Bagaimana Tata Cara Pendakian Dan Mendaki Gunung Semeru Mahameru Jawa Timur Indonesia: Jalur, Transportasi, Itinarary, dan Biaya Pendakian

Pasca menonton Film lima cm yg sudah mempengaruhi para pecinta pendaki gunung ingin mencoba pertualangan eskpedisi ke Gunung Semeru Mahameru pada Jawa Timur Indonesia yg eksotis butuh pedoman bagaimana rapikan cara mendaki termasuk trek pendakian jalur perjalanan yg terbaik menggunakan porto transportasi murah terjangkau dan mempunyai rincian daftar itinarary yang akan anda buat sebaik mungkin. Keseluruhan kabar ini terangkum dalam sebuah tulisan bagaimana rapikan cara anda buat melihat trek pendakian ini menggunakan gaya mendaki setiap buat setiap jalur yang mempunyai kesulitan tersendiri pada Gunung Semeru Jawa Tengah dengan memilih jalur terbaik menggunakan moda transportasi sinkron dengan budget yg dipersiapkan dan perkiraan biaya selama masa ekspedisi berlangsung dirangkum dalam sebuah itinarary jadwal yg seksama.

Gunung Mahameru Jawa Timur. Poto sang: mountain-n-sea.Blogspot.Co.Id

SEKILAS GUNUNG SEMERU JAWA TIMUR.

Pesona Gunung Semeru berbentuk kerucut ini terletak di Jawa Timur Indonesia. Dengan keindahan ini bisa dikatakan gunung yang tertinggi di Pulau Jawa menggunakan ketinggian 3.676 meter dpl bisa menyedot para pecinta daki gunung pada seluruh dunia. Jika dilihat menurut anatomi gunung ini memiliki danau di zenit yang tak jarang diklaim sang penduduk olel Jonggring Saloko. Administratif wilayah terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang serta termasuk ke pada TNBTS [Taman Nasional Bromo Tengger Semeru]. Gunung Semeru mempunyai jenis hutan yang tumbuh di sekitar gunung menggunakan jenis Dipterokarp, Dopterokarp atas, Ericaceous, & hutan gunung. [Wikipedia].

DAFTAR SECARA ONLINE.

Sebelum anda menentukan jadwal ekspedisi pendakian Gunung Semeru Jawa Tengah anda harus melakukan pendaftaran atau istilahnya booking secara online pada bromotenggersemeru.Org buat memilih kuota pendaki yang tersedia buat anda. Lantaran banyaknya peminat mendaki Gunung Semeru ini maka TNBTS wajib mengatur tata laksana pengaturan masuk keluar pendaki agar nir menumpuk di zenit gunung. Jadi pastikan registrasi secara online wajib anda lakukan agar kuota yg tersedia terdapat pada anda & tim yg akan ikut. Jangan ceroboh & mau lezat sendiri, apabila kuota tidak tersedia anda tidak mampu masuk begitu saja & terpaksa anda menunggu hingga kuota kosong tersedia. Jadi wajib ikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak yang telah mengatur sistem misalnya ini.

PERJALANAN DIMULAI.

Sebagai awal bepergian aku mengambil awal rute bepergian dari DKI Jakarta. Ada beberapa cara untuk sampai ke lokasi menggunakan beberapa moda transportasi awal buat sampai ke kota Lumajang atau Malang. Tujuannya adalah ke Desa Ranu Pani pada Kecamatan Senduro, desa yang mempunyai pemandangan yg sangat asri dan danau. Sebelum sampai ke Lumajang anda harus menuju berdasarkan kota Malang buat langkah awal menuju desa ini. Ada beberapa cara moda transportas yg mampu and pilih sesuai dengan kesempatan pada ekspedisi pendakian ke Gunung Semeru.

1. PESAWAT UDARA.

Anda mampu memakai pesawat udara dari Jakarta Soekarno Hatta tujuan ke kota Malang. Pilihan jenis pesawat udara dimulai menurut LCC [Low Cost Carries] dan full service pula tersedia. Sesuaikan menggunakan biaya yg akan anda persiapkan buat hingga ke kota tadi. Harga tiket pesawat dimulai menurut harga IDR400.000 an.

Dua. KERETA API.

Sekarang jua terkoneksi menggunakan jalur kereta barah berdasarkan Jakarta ke kota Malang. Tentu jenis kelas eksekutif hingga ekonomi pula tersedia. Untuk seorang backpacker pilih kelas sesuai menggunakan budget pendakian dan ramah dengan kocek saku. Harga mulai dari IDR200.000 an.

