Panduan Tata Cara Legkap Dan Tips Mendaki Gunung Sibuatan Sumatera Utara Indonesia

Saat terjadinya erupsi Gunung Sinabung membuat para pecinta alam beralih ke Gunung Sibuatan Sumatera Utara Indonesia untuk menyalurkan ekspedisi mendaki gunung yang sudah masuk dalam musim cuti liburan kali ini. Memang Gunung Sibuatan tidak setenar dari Gunung Sinabung tetapi jangan salah ada pesona tersendiri yang tersimpan di gunung ini. Pesona ini lah yang menjadi fenomena yang telah menghipnotis para pendaki gunung ingin melakukan eksplor treking yang cukup unik tentunya anda calon pendaki gunung harus mempunyai informasi yang cukup sebelum anda membuat itinerary perjalanan pendakian gunung sangat mempesonakan mata serta ingin menyatu dengan alam. Tulisan plesirankotatua.blogspot.com ini menjelaskan bagaimana panduan tata cara lengkap,budget biaya per orang,  dan tips mendaki Gunung Sibuatan Sumatera Indonesia yang harus dilakukan oleh para pendaki untuk ekspedisi daki gunung.

Poto oleh: indonesiatravelmagazine.com

SEKILAS GUNUNG SIBUATAN SUMATERA UTARA.

Gunung Sibuatan terletak pada lokasi alamat kecamatan Merek, Kabupaten Karo Sumatera Utara yg tentu sebagian pendaki masih sedikit asing apabila dibandingkan dengan Gunung Sinabung. Menurut penduduk lokal gunung ini terakhir erupsi lebih kurang tahun 2013.

PERJALANAN DIMULAI.

Untuk melakukan perjalanan mendaki Gunung Sibuatan diawali dengan melakukan perjalan dari Terminal Amplas dengan angkutan kota. Disinilah awal keberangkatan yang harus dilakukan oleh para pendaki dengan cara backpacker rombongan atau tim pecinta alam. Setelah sampai di Terminal Amplas Medan Sumut ini estafet menggunakan bus angkutan antar kota menuju ke Kabupaten Karo. Rute perjalanan Medan -> Brastagi -> Kabanjahe. Setelah perjalanan sampai di Terminan Kabanjahe estafet kembali menggunakan angkutan desa menuju ke Desa Nagalingga, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

FORMULA RUTE PERJALANAN KE GUNUNG SIBUATAN SUMUT INDONESIA.

Terminal Amplas Medan {menggunakan bus angkutan angtar kota} -> Brastagi -> Kabanjahe -> Desa Nagalingga Merek, Kabupaten Karo {menggunakan angkutan desa} -> Gunung Sibuatan.

Baca jua:

Cara Mendaki Gunung Agar Tidak Cepat Cape Lelah Letih

PENDAKIAN GUNUNG SIBATAN SUMUT DIMULAI.

Perjalanan sudah sampai di Merek tepatnya di Desa Nagalingga anda harus melapor ke Pos Registrasi Gunung Sibuatan dan wajib dilakukan. Semua aktifitas keluar masuk pendaki bermula di tempat ini dan semua peraturan  mengikat seluruh pendaki tanpa ada kecualinya. Lokasinya sangat mudah ditemukan tepat sekali di pinggir jalan utama lintas Medan-Sidikalang. Untuk biaya retribusi sebelum memasuki treking pendakian IDR10.000 per orang, dan setiap pendaki harus mengisi buku registrasi yang telah disediakan oleh petugas dan harus diisi dengan lengkap dan benar, pastikan anda harus mengisis nomer telepon minimal Hp keluarga. Dan kadang petugas mengharuskan pendaki untuk meninggalkan kartu identitas jika dirasa perlu.

Setelah semua lengkap semua persyaratan yg diminta sudah anda serahkan seluruh makan perjalanan mendaki Gunun Sibuatan telah siap dimulai. Saat anda melangkah menuju ke kaki gunung atau pada pos pendakian menghabiskan ketika -/ 30 mnt. Perjalanan ini tentu sangat mempesona mata karena anda akan melewati pertanian warga setempat khususnya sayuran, setelah terlihat pohon besar dan pertanian penduduk lokal ini terdapat sebuah pondok terlihat berada di sekitar pohon rindang, inilah pos pendakian Gunung Sibuatan.

