Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam nir terdapat habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Baratmenjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk pada destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda buat mampu daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan fakta yang relatif agar perjalanan ala pecinta alam sanggup selamat dan sebagai pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Keindahan Telaga Dewi pada Gunung Singgalang. Poto oleh: minangtourism.Com

SEKILAS GUNUNG SINGGALANG.

Gunung Singgalang adalah sebuah gunung yang berdiri sangat gagah yg berlokasi berdekatan dengan Gunung Marapi yg saling berhadapan. Secara geografis terletak di ketinggian 2.762 meter dpl menggunakan tantangan pendakian yg relatif menantang para pecinta alam. Dengan kondisi alam yg relatif baik menggunakan berlimpahnya air jernih yang sanggup dimanfaatkan seluruh penduduk sanggup sebagai bekal air minum anda untuk pendakian Gunung Singgalang. Penjelajahan buat seluruh para pendaki memberikan pengalaman baru lantaran syarat hutan yg masih alami dan lebat dan adanya spot hutan lumut yg mempesona serta Telaga Dewi yg siap menambah bepergian ini menjadi lebih eksotis.

PERJALANAN DIMULAI.

Saya mengambil meeting point awal bepergian ini dimulai dari DKI Jakarta sebagai langkah awal. Pesawat udara menjadi andalan buat mempercepat langakh dengan rute Jakarta Soekarno Hatta ke Bandara Internasional Minangkabau [BIM]. Untuk menentukan jenis pesawat udara mampu diubahsuaikan dengan kocek anda masing-masing dimulai dari low-cost hingga full service. Lama perjalanan /- 1 jam dan 45 mnt. Setelah mendarat di BIM Padang wajib melakukan estafet bepergian menuju pintu masuk ke Pendakian Gunung Singgalang yaitu pada Nagari Koto Baru Pandai Sikek Jalan Raya Padang Panjang Bukittinggi menjadi berikut:

1. Anda mampu menggunakan taksi Blue Bird atau Express yang sudah ada poolnya di BIM Padang. Langsung ke counter taksi yg siap melayani anda.

2. Anda jua sanggup menggunakan mobil carteran atau rental yg telah anda sewa. Untuk jenis rental mobil diubahsuaikan menggunakan kebutuhan anda & rekomendasi menurut sahabat sohib pada kota Padang. Apabila anda memakai travel yang sudah relatif poly dipakai sang para traveler lain misalnya AWR jua silahkan dengan biaya sekitar IDR60.000 - IDR75.000 menggunakan nomer telepon 6281275060030

3. Khusus buat anda backpacker bisa menggunakan angkutan umum antar kota dengan cara berikut: Gunakan bus Damri atau Tranex menuju ke Basko Mall atau UNP. Di lokasi inilah banyak berjejer bus ukuran sedang tujuan kota Bukiktinggi. Setelah turun berdasarkan bus anda harus menyeberang dimana lokasi bus berlawanan arah menggunakan rute bus bandara tadi. Pastikan tujuan bus anda ke kota Bukittinggi karena pada lokasi ini poly bus dengan rute lain.

PEMBERHENTIAN START AWAL KE GUNUNG SINGGALANG.

Setelah anda menaiki galat satu jenis transportasi dari kota Padang baik taksi, kendaraan beroda empat rental carteran, atau bus umum pemberhentian di Nagari Koto Baru Pandai Sikek. Setelah hingga di lokasi ini anda wajib menempuh perjalanan ke Tower RCTI & TVRI yg terletak pada pinggang gunung. Perjalanan ini telah mulai menanjak dimulai dari loka pemberhentian. Semakin dekat dengan pemancar lokasi jalan sudah mulai bebatuan kerikil & pemandangan pertanian rakyat lokal telah terlihat. UMKM yang populer di Nagari Pandai Sikek adalah pembuatan gula tebu yg sangat terkenal mampu anda lihat disekitar tempat tinggal penduduk, tentu akan menambah keintiman perjalananini. Untuk menuju ke zenit tower ini sebaiknya anda menggunakan jasa ojek dengan alasan anda bisa berhemat tenaga buat daki pendakian Gunung Singgalang. Jasa ojek IDR10.000 saja per orang buat sampai ke tower ini. Tetapi naik ojek ini merupakan optional, apabila anda masih punya tenaga ekstra bisa melakukan jalan kaki. Cara lain pula mampu anda lakukan dengan menaiki angkutan desa denga rute menurut Pasar Koto Baru dan turun di Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek. Apabila anda rombongan & sanggup memuat satu angkutan desa ini bisa diantarkan eksklusif ke Tower Pemancar RCTI dan TVRI. Biasanya sekitar lokasi tower ini sudah dapat dikatakan base camp di pos yang sudah tersedia. Anda sanggup mempersiapkan semua barang yg akan digunakan selama pendakian & selalu melakukan cross-check balik barang bawaan yg telah dipersiapkan tadi. Dan jangan lupa melapor pada petugas buat registrasi lengkap termasuk nama, jumlah anggota pendaki & biaya retribusi IDR7.000 per orang.

