Pulau Sikuai: Pesona Pulau Yang Hilang Terabaikan Tetapi Masih Membuat Wisatawan Lokal Menggila Keindahannya

Pulau-Sikuai harta karun estetika pada Sumatera Barat yg sudah mulai hilang lantaran adanya selisih paham antara Pemerintah Provinsi & Swasta sebagai tenggelam pesonanya ditinggalkan begitu saja. Sungguh sangat disayangkan Pulau-Sikuai yang pernah menjadi surganya para wisatawan dunia untuk berlibur ke pulau ini pupus telah harapannya buat tiba, ditutup sejak tahun 2018 ini tentu sangat disayangkan sekali tetapi itu lah resiko bisnis yg terjadi jika terjadi ketidaksepakatan atau adanya perkara lain yang belum terpecahkan mengakibatkan Pulau-Sikuai ditinggalkan seperti nir ada penghuni dan hancur.

Keindahan nan eksotis ini tentu memiliki keindahan yg bisa disejajarkan menggunakan pulau eksotis dunia lainnya ini pernah berjaya di masanya ini. Menutut kabar yang kami peroleh bahwa Pulau-Sikuai ini dikembangkan oleh Pemerintah dan diberikan pengelolaannya kepada partikelir. Bisnis yang dikelola ini memang sangat sepadan menggunakan fasilitas yg diberikan berupa penginapan skala resort, cottage, villa, sampai sampai berdiri hotel berbintang. Dengan fasilitas ini tentu sangat mendukung kunjungan wisata yang sangat digemari lantaran mendukung seluruh kebutuhan pariwisata & fasilitas yg disediakan sangat memadaai. Namun terjadi perseteruan ini mengakibatkan Pulau-Sikuai di tutup yang tentu menaruh imbas yang relatif signifikan terhadap jumlah wisatawan yg telah mengenal Pulau-Sikuai yg anggun mempesona ini terpinggirkan.

KONDISI PULAU SIKUAI SEKARANG.

Dengan tidak adanya konvensi dan titik temu atau win-win solution ini berakibat seluruh aktifitas usaha pada Pulau-Sikuai menjadi terhenti total. Seluruh infrastruktur yang dibangun nir di gunakan lagi, penginapan & bahkan dermaga sudah mulai rusak dan musnah karena usia.

Walaupun demikian selaku wisatwan lokal masih bisa menikmati indahnya pulau ini untuk singgah melihat syarat pantai yg sangat anggun ini dan sebaiknya anda harus ikut tour menurut travel agen karena akan memandu anda buat hingga ke pulau ini minimal penduduk sekitar yang mau memberikan jalan untuk anda melihat menurut dekat pantai & suasana pantai saat melakukan aktifitas dengan laut.

GEOGRAFI PULAU SIKUAI.

Secara geografi Pulai Sikuai ini relatif luas sekitar 44 ha lebih luasnya sudah cukup buat mendirikan sebuah resort yang sudah pernah terdapat. Sangat cocok sebagai loka buat wisata bahari skala internasional sebagai akibatnya bisa menunjang program pariwisata di Sumatera Barat. Secara administratif Pulau-Sikuai masuk dalam Kecamatan Teluk Kabung, area pulau ini memiliki pantai yang sangat indah & pasir putih pantai yang eksotis. Kondisi kurang lebih pulau juga memberikan pesona bawah laut & nir terlalu jauh menurut pusat kota Padang.

Walaupun syarat Pulau-Sikuai memang misalnya ini keadaannya telah ditutup operasional bisnis tidak menutup kemungkinan untuk para wisatwan lokal yg ingin menikmati wisata laut di lebih kurang pulau masih sanggup dilakukan. Untuk hingga ke Pulau Sikuai ini perjalanan poly di mulai menurut Pelabuhan Muara yang poly menggunakan bahtera nelayan lokal. Sejak di tutup transportasi yg banyak dipakai yaitu jenis speedboat walaupun bahtera nelayan masih ada namun hanya beberapa saja.

Khusus anda yang ingin melihat Pulau-Sikuai ini secara lebih dekat anda bisa meminta tour di travel angent anda singgah di pulau ini. Dengan memakai speed boad khusus ini tentu waktu tempuh lebih cepat dan biaya lebih mahal dari kapal lokal nelayan tetapi anda bisa siasati dengan rombongan. Perjalanan lebih banyak dimulai dari muara Padang menuju ke Pulau Sikuai, karena lebih dekat dan beberapa penyewaan kapal juga banyak dari lokasi ini. Waktu tempuh hanya +/- 45 menit ini atau dari Bungus +/- 35 menit

KESIMPULAN.

Sudah pada tutup & seluruh liputan mengenai Pulau-Sikuai ini telah mulai hilang lantaran adanya masalah kedua pihak yg belum selesai. Dengan kondisi ini lah pulau yg sangat eksotis ini mulai ditinggalkan bahkan gemanya pada global pariwisata mulai terpinggirkan. Apalagi semenjak terjadinya gempa yg melanda kota Padang sekitar tahun 2009 silam turut mensugesti jumlah kunjungan wisawatan ke pulau ini. Namun dengan syarat misalnya ini anda tetap bisa melakukan beberapa aktifitas lain misalnya diving, snorkeling, berenang, sampai menikmati suasan bahari pada lebih kurang Pulau-Sikuai.

PESAN TRAVELER.

Walaupun kondisi usaha atau kesepakatan antara pihak yg menyebabkan Pulau-Sikuai karam pamornya semoga mampu ada jalan tengah dan ada willingness buat memajukan pariwisata pada mulai berdasarkan Pulau-Sikuai ini. Sebagai traveler memang sangat berharap dengan adanya program akbar Tour-de-Singkarak sebagai acara tahunan yg memasukan Pesisir Selatan sebagai galat satu rute terbaik untuk program ini bisa ikut sertakan Pulau-Sikuai sebagai promosi wisata bila sudah terjadi sebuah agreement baru antara Pemerintah & Swasta buat memajukan pariwisata Pulau-Sikuai. Aset Ranah Minang yg sangat kaya seperti Pulau-Sikuai ini tentu bisa memberikan dampak lebih akbar lagi terhadap kunjungan wisata yg dibutuhkan bisa mendongkrak ekonomi warga setempat. Semoga pada masa yg akan tiba traveler berharap mampu menerima Pulau Sikuai balik misalnya dulu bisa menghabiskan saat liburan pada sana bersama rekan usaha ataupun famili tercinta. Semoga.

KENANGAN FOTO PULAU SIKUAI.

Berikut ada beberapa foto kenangan Pulau-Sikuai pada saat masih berjaya sebagai pulau yang sangat digemari untuk berlibur. Referensi dari berbagai sumber bisa memberikan sebuah kenangan bahwa Pulau ini pernah menjadi destinasi wisata dunia yang diperhitungkan keberadaannya oleh traveler seluruh dunia.

Poto oleh: pinterest.co.uk/pin/341569952968770373/
Poto oleh: commons.wikimedia.org
Resort Pulau Sikuai Tempo Dulu. Poto oleh: mapio.net
Poto oleh: groupjavas.com