Oleh Oleh Makanan Khas Jakarta: Pilihan Sepanjang Masa Tak Tergantikan

Oleh-sang-kuliner-khas-Jakarta. Ini lah pilihan yg akan selalu di pilih sepanjang masa akan masuk pada selera berdasarkan generasi ke generasi tidak akan pernah lekang menggunakan ketika. Makanan-spesial -Jakarta ini telah mulai poly terlupakan karena terpinggirkan oleh makanan baru selera zaman now namun percayalah kuliner-khas-unik-Jakarta ini akan menjadi kenangan & akan menjadi cerita dari keluarga ke famili bahwa ini lah makanan khas Jakarta yang melegenda dan fenomenal telah ada semenjak zaman dulu. Makanan ini mencerminkan olahan yang sangat paripurna dan bahan yang sangat sederhana sebagai sebuah hidangan terpercaya enak, gurih, & pastinya harga sangat terjangkau. Plesirankotatua berhasil mengumpulkan warta oleh-oleh-kuliner-spesial -Jakarta yg terus melegenda sepanjang masa pilihan keluarga yg menghargai bahwa masakan Jakarta ini nir terlepaskan dengan budaya suku Betawi yang mendiami kota ini pada mulai zaman penjajahan Belanda. Berikut liputan lengkapnya.

1.KERAK TELOR.

Poto oleh: idntimes.com

Makanan sepanjang masa yang sudah hadir sejak dahulu kini masih poly ditemukan ketika terdapat program khusus seremoni kota Jakarta terutama pada Jakarta Fair atau acara resmi makanan lainnya yang diadakan sang pemerintah kota atau swasata. Kerak telor memang sangat fenomenal hanya menggunakan bahan yang sangat sederhana ini yaitu beras & telu bebek yang diaduk pada wajan yg sudah dipanaskan & ditambah dengan beberapa bahan krusial tambahan lainnya bisa menaikkan nafsu makan buat satu porsi kerak telor. Kuliner ini sangat spesial suku Betawi yg terdapat pada Jakarta dan termasuk ikonik sebuah sajian yg harus anda coba saat berada pada Jakarta. Hanya inilah hidangan yang sangat melegenda itu yang isinya ada serundeng dan beberapa tambahan lainnya sebagai akibatnya terasa gurih dan enak. Masukan ke pada daftar belanjaan anda waktu akan pulang untuk masuk ke dalam sang-oleh-kuliner-khas-Jakarta.

TIPS: hanya andalah sebagai traveler yg akan mempopulerkan kembali kuliner-spesial -Jakarta ini dari suku Betawi yang sudah mulai terpinggirkan sang majunya zaman dan pembangunan kota DKI Jakarta. Partisipasi anda akan memajukan ekonomi kerakyakan yg tentu diikuti oleh penjual berbasis ekonomi lemah yg butuh pemasukan menggunakan menjual kerak telor menjadi produk unggulan mereka yg dijajakan kepada seluruh penduduk ataupun para wisatawan.

2. KUE GEPLAK.

Poto oleh: bukalapak.com

Kue tradisional di suku Betawi telah tentu masuk ke dalam kuliner-khas-tradisional-Jakarta ini sebuah pilihan terbaik walaupun sebagian orang kue antik tetapi masih mampu diterima oleh semua generasi. Rasa asin & gurih ketika pada gigit ini bisa memberikan rasa nostalgia bila anda seseorang anak yang dibesarkan pada lingkungan perkampunga betawi. Saat sekarang ini kudapan manis geplak mampu dijumpai di lebih kurang wilayah Bintaro yg tentu masih ada famili yang mengabdikan dirinya buat permanen ulet menekuni usaha home made buat semua kalangan. Sudah mulai sangat sporadis ditemukan tetapi anda masih berlega ada penjual yang menciptakan kudapan manis ini dari bahan yg sangat sederhana menurut tepung beras & warna coklat yg khas selesainya sebagai sebuah kue. Proses pembuatannya di tepuk-tepuk hingga padat sehingga terbentuk pipih dan memanjang.

TIPS: rasa yg sangat gurih & manis ini cocok menjadi sang-sang-kuliner-spesial -Jakarta tentu mampu singgah ke wilayah Bintaro buat membelinya agar kangen camilan tradisional Betawi masih sanggup dirasakan pada ketika sekarang.