PENDAKIAN GUNUNG SINGGALANG DIMULAI.

Setelah anda melepas lelah & istirahat sejenak pada lebih kurang tower dapat dijadikan menjadi shelter para pendaki. Lokasi ini terdapat tempat makan yang dikelola sang rakyat lokal yg mampu anda rasakan dengan harga yg sangat terjangkau sebelum ekspedisi dilakukan. Jalan pendakian sudah dimulai menggunakan melewati hutan pimpiang homogen bambu-bambu hutan menggunakan kondisi relatif kedap dan mengharuskan para pendaki berjalan sembari menunduk bahkan terdapat kalanya anda harus merangkak. Dengan semangat gotong-royong para penduduk dan pendaki secara terpola melakukan mutilasi hutan pimpiang ini buat memudahkan jalur pendakian yang sebagian para pecinta alam merasa kesulitan. Perjalanan ini ditempuh /- 1 jam dengan tantangan sudah mulai terasa wajib memperkokoh kaki anda buat siap menuju ke termin berikutnya. Setelah seluruh hutan pimpiang dilalui anda akan menemukan sebuah loka yang bernaman MATA AIR I dimana lokasinya sedikit menurun ke bawah & terlihat sungai higienis yang sanggup anda gunakan menjadi bekal air minum selama mendaki & pendakian.

Setelah menemukan mata air pertama ini anda akan meniti jalan dengan tambahan batu cadas yang mempunyai tantangan tersendiri menggunakan kemiringan batu /- 45 derajat. Harap berhati-hati setiap langkah sehabis hujan batu agak lincin buat dilewati. Mencapai puncak anda akan menumakan tanaman pakis yg latif sekali & jalur ini lembab & kondisi hutan alami sangat kedap lebat. Sekarang sudah ada kabel listrik dan tiangnya yg bisa anda pakai menjadi petunjuk buat hingga ke zenit.

Waktu tempuh meniti batu cadas ini /- lima-6 jam perjalanan, jadi ritme berjalan anda yg akan memilih cepat atau lambatnya. Cadas yg akan pada daki ini merupakan jenis batuan padat yang berwarna kuning agak coklat. Suasana batu cadas relatif licin dan terdapat lumutnya karena curah hujan disini cukup tinggi maka batu selalu lembab. Jika anda beruntung bisa melihat bunga adelweis yang walau kini ini cukup sulit tetapi masih ada. Anda pula akan menemukan tugu Galapagos dimana tugu ini didirikan karena keliru seseorang Sipala [Siswa Pecinta Alam] hilang sekitar tahun 1990 an.

Saat anda mendaki pada batu cadas ini mampu melihat langsung pemandangan indah pada kurang lebih Gunung Singgalang apalagi Gunung Merapi yg sangat latif. Jika cuaca baik dan bersih anda bisa melihat pemandangan Danau Singkarak, Kota Padang Panjang, dan Kota Bukiktinggi. Cepatnya perubahan cuaca di Gunung Singgalang ini sering terselimuti sang kabut. Jika anda mendirikan tenda telah sanggup didirikan di seytelah batu cadas ini bila anda menginkannya.

Perjalanan terus berlanjut hingga ke Telaga Dewi yg suasanya sangat latif tak jarang diselimuti kabut & sebagian pendaki bilang hutan lumut disini sangat indah sekali bahkan unik menggunakan pesona tersendiri. Lantaran indahnya anda mampu menelusuri sekeliling telaga ini lantaran eksotis sekali. Ada telaga pada atas Gunung Singgalang telah menjadi daya tarik tersendiri. Di dekat telaga ini poly juga pendaki mendirikan tenda buat bermalan disini dengan suasana tanah yg lembab & tumbuhan hutan liar yang masih banyak ditemukan disekitar lokasi ini.

