Beberapa Makanan Sumber Protein Untuk Diet Sehat

Makanan Yang Mengandung Protein Untuk Diet - Jika Anda sesorang yang sedang menjalani program diet atau Anda seorang atlit, maka Anda sangat dianjurkan untuk memakan makanan yang mengandung protein
Makanan Yang Mengandung Protein Untuk Diet - Jika Anda sesorang yang sedang menjalani program diet atau Anda seorang atlit, maka Anda sangat dianjurkan untuk memakan makanan yang mengandung protein. Karena protein akan menambah massa otot Anda. Banyak manfaat dari protein seperti energi dalam tubuh dan sebagai zat pengatur atau cadangan makanan dan protein juga menjaga keseimbangan asam dalam tubuh.

Begitu pentingnya protein maka makanan yang mengandung protein harus Anda konsumsi setiap hari. Cocok untuk program diet Anda. Jika Anda orang yang sedang melakukan program diet, baiknya Anda membaca Cara Ampuh Untuk Diet Yang Alami terlebih dahulu. Dibawah ini adalah beberapa makanan yang mengandung protein yang dapat Anda manfaatkan untuk kebutuhan diet Anda.

1. Udang

Udang banyak mengandung kalsium dan protein yang termasuk dalam sumber protein hewani.

2. Tempe dan Tahu

Kacang Kedelai yang terdapat dalam tempe dan tahu sangat kaya dengan protein. Tempe dan tahu juga rendah lemak dan mengandung phytochemical seperti isoflavon, asam phytc dan saponin. Kandungan ini baik untuk mengurangi potensi terkena penyakit jantung, osteoporosis dan kanker.

3. Brokoli

Mengkonsumsi brokoli sangat penting untuk sumber protein. Selain mengandung protein, brokoli juga mengandung serat, karbohidrat, vitamin dan mineral sehingga digolongkan sebagai sayur dengan nutrisi lengkap. Anda bisa menjadikannya salah satu pilihan bahan masakan sehari-hari.

4. Keju

Keju adalah sumber protein yang baik. Cobalah keju cheddar atau mozzarella yang dicampur ke dalam salad, pasta, sandwich atau sup. Satu hal yang harus diperhatikan, terutama bagi Anda yang sedang diet adalah keju mengandung lemak. Sehingga batasi konsumsi Anda tak lebih dari 1 ons per hari. Ingat bagi yang sedang diet hindari makan secara berlebihan.

5. Bayam

Anda bisa mengonsumsinya dengan cara apa saja. Pastikan Anda tidak terlalu lama memasaknya, agar rasa tidak berubah dan nutrisinya tetap terjamin. Sedikit ide untuk mengolah bayam: kukus sebentar lalu bumbui dengan merica hitam dan sedikit minyak zaitun.

6. Susu Murni Tanpa Gula

Sumber protein yang paling baik dan kaya protein berkualitas ada di dalam susu murni. Jumlah protein susu murni memang tak terlalu besar, namun kualitas protein yang disediakan bagi tubuh sangat menakjubkan. Protein dalam susu mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh. Konsumsilah setiap pagi agar protein Anda tercukupi.

Makanan Sumber Protein Untuk Diet

7. Telur

Sumber protein dengan kandungan nutrisi terlengkap terdapat dalam telur apabila dibandingkan makanan sumber protein lainnya. Sebutir telur rebus mengandung 7 gram protein dengan hanya dua gram lemak jenuh. Untuk menghindari lemak jenuh, gunakan putih telur dan buang kuningnya. Silahkan Anda coba untuk kebutuhan protein Anda.

8. Ikan Teri

Fakta ini memang sangat mengejutkan. Makanan yang sering diremehkan atau bisa dibilang “makanan rakyat” ternyata tinggi kandungan proteinnya. Walaupun ukurannya kecil, ternyata kandungan proteinnya mencapai 10%. Selain protein, Anda juga bisa mendapatkan kalsium dengan mengkonsumsi ikan teri.

9. Gandum

Selain kedelai, gandum juga memiliki kandungan protein. Gandum memang lebih banyak dikenal sebagai sumber karbohidrat. Namun, tahukah Anda kalau gandum juga mengandung protein? Pada gandum, kandungan protein bisa mencapai sekitar 9%. Fakta yang mengejutkan bukan? Namun demikian, konsumsi gandum sebaiknya dibatasi, terutama bagi Anda yang sedang menjalani diet rendah karbo.

Itulah beberapa makanan yang mengandung protein untuk diet. Sebenarnya masih banyak makanan yang mengandung protein untuk membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Baca juga Resep Membuat Makanan Untuk Diet.