Teknik Bagaimana Cara Mendaki Gunung Marapi Sumatera Barat

Pesona indah Gunung Marapi Sumbar butuh teknik tips trik & berita bagaimana cara mendaki menjadi panduan pendakian supaya langkah tetap tegap jalur daki dipelajari utuh paripurna membawa tema pecinta alam siap sebagai ekspedisi penaklukan jelajah Gunung Marapi pada Kabupaten Tanah Datar. Posisi Gunung Marapi sebagian orang menyebutnya Merapi atau Berapi ini bisa dicermati dari berbagai posisi seperti berdasarkan kota Bukittinggi, Kabupaten Padang panjang, serta Kabupaten Tanah Datar. Pesona Gunung Marapi ini ternyata secara geografis mempunyai ketinggian 2.891 meter dpl menggunakan itensitas meletus sudah melebihi 50 kali semenjak akhir abad 18 [Wikipedia].

Teknik Bagaimana Cara Mendaki Gunung Marapi Sumatera Barat. Poto oleh: jelajahiya.Blogspot.Co.Id

SEKILAS GUNUNG MARAPI SUMATERA BARAT.

Pesona Gunung Marapi ini telah masuk pada ekspedisi pendakian daki mendaki sang para pecinta alam yg menyempatkan diri untuk menaklukan keegoan diri buat menempuh bepergian yang cukup punya tantangan tersendiri. Gunung Marapi sangat strategis sekali diantara Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Panjang, & Kabupaten Tanah Datar. Jadi lokasi sangat strategis ini anda bisa menempuh perjalanan berdasarkan banyak sekali penjuru Kabupaten ini setelah menikmati liburan wisata alam lain yang ada pada Sumatera Barat.

PERJALANAN DIMULAI DAN TEKNIK CARA.

Para pecinta alam yang dari berdasarkan Pulau Jawa usahakan menggunakan pesawat udara menggunakan rute Soekarno Hatta Cengkareng ke BIM [Bandara Internasional Minangkabau] Padang atau Halim Perdana Kusuma - BIM. Lamanya perjalanan /- 1 jam 45 mnt dengan jenis low cost atau full service. Anda sanggup pilih sinkron menggunakan budget anggaran. Setelah anda sampai pada BIM Padang anda wajib estafet ke pos Gunung Marapi dengan memakai armada sebagai berikut:

1. Kalau anda rombongan dan sudah tetapkan pilihan untuk menggunakan carteran rental kendaraan beroda empat atau travel dipersilahkan yang telah bekerjasama dengan rekan yg pada kota Padang. Kalau buat rental carteran mobil atau travel bebas yg krusial taraf ketenangan yang cukup dan selamat selama di bepergian.

2. Armada taksi bandara yg bisa anda pakai namun ini optional jika anda mempunyai budget berlebih & ingin cepat hingga tanpa memikirkan kerepotan dan baper sesudah hingga di BIM Padang sanggup menempuh cara ini.

3. Khusus bagi backpacker yang ingin mendapatkan transportasi murah menuju ke pos Gunung Marapi juga akan saya jelaskan sebagai berikut: ---> Setelah anda mendarat di BIM Padang dan membawa seluruh barang bawaan anda harus estafet menggunakan bus khusus bandara yaitu Damri atau Tranex dengan biaya kurang dari IDR25.000 per orang. Pilih salah satu bus ini untuk dinaiki menuju ke Basko Mall atau UNP [Universitas Negeri Padang] untuk melanjutkan perjalanan. Setelah anda sampai di Basko Mall atau UNP gunakan bus umum ukuran sedang tujuan kota Bukittinggi yang berada di seberang jalan setelah anda turun. Untuk merek bus sebenarnya cukup banyak tergantung dari ketersedian pada waktu ngetem. Di lokasi inilah bus tujuan Bukittinggi dan daerah lainnya mangkal. Pastikan anda menaiki bus dengan tujuan kota Bukittinggi jangan sampai salah naik.

MENUJU KE POS GUNUNG MARAPI SUMBAR.

Saya hanya menyebutkan khusus buat backpacker saja, untuk moda transportasi lain nisbi cukup mudah lantaran anda hanya memberitahukan pada driver untuk diantar ke pos yang saya maksud. Backpacker lebih senang memakai bus generik untuk jalan, sehabis anda memilih bus generik yg saya maksud menggunakan porto transportasi kurang lebih IDR30.000 - IDR40.000 per orang. Lama perjalanan menurut Basko Mall Padang ke Pasar Koto Baru menjadi tempat pemberhentian kurang lebih dua jam tergantung kecepatan bus umum & kemacetan dipercajalan khususnya memasuki air terjun lembah anai dan Padang Panjang buat estafet ke pos. Setelah hingga di Pasar Koto Baru estafet lagi memakai angkutan desa dengan biaya kurang lebih IDR5000 atau ojek IDR10.000. FYI, jika anda membawa tunggangan atau motor eksklusif juga sanggup selesainya sampai pada pos mampu parkir dengan porto IDR10.000 per motor & IDR20.000 per kendaraan beroda empat [untuk biaya parkir bisa saja berubah tergantung dari pengelola].