Hutan Lumut di Gunung Singgalang. Poto oleh: kompasiana.Com

SEBAIKNYA ANDA KE PUNCAK JIKA CUACA BERSAHABAT.

Memang pendaki Gunung Singgalang lebih poly tujuan akhirnya hanya pada Telaga Dewi. Sebaiknya anda ke puncak ingin melihat pemandangan yang lebih cihuy buat melihat seluruh pemandangan yg lebih eksotis lagi dan latif. Apabila anda ingin hingga ke zenit persiapkan waktu yg cukup buat sampai ke Puncak Gunung Singgalang lamanya perjalanan /- 1 jam menggunakan mengikuti tiang kabel menjadi petunjuk arah hingga ke zenit gunung. FYI, karena kabut mendominasi lokasi ini akan tetapi tidak kemungkinan perubahan secara datang-datang bisa merubah menjadi cuaca sangat bagus. Pada saat inilah anda sanggup berjalan ke puncak buat finalisasi pendakian ini menjadi dalam sejarah pada perjalan pecinta alam ini.

PERHATIAN KHUSUS BAGI PARA PENDAKI GUNUNG SINGGALANG.

Sebaiknya anda melakukan pendakian dalam pagi hari untuk antisipasi kemalaman pada bepergian. Perjalanan sebaiknya rombongan & memiliki rencana yang matang menggunakan memperhatikan beberapa hal krusial sebelum pendakian seperti medan yang akan didaki dan perlengkapan yg relatif memadai. Mendaki Gunung Singgalang dimulai dalam pukul 08:00 WIB pagi dan sampai pada Telaga Dewi siang menjelang sore. Waktu yg relatif buat menikmati estetika telaga ini sanggup anda peroleh dengan sampai di lokasi ini berkemah & waktu yg cukup buat mendirikannya.

Sebelum hingga pada Telaga Dewi anda akan meniti jalan berupa batu cadas wajib berhati-hati karena kemiringan batu butuh ekuilibrium buat anda yg membawa barang pada ransel lantaran sehabis hujan agak sedikit licin dikhawatirkan bisa terjatuh.

Pendakian ini usahakan jangan dalam demam isu hujan, tidak isu terkini hujan saja lokasi Gunung Singgalang sudah sering berkabut dan ketika yg secara cepat berganti mampu berubah berdasarkan cerah ke berkabut. Jadi umumnya para pendaki animo panas dimana curah hujan mulai sedikit & cukup bersahabat sebagai akibatnya perjalanan lebih nyaman.

Gunakan alat-alat sepatu, baju lengan panjang, serta celana panjang buat melindungi tubuh dari tanaman & fauna yang mampu menyebabkan kulit gatal. Hal ini direkomendasikan untuk membuat syarat fokus dalam perjalan lebih baik & hambatan kesehatan bisa anda lindungi menurut kostum yg akan digunakan.

Untuk bekal air anda jangan risi, pada lokasi MATA AIR I anda bisa memanfaatkan air higienis ini untuk minum selama pendakian ada kurang lebih 4 tempat maya air yg sanggup dipakai.

Selama pendakian anda wajib menjadi kebiasaan tata krama & menjaga segala ucapan yang sopan. Lantaran beretika seperti ini merupakan attitude yg selalu dianjurkan sang para pendaki.

Setelah anda melakukan kegiatan pecinta alam seperti ini seluruh sampah yang sudah anda buat selama pendakian harus dibawa kembali ke bawah buat mencegah menumpuknya sampah di Gunung Singgalang. Lantaran kebersihan ini hal yg absolut buat seluruh jenis wisata supaya kenyaman & higienis mampu dirasakan sang seluruh pihak.

Jaga kekompakan sesama anggota rombongan dan saling membantu jika terjadi kesulitan dengan cara komunikasi yg sopan tertentunya selama pendakian.

Khusus bagi anda yang telah merasa kelelahan setelah sampai pada Cadas & cuaca telah sore kurang lebih 16:00 WIB sebaiknya anda bermalam di kurang lebih lokasi ini. Karena fisik & syarat tubuh wajib full agar perjalanan masih bertenaga & kosentrasi masih tinggi.

