Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Anda telah berada di kota Padang saatnya mengunjungi air-terjun-sarasah-banyak-gariang yg lokasinya nir jauh dari pusat kota. Tidak terlalu jauh berdasarkan pusat kota Padang ini menjadi destinasi terbaik bagi anda yang ingin menghabiskan ketika liburan hanya di kurang lebih kota saja. Mungkin dana terbatas sanggup membawa seluruh famili kesini & tentunya nir banyak pula biaya yang akan anda belanjakan.

Poto sang: wisatakotapadang.Wordpress.Com

GEOGRAFI AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG.

Air terjun ini mempunyai ketinggian /- 40 meter yang telah pasti terletak di dalam hutan Bukit-Sarasah tepat pada kaki Bukit-Barisan-Sumatera. Jika ditinjau berdasarkan jumlah pengunjung memang air terjun ini lebih disenangi karena tadi jaraknya telah sangat dekat berdasarkan LIK Gaduik lebih kurang 2 km saja. Jadi akses relatif mudah dan nir repot buat hingga ke lokasi air terjun.

Menurut cerita penduduk lokal disana, air terjun ini dulunya kolam air sangat poly Ikan Gariangnya, jadi makanya menggunakan nama ini pribadi melekat ke AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG. Dari struktur air terjun menggunakan poly batu alam yang bertumpuk sehingga mirip misalnya piramida. Setelah anda sampai ke lokasi sudah tentu akan disambut dengan air terjun yang terpecah oleh bebatuan tentu akan mengarah ke anda bila sangat dekat menggunakan hempasan air tersebut.

Sangat latif memang dan air yang berjatuhan ini melewati struktur bebatuan yg menumpuk ini memberikan pesona lain indah & asri. Sebagian wisatawan menyebutnya AIR-TERJUN-SARASAH-ULU-GADUIK, walau sebutan agak sedikit tidak sinkron tetapi maknanya tetap sama. Untuk taraf pertama memiliki ketinggian /- 8 meter.

Apabila dihitung menurut bawah air terjun ini terlihat terdapat tujuh taraf dimana masing-masing taraf mempunyai jalur air. Dari tingkat pertama air mengalir hampir tegak lurus dn akan jatuh ke taraf yang ke 2. Menaiki buat ke tingkat pertama relatif gampang & harus menaiki batuan, bila dihitung ketinggian /- 15 meter berdasarkan kolam.

Apabila anda telah hingga ke lokasi memang harus memperhatikan langkah, karena bebatuan yg akan anda injak terdapat yg sudah berlumut tentu akan menghambat langkah anda licin. Para wisatawan rata-homogen sanggup hingga ke tingkat pertama & kedua saja karena kasus keselamatan saja. Untuk hingga ke tingkat tertinggi ke level tujuh memang harus melalui jalur yg cukup terjal dan sulit lantaran kemiringannya hampir mendekati 50 derajat, itupun wajib memiliki keahlian panjat tebing untuk melakukan hal yang ekstrim & uji adrenalin ini.

ALAMAT AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG.

Lokasi air terjun berada pada Nagari Koto Baru Gaduik, Keluruhan Limau Manih Selatan, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat.

BAGAIMANA CARA KE AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG.

Cara ke air-terjun-sarasah-poly-gariang ini nir sulit hanya berjarak 2 km berdasarkan posisi LIK Gaduik hanya 40 menit perjalanan dari kota Padang. Mayoritas penduduk lokal poly memakai kendaraan roda empat dan roda dua buat hingga ke lokasi.

Tetapi jika anda seorang backpacker yang ingin menjajal diri memakai tunggangan angkutan kota jua bisa dengan menaiki angkutan kota jurusan Ulu-Gaduik. Setelah anda sampai ke LIK Gaduik ini harus menaiki kembali angkutan kota lainnya rona kuning menuju ke Koto Baru. Anda turun pada sampai rute angkot ini berakhir dan harus estafet lagi hingga ke posko seperti rumah sebelum terdapat jembatan kayu menggunakan jalan kaki. Di kurang lebih posko inilah anda bisa melihat banyak sekali tunggangan bermotor parkir & harus memakai ke 2 kaki buat melangkah sampai ke lokasi tujuan. Yang sangat menarik merupakan, berjalan kaki harus melewati aliran sungai. Ikuti sampai ke hulu akan terlihat air terjun eksklusif saat anda sudah mendekati lokasi. Perjalanan kaki ini cukup panjang membutuhkan waktu 1,5 jam bepergian atau jarak tempuh /- 6 km.

BIAYA-BIAYA.

Tentu memasuki lokasi air terjun akan dikenakan tarif IDR3.000 dan parkir IDR2.000 per motor.

TIPS:

Ada beberapa tips yang menjadi perhatian anda ingin mengunjungi air terjun  yang sangat menarik dan dekat dari kota Padang. Tips ini tentu berhubungan dengan kenyamanan selama melakukan treking hingga tetap betah berlama-lama di lokasi air terjun. Berikut diantaranya:

1. Kunci terbaik buat samapi ke lokasi adalah menyelusuri genre sungai sampai ke hulu dalam waktu cuaca baik atau demam isu kemarau. Tidak direkomendasikan dalam trend hujan lantaran masalah keamanan dan situasi kondisi pada perjalanan karena anda berada pada sungai.

Dua. Perhatikan ketika bepergian telah masuk pada trend kemarau lantaran saat ini sangat terbaik. Jika di hari biasa yg terdapat demam isu hujan usahakan diundur hingga waktu yang direkomendasikan ini.

3. Tentu perjalanan ini akan melakukan tracking sedikit dan bawalah barang seperlunya supaya perjalanan anda permanen nyaman saat tas backpack dibawa.

4. Lokasi terbaik bagi anda yg memiliki budget murah buat medatangi lokasi air terjun ini, telah tentu pasti pada akhir pekan sangat ramai pengunjung. Jika anda ingin agak sepi usahakan berkunjung di hari biasa saja.

5. Selalu jaga kebersihan, buang sampah dalam tempatnya. Jika anda dalam perjalanan wajib membawa kantong plastik & akan dibuang saat anda masuk di pintu gerbang tersebut. Lokasi air terjun bukan loka sampah, lokasi ini tempat wisata buat kenyamanan beserta.

6. Tetap beradat buat memakai pakaian yang sopan. Anda harus mengedepankan kesponan atas norma supaya ketenangan semua wisatawan mampu terwujud dengan baik.

7. Pesan terakhir adalah adanya tangan jahil yg akan selalu mencari kesempatan untuk melakukan corat-coret atau vandalisme objek datar yg tentu akan menghambat pemandangan & Mengganggu keadaan air terjun. Jadi, sebagai waisatawan yg berkunjung saling pantau adanya fenomena seperti ini. Mari jaga alam ini permanen nyaman karena tentu akan berdampak pada anda yg menikmati treking perjalanan ini.