Tips Merawat Motor 2 Tak Agar Tetap Awet

Cara Merawat Motor 2 Tak - Untuk kalangan para pelajar yang mempunyai motor 2 tak, mempunyai rasa bangga tersendiri bagi para penggunanya. Dikarenakan motor 2 tak mempunyai kecepatan dan tenaga lebih besar daripada motor 4 tak
Cara Merawat Motor 2 Tak - Untuk kalangan para pelajar yang mempunyai motor 2 tak, mempunyai rasa bangga tersendiri bagi para penggunanya. Dikarenakan motor 2 tak mempunyai kecepatan dan tenaga lebih besar daripada motor 4 tak. Selain itu, apabila tersentuh tangan-tangan kreatif para kawula muda yang mementingkan penampilan kendaraan, bukan tak mungkin performa kendaraan ini akan semakin hebat. Namun disisi lain ada kekurangan untuk motor 2 tak ini. Berikut adalah permasalahan dan kekurangan motor 2 tak:
  1. Saluran pembuangan atau knalpot sering terdapat banyak oli yang menumpuk. sehinga mengurangi kebersihan dari motor itu.
  2. Busi Sering dipenuhi oleh kotoran-kotoran dan oli yang sangat mengganggu kita saat men-starter kendaraan 2 tak.
  3. Karburator sering terdapat banyak kotoran yang mengendap di dasar karburator, tentunya akan mengganggu performa motor tersebut saat beroperasi.
  4. Oli samping sangat boros atau cepat habis dan harus sering-sering mengisi ulang, dikarenakan oli samping merupakan bagian penting dari motor 2 tak.

Tips Merawat Motor 2 Tak

Untuk cara mengatasi masalah tersebut dan supaya motor tetap awet, ini lah beberapa cara yang Anda harus lakukan secara rutin:
  • Sering-seringlah membersihkan knalpot motor 2 tak, baik bibir knalpot maupun bagian sarangan knalpot itu. Supaya asap yang keluar tidak menyemburkan oli yang tersisa sehingga tidak mengotori lingkungan sekitar.
  • Busi kotor yang memang sering terjadi di semua kendaraan. Maka dari itu satu atau dua minggu sekali bersihkan busi dari kotoran dan kerak yang menempel pada ujung dan sekitar busi dengan menggunakan amplas halus sampai benar-benar bersih.
  • Untuk masalah karburator, jangan pernah melakukannya jika Anda benar-benar belum mengerti. Karena karburator adalah bagian yang sangat penting dan vital dimisalkan seperti jantung bagi manusia. Maka dari itu bawalah ke bengkel servis yang di anggap mempunyai keahlian menangani motor 2 tak. Dan apabila sudah paham, bisa membersihkan karburator sendiri dirumah. Cukup dengan bensin dan sebuah kuas Anda dapat membersihkan karburator dirumah. Dan jangan pernah membersihkan karburator dengan air, karena air tidak mudah menguap dan akan menjadi lebih parah bila tercampur bensin dalam karburator. Karena air dan bensin tidak dapat menyatu. Sehingga percuma saja kita membersihkannya karena air akan mengganggu kinerja karburator.
  • Oli samping, bagi motor 2 tak, oli samping bagaikan nyawa bagi motor itu. Tnpa oli samping, motor tidak akan bisa beroperasi. Dan belilah oli samping yang benar-benar bersih dan terpercaya. Periksalah secara rutin oli samping Anda.

Untuk perawatan motor 2 tak, tidak harus serutin motor 4 tak karena mesin 2 tak tidak dikenal dengan kekuatan dan ketangguhannya dibandingkan motor 4 tak. Ketangguhan mesin 2 tak berbeda dengan motor 1 dan lainnya. Tergantung dari penggunaan dan perawatan dari pemilik motor tersebut. Baca juga Cara Modifikasi Motor Agar Lebih Cepat.

Apabila Anda tidak percaya khususnya para pembaca. Silahkan perhatikan bengkel servis sekitar rumah Anda. Dengan bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa perawatan motor 2 tak, tidaklah sesulit yang Anda bayangkan dibandingkan motor 4 tak. Motor 2 tak lebih mudah dirawat, meskipun itu dilakukan sendiri dirumah. Itulah tips merawat motor 2 tak agar awet.