Khas Padang Minangkabau Sumatera Barat Buruan Traveler: Makanan, Minuman, Oleh-Oleh, dan Suvenir

Yang sebagai spesial Padang Minangkabau Sumatera Barat dimulai berdasarkan kuliner, minuman, sang-oleh, hingga suvenir telah membius para traveler buat membelinya agar lengkap sudah liburan di nagara bundo kanduang ini. Semua output karya urang awak ini telah terkenal diseluruh dunia bahkan selalu dicara setelah menginjakan kaki selama beberapa hari. Banyak sekali pilihan yang akan anda masukan di pada itinerary perjalanan nanti kami berhasil menghimpun semua liputan yg diperlukan yaitu yang sebagai unik khas dari Padang Sumatera Barat sebagai wilayah Ranah Minangkabau ini dapat menjadi acum anda sebelum pulang balik ke wilayah masing-masing.

Berikut daftar yang anda cari yg kami tulis dalam artikel cukup lengkap khas Padang Minangkabau Sumatera Barat yaitu makanan, minuman, sang-sang, hingga suvenir yg bisa sebagai acum anda buat dibawa ke daerah berasal sehabis trip menyenangkan sepanjang masa terdapat di nagari yg elok ini, berikut penerangan lengkapnya:

WISATA KULINER.

Ada beberapa makanan khas Padang Minangkabau Sumatera Barat yg wajib anda coba masuk pada kateregori menjadi berikut:

#1. Makanan.

Anda tentu sudah mengetahui makanan yg harus wajib dicicipi selama liburan pada wilayah ini. Banyak sekali jenis olahan makanan yg tersaji di meja makan ini ada beberapa makanan yg wajib anda coba dan harus masuk pada hidangan makan siang atau makan malam. Rasa bumbu yg terasa, ada pedas, manis, legit, & akhirnya ngangenin.

--> Rendang Daging Sapi.

Poto credit: foodandwine.com

Memang makanan ini sudah berdasarkan generasi ke generasi dan pastinya ketika zaman dahulu menjadi hidangan penghormatan di program-acara penting istiadat, nikahan, atau tagak gala anugerah gelar sine qua non bahkan harus. Sekarang ini hidangan enak yang telah diakui keberadaannya sebagai makanan paling lezat di global ini memakai bumbu rempah yg sangat lengkap, santan kelapa kental, dan daging sapi pilihan. Proses memasaknya sangat panjang dan lama , apabila bertambah legit & nikmat rendang ini dimasak beserta kayu bakar. Hampir semua tempat tinggal makan menyeiakan rendang daging sapi ini menjadi menu unggulan & wajib anda coba.

--> Gulai Kepala Ikan.

Poto credit: resepcaramasak.org

Ada daerah di pesisir pantai dengan olahan makanan yang sangat lezat yaitu gulai kepala ikan utuh. Rempah yg digunakan memang sangat banyak dengan santan kental yg berpadu dengan bumbu yg dipakai tersaji enak buat satu piring segera bisa dinikmati buat 2 orang. Jika anda punya nyali dengan ukuran ketua ikan medium tentu merasa puas terobati rasa kangen yang ingin terjawab langsung pada wilayah dari. Daerah yg paling lebih banyak didominasi gulai ketua ikan ini adalah di Padang Pariaman dan Pesisir Selatan menjadi surganya hasil tangkapan laut yang cukup berlimpah yg membuat lidah anda tidak berhenti mengunyah saking lezatnya sajian ini.

--> Ayam Pop.

Poto credit: pengusahasukses.com

Olahan daging ayam terutama jenis kampung sudah menyihir selera para traveler yg pastinya lezat didampingi menggunakan sambel spesifik. Proses pembuatannya memakai air kelapa ini & beberapa bumbu dapur kemudian digoreng. Warnanya tentu tidak sinkron hanya putih saja tidak misalnya ayam goreng pada umumnya. Hidangan ini banyak tersaji di tempat tinggal makan Minang yg ada di kota Padang dan harus anda coba. Untuk masalah rasa nir kalah lezat dengan ayam goreng bumbu Padang biasa, sekali anda coba pasti akan ngangenin.

--> Itiak Lado Mudo.

