Sharing Pengalaman Operasi Mata Katarak Orang Tua Di Padang Eye Center Sumatera Barat

Semakin bertambahnya umur orang tua tentu penglihatan semakin berkurang jelas baik untuk membaca, melihat objek jauh, sampai terlihat kabur buat pemandangan tertentu, ini lah yang terjadi dalam orang tua aku . Dengan berjalannya ketika tentu harus memperhatikan beberapa alasan kenapa dia tidak mampu melihat kentara dan tentunya terdapat hal yg masih perlu diperiksa ke Dokter Spesialis Mata buat memastikan apa yg terjadi menggunakan kedua organ mata orang tua. Awalnya memang menuruh Dokter Spesial Mata menyebutkan adanya katarak baru 40% apabila telah melebihi 50% sebaiknya langsung operasi untuk memulihkan penglihatan lebih jernih & lebih baik.

Poto oleh: martinrecords.com

Setelah berjalan saat /- 2 tahun dan waktu saat itu aku membawa orang tua buat memeriksakan balik ke dokter lain di Padang Eye Center buat memastikan penglihatan orang tua yg telah nir terlalu jelas lagi melihat objek terutama buat posisi benda jauh. Pemeriksaan dilakukan & memang dia harus melakukan operasi katarak untuk ke 2 organ mata dan orang tua saya menyetujuinya ingin sembuh dan ingin melihat lebih jelas lagi.

SEKILAS PENYAKIT KATARAK.

Di beberapa literatur yang saya baca mengenai penyakit katarak ini memang terjadi pada orang tua diatas umur 70 tahun. Proses umur yang sudah memakai mata untuk aneka macam aktivitas tentu bertambah berkurang kualitasnya sebagai akibatnya terdapat faktor lain yg menghambatnya. Dan ada beberapa gejala atau keluhan penyakit katarak ini yg saya kutip dari alodokter.Com

1. Pada ketika melihat agak terlihat samar dan adanya berkabut.

Dua. Pada saat melihat cahaya yang menyilaukan mata semakin sensitif melihatnya.

Tiga. Adanya melihat bulat cahaya di sekeliling asal cahaya.

4. Tidak terlalu kentara melihat di malam hari.

Lima. Warna saat ditinjau pudar & nir kentara atau cerah.

6. Kadang terlihat objek ganda.

7. Lensa kacamata yang digunakan selalu bertambah ukurannya.

Setelah aku membaca ilistrasi menurut asal ini memang orang tua hampir seluruh mengungkapkan gejala yang sama & pastinya penyakit katarak ini akan memberikan efek pada orang tua buat melakukan aktifitas keseharian terutama untuk melihat atau membaca sebagai terhambat.

PROSES ADMINISTRASI SEBELUM MELAKUKAN OPERASI KATARAK.

Setelah pemeriksaan mata terakhir saya harus mengurus beberapa dokumen yg segera dilengkapi setelah menerima surat kabar menurut Dokter Spesialis Mata Padang Eye Center. Dengan surat ini saya wajib mengikuti alur berdasarkan BPJS yg telah bekerjasama dengan Rumah Sakit ini buat melakukan operasi katarak pada mata. Pengurusan nir sesulit yang aku bayangkan, aku mengunjungi Puskesmas yang ditunjuk sesuai dengan alamat KTP orang tua & petugas disana menaruh rekomendasi untuk melakukan operasi pada selembar kertas yang telah di tanda tangani sang dokter pada Puskesmas tersebut dengan memberitahuakn kartu BPJS asli serta KTP asli.

Setelah surat informasi atau acum ini sebagai dasar untuk Rumah Sakit Padang Eye Center buat melakukan tindakan operasi katarak dalam mata, dan aku dan orang tua pulang lagi buat melapor ke petugas bahwa orang tua aku telah siap melakukan operasi sesudah saat kunjungan berikutnya yg telah ditetapkan sang Dokter Spesialis Mata.

Jadwal untuk operasi ini sudah dijadwalkan sang Dokter Spesialis Mata pada saat terakhir pemeriksaan. Dan ketika jadwal yang sudah ditetapkan datang seluruh dokumen yang saya lengkapi diterima sehabis proses registrasi & registrasi pada pos yang telah ditunjuk orang tua aku siap melakukan operasi.