PENDAKIAN GUNUNG MARAPI DIMULAI.

Setelah registrasi di pos Gunung Marapi IDR2000 per orang anda sudah diperbolehkan mendaki dan ekspedisi pendakian bisa dimulai. Pada saat sekarang ini jalur pendakian relatif aman karena sudah cukup terarah setelah memasuki pos, untuk nyasar sepertinya kecil rasanya dan anda harus berhati-hati pada saat perjalanan. Tetapi anda harus waspada jika sudah berkabut jalan akan terlihat kabur dan harus dihindari karena ini penting, cuaca sangat menentukan untuk ekspedisi pendakian Gunung Marapi. Treking menuju puncak cukup terbilang sulit karena anda akan memasuki hutan alam yang lebat dan posisi jalan anda berhubungan dengan jurang yang cukup dalam. Jika anda tidak fokus dengan langkah dan licinnya jalan bisa berakibat fatal jatuh ke jurang. Keseluruhan treking yang akan ditempuh sebanyak 8 sepanjang +/- 7-8 kilometer. Ciri khas hutan Sumatera jelas terlihat masih banyaknya pohon ukuran besar dan treking cukup bisa diikuti dengan tidak banyaknya persimpangan selama ekspedisi ini menjadi nilai positif bagi para pemula.  Setelah anda melewati Pesanggrahan sudah mulai memasuki rimba yang cukup lebat, treking masih datar kemudian anda akan meniti sebuah jembatan bambu dan bertemu hutan lebat kembali. Melewati hutan bambu atau hutan batuang atau parak batuang sebutan penduduk lokal ini kondisi jalan relatif sedikit licin bercampur dengan bebatuan. Suasana sejuk dan dingin selama perjalanan terasa membuat ekspedisi pendakian terasa sedikit menyenangkan dengan terpaan angin gunung yang menyapa kulit wajah.

Mulai berdasarkan pos registrasi anda akan menempuh perjalanan menuju ke POS I dan seterusnya. Dapat dikatakan Pos I ini sebagai lantai 1 nya Gunung Marapi. Setelah anda menempuh bepergian & adanya perubahan struktur tanah menjadi bebatuan, inilah namanya PINTU ANGIN yang adalah batas vegetasi tanaman hijau dengan batuan gunung. Peralihan ini anda akan melihat cadas dimana pendaki menyebutnya leher Gunung Marapi. Jalur ini anda akan melihat bebatuan menggunakan berukuran kepalan tangan orang dewasa, nah inilah indikasi lokasi cadas. Para pendaki poly mendirikan tenda pada lebih kurang area ini lantaran usang bepergian dari pos ke cadas /- 7-8 jam tergantung dengan kondisi fisik langkah tentu membuat kondisi badan butuh istirahat. Setelah cadas ini, ketika umumnya sudah pertanda waktu kurang lebih jam 15:00 WIB atau 16:00 WIB. Untuk hingga ke puncak sebaiknya dilanjutkan keesokan harinya sekitar jam 04:00 WIB pagi buat melihat sunrise & pemandangan alam sekitar yang mampu tertangkap oleh indra penglihatan.

Setelah anda beristirahat dan siap menuju puncak sebaiknya berangkat pukul 04:00 pagi untuk antisipasi diperjalanan sampai zenit. Perlu diingat, cuaca merupakan hal yg sangat diperhatikan karena langkah anda akan terbelenggu menggunakan suasana pada atas puncak . Jika cuaca di zenit Gunung Marapi nir bersahabat sebaiknya anda harus menunggu hingga cuaca sahih-sahih terlihat kondusif.

PUNCAK GUNUNG MARAPI "SUMMIT".

Perjalanan ekspedisi inilah tujuan akhir melihat keindahan pemandangan alam di zenit "summitdanquot; ini. Namun, anda harus mengikuti treking berupa batu vulkanis menggunakan jalur seperti zig-zag yang bermanfaat untuk memudahkan para pendaki buat melangkah. Anda juga akan menjumpai Tugu Abel Tasman dalam tahun 1992-an wafat lantaran pada saat dia mendaki Gunung Marapi tiba-datang melutus mengeluarkan batu berhawa panas. Sekitar tugu bisa dikatakan cukup landai bahkan sebagian pendaki menyebutnya lapangan sepak bola. Tidak banyak kata yang bisa terucap menggunakan hamparan pemandangan pasir yg sangat luas, kaldera gunung yang mengeluarkan asap, zenit garuda, zenit merpati, taman edelweis, bendera merah putih, semua terlihat. Dari sudut ke sudut terlihat pemandangan kota Bukittinggi, Padang Panjang, hingga Danau Singkarak. Inilah alam yg begitu paripurna di ciptakan sang Allah SWT yang sanggup anda nikmati melalui eskpedisi mendaki pada pendakian ini.