Poto credit: ksmtour.com

Kalau jenis olahan makanan ini berasal berdasarkan kota Bukittinggi & dapat anda jumpai di wilayah Ngarai Sianok. Daerah yg terletak pada lembah bukit & di tepi sungai ini banyak sekali tempat makan disana menyeiakan olahan bebek menggunakan sambel ijo, pastinya rasa sangat enak dan dagingnya empuk hingga bumbu meresap sampai ke tulang. Pastinya, saat anda berada di kota Bukittinggi sempatnya buru makanan ini supaya anda mampu menjadi saksi sejarah betapa lezatnya sajian yg berkualitas tinggi ini. Lokasi wilayah jalan ke lokasi ini masih sama ketika anda ingin ke Taruko Cafe Resto, buat hingga ke sana harus melewati tempat makan Itiak Lago Ijo ini.

--> Nasi Kapau.

Poto credit: sabigaju.com

Masih jua berada pada kota Bukittinggi, terdapat nama wilayah yg bernama kapau terdapat sajian satu piring lengkap menggunakan beberapa hidangan isian yang bervariasi yg dapat dipilih misalnya ayam gulai Minang, daging rendang sapi, ayam goreng berbumbu, usus sapi tambunsu isi telur, atau sayuran Kolonel dengan kacang panjang, masih poly lagi. Pajangan jenis olahan kuliner ini terdapat diatas tempat yg lebih tinggi menurut tempat duduk pembeli & penjual duduk diantara olahan kuliner dan mengambil jenis pilihan olahan hidangan yang dipilih oleh pembeli dengan sanduak. Untuk menikmati sajian ini anda terdapat los lambuang di pasar lereng dekat berdasarkan pasar atas Bukittinggi. Sekali anda mencobanya pasti akan minta "tambuak ciekdanquot; lantaran enak. Nasi Kapau ini sangat seperti dengan nasi Padang yg membedakannya berasal menu ini dari dari nagari Kapau.

--> Sambel Ijo Minang.

Poto credit: bukumasakan.com

Setiap tempat tinggal makan pasti ada sambel ijo menjadi sajian buat memperlezat waktu makan. Jenisnya sangat bermacam-macam dimulai menurut olahan matah dan disiram dengan minyak kelapa panas, sampai sambel yang dimasak matang. Namun yg paling banyak disenangi merupakan sambel jenis hijau yg rasanya pas tidak terlalu pedas & cocok sekali pada lidah Indonesia dan turis. Tetapi tergantung berdasarkan penjualnya apakah menggunakan cabe hijau keriting atau cabe rawit yg akan mempengaruhi rasa pedas tersebut. Tetapi dari estetika rasa masih dalam zona enak dan ngangenin jenis sambel ini lantaran campuran bumbu misteri yg menciptakan rasa tidak selaras buat hidangan makan siang atau makan malam. Ada rasa manis, pedas, dan adonan sedikit terasi bahkan jeruk memberikan zona nyaman makan menjadi berselera. Bahkan ada rumah makan menambahkan ikan asin, ikan teri goreng, ditambah dengan pete tentu lebih maknyus.

--> Sate Padang.

Sate Padang Kuah Merah Padang Pariaman. Poto credit: brupple.com

Rasa Sate Padang asli di wilayahnya tentu akan terasa tidak sinkron, olahan bumbu yang lebih lengkap akan tercipta sajian yang sudah menggema ke seluruh dunia. Setiap olah sate orisinil di Sumatera Barat yang terkenal asal menurut Pariaman, Padang Panjang, & Payakumbuh. Yang membedakannya merupakan kuah sate dan menggunakan daging yg bhineka dimulai menurut daging sapi, jeroan, lidah, hingga kerang lokan sebutan penduduk lokal. Bahkan kenyataan terbaru ada tambahan daging burung puyuh yang ada di Padang Pariaman telah mulai digunakan ternyata cita rasanya tidak sinkron. Saat anda berada pada kota ini harus mencoba olahan sate yg akan menciptakan pengecap anda tid berhenti mengunyah.

--> Sala Lauak.

