Air Terjun Lubuk Batu Bulan

Keindahan air-terjun-lubuk-batu-bulan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota ini telah mempengaruhi para wisatawan hingga traveler yg menginginkan lokasi terbaru buat dikunjungi menjadi tempat wisata favorit dan lokasinya masih pada Ranah Minang. Air terjun ini sangat unik sekali air jatuh langsung ke lubuk atau kolam yang bentuk cekungan misalnya bulan. Aliran air yang jatuh ke lubuk ini tidak ada sungai yang mengalir namun air yg jatuh ke lubuk atau kolam. Keunikan lain merupakan lubuk genangan air tadi ada gua yg relatif luas pribadi menampung air yg jatuh tadi. Air jatuh ini juga ditemukan sekitar satu kilomenter ke arah hilir sebagai air krusial buat aliran sawah petani. Jadi, lokasi air terjun ini nir sanggup dijadikan lokasi buat mandi atau berenang. Hanya bisa sebagai loka untuk cuci muka atau merasakan gemercik air yg kena pada dinding tebing.

Poto oleh: portalwisata.co.id
Poto oleh: pesona-minangkabau.blogspot.com

GEOGRAFI AIR TERJUN LUBUK BULAN.

Air terjun menggunakan ketinggian /- 50 meter ini terlihat dibelakangnya terdapat cekungan bentuk goa yang sangat unik bahkan alami terbentuk dari alam. Tentu lingkungan lebih kurang sebagai panorama yg sangat menakjubkan bahkan terunik yg hanya ada di air terjun ini.

BAGAIMANA CARA KE AIR TERJUN LUBUK BULAN.

1. DARI KOTA PAYAKUMBUH.

Jalan menuju ke air-terjun-lubuk-bulan merupakan anda sebaiknya berangkat menurut sebuah pasar masyarakat tradisional pada Kecamatan Mungka menggunakan jeda tempuh /- 10 km. Perjalanan menuju ke lokasi air terjun disuguhi dengan pemandagan sawah lokal penduduk serta beberapa aktifitas peternakan penduduk terlihat menggunakan kentara seperti peternakan unggas yg sebagai mata pencaharian primer penduduk lokal pada Nagari Mungka.

Kalau anda berdasarkan sentra kota Payakumbuh memakai kendaraan umum wajib menuju ke daerah Danguang-Danguang, dan dapat menyewa ojek sampai ke daerah yang bernama Simpang Kapuak.

PENTING!.

Perjalanan yg akan dilakukan ini sangat menantang dan akses terbaik menggunakan tunggangan roda dua. Lebih baik memakai motor khusus untuk treking jangan matik. Karena medan yang relatif terjal ini akan membutuhkan motor yg spesifik pula dan sehabis itu anda akan melakukan bepergian kaki menuju ke hutan dan perkebunan penduduk lokal.

Setelah anda menempuh bepergian memakai motor sendiri ini & akhirnya jalan aspal berganti menggunakan jalan hotmix. Setelah holistik jalan ini anda tempuh makan saatnya pertualangan dimulai. Dibutuhkan kosentrasi tingkat tinggi karena anda sudah mulai menaiki perbukitan yang relatif terjal, berliku, dan memiliki medan yang relatif curam. Setelah liku-liku perjalanan ini anda akan mampu rehat pada tempat duduk atau istriahat sejenak saat perjalanan yg menegangkan telah usai. Dari lokasi ini anda mampu eksklusif melihat lebatnya hutan khas Sumatera yg masih terawat.

Perjalanan anda belum selesai saatnya melanjutkan perjalanan, jangan terlalu lama duduk pada sekitar tempat istirahat ini. Tujuan akhir ke air-terjun-lubuk-bulan masih sekitar /- 15 km lagi buat sampai ke lokasi. Perjalanan sudah dilanjutkan dan anda telah hingga pada jorong Koto Tinggi Kubang Balambak saatnya ekspedisi pecinta alam dipersiapkan. Siapkan kaki yg kokoh karena anda akan masuk ke rimba hutan yang cukup lebat yg tentu memberikan sebuah pengalaman menarik menjadi pecinta alam.

Jalan setapak sebagai tumpuan kaki melangkah kiri dan kanan telah menyambut pohon yg tinggi dengan bermacam jenis. Terlihat juga flora gambir sebagai komoditas output bumi lainnya pada lebih kurang jorong ini. Setelah melewati beberapa hutan gambir ini & akan masuk ke rimba yang akan mempunyai tema perjalanan berupa tebing yang relatif curam bahkan hingga ke kaki lembah. Lama bepergian buat sampai kesini sudah memakan ketika -/ tiga jam bepergian menurut awal jalan hotmix habis sampai pemberhentian terakhir.

Setelah sampai di zenit bukit anda bisa melihat indahnya pemandagan pada bawah sana menjadi nilai plus berdasarkan ekspedisi bepergian ini. Sekitar /- lima mnt berdasarkan sini anda telah mulai mendengar hentaman air terjun dan akhirnya sampai pada lokasi tujuan akhir yaitu air-terjun-lubuak-bulan.

Dua. DARI PEKANBARU.