Untuk menuju Taman Edelweis cukup melangkah sekitar 15-25 menit untuk sampai dengan menuruni puncak. Perlu diingat bahwa apabila anda sudah sampai di puncak untuk turun jika terlihat kabut harus berhenti dahulu sebelum melangkah karena akan menghalangi pemandangan karena jalurnya cukup terjal. Kondisi sekarang taman  banyak terlihat bunga abadi ini diambil begitu saja oleh oknum untuk membawa ke bawah sehingga terlihat rusak, sungguh miris melihatnya.

Khusus bagi anda yang ingin melihat kawah Gunung Marapi harus berhati-hati lantaran kondisi tanah di sekitar kaldera sangat labil & membahayakan anda apabila berada sangat dekat menggunakan bibir kawah. Apabila anda ingin melihat kaldera pakai lajur pendakian menuju ke taman edelweis, zenit garuda, atau puncak merpati.

TIPS UNTUK PARA PENDAKI GUNUNG MARAPI.

Sebuah ekspedisi pendakian harus memperhatikan semuanya supaya perjalanan menjadi nyaman terarah dan selamat selama diperjalanan.

1. Ekspedisi pendakian ini usahakan dilakukan pada isu terkini panas karena ketika inilah yang terbaik buat mendaki Gunung Marapi. Para pendaki akan menyukai pendakian pada bulan Maret sampai Juli.

2. Siagakan semua perlengkapan selama ekspedisi seperti sepatu, tenda, logistik, dsb. Pilih bahan yang anti air buat backpack dan sepatu khusus pendakian harus prioritas lantaran buat kenyamanan langkah. Hal yg cukup penting dibawa adalah head-lamp atau sejenis lampu senter buat penerangan selama anda berkemah. Membawa perlengkapan masak yang praktis buat menciptakan minuman hangat yg telah anda persiapkan dari bawah dengan stok air yg mencukupi buat seluruh anggota yang ikut.

3. Sebaiknya anda memulai pendakian dalam pagi hari & cuaca yg sangat bersahabat. Suasana bepergian kadang nir bisa diprediksi cuacanya terutama kabut. Jadi make sure poin ini wajib diperhatikan bila sudah terjadi hujan atau kabut langkah anda harus ditunda dulu sesudah melihat cuaca sahih-sahih terlihat baik. Jangan melawan alam yang belum anda ketahui seluk beluk lokasi pendakian, lebih baik anda mengikuti rekomendasi menurut para pendaki buat keselamatan selama ekspedisi ini. Rekomendasi saat pada ketika hingga di pos registrasi sekitar jam 08:00 WIB pagi.

4. Selalu melakukan langkah menggunakan meminta pertolongan kepada Sang Pencipta dalam doa dan ibadah yg anda lakukan. Khusus muslimin, harus melaksanakan sholat 5 saat apapun kondisi anda termasuk dalam pendakian.

Lima. Proses turun anda pula harus berhati-hati karena harus diubahsuaikan menggunakan cuaca bersahabat atau tidak. Jika hujan datang-datang deras anda harus menunggu hingga reda & agar tanah pijakan anda tidak runtuh. Lama bepergian turun lebih cepat dari pendakian sekitar 4-lima jam buat hingga pada pos.

6. Masalah yang banyak dijumpai disetiap wisata apapun bentuknya adalah sampah. Banyak terlihat sampah dari para pendaki yang begitu  mudahnya membuang sampah di sekitar Gunung Marapi. Gunung bukan tempat sampah logistik anda untuk ditinggalkan di lokasi ini, anda harus membawa kembali ke bawah untuk dibuang di tempat yang telah disediakan di bawah atau sekitar pos. Mari menjaga lingkungan bersih dari diri anda sendiri, bawa sampah logistik anda pribadi dan harus jaga kebersihan di Gunung Marapi.

7. Apabila anda menyukai lokasi Gunung Marapi relatif sepi usahakan pendakian dalam hari biasa. Jika akhir pekan poly pendaki yang ingin melihat estetika alam pada atas puncak akibatnya loka mendirikan tenda akan berkurang. Untuk kenyamanan treking sebaiknya dilakukan selain akhir pekan dan libur nasional.