Lokasi hutan yang masih sangat alami ini banyak fauna pacet yg akan mengintai tubuh anda, apalagi sudah mulai cuaca hujan akan bertambah poly jumlahnya. Selalu perhatikan kondisi tubuh berdasarkan banyak sekali arah. FYI, tikus gunung jua terdapat disekitar cadas mencari makan, jadi pastikan semua kuliner anda nir tersisa dan dibuang pada lokasi ini terutama dekat tenda berlindung.

Selalu berdoa sebelum dan sehabis pendakian. Khusus anda yang muslim selalu menunaik sholat fardhu walaupun dalam suasana pendakian misalnya ini.

KESIMPULAN PENDAKIAN GUNUNG SINGGALANG Di KABUPATEN TANAH DATAR.

Treking nisbi bisa diikui oleh cowok atau cewek pemula yang tentu wajib menyukai cinta alam atau mendaki gunung. Apibila anda tidak menyukai daki gunung percuma harus ada ke 2-duanya. Untuk lama bepergian tergantung berdasarkan kesigapan anda, memang bepergian kecepatan antara cowok & cewek cukup tidak selaras.

Biaya-porto selama ekspedisi ini merupakan menjadi berikut:

Pesawat udara berdasarkan Cengkareng-Padang [low-cost]: IDR500.000 - IDR600.000 per orang. Apabila anda menggunakan travel: IDR60.000, memakai angutan umum ke Koto Baru IDR25.000. Jika pakai ojek ke tower: IDR10.000, memakai angkutan desa menurut pasar koto baru ke Tower RCTI & TVRI :IDR3000 per orang. Khusus buat logistik nir aku masukan tergantung menurut masing-masing peserta.

Semoga tulisan singkat ini Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat sanggup bermanfaat bagi anda yg mempunyai rencana pada ketika dekat. Persiapkan fisik dan selalu berjiwa rendah hati menjadi kapital awal buat seseorang pendaki yang tidak memiliki jiwa takabur & sombong selama pendakian.

TIPS BAGI PARA PENDAKI GUNUNG SINGGALANG.

Ada beberapa saran buat melengkapi tulisan ini agar ekspedisi pendakian ini permanen baik pelaksanaanya dan ketenangan selama pendakian sinkron dengan rencana.

1. Untuk mendaki Gunung Singgalang sebaiknya rombongan & tim supaya perjalanan pendakian ini sanggup anda rasakan menggunakan rasa bersahabat menggunakan sesama tim dan saling membantu bila terjadi hal yg nir diinginkan. Untuk solo mendaki nir direkomendasikan karena rute ini cukup berat & butuh kerjasama sesama rombongan tim untuk sampai ke zenit.

2. Selalu menjaga kesopanan dalam berbicara, pakaian, serta hal lainnya agar tidak terjadi ketakaburan, kesombongan, dan hal yang menyepelekan. Semua etiket pendakian wajib anda perhatikan.

3. Mendaki Gunung Singgalang usahakan pada trend kemarau tidak dalam trend hujan. Karena medan yang akan anda lalui akan menjadi licin & nir bersahabat buat pendakian. Di isu terkini kering saja syarat jalan pendakian telah lembab & licin, apalagi pada trend hujan. Jangan ngeyel untuk memaksakan diri buat melakukan ekspedisi ini.

4.  Gunakan sepatu yang mampu mengokohkan langkah anda untuk ekspedisi ini agar perjalanan tetap berjalan dengan baik dan fokus terhadap setiap langkah.

5.  Selama pendakian anda jangan lupa melaksanakan sholat fardhu wajib, pertualangan seperti ini tidak melupakan kewajiban anda sebagai seorang muslim untuk melakukannya walaupun dalam ekspedisi daki Gunung Singgalang. Jangan lupa membawa sajadah dan kain sarung untuk dibawa. [Khusus untuk pendaki muslim].

6. Seluruh sampah logistik kuliner & minuman anda nir boleh buang sembarangan pada kurang lebih Gunung Singgalang apapun alasannya adalah. Bawa sampah logistik anda pulang pada ketika penurunan, & selalu jaga seluruh hutan tidak boleh melakukan pengurakan apapun alasannya adalah.

7.  Setelah anda melakukan lapor di pos dekat Tower RCTI dan TVRI anda harus ada sedikit briefing dengan petugas yang ada disana untuk mendapat informasi awal pada saat pendakian. Perhatikan seluruh rute dakian dengan seksama dan teliti setiap langkah yang akan diayunkan supaya tetap stabil dengan barang bawaan.