Pulau Pasumpahan Padang Sumatera Barat

Fenomenalnya Pulau-Pasumpahan-Padang-Sumatera-Barat telah sebagai sebuah pilihan terbaik wisata dalam paket yang dipersiapkan oleh beberapa agen. Ada goresan pena ini Plesirankotatua memberikan informasi yg relatif lengkap tentang Pulau-Pasumpahan dalam: paket wisata, harga penginapan hotel, rute menuju pulau, harga tiket masuk, dan beberapa tips yg wajib diketahui sang para wisatawan yang ingin mendatangi Pulau-Pasumpahan atau sebutan lainnya Pasumpahan-Island sebagai destinasi wisata yang terbaik dan nir akan mengecewakan anda. Tidak berpanjang-panjang dalam kata pembukaan ini mari langsung ke topik yg akan dibahas.

Poto oleh: dikebadawi.blogspot.com
Poto oleh: sirandah-island.com

GEOGRAFI PULAU PASUMPAHAN.

Lokasi Pulau-Pasumpahan pada alamat Teluk Kabung Selatan, Bungus, Kecamatan Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. Masih sangat dekat dengan sentra kota Padang ini telah tadi sudah keindahannya yang menciptakan Pasumpahan-Island sebagai destinasi wisata krusial. Jadi nir diragukan lagi bahwa pulau yg selalu banyak didatangi ini terus menjadi perbincangan dan posisinya sangat strategis itu menjadi sebuah potensi buat menyalurkan hobi anda yg senang dengan wisata bahari dilengkapi menggunakan berenang, diving & snorkeling. Kondisi terumbu karang yg sangat sehat ini telah tentu pasti menjadi tempat tinggal tempat asal bagi jenis ikan karang dan ikan hias bergembira hayati dan anda layak sebagai saksi buat melihatnya.

Untuk jenis ikan yg hayati pada sekitar Pulau-Pasumpahan ini sekitar 21 jenis ikan yg didominasi menggunakan species Chaetodon Trifascialis. Destinasi wisata ini sudah sebagai wisata bahari unggulan di kota Padang Sumatera Barat dan semua infrastruktur pendukung sudah dipersiapkan untuk menyambut wisatawan lokal & semua global.

Keindahan ini bisa anda satukan dengan berbagai jenis kegiatan apakah secara pribadi atau backpacker, touring, atau outing dari kantor atai institusi anda. Apapun itu anda bisa memilih pulau ini sebagai pilihan karena tidak akan mengecewakan saat sudah menginjakan kaki di pasir putihnya.

Spot Pulau Pamutusan. Poto oleh: 22motomoto.com

RUTE JALAN MENUJU PULAU PASUMPAHAN.

Inilah yang poly dicari sang para wisatawan rute-jalan-menuju-pulau-Pasumpahan-Island sebagi petunjuk bagi anda yang ingin mendatangi segera tanpa ada keraguan. Setelah anda memasuki jalan utama Padang-Painan menuju ke Kelurahan Sungai Pisang dengan jarak tempuh /- 35 km menurut sentra kota Padang. Cara ini paling banyak dilakukan lantaran masih sanggup ditempuh dengan tunggangan bermotor. Setelah anda menemukan simpang Gardu Induk Teluk Sirih maka inilah petunjuk awal buat menuju ke keluarahan Sungai Pisang sudah dekat menggunakan jeda /- 7 km. Perlu dicermati bahwa angkutan umum tidak terdapat buat sampai ke kelurahan Sungai Pisang, cara terbaik adalah anda wajib menyewa kendaraan mobil eksklusif atau ojek di simpang Gardu Induk Teluk Sirih.

Apabila anda membawa tunggangan langsung sebaiknya jenis yang lebih stabil pada tanjakan & pada jalan yang sedikit off-road seperti jenis Avanza, Xenia, Rush, ataupu Inova. Setelah anda sampai pada dermaga penyeberangan sudah poly para nelayan yang akan menyewakan kapalnya buat menyediakan paket tour yang disediakan dengan rute Pulau Suwarnadwipa, Pulau Padang dan Pulau Pasumpahan. Anda bisa sesuaikan jenis pulau mana yg akan dipilih, dan usahakan anda melakukan negosiasi harga buat medapatkan harga terbaik saat berada di dermaga penyeberangan ini.

Lamanya perjalanan berdasarkan dermaga penyeberangan ini lebih kurang /- 25 mnt.

BIAYA PAKET WISATA PULAU PASUMPAHAN.

Untuk perjalanan ini poly sekali didatangi sang para wisatawan bertema backpacker, mahasiswa, & mungkin saja beberapa orang saja buat mendapatangi pulau ini untuk tema wisata bahari bahkan sampai camping. Untuk biaya atau paket wisata ke Pulau-Pasumpahan-Island ini buat tema lain seperti tour ataupun outing tentu ada sedikit disparitas perkara harga.

1. Secara Backpacker.

Cara seperti ini banyak diminati oleh para pelajar atau mahasiswa pecinta alam yang ingin mendatangi pulau sebagai acara buat orientasi ataupun internal mereka.

Rincian biaya ini pembulatan buat satu orang peserta, perjalanan dimulai berdasarkan bundaran Mesjid Taqwa Muhammadiah Pasar Raya Padang.

Ongkos berdasarkan Pasar Raya - Bungus: IDR10.000

Ojek menuju ke Sungai Pisang: IDR25.000 - IDR30.000 lakukan perundingan bisa harga terbaik.

Sewa boat PP : IDR50.000 - IDR75.000 lakukan negosisasi ke pemilik boat kapisitas isi kapal 15-20 orang

Untuk biaya camping per-malam pada Pulau Pasumpahan: IDR15.000 apabila terdapat perubahan harga nir terlalu banyak.

Biaya masuk ke pulau seberas IDR15.000 per orang.

2. Secara Keluarga, Touring, atau Outing.

Untuk pilihan ini memang sedikit tidak selaras dengan secara backpacker. Tetapi bagi anda yg telah berkeluarga, touring, & outing ingin melakukan cara tersebut dipersilahkan. Untuk paket Tour one day trip buat dua pulau yaitu Pulau-Pasumpahan & Pulau-Pamutusan dimulai dari harga IDR300.000 - IDR500.000 per orang lakukan perundingan buat mendapatkan harga terbaik tergantung berdasarkan jenis paket dan fasilitas yg diberikan. Teliti sebelum deal seperti jenis kapal yang digunakan dan beberapa pilihan dalam ketenangan juga anda dapatkan seperti galat satunya perlengkapan keselamatan, & tiket masuk ke pulau wajib anda pertanyakan apakah termasuk atau tidak. Untuk paket tour ini memang mengunjungi dua pulau ini dan masuk dalam biaya paket yang anda bayarkan tadi.

Khusus anda yang nir mau repot menikmati perjalan ini tentu sinkron dengan kesukaan. Jadi perjalanan ini anda hanya penekanan pada liburan saja nir memikirkan hal lainnya seperti prentilan kecil yang akan menghambat waktu liburan anda. Khusus bagi anda wisatawan berdasarkan luar kota Padang bisa menunjuk tour & travel agency yg menyediakan paket bepergian ini dimulai berdasarkan penjemputan dari Bandara BIM Padang sampai diantarkan kembali , Sebagai dasar porto sebelum anda deal menggunakan mereka dengan 4 orang, dengan porto ini anda bisa mengetahui berapa porto yang akan ditawarkan sang travel agency kepada anda.

Sewa tunggangan jenis minibus jenis Avanza, Xenia atau Inova: IDR400.000 - IDR450.000 plus supir belum termasuk BBM.

Sewa kapal per orang IDR300.000 - IDR400.000 per orang.

Biaya masuk pulau: IDR15.000 per orang.

Biaya sewa penginapan pada pulau per hari: IDR250.000 - IDR700.000

Biaya sewa penginapan di kota Padang: IDR350.000 - IDR500.000 {transit sebelum pulang kembali ke kota tujuan}.

Poto oleh: jelajahpulau.com

FASILITAS PULAU PASUMPAHAN.

Untuk fasilitas yg mampu anda dapatkan selama melakukan wisata disana adalah: penyewaan indera selam, snorkeling, toilet, mushola, kamar bilas, loka nongkrong santai di semi cafe, ayunan diatas air, dan masih poly lagi. Cocok juga bagi anda yg membawa keluarga termasuk anak-anak. Untuk fasilitas olah raga telah dipersiapkan misalnya lapangan voli beserta net nya.

SEJARAH PULAU PASUMPAHAN.

Menurut cerita menurut penduduk lokal bahwa ada legenda pada kembali pulau ini. Dengan sangat eksotis dan tentu disenangi oleh para wisatawan menyimpan pelajaran yg sanggup diambil hikmahnya. Mirip dengan legenda Malin Kundang, laksana seorang anak yang telah dikutuk oleh ibunya, bukit yg berbentuk anak yg bersujud pada ibunya buat meminta ambun pada waktu kutukan itu terjadi. Maka nama pasumpahan itu sendiri berarti sumpah seorang mak yang bermakna murka atau kutukan.

TIPS PENTING.

Saat anda memasuki pulau ini menjadi destinasi wisata buat liburan kali ini ada beberapa saran krusial yg menjadi perhatian dan atensi agar perjalanan ini permanen nyaman.

1. Waktu Tepat Musim Kemarau atau Musim Panas.

Perjalanan anda tentu akan memakai kapal menuju ke Pulau-Pasumpahan & pulau lebih kurang perlu berada pada ekspresi dominan kemarau atau musim panas. Lantaran pengalaman apabila pada ketika animo hujan akan sebagai kesulitan lantaran kapal nir mampu berlayar menuju ke tujuan. Suasana laut akan sangat nir bersahabat dan ombak relatif tinggi akan membahayakan keselamatan. Jika dipaksakan pula maka kapal yg anda sewa sekelas kapal nelayan tentu sangat membahayakan, kapal yg berlayar mencoba memecah dan menerjang ombak yang relatif besar akan berakibat fatal & bodi kapal akan pecah & mengancam keselamatan semua penumpang.