3. BUS MALAM.

Jangan khawatir menggunakan anda yang menyukai perjalanan memakai bus malam jua tersedia buat sampai ke kota Malang. Jenis bus yg tersedia berada di Terminal Bus Pulo Gebang Bekasi dalah Safari Dharma Raya, Kramat Djati, Lorena, Pahala Kencana. Untuk harga tiket bus dimuali menurut haraga IDR300.000 sesuai dengan kelas yang akan anda pilih.

Setelah anda sampai di kota Malang menggunakan galat satu moda transportasi diatas anda harus estafet menggunakan transportasi menuju ke Terminal Tumpang [bisa angkutan kota atau mobil carteran rental]. Setelah sampai pada Terminal Tumpang estafet lagi memakai jeep-jeep keren yg akan mengantar nada hingga ke Desa Ranu Pani. Jarak tempuh /- 64 km dengan waktu sekitar dua jam.

TREKING PENDAKIAN MENDAKI GUNUNG SEMERU.

Setelah sampai di Desa Ranu Pani ada 2 jalur yg akan anda pilih buat lewati yaitu via Gunung Ayek-Ayek atau via Watu Rejeng. Yang pertama lebih banyak yg dipakai oleh para pendaki yg telah beberapa kali ke Gunung Semeru karena lebih cepat jalurnya namun medan yang akan anda lewati butuh usaha keras & berat seperti jalur berbatu, terjal, dan poly debu. Jika anda menentukan Watu Rejeng syarat dapat dikatakan nisbi cukup kondusif sehingga jalur ini banyak sekali yg dipilih sang para pendaki yang newbie buat menuju puncak gunung.

Persiapan fisik & mental serta perlengkapan sudah lengkap maka perjalan pendakian dimulai. Dari Desa Ranu Pani menuju ke Ranu Kumbolo menggunakan rute yang masih sedikit landai & gampang. Apabila berdasarkan Desa Ranu Pani menuju ke Landengan Dowo akan melewati beberapa paving blok menggunakan berukuran nisbi datar menggunakan jeda tempuh /- 3 km. Maka anda akan menemukan hutan menggunakan syarat jalan setapak dengan kondisi masih cukup gampang diikuti.

Antara Landengan Dowo dan Watu Rejeng menggunakan treking lebih kurang tiga km ini para pendaki akan menemukan jembatan, para pendaki menyebutnya jembatan cinta. Apabila dihitung jarak treking ini menurut Watu Rejeng buat sampai ke Ranu Kumbolo sekitar 4 km lebih.

Secara total penjalanan yg telah anda lakukan menurut Desa Ranu Pani hingga ke Ranu Kumbolo sejauh 10 km dengan masa tempuh /- 6 jam tergantung berdasarkan kecepatan langkah kaki. Treking yang anda lalui ini masih tidak terlalu banyak tanjakan & penurunan. Masa treking jalur ini anda akan melihat beberapa pos berbentuk gazebo, jangan hingga lengah karena rute ini berada di bibir jurang. Selalu berhati-hati melangkah jangan hingga gagal penekanan.

Istirahat sejenak di Ranu Kumbolo. Tetapi sebagian pendaki melakukan inap di lokasi ini, namun anda yg telah terbiasa melakukan pendakian Gunung Semeru ini akan melanjutkan perjalanan. Jika anda newbie & baru pertama kali mendaki usahakan menginap pada lokasi ini buat menikmati suasana alam, jangan lewatkan estetika Ranu Kumbolo dalam saat fajar terlihat pantulan cahaya fajar yg terhambat di perbukitan. Disinilah lokasi yang sangat sempurna buat memulihkan stamina & akan melanjutkan treking yang cukup menantang berikutnya. Anda akan nikmati sendiri selesainya pagi hari, sehabis berkemas anda akan merasa kangen wilayah ini dan agak sedikit berat buat melangkah. Tapi jangan lupa, misi harus berjalan terus.

Setelah memulihkan tenanga pada Ranu Kumbolo buat melanjutkan perjalanan menuju Kalimati. Sempatkan mengisi air minum pada Ranu Kumbolo saatnya melanjutkan perjalanan ke Tanjakan Cinta dan Oro Oro Ombo. Pesona Ranu Kumbolo ini memang membuat jalan Tanjakan Cinta ini sangat melekat pada seluruh pendaki lantaran sebagian orang merasa rindu menggunakan suasana di sana. Apabila sebagian orang bilang mitos, hanya anda yang mampu menjawab sendiri bila sudah melaksanakan treking ini.

