Cara Ampuh Dan Sukses Lulus Interview Kerja

Cara Agar Lulus Tes Interview atau Wawancara Kerja - Setiap orang yang akan melamar pekerjaan pasti akan melalui yang namanya tes interview atau wawancara kerja. Pada umumnya, tes interview merupakan tes yang paling menentukan setelah tes psikotest. Saat tes interview atau wawancara, memang saat itu terbilang menegangkan buat orang yang pertama kali melamar pekerjaan. Sehingga tidak sedikit juga banyak orang yang gagal melalui proses tes ini. Untuk itu saya akan memberikan tips agar Anda bisa lulus tes interview atau wawancara. Simak agar Anda lulus. Saya menyarankan sebelum Anda melakukan tes interview ada baiknya Anda harus mencari tahu tentang profil perusahaan tersebut.

1. Sebelum Tes Interview Perhatikan Penampilan

Sebelum Anda melakukan tes interview, ada baiknya Anda memakai pakaian formal seperti kemeja yang berwarna terang namun tidak mencolok dan jangan pernah Anda menggunakan jeans untuk wawancara. Karena penampilan yang rapi adalah poin awal Anda saat menghadapi pewawancara.

Tips Lulus Interview Kerja

2. Ketuk Pintu dan Bersalaman Saat Masuk Ruangan Interview

Setelah nama Anda dipanggil untuk memasuki ruangan interview, saya menyarankan agar Anda mengetuk pintu terlebih dahulu lalu memberi salam. Setelah dipersilahkan masuk, segeralah Anda menjabat tangan pewawancara untuk bersalaman karena ini berguna untuk mencairkan suasana yang tegang saat proses wawancara. Jangan lupa juga untuk memberikan sedikit senyuman.

3. Saat Interview Dimulai Lakukan Kontak Mata

Setelah Anda sudah melakukan cara seperti nomor satu dan dua, saatnya sekarang Anda lakukan kontak mata terhadap pewawancara. Saat Anda menjawab pertanyaan pewawancara, usahakan tatapan Anda jangan kosong atau melamun. Hal ini berguna agar pewawancara berpikir bahwa Anda orang yang sangat serius untuk mendapatkan pekerjaan pada bagian perusahaan mereka.

4. Menjawab Tes Wawancara Dengan Jelas

Saat Anda sedang ditanyakan sesuatu oleh pewawancara, berikanlah jawaban pada pewawancara dengan jelas dan tidak bertele-tele. Karena jika jawaban Anda bertele-tele itu menggambarkan orang yang yang tidak bisa fokus dalam suatu masalah. Berikanlah jawaban wawancara yang jelas dan relevan.

5. Menjaga Emosi Ketika Interview

Biasanya saat tes interview para pewawancara akan menanyakan tentang tempat kerja Anda sebelumnya. Lalu jika saat itu Anda ditanyakan kenapa Anda pindah dari perusahaan sebelumnya, maka jangan sampai Anda menjelek-jelekkan tempat kerja Anda sebelumnya ataupun masalah Anda dengan perusahaan sebelumnya (jika ada). Anda bisa menjawab misalnya "Saya pindah dari tempat kerja sebelumnya karena saya melihat peluang kerja yang lebih baik pada perusahaan Bpk / Ibu". Jawablah dengan cara diplomasi dan sopan tanpa menjelek-jelekkan pihak manapun.

6. Hal-hal Yang Harus Dihindari Saat Interview Atau Wawancara Kerja

  • Hindari jawaban berbohong saat interview.
  • Menggunakan kalimat tidak baku seperti "gue, lu, gak, emangnya, dll".
  • Memalingkan wajah dari pewawancara saat menjawab.
  • Menggaruk kepala atau leher.
  • Menyilangkan tangan di dada.
  • Menggoyang kaki atau menyilangkannya.

Jika Anda benar-benar mengikuti saran saya di atas berarti Anda sudah memiliki poin penting untuk lulus tes interview atau wawancara kerja. Tapi jangan lupa satu hal yang paling penting sebelum Anda menghadapi tes wawancara yaitu berdoa. Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan agar lulus tes interview dan wawancara kerja. Baca Juga: Cara Agar Lulus Tes Kesehatan Medical Check Up.