Museum Adityawarman Padang Sumatera Barat

Museum-Adityawarman-Padang-Sumatera-Barat merupakan sebuah museum kebudayaan yang dipersiapkan oleh Pemerintah Provinsi yg resmi didirikan dalam tanggal 16 Maret 1977 ini telah menjadi destinasi wisata bagi seluruh wisatawan yg ingin mengenal lebih dekat budaya yg ada di Ranah Minang. Nama museum ini diambil dari nama besar seseorang Raja Malayapura lebih kurang abad ke 14 ini bernama Adityawarman yang masa penjabatannya hampir sama menggunakan Kerajaan Majapait. Banyak rekomendasi yg diberikan sang para traveler semua dunia bahwa museum ini dijuluki menjadi Taman Mini ala Ranah Minangkabau Sumatera Barat.

Poto oleh: infosumbar.net

ARSITEKTUR BANGUNAN MUSEUM-ADITYAWARMAN DAN BANGUNAN LAINNYA.

Menurut sejarah konstruksi bangunan museum ini pada mulai pengerjaannya sekitar tahun 1974 dengan luas /- dua,6 ha & luas bangunan hampir dua,800 meter persegi. Dengan bangunan yg mirip bahkan menyerupai rumah gadang yang ada di Ranah Minang ini cerminan atap bagonjong menjadi bukti diri sebuah budaya keadatan di Sumatera Barat. Termasuk pada cagar budaya pada Minangkabau & sekitarnya masuk pada koleksi museum yang sampai kini masih dijaga dengan baik.

BANGUNAN LINGKUNGAN MUSEUM.

Saat anda berada pada sekitar halaman ada beberapa bangunan yg tegak berdiri menceritakan makna dibalik bangunan tersebut.

1. Tugu Perjuangan.

Di kurang lebih museum anda akan melihat Tugu Perjuangan menggunakan warna putih dan hitam dilengkapi menggunakan bambu runcing. Tugu ini menceritakan usaha para pejuang pada masa dulu yang gigih membela kehormatan bangsa berdasarkan penjajah. Para pejuang yang asal berdasarkan Ranah Minang pula memberikan effort usaha bagi negara ini & salah satunya Bapak Proklamator Dr. Mohammad Hatta.

Dua. Simbol Sejarah Budaya Ranah Minang.

Ada beberapa simbol yang terdapat di lebih kurang Museum-Adityawarman ada 7 patung berukuran besar yang menyapa wisatawan. Saat sebelum masuk Islam pada Ranah Minang masih menganut Hindu-Budha yang masih sanggup terlihat di museum ini. Lantaran itu alasannya adalah masih adanya patung sebagai bepergian sejarah.

3. Pesawat Tempur.

Di pada lingkungan taman museum ada berdiri megah Pesawat Tempur. Lokasinya relatif sedikit pada pinggir. Pesawat tempur pada masa Perang Dunia II ini menyebutkan menjadi monumen pengembalian kota Padang ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada lepas 9 Maret 1950.

KOLEKSI MUSEUM-ADITYAWARMAN.

Di pada museum sudah tertata koleksi yang sangat rapi dan memberikan liputan yg relatif bagi semua wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh budaya Minangkabau. Isi-Museum-Adityawarman pengelompokan sudah dilakukan oleh pengelola museum dengan banyak sekali tingkatan koleksi dimulai menurut arkeologika, biologika, etnografika, filolo?Gika, geologika/geografika, historika, keramologika, teknalogika, dan seni rupa. Informasi dari museum jumlah koleksi yg ada lebih kurang /- 6.000 koleksi tersimpan dengan rapi dan baik serta terawat.

Tidak hanya itu saja, koleksi 13 manuskrip Al-Quran menggunakan kondisi masih baik dan benar juga ada pada museum ini. Menurut kabar, kertas yang dipakai kualitas kertas Eropa. Terdapat cap kertas Propatria dan Singa berpedang dalam koleksi ini. Walaupun telah sangat tua & adanya kerusakan dalam kulit Al-Quran tersebut makan pengelola museum menukar yg rusak tersebut menggunakan kertas buat melapisi menggunakan warna yang mirip supaya masih kontras.

KONDISI RUANGAN DALAM MUSEUM ADITYAWARMAN.

Setelah masuk ke dalam ruangan Museum-Adityawarman anda sanggup melihat diarima yg mengungkapkan beginilah sistem istiadat Minang yg telah ada semenjak dahulu kentara terstruktur dalam hubungan hubungan pada sebuah adat pada Ranah Minangkabau. Di Minang sistem korelasi istiadat menganut prinsip matrilineal dimana pihak perempuan yang menaruh imbas sangat bertenaga dalam pada adat Minangkabau. Cerminan ini bisa terlihat perempuan Minang semua aktivitas rumah diatur hingga menggunakan harta pusaka tinggi dipegang sang perempuan .

Terlihat jua ruangan pada dalam museum adanya peragaan pelaminan pernikahan menggunakan istiadat Minangkabau tentu spot ini sangat disenangi sang para wisatawan bisa eksklusif mengenal budaya dari simbol penting yang dipamerkan. Di sudut ruangan juga terdapat koleksi benda yang sangat bersejarah menurut suku Mentawai yg merupakan bagian berdasarkan Sumatera Barat menggunakan memiliki adat norma jauh tidak selaras dan menerapkan sistem kekerabatan patrilineal.

INFORMASI PENTING MUSEUM-ADITYAWARMAN.

Alamat: Jalan Diponegoro No. 10, Belakang Tangsi, Padang Barat, Belakang Tangsi, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat 25114.

Telepon: 6275131523

Website: museumadityawarman.Org

Email: hai@museumadityawarman.Org

Waktu Buka, Jam Operasional: Senin-Minggu & Anak-anak: IDR2.000

Sangat mudah sekali akses ke museum, sangat dekat dengan pusat kotsa Padang dan hotel-hotel berbintang disekitar memudahkan para wisatawan buat mendatangi Museum-Adityawarman. Jika menurut pusat kota misalnya Pasar Raya hanya butuh ketika 10 mnt berjalan kaki saja. Apabila anda ingin mempercepat langkah dalam waktu sekarang ini telah terdapat ojek online yang mampu anda naiki dengan harga yg sangat terjangkau. Pastikan anda telah install aplikasi ojek online ini saat berada pada kota Padang Sumatera Barat.

Sangat mudah sekali akses ke museum, sangat dekat dengan pusat kotsa Padang dan hotel-hotel berbintang disekitar memudahkan para wisatawan buat mendatangi Museum-Adityawarman. Jika menurut pusat kota misalnya Pasar Raya hanya butuh ketika 10 mnt berjalan kaki saja. Apabila anda ingin mempercepat langkah dalam waktu sekarang ini telah terdapat ojek online yang mampu anda naiki dengan harga yg sangat terjangkau. Pastikan anda telah install aplikasi ojek online ini saat berada pada kota Padang Sumatera Barat.

Sangat mudah sekali akses ke museum, sangat dekat dengan pusat kotsa Padang serta hotel-hotel berbintang disekitar memudahkan para wisatawan untuk mendatangi Museum-Adityawarman. Jika dari pusat kota seperti Pasar Raya hanya butuh waktu 10 menit berjalan kaki saja. Apabila anda ingin mempercepat langkah pada saat sekarang ini sudah ada ojek online yang bisa anda naiki dengan harga yang sangat terjangkau. Pastikan anda telah install aplikasi ojek online ini saat berada di kota Padang Sumatera Barat.