Setelah melakukan ekspedisi di Tanjakan Cinta akan memasuki Oro Oro Ombo. Berupa padang rumput yang cukup luas & anda akan menemukan flora seperti lavender berwarna ungu yang sangat mempesona. Biasanya sampai pada pasang rumput ini pada siang hari & suasana terik surya sangat tinggi. Jangan lupa anda membawa sunblock atau penutup kepala buat melindungi sangat teriknya cahaya matahari.

Melewati padang rumput ini sudah melihat keindahan bunga saatnya anda akan menemukan jalur yang mendatar menuju Cemoro Kandang. Lokasi jalan setapak, berdebu, dan menanjak bersama menggunakan semak belukar akan menghiasi perjalanan anda ini. Memang sebagian pendaki menginginkan melihat bunga kekal Edelweis pada Jambangan, tetapi anda pula menemukan tumbuhan cantigi yang bisa dimakan menjadi menu sangat darurat dalam saat pendakian.

Sampailah pada Kalimati untuk istirahat dan dirikan tenda. Lokasi pemulihan stamina ini wajib segera anda lakukan lantaran harus bersiap diri buat berjalan balik tengah malam nanti buat menuju puncak Gunung Semeru buat summit attack. Jika dihitung bepergian anda berdasarkan Ranu Kumbolo hingga ke Kalimati /- 8 km menggunakan ketika temph 4-lima jam tergantung kecepatan kaki melangkah ya. Apabila asal air anda telah menipis anda mampu mengisi botol minuman ke Sumbermani, bepergian /- 20 mnt. Pulihkan tenaga anda pada Kalimati ini dengan makanan yang berenergi agar perjalanan berikut mampu tetapi fit.

Waktu telah menerangkan jam 22:00 WIB saatnya anda bersiap buat melakukan bepergian menuju ke zenit Gunung Semeru dengan tantangan yg paling berat. Semakin cepat anda bergerak semakin baik karena jumlah pendaki bukan anda sendiri saja tetapi poly pendaki lain yang ingin hingga ke summit attack. Apabila anda telat berangkat maka anda akan bertemu menggunakan pendaki lain yang akan antri buat menaiki zenit. Inilah puncak perjalanan yg paling berat yg akan anda lalui, dengan ekspedisi bepergian kurang dari tiga km ini membutuhkan saat tempuh hampir 7 jam lamanya tergantung kesigapan anda melaangkah. Pendakian terberat ini banyak yg gagal karena tanjakan yang relatif tinggi merogoh seluruh stamina anda untuk melangkah, bahkan ada pendaki yg ngos-ngosan nafasnya buat setiap pijakan. Setelah anda melangkah akan melewati Arcopodo tempat terpisahnya vegetasi flora menggunakan berbatuan. Treking disini sudah poly bebatuan bercampur pasir dengan kecuraman tinggi. Ibaratnya setiap langkah anda berjalan maka akan diiringi dengan satu langkah mundur. Susah payah pendaki gunung disinilah kekentalan adrenalin anda diuji, apabila anda sanggup melewati fase rute ini maka anda akan hingga ke puncak Gunung Mahameru menggunakan prestasi gemilang yg sudah anda torehkan dalam hidup anda.

PROSES PENURUNAN GUNUNG SEMERU.

Setelah anda sampai pada summit attack dengan melihat estetika kreasi Allah SWT maka saatnya buat turun kembali. Anda akan menemukan zona maut yang sangat berbahaya apabila anda lengah dan tidak fokus. Zona ini bernama Blank 75 dimana kondisinya berupa jurang yg sangat pada berada persis dipinggir jalur Arcopodo. Jalur yg berpasir dan jangan hingga anda berpindah jalur ke zona Blank 75 ini ya. Harus paham dan menghindari zona mematikan ini anda wajib turun dengan perlahan-lahan nir terburu-buru. Ikuti jalur yg sudah dibentuk oleh para pendaki jangan melenceng menurut jalur ini.

ROUND DOWN ATAU ITINARARY ACARA PENDAKIAN GUNUNG SEMERU JAWA TIMUR INDONESIA.

Untuk melengkapi ekspedisi pendakian Gunung Semeru kali berikut dalam bentuk round down acara atau itinarary. Ekspedisi ini memakan saat kurang lebih tiga-4 hari buat menikmati seluruh pertualangan yg terdapat di gunung tertinggi di Pulau Jawa ini. Saya penekanan pada jalur backpacker yg menggunakan kereta api menjadi langkah awalnya.

