Air Terjun Sarasah Nagari Siguntur Tuo Pesisir Selatan

Nagari Siguntur Tuo adalah wilayah output pemekaran menurut kenagarian Siguntur - Kecamatan Koto XI - Tarusan - Pesisir Selatan menjadi produsen gambir & pesona Air Terjun Sarasah. Nagari yg tenang dengan jumlah penduduk 1000 jiwa 300 KK ini sangat berpotensi menggunakan hasil bumi yg didapatkan tentu pesona pariwisata yg masih belum poly diketahui oleh wisatawan.

Sekilas.

Terletak sepanjang bukit barisan Kenagarian Siguntur Tuo membentuk potensi dibidang pertanian & perkebunan dimana lebih banyak didominasi masyarakat berprofesi sebagai buruh dan petani. Tanaman yang sebagai primadona yg dikelola merupakan gambir, jengkol, & durian. Dengan output primer ini banyak berdasarkan mereka bekerja dilahan pemilik kebun bekerja sebagai buruh dengan menerima upah sinkron menggunakan hasil pekerjaan. Namun waktu telah mulai berlalu, syarat gambir gampo nir begitu menjanjikan lagi berdasarkan segi harga. Biaya operasional yg mahal tidak tertutupi menggunakan upah yg dibayarkan oleh pemilik kebun sebagai akibatnya poly sekali huma terbengkalai begitu saja. Namun mereka pula nir kehilangan nalar mencoba peruntungan menggunakan menanam pohon durian & jengkol menjadi cara lain pemasukan yg masih dilakukan hingga sekarang.

Dengan meningkatnya biaya hidup dan kebutuhan, poly sekali penduduk lokal bermigrasi ke nagari lain buat menjadi buruh. Sangat disayangkan sekali potensi daerah ini sudah sebagai sentra gambir di Pesisir Selatan.

Pesona Alam Air Terjun Sarasah.

Photo by : Aprison Irsyam
Photo by : Aprison Irsyam

Kenagarian Siguntur Tuo tentu memiliki pesona alam yg akan menyentuh estetika wisata anda jika berkunjung ke wilayah ini. Memiliki air terjun yg sangat unik dan latif sekali. Air Terjun Sarasah namanya. Dengan ketinggian sekitar 60 meter di lokasi air terjun masih ada lubuk yang dapat dimanfaatkan menjadi tempat buat mandi dan menikmati sejuknya air dengan pemandangan alam yang masih alami ini. Dikelilingi pohon durian & jengkol tentu sebagai lokasi yang sangat sejuk dan asri. Tentu saja, kawasan ini bisa menjadi loka liburan alternatif yang terdapat pada kabupaten Pesisir Selatan.

Wisata air terjun Sarasah Siguntur di Kanagarian Siguntur Tuo memiliki debit air yang jatuh menurut zenit cukup tinggi. Dengan banyaknya embun air disekeliling lokasi wisata menciptakan syarat udara menjadi sejuk & lembab tentu akan membasahi holistik tubuh anda. Tentu tidak akan melewatkan untuk mandi disekitar lubuk & mencicipi kesejukan air alam yang masih bersih ini. Air yg ada di tempat wisata ini jua digunakan sang masyarakat sekitar buat konsumsi air minum.

Bagaimana cara kesana.

Air terjun Sarasah Siguntur terletak pada kanagarian Siguntur Tuo sekitar 38 km berdasarkan kota Padang, lokasi primer berjarak 2 km menurut jalan raya kanagarian. Dan harus menempuh sekirar 200-300 meter menelusuri jalan setapak setelah anda parkirkan kendaraan. Lokasi air terjun Sarasah Siguntur Pesisir Selatan sangat dekat menggunakan pemukiman masyarakat dan wajib anda tempuh menggunakan berjalan kaki selama /- 30 mnt. Tentu disekitar lokasi anda harus menyeberangi dua butir anak sungai. Petunjuknya masih minim lantaran lokasi air terjun belum poly wisatawan yang mengetahuinya dan warga disana sangat minim mempromosikan aset ini pada global pariwisata atau pengunjung.

Dari kota Padang anda bisa menggunakan tunggangan pribadi, tunggangan generik atau sepeda motor. Direkomendasikan anda dapat memakai tunggangan pribadi sehingga lebih cepat sampai ke lokasi air terjun Sarasah Suguntur.

Fasilitas lain.

Fasilitas pada sekitar Air Terjun Sarasah masih sangat minim. Belum banyaknya penduduk menyediakan beberapa kebutuhan makanan & minuman berupa toko. Namun bisa siasati dengan membawa bekal secukupnya agar wisata anda permanen nyaman.

Disekitar lokasi pula bisa berkemah. Lokasi yg cukup ini anda dapat mencoba berkemah sembari menikmati indahnya alam didunia terbuka disekitar Air Terjun Sarasah

apabila anda tiba ke lokasi ini pada isu terkini durian tentu sangat menyenangkan. Rasa durian dari Kanagarian Sarasah Tuo ini sangat cantik dan legit. Tentu harganya sangat terjangkau apabila anda bandingkan sesudah sampai ke sentra kota. Dapat anda rasakan disekitar wisata Ari Terjun Sarasah.

Biaya-biaya .

Tentu berlibur akan mengeluarkan biaya yang harus anda bayar. Tetapi masih sangat terjangkau. Biaya transportasi, porto parkir, atau porto masuk ke lokasi Air Terjun Sarasah.

Tips.

1. Lokasi air terjun masih sangat alami & higienis. Sebagai wisatawan yg bijak harus menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah disekitar wisata yg akan memperburuk suasana & Mengganggu lingkungan.

Dua. Jangan lakukan cora-coret lingkungan wisata dimanapun anda berada. Tidak hanya dilokasi ini, tetapi disemua lokasi yg akan anda kunjungi.

3. Lokasi wisata bukan loka pacaran atau loka perbuatan yg melanggar kebiasaan. Semua wisatawan ingin menikmati suasana alam yg asri & anda harus melakukan hal yang sama di lokasi Air Terjun Sarasah ini. Agar terjadi ketenangan semua pengunjung.

4. Mari kita rawat beserta seluruh aset wisata misalnya Air Terjun Sarasah Kanagarian Sarasah Tuo Pesisir Selatan ini tetap asri & bersih. Agar menjadi destinasi wisata buat semua wisatawan.

Lima. Jika anda seseorang muslim, jangan lupa menunakan solat fardhu. Anda akan merasa bersyukur dengan adanya nikmat seperti ini berupa keindahan & kesejukan lokasi wisata ini yang anda nikmati.

6. Anda tentu akan sharing pengalaman ini ke dunia sosial media supaya masyarakat yg belum mengetahui wisata baru ini bisa mengunjunginya. Secara tidak langsung anda telah membantu pemerintah dalam hal meningkatkan kecepatan perkembangan wilayah tertinggal & menaikkan pendapatan rakyat kurang lebih menurut kunjungan wisatawan.

Dengan keterbatasan wahana misalnya kondisi jalan menuju lokasi wisata yang masih belum maksimal , hal ini tidak mejadi halangan bagi anda buat berwisata ke lokasi ini. Potensi wisata yang relatif baik dengan kondisi lingkungan yg masih alami ini tentu sebagai magnet yg sangat bertenaga bagi pemburu wisata alam seperti anda. Air Terjun Sarasah, Kanagarian Sarasah Tuo Pesisir Selatan ini telah mulai masuk kedalam aset wisata dan sudah mulai berkembang.