Setelah memasuki pos pendakian ini anda & rombongan akan dilakukan pemeriksaan sang petugas terutama tas ransel, carrier atau backpack dan semua perlengkapan yang dibawa akan dicatat menggunakan rinci. Pemeriksaan petugas ini agar para pendaki menjaga kelestarian kebersihan lingkungan buat nir membuang sampah di kurang lebih gunung dan saat sesudah turun dari gunung anda akan diperiksa balik . Jika kenyataannya anda & rombongan nir membawa sampah itu pulang maka petugas akan mengenakan hukuman yg cukup besar . Jadi jangan sekali-kali anda membuang sampah asal-asalan dan waktu inspeksi tidak ada ditemukan maka pemerintah akan menjatuhkan hukuman hukuman. Pemeriksaam ini petugas akan meneliti berapa usang anda melakukan bepergian & diubahsuaikan menggunakan barang bawaan yg dibawa terutama logistik yang memakai bahan plastik & lainnya. Pastinya, waktu pemberitahuan briefing & peraturan disampaikan pada pos pintu rimba. Jam berapa paling telat sampai di pos dan anda wajib mengikutinya.

Baca jua:

Makanan Harga Murah Dan Sehat Sebagai Bekal Khusus Untuk Mendaki Gunung

Semua persyaratan buat mendaki Gunung Sibuatan Sumut telah anda lengkapi dan patuhi waktu menuju ke pintu rimba usahakan sebelum siang, lebih direkomendasikan lebih kurang pukul 07:00 - 08:00 pagi. Pastikan semua perlengkapan penting selama treking daki gunung sudah anda siapkan paripurna nir terdapat yg tertinggal misalnya air minum buat semua rombongan. FYI, sumber air di sepanjang treking perjalanan tidak ditemukan, jumlah cukup wajib anda hitung diubahsuaikan dengan jumlah rombongan yg akan ikut melakukan ekspedisi pecinta alam daki Gunung Sibuatan.

Dari pintu rimba sudah melakukan warming up tubuh agar tidak cedera. Shelter yg akan anda temukan sekitar lima shelter dimana masing-masingnya keunikan masing-masing. Memulai perjalanan anda sudah melihat pohon akbar sudah menyambut kedatangan anda ya misalnya kaki gunung pada umumnya.

SHELTER 1 ke SHELTER 2.

Dari pintu rimba ke shelter 1 dibutuhkan saat lebih kurang 30 menit bepergian, selesainya istirahat sejenak anda wajib segera sampai ke shelter dua menggunakan saat tempuh sekitar 45 mnt perjalanan. Di kurang lebih shelter ini para pendaki akan melihat pohon besar yang terlihat lumut bergelantungan relatif tebal ini yang adalah ciri khas hutan tropis yg mirip dengan pohon yang terdapat di Gunung Singgalang Sumbar.

SHELTER dua ke SHELTER tiga.

Setelah sampai pada shelter 2 akan menuju ke shelter 3 & harus mempersiapkan fisik dan menempuh perjalanan treking selama 3 jam. Waktu ini sebenarnya diadaptasi dengan kondisi fisik para pendaki karena di treking ini telah terlihat berat & rutenya relatif menguj fisik. Perjalanan yg berat ini tentu saja sangat menguras tenaga & rekomendasi terbaik adalah di shelter tiga ini lah loka terbaik buat makan siang. Anda & rombongan dapat menikmati bekal makan siang bersama-sama.

SHELTER 3 ke SHELTER 4.

Makan siang sudah selesai saatnya bepergian harus dilanjutkan kembali. Jalur ini akan terlihat pesona hutan hujan tropis telah terasa sekali. Tanah yg poly lumpur, lumut yang cukup tebal hingga dengan 50 cm terlihat. Jadi, walaupun udara terasa dingin akan terasa sejuk di kulit. Treking yg penuh dengan lumpur pastikan anda menggunakan sepatu yang mempunyai stamina khusus buat daki gunung. Pakai jenis bahan yg non waterproof supaya tidak terjadi basah & akan mensugesti berat langkah & pijakan. Suasana yg akan anda rasakan adalah ritme perjalanan yg berat dimulai berdasarkan merangkak, melompat, memanjat, hingga terjadi basah kuyub akan menjadi rintangan tambahan. Jika anggota rombongan dapat melangkah cepat maka anda akan bahu membahu buat seret-seretan buat sampai ke shelter terakhir. Ini lah nyali perjalanan daki Gunung Sibuatan yang dikangeni oleh para pendaki dengan kompak dan beserta-sama menghadapi rintangan.

Baca jua:

Tips Mudah Mencari Memilih Sepatu Trekking, Hiking, Camping, Mendaki Gunung Terbaik Sepanjang Masa

SHELTER 4 ke SHELTER 5.

Setelah istirahat sejenak melepas lelah yg menguras energi saatnya bepergian menuju ke shelter lima dimulai. Lama bepergian /- 1 jam bepergian menggunakan treking menanjak dan rombongan harus awas buat berpegangan dengan ranting & pohon yang bertenaga. Stamina bertenaga dan sehat mulai lagi diuji di jalur ini. Tujuan ke shelter 5 ini merupakan tempat yg direkomendasikan buat mendirikan tenda bermalam atau menginap. Lapangan luas ya seperti seperti puncak yang terdapat Tugu Satya.