HARI PERTAMA/DAY 1

05:00 - 07:00

Seluruh peserta telah berada di Stasiun Kereta Api Malang.

08:00 - 09:00

Berangkat ke Terminal Tumpang.

09:00 - 11:00

Sampai di Terminal Tumpang, istirahat, dan mnuju ke Desa Ranu Pani menjadi tujuan buat pendakian.

11:00 - 13:30

Sampai pada Desa Ranu Pani, ISHOMA, melihatkan pendaftaran online pada petugas, siap mendaki.

13:30 - 17:00

Perjalanan menuju lokasi perkemahan Ranu Kumbolo, mendirikan tenda dan istirahat, makan malam, ibadah sholat.

HARI KEDUA/DAY 2

04:00 - 05:00

Bangun pagi persiapan melihat sunrise pada Ranu Kumbolo & sholat subuh.

06:30 - 09:30

Sarapan, persiapan seluruh barang bawaan, perjalanan menuju Kalimati.

09:30 - 14:00

Sampai di Kalimati, mendirikan tenda & istirahat buat mengumpulkan tenaga.

14:30 - 21:00

Setelah istirahat & persiapan buat summit attack .

22:30 - 04:00

Ekspedisi pendakian menuju puncak Gunung Mahameru.

HARI KETIGA/DAY tiga.

04:00 - 06:30

Sunrise di summit attack, selfie, & istirahat melihat indahnya alam.

06:30 - 09:30

Proses turun menuju ke Kalimati.

10:00 - 12:00

Bawa seluruh barang bawaan, sesudah sarapan menuju ke Ranu Kumbolo.

12:30 - 13:30

ISHOMA, bepergian menuju ke Desa Ranu Pani.

14:00 - 17:00

Sampai pada Ranu Pani.

PERHITUNGAN BUDGET BIAYA SELAMA PENDAKIAN.

Transportasi dari Stasiun Kereta Api Malang ke Terminal Tumpang : IDR30.000. Menggunakan jeep menuju ke Desa Ranu Pani: IDR150.000. Membayar biaya izin masuk: IDR52.500 per orang. Logistik IDR250.000. Seluruh biaya ini tentu setiap orang tidak sama khusus dalam bagian logistik & jumlah tim yg akan melakukan ekspedisi pendakian Gunung Mahameru.

PERHATIAN PENTING SELURUH PENDAKI GUNUNG SEMERU.

Untuk masalah keselamatan buat semua para pendaki bahwa TNBTS memberikan rekomendasi hanya hingga dalam Kalimati saja. Melihat syarat kegiatan kawah Jonggring Saloka yang masih mengeluarkan gas yang beracun. Para pendaki sanggup melihat sendiri adanya pertanda embargo agat tidak melangkah melewati batas berdasarkan Kalimati. Dengan tingginya ekspresi dominan pendaki buat tetap ingin hingga ke puncak Gunung Semeru dengan aneka macam resiko yang akan dialami sang pendaki sendiri. Namun petugas TNBTS akan menaruh arahan yang serius kepada semua pendaki dengan membicarakan kondisi & update syarat kaldera. Jika petugas menyatakan larangan dalam ketika briefing ini buat tidak boleh hingga ke puncak maka anda harus mengikuti peraturan ini supaya tidak terjadi hal yang sangat fatal yaitu terhirup racun dan berakibat kematian.

TIPS PENDAKIAN GUNUNG SEMERU.

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan selama melakukan pendakian yaitu:

1. Sebaiknya pendakian ini dilakukan dalam trend kemarau, jangan pada trend hujan. Karena ekspresi dominan akan menghipnotis langkah anda dan mempengaruhi medan yang akan pada daki.

2. Persiapan fisik dan mental harus dimiliki kepada pendaki yg memiliki jiwa pecinta alam. Jadi, jika anda menderita phobia ketinggian, dan penyakit yg herbi jantung serta phobia kedinginan usahakan nir mengikuti ekspedisi ini lantaran akan membahayakan.

Tiga. Seluruh barang bawaan yg lengkap terutama tenda, senter, logistik relatif, peralatan mendaki, sepatu mendaki gunung, serta lainnya sinkron menggunakan kebutuhan.

4. Jika anda seorang muslim harus melaksanakan ibadah sholat fardhu wajib selama pendakian.

5. Seluruh sampah logistik selama di ekspedisi pendakian Gunung Semeru ini harus anda bawa kembali kebawah, jangan butir sampah sembarangan disekitar gunung. Sebagai pendaki yg bermartabat harus menjaga lingkungan permanen higienis.