak akan anda lewatkan misalnya olah raga pagi, joging ataupun menikmati suasana pagi. Sebagai titik nol nya kota Bukittinggi tentu sebagai loka berkumpulnya seluruh lapisan masyarakat buat menikmati warisan sejarah yg terdapat sampai waktu ini.

Tips.

1. Sebagai sentra pariwisata global tentu landmark ini selalu dijaga keberadaannya menurut kebersihan. Selalu buang sampah pada tempat yang telah disediakan sang Pemerintah kota. Jangan corat-coret seluruh fasilitas yang ada dilingkungan Jam Gadang termasuk jangan merusak.

2. Tentu disekitar Jam Gadang anda bisa menikmati banyak sekali macam keunikannya termasuk adanya pedangang yang menjual kerupuk sate yg ditambahi menggunakan toping mie yang sangat enak sekali. Penjual ini bisa ditemukan pada sore hari. Harganya pun sangat terjangkau.

3. Sebagai pusat keramaian tentu pula didukung oleh fasilitas lain seperti sentra perbelanjaan, fast-food restoran, dan kuliner tradisional. Anda sanggup bebas memilih sembari menikmati indahnya Jam Gadang.

4. Apabila anda ingin mengunjungi Pasar Atas tentu bisa dengan beraneka ragam output kerajinan warga sangat gampang ditemui. Lokasinya pun sangat dekat dekat dengan Jam Gadang. Variasi produk kerajinan jua banyak macamnya seperi sauvenir, oleh-sang, dan kuliner orisinil Padang.

5. Apabila anda ingin menikmati suasana disekitar Jam Gadang lebih baik pada hari biasa, jangan pada waktu akhir pekan, libur nasional, atau liburan sekolah. Lokasi ini akan sangat penuh dengan turis dan  semua fasilitas dipenuhi oleh pengunjung termasuk lahan parkir.