PENTING! Memang sebelum memasuki shelter lima ini ada kawasan datar yg relatif luas bernama pintu angin lokasinya lebih kurang tugu penghormatan Mapragatwa. Tanah luas yg mempunyai pemandanan yg sangat fenomenal indahnya menggunakan bukit hijau, jangan terkecoh menggunakan lokasi ini & jangan jua mendirikan tenda pada area ini. Karena lokasi ini cukup beresiko karena pintu angin tentu hembusan angin sangat tinggi pada area ini dakan menaruh efek fatal terhadap ekspedisi perjalanan nanti. Udara sangat dingin dan mampu saja tenda anda beterbangan ketika angin berhembus kencang jadi direkomendasikan anda wajib menuju ke shelter lima jaraknya tidak terlalu jauh berdasarkan area anggun latif ini yang sudah disediakan sang petugas.

PILAR.

Setelah anda bermalam & menginap pada shelter lima saatnya menuju ke Pilar. Waktu yg dibutuhkan kurang lebih 1 jam perjalanan. Jangan memaksakan diri jika tubuh terasa letih dan lelah menginap di shelter lima & keesokan paginya anda bisa melanjutkan ke pilar menjadi destinasi paling akhir buat rute mendaki Gunung Sibuatan.

PUNCAK PILAR.

Ini lah keunikan berdasarkan Gunung Sibuatan Sumatera Utara, ada destinasi zenit pilar yg mampu dilakukan sang para pendaki. Anda & rombongan dapat melihat mentari terbit sunrise di sebelah timur dan melihat sunset matahari terbenam sebelah barat. Apabila cuaca mendukung dan anda memiliki kemampuan buat mewujudkan keduanya sebagai lengkap telah mendaki Gunung Subuatan menjadi bepergian bersejarah dalam hidup anda. Untuk mendapatkan kedua pesona ini tentu cuaca yg mendukung, maklum hutan yg ada disekitar gunung termasuk jenis hutan tropis curah hujan relatif tinggi makan jangan keliru datang-tiba akan telihat kabut tebal datang buat merintangi misi anda disana.

Waktu tempuh buat hingga PILAR lebih kurang /- 45 menit sebagai pesona fenomenal dengan estetika alam pegunungan. Anda sanggup melihat ke semua penjuru dan mata anda akan termanjakan pesonanya. Jika anda beruntung cuaca baik dan jelas kejernihan ini mampu anda abadikan dengan kamera, hape smartphone, atau mereka vidio. Tentu saja saat yang sempurna sebagai pilihan terbaik buat sebuah destinasi treking mendaki gunung.

Untuk membuahkan bukti bahwa anda telah sampai ke puncang gunung, siapkan saat selama /- 20 mnt perjalanan buat sampai ke tiang beton dengan tinggi 1,5 meter sebagai records terbaik para pendaki gunung yg pernah menginjakan kaki pada Gunung Sibuatan yaitu SEC TRIANG NO.191. Inilah PILAR yg menjelaskan bahwa Gunung Sibuatan berdiri menggunakan gagah & tegar menjulang tinggi pada 2.457 mdpl yang berada pada Sumatera Utara Indonesia.

SAAT TURUN GUNUNG MENUJU POS PEMERIKSAAN PINTU RIMBA.

Setelah anda puas melihat seluruh keindahan Gunung Sibuatan saatnya turun kembali & membawa seluruh perlengkapan. Semua sampah wajib anda bawa turun semua jangan hingga tertinggal dan dimasukan ke tas plastik spesifik sampah. Usahakan perjalanan anda turun sampai pada pos pintu rimba sebelum pukul 18:00, lantaran bukti diri anda harus dicatat balik oleh petugas. Maka terdapat kebijakan petugas meninggalkan kartu identitas anda buat melakukan proses arus masuk keluar pendaki lebih tertata menggunakan baik. Petugas menjaga mampu saja sudah pulang sesudah anda melewati pukul 18:00 jadi bisa bikin capek kedua belah pihak yang saling berkepentingan. Jadi tertib administrasi harus dilakukan agar kenyamanan ke 2 belah pihak permanen terjaga.

BUDGET BIAYA PERJALANAN DARI MEDAN KE LOKASI.

1. Ongkos dari Medan hingga ke Gunung Sibuatan: IDR40.000 - IDR50.000 per orang.

Dua. Biaya registrasi masuk ke Gunung Sibuatan: IDR10.000

Jadi total budget porto yang harus anda persiapkan buat satu orang transportasi berdasarkan kota Medan menuju ke lokasi /- IDR60.000. Apabila terjadi kenaikan ongkos transportasi nir terlalu tinggi & masih terjangkau.

Baca jua:

Cara Mendaki Gunung Yang Baik & Benar Para Pendaki Newbie Pemula dan Profesional