Saat pada animo hujan frekuwensi telepon seluler di pulau sudah dipastikan nir terkoneksi sempurna bahkan nir terdapat frekuwensi sama sekali, jadi akan menyulitkan anda buat berkomunikasi.

Dua. Apabila anda mempunyai nyali buat sampai ke zenit sebaiknya daki bukit dengan tinggi 100 meter posisinya di sebelah utara pulau. Di puncak tadi anda bisa melihat holistik pemandangan diatas pulau dimana pada posisi puncak terdapat berdiri bendera Merah Putih menjadi tanda anda telah sampai pada titik puncak.

Tiga. Selama anda mengunjungi wisata bahari pulau misalnya ini wajib selalu menjaga kebersihan dan buang sampah dalam loka yg telah disediakan. Pulau bukan loka sampah yang sudah anda buat & apabila perlu bawa kembali sampai eksklusif anda dan buang pada tempat penyeberangan kapal tersebut. Banyak sekali tangan jahil yang tidak bertanggung-jawab yang membuang sampah walaupun ukurannya mini tetapi benar-benar menghambat pemandangan.

4. Untuk wisata pulau ini memang banyak memakai jasa kapal lokal penduduk karena mereka lah yang sangat paham kondisi & geografi wisata pulau seperti ini. Untuk menerima harga yg terbaik anda lakukan negosiasi yang cukup sopan agar deal harga mampu terwujud dengan baik.

Lima. Khusus anda backpacker anda harus menunggu jumlah penumpang kapal penuh dulu & wajib bersabar karena selesainya relatif maka kapal akan segera berlayar. Jumlah penumpang satu kapal 15-20 orang cocok sekali buat satu rombongan atau satu grup sehingga perjalanan nir perlu menunggu penumpang lain & telah pasti perjalanan anda akan segera cepat berjalan.

6. Untuk aliran listrik selama pada Pulau-Pasumpahan masih mengandalkan genset selama 24 jam jadi buat kebutuhan mandi & fasilitas pendukung lain sanggup berjalan sesudah genset ini beroperasi dengan baik sang pengelola.

7. Persiapkan jumlah uang yang cukup bila anda melakukan beberapa transaksi disekitar pulau misalnya nongkrong atau belanja di warung penduduk. Semua transaksi dalam uang tunai dan belum ada ATM pada pulau, pastikan seluruh kebutuhan ini bisa anda kalkulasikan jumlah yang akan dibawa supaya nir kekurangan saat telah berada di Pulau-Paumpahan.

8. Pulau-Pasumpahan penginapan hotel yang lebih baik dan cukup nyaman berada pada sekitar Pulau Pagang tepatnya di depan pulau Sikuai jika bepergian kurang lebih 10 mnt menurut Pulau Pasumpahan. Bahkan mereka jua memberikan paket tambahan bila anda menginap disana yaitu trip perdeo ke pulau lebih kurang sebagai akibatnya anda wisata sekalian berlibur sudah bisa terpenuhi. Fasilitas tambahan ini termasuk transportasi boat PP, penginapan, makan tiga kali pagi, siang, & malam, menikmati barbeque pada pantai, trip pribadi ke Pulau Pagang Pulau Swarnadwipa, & Pulau Pasumpahan. Khusus buat peralatan snorkeling juga mereka persiapkan ditambah menggunakan anda yang ingin berfoto di dalam bahari pula di arahkan oleh guidenya eksklusif. Wisatawan jua tercover dengan auransi & beberapa fasilitas lain pula akan mereka siapkan sesuai menggunakan keinginan para wisatawan.

Note Penting!

Untuk harga yg tertera ini sanggup terjadi kenaikan sesuai menggunakan syarat dalam waktu traveling nanti. Kenaikan tentunya nir jauh dari harga pasar yg tertera diatas, apabila terdapat kenaikan antara 10%-15%. Jadi, intinya anda sanggup melakukan perundingan harga pada pemilik armada baik rental mobil, hotel, atau kapal bila perjalanan rombongan agar mendapatkan harga yang kompetitif saat anda berkunjung ke Pulau Pagang dan sekitarnya.

Apabila anda ingin menerima holistik paket ke perpaduan beberapa pulau disekitarnya seperti Pulau Swarnadwipa, Pulau Pamutusan, Pulau Sikuai, Pulau Sironjong Gadang, Pulau Sironjong Ketek, Pulau Gosong, Pulau Ular, Pulau Sirandah, dan Pulan Pandan lebih baik. Inilah pulau-pulau favorit yg sudah menjadi kunjungan wisatawan yang menyukai alam laut di Sumatera Barat tepatnya di pesisir pantai. Jadi bepergian anda bisa sekalian selama traveling nanti sudah dipastikan kunjungan wisata Bahari sanggup terlaksana dengan baik. Lantaran lokasi pulau ini nisbi berdekatan satu sama lainnya. Semoga bermanfaat tulisan ini.