Poto credit: min.wikipedia.org

Kalau yang ini menu snack yg bisa digado langsung atau adonan di kuliner berkuah lainnya seperti ketupat sayur Padang. Sala Lauak ini asal berdasarkan Padang Pariaman yg terbuat dari tepung beras, bumbu pilihan, & daging ikan. Kudapan ini poly disajikan di pagi hari atau sore hari menjadi snack tetapi cita rasanya sangat gurih & lezat cocok sekali berdamping dengan beberapa jenis masakan lainnya & pastinya apabila anda penggemar Sate Padang sangat cocok pula di cocol menggunakan sala ini.

--> Bubur Kampiun.

Poto credit: apasih.web.id

Kuliner manis ini buat satu porsi isinya bermacam-macam, jenis kolak yg yang dipakai seperti kolak pisang & ubi jalar dan kacang ijo dicampur menggunakan bubur putih dari tepung beras. Setelah semuanya masuk pada satu porsi lalu disiram dengan gula merah. Menu ini sudah mulai langka & menjadi sajian yang diburu waktu bulan puasa sebagai menu pembuka. Anda jangan risi buat keseharian terdapat penjual yang tetap ulet menjual hidangannya seperti di kota Padang tepatnya di Pasar Simpang Haru. Untuk kasus rasa anda akan ketagihan & akan kembali lagi ketika berada pada kota ini.

--> Bika Si Mariana.

Poto credit: batamnews.co.id

Kuliner kuliner bika yang terbuat berdasarkan tepung beras & adonan gula merah ini telah ada sejak tahun 1960-an. Lokasinya bila anda berada dari kota Padang Panjang menuju Bukittinggi lokasinya sebelum Pasar Koto Baru. Jenis makanan ringan snack yang terkenal ini masih dimasak di tunggu menggunakan kayu bakar dimana proses memasaknya bara api pada bawah & atas tunggu secara bergantian supaya matangnya merata. Untuk varian kini ini telah mulai terdapat campuran pisang yang tentu akan menggugah selera anda waktu berada di sana.

#2. Minuman.

Jangan keliru, Ranah Minang juga terdapat olahan minuman yg tetap bisa anda rasakan dengan rasa yang sangat legit, cantik, & pastinya relatif mudah ditemukan pada lebih kurang wilayah wisata. Minuman ini memang dari pengalaman berdasarkan generasi ke generasi yang sudah ada zaman dahulu dengan memanfaatkan bahan yang ada & cocok dinikmati pada saat senggang bahkan saat nongkrong. Khas Padang Minangkabau Sumatera Barat ini termasuk jenis minuman yang memang disenangi bahkan hingga sekarang tetap bertahan, berikut pilihan minuman yang unik & harus anda coba di waktu berada disana.

--> Kopi Kawa Daun.

Poto credit: goodnewsfromindonesia.id

Minuman ini diolah dari daun kopi yang sangat poly ditemukan pada daerah Batusangkar dimana dizamannya di ketika butir kopi yang dipanen tidak boleh dinikmati sang penduduk lokal hanya dapat dimanfaatkan sang penjajah Belanda. Fenomena waktu itu penduduk lokal memanfaatkan daun kopi sebagai pilihan buat menikmatinya, hasil olahan ini mirip sebagai teh daun kopi yg diseduh air panas & uniknya diminum di batok kelapa yang dijadikan wadah buat diminum. Di saat anda berada pada Nagari Pariangan ada menemukan spot loka minum pada atas bukit yg menyediakan minuman Kopi Kawa Daun sebagai idola dan wajib anda coba.

--> Teh Talua.

Poto credit: saribundo.biz

Olahan minuman teh yg sangat luar biasa dipadukan menggunakan telur ayam kampung memberikan jenis minuman energy drink alami hadir pada Ranah Minangkabau Padang Sumatera Barat. Minuman ini sebenarnya dibuat saat pagi hari sebelum beraktifitas bertani & berkebun & memang sangat baik untuk menaikkan kebugaran tubuh sehingga favorit diminum pada perkampungan tempo dulu. Sekarang tetap diminum hampir semua nagari telah terdapat bahkan dirumah makan akbar sekalipun jua tersedia dan harus anda coba. Rasanya cantik & gurih dan diberikan perasan jeruk nipis buat menaruh kesejukan, pastinya tidak amis sama sekali.

--> Aia Aka.

Poto credit: robbyybie.com

Minuman tradisional unik pastinya hadir pada kota Padang & beberapa tempat wisata terkenal pada Sumatera Barat bernama Aia Aka. Minuman menurut air daun kacang & pastinya ada supaya-agar rona hijau dari daun tersebut sebagai pelengkap buat satu gelas penyajian. Bahkan pilihan lainnya terdapat diberi santan kelapa sebagai penggurik minuman. Banyak penduduk lokal beropini digunakan sebagai minuman kesehatan panas dalam dan memang terbukti memberikan kesegaran waktu diminum dan pastinya cita rasanya sangat segar menyejukan anggun dan gurih.

--> Es Tebak.

Poto credit: sajiansedap.grid.id

Sekilas mirip es campur yg seperti pernah anda lihat ada campuran supaya, tape, roti, kolang kaling, kelapa belia, cincau, & lainnya. Yang sebagai unik merupakan tebak yang seperti seperti cendol namun terbuat dari tepung beras ketan yg dicampur menggunakan tepung sagu kemudian dimasak beserta sejumput garam. Tebak ini harus ditambah berdasarkan campuran lainnya diberikan es serut & diberikan pemanis pada bentuk sirup merah. Saat sekarang ini jajanan es tebak ini telah mulai terlupakan namun jangan risi di pasar tradisional di kota Padang tepatnya pada Pasar Raya masih ada penjual yg tetap setia menjual es tebak ini sebagai kuliner harus yg harus anda coba ketika berada pada kota Padang atau di Bukittinggi.

--> Jus Pinang Muda.

Poto credit: ulinulin.com

Mungkin sebagian orang masih asing, minuman ini sempat booming beberapa tahun terakhir pada tempat nongkrong tang terbuat dari pinang belia dicampur menggunakan madu dan beberapa tambahan lainnya sudah tentu pasti ada ditambahkan telor bebek yg diambil kuningnya saja. Banyak yg memberikan testimoni minuman ini cocok sekali sebagai energy drink yg sangat alami yang dapat anda coba tentunya sehat dan menyehatkan. Memang benar adanya minuman ini setiap derah jua ada tetapi setiap daerah memiliki keunikan dalam rasa & penyajiannya.

#3. Oleh-Oleh Khas Sumatera Barat.

Untuk jenis sang-sang asli dari Ranah Minang tentu saja telah mulai diincar sebagai butir tangan buat keluarga pada tempat tinggal . Jenis yang paling disenangi jenis keripik balado, karak kaliang, sarang balam, dakak-dakak, dan lainnya. Bahkan ketika kini ini telah juga terdapat rendang yg dijadikan oleh-sang nir menurut jenis daging sapi saja menurut jenis daging ayam, jengkol, sampai kerang lokan juga disediakan oleh penjual. Rekomendasi terbaik membeli pada toko sang-oleh khas Padang usahakan langsung berdasarkan pusat wisata lantaran anda telah memajukan UMKM penduduk setempat.

#4. Suvenir.

Tidak hanya makanan, minuman, dan oleh-sang spesial . Anda pula harus memiliki beberapa suvenir manis yg juga asal berdasarkan Ranah Minang misalnya kain songket berdasarkan Silungkang dan Pandai Sikek. Pilihan lainnya jua terdapat berupa pakaian muslim, baju kurung, hingga mukena sholat di Pasar Aur Kuning Bukittinggi. Pastinya pilihan lebih menarik dan harga yang diberikan tentu grosir apabila anda membeli lebih banyak. Saat berada di Bukittinggi anda pula wajib sempatkan tiba ke pasar tradisional ini yang poly sekali penduduk lokal yg memiliki pengrajin handal dan pastinya kualitas terbaik buat satu unit sandang yang akan anda pilih. Sekitar jam gadang jua banyak tersedia suvenir cantik lainnya seperti gantungan kunci, baju kaos, hingga tas etnik manis menggunakan harga menarik. Semua hasil karya UMKM ini selalu dicari sang para turis ketika menikmati suasana Jam Gadang Bukittinggi.