3. ROTI BUAYA.

Poto oleh: goodindonesianfood.com

Maha karya sebuah peradaban kebudayan suku Betawi membangun sebuah roti bernama buaya yang masuk dalam sebuag prosesi istiadat terutama ketika pernikahan. Seorang laki-laki akan masuk dalam rananh pernikahan akan membawa suguhan roti buaya sebagai hantaran wajib sebelum memulai langkah berumah tangga. Menjadi sebuah ikonik makanan-khas-Jakarta ini memang berasal menurut Betawi namun sudah berubah menjadi sebagai sang-oleh-makanan-khas-Jakarta yg telah diburu oleh seluruh traveler dunia buat menikmati kudapan manis yg dibuat persis seperti buaya. Dengan poly peminat yang ingin mendapatkan roti buaya ini nir perlu wajib mengikuti prosesi pernikahan pada acara saudara ataupun tetangga kini sudah ada toko kudapan manis yang menyediakan kue ini menggunakan harga yang sangat terjangkau & bisa anda bawa pulang sebagai butir tangan.

TIPS: lambang sebuah kesetian makan roti buaya pada gunakan sebagai simbol bagi sebuah rumah tangga dimana pernikahan ini harus sekali dan seumur hayati & hanya maut yang memisahkan kedua manusia ini. Jadi inilah filosofi makna menurut roti buaya menurut suku Betawi yg ada di Jakarta sehingga anda menjadi traveler dari kota seluruh global yg ingin menerima roti ini pada toko kue maka inilah arti makna sesuangguhnya.

4. KUE KEMBANG GOYANG.

Poto oleh: id.wikipedia.org

Oleh-oleh-kuliner-khas-Jakarta ini memang telah mulai dikenal oleh para traveler. Kue spesial Betawi ini telah mulai banyak ditemukan pada beberapa daerah pada Indonesia. Proses pembuatannya relatif hampir sama & menggunakan bahan yg sama yaitu menggunakan tepung beras dan campuran garam, gula pasir, dan sediki vanila essence agar aroma harum menarik hati kesukaan buat dikunyah. Dengan banyaknya kesukaan bagi konsumen yang ingin menaruh pilihan dalam variasi rasa maka penjual membentuk rasa daun pandan, jahe, sampai aroma spesial lainnya sinkron menggunakan karakter di penjual.

5. DODOL BETAWI.

Poto oleh: beritadaerah.co.id

Olahan dari tepung ketan warna hitam dan rona putih ini menyatu pada wajan ditambah dengan gula pasir. Proses memasaknya membutuhkan waktu yang relatif usang & selalu di aduk rata sampai kental dan seluruh bahan tercampur merata. Jangan pernah ada waktu ditinggal dalam proses memasak ini karena akan gosong sehingga hasilnya tentu jelek ada rasa pahitnya. Jadi, dodol betawi ini tersaji pada acara spesifik misalnya mantenan hingga acara kebudayaan.

TIPS: saat sekarang ini ketersedian jumlah dodol Betawi dipasaran sudah mulai jarang karena proses pembuatannya cukup rumit dan butuh kesabaran tingkat tinggi. Jadi, saat banyak tersedia dodol ini memang di acara besar dan akbar umat Islam seperti IDul Fitri atau Idul Adha. Pada pameran  acara DKI Jakarta juga tersedia apalagi acara kebudayaan Betawi sudah tentu pasti tersedia. Apabila anda menemukan dodol Betawi ini bisa masuk dalam agenda oleh-oleh-makanan-khas-Jakarta yang sudh mulai langka dan sudah jarang ditemukan di pelosok Jakarta.

Baca jua:

Oleh Oleh Khas Bali: Buat Pacar, Kekinian, Unik Dari Kota Denpasar

Pastikan Oleh Oleh Khas Bangka: Makanan atau Minuman Telah Masuk Daftar Belanja Sebelum Pulang Ke Kota Tujuan

Oleh Oleh Khas Cirebon Sepanjang Masa: Kenali, Cicipi, Beli Bawa Pulang

PENUTUP.

Dengan berkembangnya kota DKI Jakarta menjadi kota metropolitan membuat kuliner-khas-Betawi-Jakarta ini telah mulai terpinggirkan. Hanya anda sebagai wisatawan atau perantau menurut daerah lain yg kebetulan hadir pada kota ini sempatkan saat buat merasakan kuliner-spesial ini supaya anda tahu ini lah makanan yg telah ada sejak dahulu sebelum anda lahir sudah sebagai suguhan di program krusial bahkan pada acara kebudayaan Betawi pada masa lampau. Semoga bermanfaat dan segerakan selamatkan kuliner-khas-Betawi-Jakarta ini supaya nir punah & hilang begitu saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel