Penyebab Munculnya Sakit Gigi

Penyebab Sakit Gigi - Bagi Anda yang pernah merasakan sakit gigi pasti pernah merasakan bagaimana sakitnya yang sangat tak tertahan. Agar sakit gigi tidak menimpa Anda lagi, baiknya Anda harus mengetahui penyebab munculnya sakit gigi. Baca juga Cara Ampuh Mencegah Timbulnya Sakit Gigi. Berikut adalah penyebab munculnya sakit gigi.

1. Penyebab Sakit Gigi Karena Faktor Makanan

Faktor makanan bisa menyebabkan sakit gigi. Makanan yang terlalu panas dan dingin akan membuat gigi akan mulai terasa sakit. Jadi saran saya setelah makan makanan yang panas hindari meminum air yang dingin, karena awalnya gigi akan terasa ngilu atau biasa disebut gigi sensitif.

2. Sakit Gigi Berawal Dari Gusi Yang Bengkak

Penyakit gusi dapat menyebabkan sakit gigi maju bahkan dalam gigi yang sehat. Infeksi gusi menyebabkan peradangan pada jaringan gusi dan tulang yang menyebabkan pembengkakan, hilangnya tulang di sekitar gigi dan nyeri sesaat. Sakit gusi pada tahap paling awal dari penyakit gigi juga dapat menyebabkan nyeri.

Penyebab Sakit Gigi

3. Jarang Menyikat Gigi

Jarang menyikat gigi juga dapat membuat sakit gigi muncul. Biasanya terjadi karena kita lupa untuk menggosok gigi atau bahkan kita malas untuk menggosok gigi. Padahal kegiatan ini penting dilakukan untuk menjaga gigi agar tetap bersih dan sehat. Usahakan menggosok gigi setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

4. Menyikat Gigi Yang Tidak Benar

Menyikat gigi yang salah atau tidak teratur dapat melukai gusi. Hal ini dapat menyebabkan sakit gusi. Akar gigi akan terbuka dan dapat menyebabkan sensitif pada rasa dingin, panas dan makanan asam. Minuman asam juga dapat lebih mengikis akar dan memperburuk sensitifitas.

5. Penggunaan Kawat Gigi

Kawat gigi sering dapat menyebabkan rasa sakit untuk periode singkat waktu ketika kawat gigi disesuaikan. Alat ini sangat rumit sehingga pemasangan atau pelepasannya hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti dengan keahlian khusus. Untuk membersihkan gigi dan mulut dilakukan dengan cara khusus karena alat ini tidak dilepaskan dari gigi dalam waktu yang relatif lama. Dengan demikian, sikap kooperatif atau kerjasama pasien dalam menjaga dan mempertahankan kebersihan mulut sangat diperlukan.

6. Penyebab Sakit Gigi Yang Paling Umum Karena Gigi Berlubang

Rongga atau lubang kecil yang hanya mempengaruhi lapisan luar gigi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi ketika pembusukan menembus melalui email dan mempengaruhi lapisan dalam gigi (dentin) Anda, gigi menjadi sangat sensitif.

Dalam tahap lanjutan, pembusukan berlangsung lebih pada lapisan terdalam (pulp) yang mengakibatkan intens dan nyeri yang tajam. Infeksi dari gigi membusuk, dapat menyebabkan kematian jaringan pulpa dan menyebabkan abses (penuh dengan nanah) dibawah akar gigi. Saya menyarankan jika gigi Anda berlubang, segeralah pergi ke dokter gigi untuk konsultasi atau menambal lubang gigi.

Semoga artikel tentang penyebab munculnya sakit gigi ini bermanfaat bagi Anda semua. Jika Anda sudah terlanjur terkena sakit gigi, maka Anda bisa membaca Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi Secara Alami.