Kesalahan Yang Menyebabkan Suami Istri Bercerai

Penyebab Suami Istri Bercerai - Menikah dengan seorang yang kita sayangi adalah suatu kebahagiaan yang sangat indah, apalagi jika pernikahan yang diidamkan sejak dulu berjalan dengan harmonis. Namun keharmonisan suatu pernikahan bisa saja berubah tergantung pada diri kalian masing-masing, sehingga banyak kasus seseorang yang telah menikah akan cenderung tidak harmonis dibandingkan pada masa pacaran. Nah, untuk mensiasati pernikahan kita tetap langgeng hindarilah kesalahan yang menyebabkan suami istri bercerai.

1. Sering Menuduh Pasangan Penyebab Perceraian

Selalu menuduh pasangan tidak baik akan membuat jengkel pasangan kamu, sama seperti orang lain, suami atau istri juga tidak mau dituduh hal yang negatif. Jika kamu curiga dengan suami atau istri kamu, lebih baik bicarakan dengan sikap baik-baik, agar mendapatkan solusi yang terbaik, sehingga tidak menyinggung perasan satu sama lain.

2. Membandingkan Suami / Istri

Membanding-bandingkan suami atau istri dengan orang lain, dapat menimbulkan kecemburuan yang akan menyebabkan banyak pertanyaan dalam pikiran pasangan kamu. Jadi, jangan pernah membandingkan pasangan dengan orang lain, selain dapat merusak pernikahan kalian, sifat membandingkan juga bisa menghancurkan perasaan pasangan kamu.

Penyebab Suami Istri Bercerai

3. Kekerasan Fisik

Jangan pernah melakukan kekerasa fisik terhadap pasangan, karena kekerasan fisik sangat mengganggu pernikahan kalian. Mungkin maksud kamu ingin menasihati pasanganmu dengan cara seperti itu. Tapi ketahuilah kekerasan fisik dapat merusak mental pasangan kamu, yang akan menyebabkan kepercayaan diri pasangan bisa terganggu, sehingga bisa menghancurkan pernikahan kalian.

4. Sering Mengucapkan Kata Cerai

Adakalanya suatu hubungan pasti akan dilanda dengan pertengkaran. Namun, jangan pernah sekalipun kamu mengucapkan kata cerai terhadap pasangan kamu. Walaupun kamu tidak serius dalam mengucapkannya, mengucapkan kata cerai dapat menyakiti perasaan pasangan kamu, karena mungkin pasangan berpikir bahwa kamu memang tidak mau lagi hidup bersamanya. Lebih baik bersikaplah dewasa dan mencari solusi dimana letak kesalahan kamu atau pasangan dengan kepala dingin.

5. Banyak Menuntut Pasangan

Pernikahan akan indah bila kita menjalaninya dengan penuh rasa syukur. Janganlah sekali-kali menuntut pasangan agar dia lebih baik lagi, atau soal ekonomi yang menurut kamu tidak mencukupi. Biarlah pasangan kamu berusaha dengan dirinya sendiri, namun jika kamu ingin memberi masukan, berilah masukan yang didalamnya tak banyak menuntut. Karena banyak menuntut akan membuat pasangan kamu merasa terbebani dengan keadaan yang dia alami. Syukurilah keadaan pernikahan kalian dan cintailah pasangan apa adanya, agar pernikahan kalian langgeng.

6. Selingkuh

Kalau yang satu ini tidak usah dijelaskan lagi. Memang siapa sih yang mau diselingkuhin dengan pasangan? Maka itu jika kamu tidak mau diselingkuhi janganlah menyelingkuhi pasangan kamu. Karena jika pasangan sudah ketahuan selingkuh, rasa kepercayaan akan hilang. Dan kalau rasa saling percaya sudah hilang. cepat lambat kalian akan bercerai. Masalah selingkuh mungkin timbul karena salah satu pasangan sering melakukan ciri-ciri diatas.

Saran saya menerima pasangan apa adanya dan saling percaya akan membuat pernikahan kalian akan harmonis dan langgeng. Sekian dulu artikel mengenai kesalahan yang menyebaban suami istri bercerai. Baca juga: Cara Agar Suami Sayang Istri Selamanya