Baca juga:

Waspada Penyakit Mata Ini Sangat umum Terjangkiti Oleh Traveler Bahkan Penduduk: Saat Sibuk Melakukan Trip Liburan Kesehatan Mata Harus Menjadi Prioritas

SAAT PROSES OPERASI BERLANGSUNG.

Jadwal yang telah ditetapkan buat operasi katarak mata ini tentu terdapat beberapa pemeriksaan tambahan dan berkas yg wajib dipersiapkan oleh pihak tempat tinggal sakit menggunakan keluarga pasien. Orang tua aku langsung dilakukan pemeriksaan oleh staf tempat tinggal sakit menggunakan menaruh data tambahan sebelum operasi berlangsung berupa syarat mata, waktu mata sebelum operasi, & lain sebagainya.

Setelah semua berkas lengkap dan akurat maka giliran orang tua melakukan operasi katarak mata buat satu mata saja terlebih dahulu. Begitu lah prosesnya, apabila satu mata telah sembuh total maka akan dilakukan tindakan kembali untuk mata berikutnya.

Saat memasuki ruang operasi semua pakaian orang tua harus diganti dengan pakaian spesifik tempat tinggal sakit yang sudah dipersiapkan dan famili pasien wajib menunggu diluar di tempat yang sudah disediakan. Waktu proses operasi ini /- 30 mnt saja tidak terdapat menginap di rumah sakit dan langsung diperbolehkan pergi. Dengan obat tambahan dan mata dalam keadaan di perban ini orang tua sudah merasa tenang, namun obat tetes & penggantian perban setiap satu hari sekali yg diberikan ini wajib diberikan selama 1 minggu penuh buat dilakukan kontrol kembali ke dokter. Untuk obat tetes sudah ada jadwal & setiap empat jam dan enam jam buat dua jenis obat tetes mata.

Setelah ketika satu minggu berlalu & obat tetes telah habis kami kembali lagi melakukan kontrol ke dokter buat melakukan treatment pasca operasi & hasilnya baik. Kemudian kembali lagi satu minggu berikutnya sehabis obat tetes habis semua akhirnya pemeriksaan terakhir membaik dan perban mata dilepas total. Dokter berpendapat akan pulang lagi kurang lebih tiga minggu lagi buat melakukan pengecekan kembali organ mata yg sudah di operasi, dan akan melakukan operasi buat organ mata berikutnya sesudah mata telah sembuh total. Apabila semuanya berjalanan menggunakan baik dan dilakukan inspeksi lanjutan buat operasi katarak mata berikutnya bisa dilakukan operasi yg sama.

Setelah seluruh operasi mata katarak sudah terselesaikan dan obat tetes yg diberikan telah diberikan habis paripurna maka Dokter Spesialis Mata pada Padang Eye Center akan menaruh resep kaca mata yg harus diberikan buat menaikkan penglihatan menjadi lebih baik pada saat kontrol paling terakhir yang harus dilaksanakan sang pasien. Dan yg sebagai bahagia buat kami adalah ternyata BPJS jua menaruh kaca mata perdeo secara cuma-cuma senilai IDR300.000 yang akan diberikan sang petugas di rumah sakit ini syaratnya: saya harus melapor balik ke petugas waktu melakukan proses administrasi pertama kali dan mengungkapkan bahwa famili pasien ingin mendapatkan kaca mata cuma-cuma perdeo ini. Petugas tadi memberikan berkas yg menyatakan bahwa pasien menerima kaca mata perdeo ini & menuju ke optical yang sudah ditunjuk sudah melakukan kerjasama dengan BPJS. Dokumen ini lah yang akan dibawa ke optical yg ditunjuk sang BPJS & pasien harus menyerahkannya untuk mendapatkan kaca mata gratis ini.

DOKUMEN PENTING.

Semua keluarga pasien wajib mengikuti seluruh prosedur yang berlaku, & persiapan dokumen resmi misalnya KTP, Kartu BPJS, dan Surat Keterangan Rujukan Puskesman harus lengkap. Dengan lengkap dokumen semua proses ini akan terasa mudah, & operasi katarak sanggup dilakukan segera oleh rumah sakit seperti yang aku lakukan ini menggunakan mudah juga.

Semoga sharing pengalaman ini mampu berguna bagi anda yang ingin membawa orang tua melakukan operasi katarak mata yg tentu sebagai sebuah solusi terbaik buat mereka supaya penglihatan beliau tetap baik sebagai akibatnya seluruh aktifitas yg dia lakukan lebih menyenangkan tanpa ada hambatan lagi.