Apabila anda dari dari kota Pekanbaru mampu langsung menuju ke lokasi air terjun tidak perlu lagi melewati kota Payakumbuh. Ambil dalur pada Simpang Hulu Air, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Simpang hulu ini merupakan jalan masuk awal menuju ke lokasi air terjun tepatnya sebelum anda memasuki kelok sembilan. Posisinya sebelah kana dan sudah anda papan petunjuk yg sudah dibuat sang mahasiswa sedang tugas KKN di kurang lebih wilayah ini. Jarak menurut simpang masuk ini menuju ke lokasi menggunakan jarak /- 15 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam bepergian.

Kondisi jalan ada aspal dan akan bertemu jua jalan berbatu dan tanah. Hampir sama dengan rute pada kota Payakumbuh wajib ekstra hati-hati karena medan yg akan anda lalui akan terdapat treking yg perbukitan turun & naik. Jadi pastikan kewaspadaan tingkat tinggi supaya motor tetap stabil dala berkendara & akan menemukan jalan sampai ke pintu masuk wisata.

SUASANA LENGKAP SEKITAR AIR TERJUN.

Suasana lebih kurang air terjun ini terdapat berupa jeda yang cukup tinggi misalnya patahan bumi dengan kondisi hutan liar. Pemandangan alam yg sangat indah sekali dan tidak ada duanya ada pada Ranah Minang ini. Di atas air terjun terlihat punggung tebing dan adanya gua yang terjadi proses alami patahan tersebut dengan bebatuan. Jika anda berdasarkan dalam gua juga bisa pribadi terlihat air terjun yang turun menaruh warna tersendiri waktu berada pada lebih kurang goa ini.

Air terjun ini tampaknya eksklusif masuk ke perut bukit & keluar di jorong dibawah berupa mata air lebih kurang 1 km meter jauhnya. Kemungkinan berasal airnya berasal menurut air terjun ini. Memang terasa lain & tidak sinkron sekali dengan keindahan ini cita rasanya ingin berlama-lama dan menikmati suasana dua menggunakan leyehan santai sampai ketika siap buat turun kembali.

ALAMAT AIR TERJUN LUBUK BULAN.

Alamat letak lokasi air terjun di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Tata letak yg sangat terpencil ini bisa dikatakan terisolir di Kabupate Lima Puluh Kota butuh waktu lebih kurang 4-5 jam bepergian menggunakan sepeda motor dari sentra kota Payakumbuh.

PARKIR KENDARAAN.

Memang menuju ke lokasi wisata ada perumahan penduduk yang mampu anda parkir tunggangan sesudah mendapat biar dan membayar porto parkir pada penduduk lokal tadi. Memang nir terdapat tarif spesifik tetapi anda mampu menaruh IDR5000 per motor buat memulai bepergian treking setelah tunggangan anda parkir & melanjutkan berjalan kaki menuju ke hutan dan perkebunan rakyat. Dari sini anda juga bertanya ke penduduk atau memakai jasa tour guide buat antar sampai ke lokasi sudah sanggup anda tawarkan kepada mereka, menjadi cara berterima kasih buat menaruh sedikit peluang kerja kepada mereka.

TIPS SAAT MELAKUKAN EKSPEDISI MENUJU AIR TERJUN.

Ada beberapa tips buat melangkapi tulisan ini supaya bepergian ini menjadi lebih nyaman.

1. Sebaiknya perjalanan ini dimulai dalam waktu ekspresi dominan kering, jangan dalam musim hujan. Karena medan akan sebagai sulit & licin ketika dikendarai oleh kendaraan bermotor.

Dua. Sebaiknya anda memakai jasa tour guide sangat direkomendasikan. Pada masuk ke nagari Koto Tinggi Kubang Balambak ada jasa buat menemani anda hingga ke lokasi air terjun. Untuk porto bisa anda negosiasikan, harga mampu dimulai menurut IDR25.000.

Tiga. Persiapan buat sepatu sebaiknya menggunakan sepatu spesifik untuk naik gunung denan sol sepatu yg kuat seperti sepatu mendaki gunung sangat direkomendasikan.

4. Bawalah perlengkapan logistik yg cukup selama melakukan ekspedisi perjalanan ini. Bawa tas dan barang secukupnya tidak hiperbola sinkron dengan ketika kunjungan saja, misalnya sandang ganti dan handuk bila di lokasi anda bermain air.

5. Sebaiknya anda melakukan perjalanan secara tim atau rombongan agar suasana yg akan akan nikmati beserta lebih bersemangat dan saling tolon menolong pada bepergian nanti.

6. Jangan buang sampah sembarangan karena ada pertanda wisatawan yang menciptakan sampah dari logistik yg mereka bawa. Anda jangan hingga membuang sampah di lokasi air terjun karena lokasi ini bukan tempat sampah namun likasi wisata alam yg masih alami dan sangat disukai sang wisatawan semua global.

7. Budayakan sifat orang timur & beradat nir melakukan corat-coret dinding gua. Sifat seperti ini sangat nir terpuji & akan menghambat aset wisata Ranah Minang yg harus dijaga bersama.

8. Perjalanan ini harus mempunyai stamina prima, nir sakit, atau phobia menurut ketinggian.

9. Total lama saat bepergian buat hingga ke air terjun /- 4-5 jam, pastikan waktu yg cukup buat anda yg mengunjungi dan sampai kembali pada jorong Koto Tinggi Kubang Balambak. Perjalanan beragkat ke lokasi usahakan dalam pagi hari dan cuaca terbaik pada animo panas.