Air Terjun Tapian Puti Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat

Sangat dekat menggunakan kota Padang ini jua menjadi destinasi wisata menggunakan nama air-terjun-tapian-puti-Lubuk-Alung-Kabupaten-Padang-Pariaman. Panorama pesona alam yang masih alami ini sebenarnya telah poly dikenal sang wisatawan lokal dan perantau Minang yang telah mengenal baik lokasi ini sebagai destinasi buat menghabiskan ketika berlibur bersama teman & rekan teman.

Poto oleh: IG tripcanvas.travel

GEOGRAFI AIR-TERJUN-TAPIAN-PUTI.

Terletak di alamat Sikabu Bukik, Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat ini tentu sangat dekat dengan pusat kota Padang. Anda yang menyukai suasana alam tempat ini menjadi alternatif pilihan yg tidak bisa terlewatkan. Air terjun ini mempunyai 7 taraf buat sampai ke taraf paling atas anda harus mempunyai energi dan staminan yang bertenaga terutama anda yg mempunyai mental pecinta alam mampu menjajal treking ini.

Dengan unik & tingkatnya ini bentuk air terjun berupa kolam-kolam kecil yang terbentuk secara alam ini yg dikelilingi oleh air terjun yang masuk ke masing-masing kolam tersebut. Sudah niscaya kolam alam yang terbentuk ini dialiri langsung sang air hutan alami berdasarkan bukit sebagai akibatnya terasa dingin dan menyejukan. Kawasan Wisata Air Terjun Tapian puti ini tentu asal menurut air alami menurut pegunungan yang mengaliri semua kolam secara bertingkat, dan setiap tingkatnya tentu mempunyai keistimewaan & keasyikan tersendiri. Setiap tingkat mempunyai ciri air terjun yg tidak selaras & ukuran luasnya. Sangat bening & bersih dan sanggup anda lakukan mandi berendam laksana jacuzzi alami hadir dekat menggunakan pusat kota Padang.

BAGAIMANA CARA KE AIR TERJUN TAPIAN PUTI.

Cara jalan menuju ke lokasi air-terjun-tapian-puti adalah setelah anda masuk ke Lubuak Aluang tepatnya di akses jalan Nagari Sikabu jeda dari sentra kota Padang /- 40 km. Setelah memasuki Nagari Sikabu atau masuk dari persimpangan BLKM, & telah ada goresan pena yg menyebutkan Wisata Air Terjun ini dan anda akan menemukan jalan aspal dengan panjang /- dua km sampai ke huma kosong di atas bukit. Dan adanya gapura yang bertulisan Selamat Datang. Setelah anda parkir tunggangan di sekitar lokasi ini anda wajib estafet menuju ke loka objek wisata Pemandian Tapian Puti. Selama anda berjalan kaki akan disuguhkan pemandangan yg sangat alami sekali, lebatnya pepohonan hijau, sejuknya udaram ditambah dengan kicauan burung seolah menyambutnya anda di air terjun ini. Jarak bepergian berdasarkan gerbang ini sampai ke lokasi air terjun /- 15 km berjalan kaki.

Poto oleh: twitter.Com/IlhamPoetraTJ

SEJARAH LEGENDA AIR TERJUN TAPIAN PUTI.

Cerita kisah legenda atau sejarah air terjun ini tentu perlu diketahui para wisatawan, tempat ini merupakan pemandian para 7 putri khayangan yaitu kisah percintaan antara Malin Deman dan Putri Bungsu. Penduduk lokal berkisah bahwa ke tujuh strata kolam ini adalah tujuh putri tersebut yg mandi di masing-masing kolam yang terdapat. Jadi sebabnya, tujuh kolam ini merupakan loka mandi berdasarkan putri tersebut.

KEGIATAN SELAMA AIR TERJUN.

Tentu aktivitas yg anda lakukan di lokasi air terjun tentu menikmati suasana alam yg sangat alami & mampu menyatu pribadi dengan alam. Lokasi yg sangat disukai sang penduduk lokal buat wisata pula sebagai tempat buat menghabiskan ketika akhir pekan dan liburan sekolah. Karena lokasi sangat dekat & aksesnya cukup mampu ditelusuri dan biayanya nir terlalu mahal ini menjadi pilihan terbaik buat anda tiba ke lokasi ini.

Apabila anda ingin menjajal keseluruhan taraf air terjun ini harus melakukan bepergian menyisir pada tepian sungai buat sampai ke puncak akan membutuhkan ketika tempuh /- 1 jam berjalanan.

TIPS WISATA AIR TERJUN TAPIAN PUTI.

Selama anda melakukan bepergian wisata pada air-terjun-tapian-puti ini terdapat beberapa catatan krusial bagi semua wisatawan yang ingin mendatangi loka ini menjadi lokasi wisata.

1. Perjalanan wisata ini sebagiknya dilakukan dalam ekspresi dominan kering, karena air akan terlihat sangat higienis dan bening cocok dengan medan perjalanan yg nyaman saat kaki melangkah.

Dua. Kunjungan ini memang mebutuhkan fisik lantaran selama perjalan estafet berjalan kaki jalan yang akan ditempuh relatif licin dan berlumpur. Makanya perjalanan ini sebaiknya dilakukan dalam isu terkini kering buat menghindari jalan lumpur & licin.

Tiga. Jalan akses berjalan kaki ini telah ada jalan rintisan & cukup bertenaga & jalurnya kentara. Khususnya dalam ketika penurunan anda harus berhati-hati & pengawasan. Karena penurunan ini cukup terjal dan relatif sedikit licin.

4. Gunakan sepatu khusus pertualangan lantaran antisipasi fauna pacet yg bisa saja inheren di kaki, sepatu hiking mendaki gunung sangat direkomendasikan.

Lima. Lokasi ini merupakan loka wisata & jaga selalu kesopanan & norma-norma dan bagi wanita anda selalu berpakaian tertutup & menutup aurat.

6. Jika anda ingin menerima spot terbaik sebaiknya berkunjung dalam hari biasa jangan pada akhir pekan. Lantaran akhir pekan telah tentu niscaya banyak dikunjungi oleh para wisatawan & ramai sekali.

7. Jangan buang sampah sembarangan apapun jenisnya, makanan atau minuman wisatawan yang berkunjung termasuk anda. Lokasi wisata nir tempat sampah & selalu jaga lingkungan ini buat kenyamanan seluruh wisatawan. Baik pada lingkungan air terjun atau selama bepergian menuju lokasi wisata.

Khusus bagi anda yg perokok jangan buang puntung rokok anda sembarangan akan memicu kebakaran karena selama akses bepergian menuju ke air terjun terdapat semak belukar yg tentu mampu memicu api waktu puntung rokok anda masih ada nyala barah.

8. Jauhkan sifat corat-coret atau destruksi di seluruh spot kunjungan air terjun. Sifat yg tidak direkomendasikan lantaran akan merusak pemandangan dan ketidaknyamanan pemandangan.

9. Bawa bekal & air minum secukupnya selama perjalanan ke loka wisata ini. Lantaran bepergian estafet tadi tentu membutuhkan air minum & anda telah niscaya akan cepat haus.